Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Pengen Cepet Halal? Simak Dulu Langkah-Langkah Mengurus Pernikahan

by Miftahul Khoer on 18 Desember, 2019

Pernikahan adalah salah satu tahapan dalam kehidupan yang bagi sebagian orang masih dianggap wajib dijalankan. Karena dianggap sebagai sesuatu yang sakral dan hanya sekali seumur hidup, maka acara pernikahan pun direncanakan dengan sebaik-baiknya. Bagaimana langkah-langkah mengurus pernikahan?

langkah-langkah mengurus pernikahan

Mengurus pernikahan memang tidak mudah. Memang sih, semua itu tetap tergantung pribadi masing-masing menginginkan pernikahan yang bagaimana, tapi tetap saja hari pernikahan masih merupakan momen yang istimewa, bukan?

Untuk memudahkanmu yang berencana akan menikah, berikut ini beberapa langkah-langkah mengurus pernikahan yang bisa kamu jalankan. Langkah-langkah berikut ini bisa dijalankan dengan asumsi kamu sudah mendapat restu dari orang tua kedua belah pihak, sudah menabung, dan yang paling penting sudah ada jodohnya ya.

1. Menentukan mas kawin

Meskipun mas kawin tidak harus mewah dan mahal, tapi biasanya tetap harus ada kesepakatan terlebih dahulu. Biasanya jenis atau besaran mas kawin didiskusikan pihak keluarga sebelum acara pernikahan atau pada saat lamaran. Adat daerah tertentu bahkan punya aturan sendiri mengenai mas kawin. Jadi kamu harus mengerti betul tentang hal ini, terutama kalau kamu akan menikah dengan orang dari luar daerah.

(Baca juga: Deretan Souvenir Pernikahan yang Unik, Kreatif dan Bermanfaat)
2. Mengurus dokumen pernikahan

Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengurus dokumen pernikahan. Biasanya kamu bisa mengurus dokumen ini melalui Pegawai Pencatat Nikah (PPN) di KUA. Selain mengisi formulir yang sudah disediakan, tanyakan dokumen apa saja yang harus disiapkan dan persiapkanlah semuanya selengkap-lengkapnya supaya pernikahanmu lancar.

3. Anggarkan dana

Meski acara pernikahan tidak harus mewah, kamu tetap harus mempersiapkan dana untuk acara pernikahanmu. Hal ini berhubungan dengan pernikahan seperti apa yang akan kamu selenggarakan nanti. Sebaiknya kamu sudah menabung jauh-jauh hari untuk mengumpulkan dana pernikahan yang biasanya cukup banyak ini.

4. Rencanakan tanggal

Selanjutnya adalah menentukan tanggal pernikahan. Biasanya hal ini juga dibicarakan kedua keluarga. Apakah tanggal pernikahan akan sama dengan tanggal resepsi, atau kamu mau mengadakan resepsi di hari yang berbeda? Rencanakan hal ini secara matang. Kalau kamu berencana untuk menyewa venue, maka kamu perlu mempertimbangkan apakah ada tempat yang tersedia pada tanggal tersebut.

5. Tentukan tema

Hal selanjutnya adalah menentukan tema pernikahan. Apakah akan mengadakan pernikahan adat, atau pernikahan modern? Outdoor atau indoor? Hal ini nantinya berhubungan dengan dekorasi, makanan, lama waktu penyelenggaraan, makeup, juga biaya. Jadi, saat menentukan tema ini, kamu harus berpatokan pada banyaknya dana yang kamu anggarkan. Jangan sampai kamu mengadakan pernikahan yang biayanya melebihi anggaran.

6. Menentukan tempat

Kamu harus menentukan tempat. Apakah akan diadakan di rumah, atau menyewa tempat? Kalau kamu harus menyewa tempat, maka booking tempat di jauh hari sebelum tanggal pernikahan untuk menghindari kemungkinan tempat penuh. Saat menentukan tempat, sebaiknya kamu mempertimbangan jumlah tamu undangan yang diharapkan hadir.

7. Memesan undangan

Setelah menentukan tempat dan tanggal, kamu bisa mulai memesan undangan. Meski sekarang banyak orang yang mulai menggunakan undangan elektronik, tapi undangan fisik masih dianggap sebagai pilihan yang jauh lebih sopan. Undangan tidak harus mahal. Yang penting informasi di dalamnya lengkap terutama soal waktu dan keterangan tempat.

8. Memilih jasa pernikahan

Jasa pernikahan bisa meliputi undangan, katering, makeup, gaun, dokumentasi, band, suvenir, dan lain-lain. Untuk mempermudah, kamu bisa menggunakan jasa wedding organizer yang akan menguruskan segala sesuatunya untuk kamu. Kalau kamu mau mengurus segala sesuatunya sendiri, pastikan kamu melakukan booking jauh-jauh hari dan komunikasikan secara jelas apa yang kamu mau. Selain melihat portofolio, kamu juga bisa melakukan tes rasa pada jasa katering, dan tes makeup supaya segala sesuatunya berjalan tepat seperti yang kamu inginkan.

9. Merencanakan bulan madu

Ketika acara pernikahan selesai, kamu bisa merencanakan bulan madu. Kalau kamu adalah karyawan, tentu saja kamu harus mempertimbangkan waktu cuti. Apakah kalian berdua bisa mengambil cuti pada saat yang bersamaan? Tentukan tujuan bulan madu. Kalau jauh, kalian perlu memesan tiket dan hotel dari jauh hari. Tentu saja kamu juga harus menyisihkan anggaran dana tersendiri untuk acara bulan madu. Selanjutnya kalian tinggal menikmati masa-masa bulan madu dengan tenang. Jangan lupa kantongi kartu kredit terbaik untuk menikmati promo hotel hingga restoran, yang bikin bulan madumu makin seru! Cek di CekAja.com!

(Baca juga: 20 Ide Hadiah Pernikahan Bermanfaat dan Tips Memilihnya)

Jadi itu tadi langkah-langkah yang bisa kamu persiapkan untuk mengurus pernikahan. Memang terlihat rumit, makanya memang harus disiapkan dari jauh hari dan didiskusikan oleh kedua belah pihak supaya tidak terjadi salah paham sehingga kedua belah pihak sama-sama puas dan bahagia.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.