Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Pengantin Zumba Viral, Ini Manfaat Olahraga Dance Tersebut Bagi Tubuh

by Sindhi Aderianti on 31 Juli, 2019

Video mempelai wanita yang bergoyang zumba di resepsi pernikahannya viral sejak Minggu (28/7/2019). Awalnya akun @sheque yang mengunggahnya melalui Twitter. Unggahan ini lantas viral hingga di-retweet belasan ribu kali oleh netizen.

Tanpa baju senam, pengantin unik ini justru tetap memakai kebaya pengantin khas Jawa Tengah berwarna hitam. Ia pun juga masih menggunakan kain jarit dan sanggul lengkap dengan untaian melati yang menjuntai hingga bagian perut.

Meski begitu, hal tersebut sama sekali tidak mengurangi kelincahannya dalam bergoyang bersama para bridesmaid. Keren!

Hotman Paris Sampai Minta Kenalan

Aksi unik wanita ini pun turut mencuri perhatian Hotman Paris. Ia sampai mengunggah videon viral tesrsebut ke Instagram dan mengajaknya berkenalan. Pengacara kondang itu bahkan meminta diajari berdansa.

Menurut penelusuran Tribun Style, video yang tengah viral itu merupakan pernikahan dua sejoli bernama Oktiya Haniarti dan Gilang Herlambang. Oktiya sendiri ternyata seorang pelatih zumba yang sudah aktif mengajar sejak beberapa tahun silam. Wajar saja kalau ia begitu enerjik walau memakai kebaya.

(Baca juga: Cara Punya Tubuh Langsing dan Kencang Tanpa Keluar Uang)
Mengenal Serunya Goyang Zumba

Zumba muncul pertama kali pada tahun 1990-an karena ketidaksengajaan di Kolumbia. Kala itu seorang instruktur senam bernama Alberto Perez lupa membawa kaset berisi lagu-lagu pengiring latihan aerobik. Ia pun terpaksa menggunakan musik latin yang hingga kini menjadi anthem khas olahraga zumba.

Namun dalam lima tahun terakhir, genre musik internasional dan bollywood kerap disertakan. Bahkan, penyanyi internasional seperti Pitbull, Daddy Yankee, Wyclef turut menciptakan musik khusus untuk olahraga zumba ini. Salah satu lagunya yang terkenal dan paling sering dipakai banyak orang adalah lagu Taki Taki.

Gerakan zumba berasal dari perpaduan tari hip hop, soca, mambo, samba, meringue, salsa, hingga seni bela diri. Oleh karenanya gerakan yang tercipta terasa lebih fun. Porsi gerakan yang diadopsi oleh olahraga ini; 70% dansa dan 30% fitness. Zumba termasuk olahraga High Intensity Interval Training (HIIT), alias kardio dengan intensitas tinggi. Artinya, latihan ini sama manfaatnya dengan 2 kali latihan intensitas sedang mesk dilakukan hanya 20-30 menit.

Ayo Zumba dan Rasakan 5 Manfaat Ini

Belakangan, zumba begitu ramai peminat. Tiap kelas yang dibuka oleh studio atau tempat gym, selalu dipadati belasan lebih peserta. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan, karena zumba senditi memberi manfaat yang banyak baik itu untuk tubuh maupun pikiran. Berikut di antaranya:

  1. Ampuh turunkan berat badan

Menurut profesor latihan dan ilmu olahraga di University of Wisconsin, La Crosse, John Porcari zumba merupakan olahraga yang dapat menguras keringat dengan cepat. Dalam 40 menit saja, geraka lincah zumba dapat membakar 370 kalori. Kalori ini sama halnya dengan bersepeda 15 mil per jam berkecepatan sedang. Jadi untuk kamu yang sedang berjuang menurunkan berat badan, olahraga zumba bisa menjadi opsi paling tepat.

  1. Mempertajam daya ingat

Zumba memiliki gerakan berbeda-beda di setiap kuadrannya.  Sehingga ketika melakukan olahraga dance ini, otomatis tiap peserta dilatih untuk mengingat tahap demi tahap gerakan tersebut. Pada awal pertemuan mungkin kamu masih terus menirukan sang instruktur. Tapi begitu sudah rutin melakukannya beberapa kali, lama kelamaan pasti hafal. Di situlah daya ingatmu terasah.

  1. Mengurangi risiko penyakit

Pada dasarnya olahraga bukan hanya ditujukan untuk orang yang ingin menurunkan berat badan. Namun juga menyehatkan tubuh dengan mengurangi risiko datangnya penyakit Zumba dengan segala gerakan yang dinamis terbukti ampuh melancarakan peredaran darah serta oksigen ke seluruh tubuh. Sehingga risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi pun terminimalisir.

(Baca juga: Mansa Musa, Orang Paling Tajir Melintir yang Bagi-bagi Emas)
  1. Memperkuat otot

Tahukah kamu jika dalam tubuh manusia ada otot yang yang jarang digunakan untuk berolahraga? Alhasil otot tersebut menjadi kendur dan membuat seseorang terlihat gendut. Nah, zumba kebetulan memiliki gerakan yang hampir semuanya melibatkan kerja otot. Sehingga bisa menguatkan otot lengan, pinggang, kaki serta mengencangkan perut.

  1. Sebagai mood booster

Olahraga sering kali diidentikkan dengan rasa lelah dan tegang. Hal ini tidak berlaku ketika seseorang berlatih zumba. Zumba menawarkan olahraga yang whole package. Selain memberi banyak manfaat secara fisik, gerakan dance pada zumba juga terbukti dapat mengalihkan pikiran yang stres. Belum lagi iringan musik up beat kekiniannya. Tak heran kalau zumba kini menjadi mood booster paling jitu di hampir semua kalangan.

Tertarik melakukan zumba seperti pengantin yang sedang viral? Eits, tapi jangan pake kebaya ya. Bagi kamu yang ingin melakukan olahraga dance initak perlu bingung. Saat ini banyak tempat olahraga yang menghadirkan kelas zumba. Tinggal sesuaikan jadwal dan lokasinya saja dengan keinginanmu.

Selain olahraga, upaya memelihara kesehatan juga perlu dilakukan dengan memiliki asuransi. Asuransi kesehatan berperan penting bila sewaktu-waktu jatuh sakit, sehingga tidak mengganggu keuanganmu secara mendadak. Miliki asuransi kesehatan terbaik yang bisa kamu temukan sekarang juga hanya di CekAja.com.

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami