Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Pengeluaran Sepele yang Harus Dikurangi Agar Biaya Nikah Cepat Terkumpul

by Tisyrin N. T on 6 Januari, 2017

persiapan pernikahan - CekAja.com

Harapan baru kerap mengiringi datangnya tahun yang baru. Jika resolusi tahun 2017 adalah menikah, kamu pasti tengah berjuang mengumpulkan uang untuk mewujudkan pesta pernikahan impian.

Pesta pernikahan membutuhkan biaya yang tak sedikit. Calon pengantin kerap memerlukan waktu lama untuk mengumpulkan semua biayanya. Sayangnya, di tengah perjuangan mengumpulkan biaya pernikahan, kerap ada saja godaan yang menganggu rencana tersebut.

Apalagi, bagi kamu yang tinggal di kota besar, godaaan untuk menabung seringkali kalah oleh gaya hidup. Kamu tak mau kan rencana pernikahanmu tertunda hanya karena target tabungan belum tercapai? Nah, agar biaya nikahmu cepat terkumpul, berikut ini daftar pengeluaran yang sebaiknya kamu kurangi.

Nonton bioskop

Harga tiket bioskop pada hari biasa Rp 25.000 – Rp 50.000, dan pada akhir pekan harganya akan lebih mahal. Belum lagi jika kamu ingin membeli jajanan, bisa menghabiskan lebih dari Rp 50.000 untuk membeli makanan dan minuman. Taruhlah sekali ke bioskop kamu dan pasangan menghabiskan Rp 150.000, jika dalam sebulan 3-4 kali ke bioskop, sudah menghabiskan setidaknya Rp 450.000.

Cobalah untuk menyiasati pengeluaran yang satu ini, apalagi jika rencana pernikahanmu sudah dekat. Caranya dengan mencari bioskop termurah, mengurangi atau tidak membeli jajanan di bioskop, selektif memilih film, hingga menonton DVD di rumah. Demi impian untuk menikah, kalian harus yakin mampu melakukannya. (Baca juga: Ide Souvenir Pernikahan Hemat Bujet Buat Tamu Undangan)

Kencan di restoran

Untuk makan di restoran, satu orang setidaknya menghabiskan minimal Rp 50.000 hingga Rp 100.000. Kalau kamu dan pasangan ke restoran seminggu sekali, dalam sebulan akan menghabiskan setidaknya Rp 400.000. Lebih baik kurangi kebiasaan yang satu ini, gantilah dengan aktivitas lain. Misalnya, jika ingin makan bersama kenapa tidak kalian masak sendiri secara bersama di rumah.

Rokok

Jika alasan kesehatan tak lagi mempan untuk mengurangi atau menghentikan kebiasaan merokok, mintalah kekasihmu melakukannya demi pernikahan kalian. Perokok bisa menghabiskan Rp 20.000 untuk sebungkus rokok dalam sehari. Dalam sebulan, Rp 600.000 pun melayang untuk membeli rokok.

Traveling bareng

Kalau kamu dan pasangan hobi traveling, kurangi jatah traveling bersama menjelang pernikahan kalian. Lebih baiknya uangnya digunakan untuk bulan madu dan menambah biaya resepsi pernikahan. Sebab, sekali traveling kalian bisa menghabiskan Rp 500.000 hingga jutaan rupiah.

Untuk sementara alihkan dulu uang itu ke tabungan pernikahan. (Baca juga: 10 Tip Sederhana Siapkan Tabungan Pendidikan Anak)

Beli barang branded

Berpikirlah berulang kali saat akan belanja di tengah upaya mengumpulkan biaya pernikahan. Apalagi ketika kamu sulit menahan godaan membeli barang-barang branded yang harganya bisa mencapai jutaan. Cobalah pertimbangkan untuk membeli barang branded preloved yang harganya lebih miring, atau tahan keinginan untuk membeli jika belum benar-benar membutuhkannya.

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.