Pengertian dari Pemasaran B2B yang Perlu Anda Ketahui

Pengertian dari Pemasaran B2B yang Perlu Anda Ketahui

Perkembangan teknologi yang semakin pesat mampu menciptakan kebiasaan baru yang dulunya tidak ada. Salah satunya adalah kehadiran portal jual-beli online yang membantu masyarakat melakukan transaksi dalam sekali klik.

Di Indonesia sendiri, e-commerce yang beroperasi tidak hanya menyediakan skema penjualan secara Business to Consumer (B2C), tetapi ada juga e-commerce yang secara khusus hadir sebagai marketplace Business to Business (B2B). Salah satu contoh B2B marketplace Indonesia adalah Blibli for Business.

Bagi sebagian orang, istilah B2B atau B2C mungkin terdengar asing di telinga. Jika dijelaskan secara sederhana, transaksi B2B hanya dilakukan antara perusahaan atau pelaku bisnis satu dengan pelaku bisnis lainnya. Biar lebih jelas, coba simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian Marketplace B2B

Menurut pengertiannya, marketplace adalah suatu platform di mana penjual berkumpul dan menawarkan dagangannya kepada pembeli tanpa bertemu satu sama lain. Dengan penjelasan yang lebih sederhana, marketplace adalah platform yang memungkinkan pembeli melakukan transaksi online.

Dalam prakteknya, marketplace dibagi lagi menjadi beberapa kategori seperti Business to Business atau biasa dikenal dengan istilah B2B. B2B merupakan transaksi bisnis yang dilakukan oleh perusahaan satu dengan perusahaan lainnya.

Misalnya sebuah perusahaan sepeda motor membutuhkan bahan dasar seperti besi, kaca, plastik, atau karet untuk memproduksi unit motor. Nantinya, perusahaan sepeda motor akan membeli barang yang dibutuhkan dari perusahaan lain yang memproduksi bahan baku tersebut.

Melihat target pasar yang berbeda, cara kerja transaksi B2B juga berbeda dari B2C. Pasar B2B didominasi oleh korporasi atau eksekutif kelas atas sehingga penjual B2B pun dituntut untuk memiliki profesionalitas dan etika bisnis yang memadai.

Selain itu, transaksi B2B juga terbilang lebih kompleks daripada transaksi dari penjual ke masyarakat umum. Sebab, penawaran yang dibuat harus melewati tahapan prosedur yang ada di perusahaan tersebut.

Demi mendapatkan keputusan yang saling menguntungkan, transaksi B2B juga akan dipenuhi oleh proses negosiasi hingga menghasilkan kontrak kerja sama. Dengan segala kompleksitas yang ada, maka sangat masuk akal jika transaksi B2B disebut sebagai hubungan bisnis yang berorientasi pada jangka waktu yang panjang.

(Baca juga: 5 Tips Usaha Modal Lahan Nganggur)

Bedanya B2B dengan B2C

Pertanyaan yang sering diajukan adalah, apa sih perbedaan antara B2B dengan B2C? Pertama, target pasar B2B dengan B2C sangatlah berbeda. Jika B2B menargetkan klien korporasi, B2C memilih masyarakat umum sebagai targetnya.

Selain target pasar yang berbeda, proses jual-beli yang berlangsung juga sangat berbanding terbalik. Transaksi B2C tidak harus melalui proses penandatanganan kontrak atau perjanjian, sehingga barang dagangan dapat berpindah secara mudah dan cepat dari penjual ke pembeli.

Meski kerja sama terjadi atas dasar kontrak, baik penjual dan pembeli B2B perlu menjalin hubungan baik agar proses pengadaan barang berjalan lancar dan menarik pembeli agar melakukan repeat order.

Blibli for Business sebagai Marketplace B2B Unggulan di Indonesia

Salah satu marketplace B2B ternama di Indonesia adalah Blibli for Business. Layanan ini hadir untuk memenuhi kebutuhan korporasi dalam mencari supplier dengan penawaran harga yang bersaing.

Demi menjaga hubungan baik dengan mitra supplier dan pihak pembeli, Blibli for Business menyediakan ekosistem transaksi yang aman dan menjamin kerahasiaan data semua pihak. Marketplace B2B ini bahkan menjadi e-commerce pertama di Indonesia yang mengantongi sertifikasi ISO/IEC 27001:2013 dan sertifikasi Computer Security Incident Response Team (CSIRT).

Saat ini Blibli for Business menawarkan 12 produk utama dan didukung oleh mitra-mitra terpercaya. Beberapa jenis produk yang tersedia di Blibli for Business yaitu:

    Digital

    MRO

    Voucher

    Kamera

    Handphone dan tablet

    Home & living

    Groceries

    Peralatan elektronik

    Office supplies

    Gift & merchandise

    Gold

    IT

Jika tertarik untuk melakukan penawaran barang di Blibli for Business, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendaftarkan diri atau perusahaan sebagai konsumen Blibli for Business.

Adapun dokumen yang diperlukan dalam proses pendaftaran adalah KTP dan NPWP untuk klien perorangan. Sedangkan untuk klien korporasi dokumen pendukung yang harus disiapkan adalah akta perusahaan & keputusan menteri hukum dan HAM, KTP direksi, NIB, SIUP, dan NPWP perusahaan. Setelah pendaftaran berhasil dikonfirmasi, barulah Anda bisa berbelanja di Blibli for Business dengan cara mengirim Request for Quotation (RFQ).

Terdapat beberapa opsi pembayaran yang disediakan oleh Blibli for Business. Di antaranya adalah:

    Cash Before Delivery: metode pembayaran secara transfer ke virtual account sebelum barang atau pembelian diproses.

    Terms of Payment: metode pembayaran secara transfer ke virtual account setelah pembeli menerima tagihan. Khusus untuk metode ini, pembeli perlu mengajukan permintaan untuk menggunakan TOP.

    Corporate Credit Card: metode pembayaran secara langsung menggunakan kartu kredit perusahaan yang terdaftar.

Setelah menemukan supplier yang pas, Anda bisa memilih opsi pengiriman yang tersedia seperti kargo, express, atau standard. Pengiriman bisa dilakukan ke banyak alamat dan menjangkau seluruh kawasan di Indonesia. Itulah penjelasan singkat mengenai apa itu marketplace B2B dan perbedaan transaksi B2B dengan B2C. Rangkuman di atas juga mengulas tentang Blibli for Business sebagai marketplace B2B ternama di Indonesia. Jika Anda membutuhkan platform yang aman untuk melakukan pengadaan barang, silakan cek website Blibli for Business untuk informasi selengkapnya.