Penyebab Krisis Asuransi Kesehatan dan Cara Terhindar Kerugiannya

7 min. membaca Oleh Gesti Weningtyas on

Krisis yang dialami asuransi kesehatan memiliki dampak yang cukup besar bagi dunia industri asuransi. Penyebab krisis asuransi ini sangat beragam. Di Indonesia sendiri ada beberapa perusahaan asuransi kesehatan yang telah mengalami krisis hingga gagal bayar. Ketidakmampuan pembayaran yang dialami oleh perusahaan asuransi, tentunya juga membuat nasabah asuransi jadi mengalami kerugian.

Penyebab Krisis Asuransi Kesehatan dan Cara Terhindar Kerugiannya

Alhasil, nasabah yang seharusnya bisa mendapatkan klaim sesuai waktu dan jatuh tempo yang telah ditentukan hanya bisa menunggu uang premi kembali. Padahal, tak sedikit yang telah membayarkan premi asuransi selama bertahun-tahun. Banyak yang kemudian kecewa karena tidak bisa mendapatkan hak pemegang polis sebagaimana mestinya.

Setiap orang yang membeli produk asuransi, tentunya menginginkan kerugian finansialnya bisa terlindungi alias terproteksi dengan memiliki asuransi, bahkan salah satunya asuransi kesehatan. Namun jika perusahaan asuransi mengalami krisis, klaim terancam tak dapat dilakukan. Tak hanya rugi saja, nasabah asuransi juga harus menanggung beban dua kali lipat, premi yang menghilang, dan manfaat yang tak bisa diakses.

Kinerja Investasi Memburuk

Penyebab dari krisis asuransi kesehatan salah satunya adalah kurang tepatnya penempatan dana investasi sehingga kinerja investasi memburuk. Pada beberapa asuransi yang mengalami gagal bayar, terjadi karena model  investasi yang sangat agresif. Sehingga, terlalu banyak uang yang digelontorkan pada pasar modal. Mengingat begitu besarnya risiko yang ada pada pasar modal, krisis pun bisa terjadi sewaktu-waktu. Misalnya saat pasar modal mengalami pergolakan harga. Jika tidak hati-hati, nilai investasi yang dimiliki tentunya bisa anjlok sewaktu-waktu.

Pada salah satu perusahaan asuransi pelat merah, Jiwasraya disebutkan mengalami penyusutan aset karena memilih menempatkan dana pada saham yang bersifat fluktuatif. Saham-saham ini kemudian dengan mudah mengalami penurunan nilai. Hal inilah yang menyebabkan salah satu krisis yang terjadi pada perusahaan asuransi tersebut. Krisis perusahaan asuransi ini menyebabkan pihaknya tidak dapat melakukan pembayaran polis.

Nilai aset yang menyusut drastis ini menyebabkan kinerja investasi jadi makin memburuk dan tidak bisa diandalkan untuk pembayaran polis maupun klaim nasabah asuransi. Disebutkan, aset dana investasi ditempatkan 95 persen pada saham yang punya risiko tinggi. Berharap mendapatkan imbal hasil yang tinggi, namun ternyata yang terjadi malah sebaliknya. Akibatnya, keuangan makin memburuk hingga tak bisa membayarkan jumlah klaim yang nilainya mencapai miliaran rupiah.

Hal yang sama juga terjadi pada Bakrie Life yang mengalami kerugian karena kinerja investasi yang memburuk. Banyak saham yang fluktuatif digunakan sebagai nilai investasi di pasar modal. Karena sistem investasi yang terlalu agresif dan tinggi risiko ini, pihak asuransi tidak bisa membayarkan ganti rugi pada nasabah. Sementara disebutkan jumlah dari pembayaran yang harus dilunasi mencapai Rp 270 miliar milih 200 nasabah.

Oleh sebab itu, memilih perusahaan asuransi yang terpercaya dan berpengalaman adalah hal yang paling utama saat kita ingin beli produk asuransi. Jangan terburu-buru tergiur dengan harga premi yang murah beserta segala manfaat yang akan kita dapatkan. Bahkan kita juga wajib curiga jika asuransi saving plan menawarkan imbal hasil yang terlalu tinggi. Hal ini karena semakin tinggi imbal hasil yang diberikan, maka risiko pun juga akan semakin tinggi.

Pengelolaan Aset yang Keliru

Penyebab krisisnya asuransi kesehatan juga bisa dialami pada perusahaan asuransi yang keliru dalam mengelola dana. Pada asuransi bumiputera misalnya, jumlah kewajiban yang harus dibayarkan lebih tinggi daripada asetnya. Sehingga, premi yang masuk dari nasabah hanya cukup untuk operasional perusahaan. Padahal , nilai klaim yang harus dan hingga kini belum dibayarkan jumlahnya sudah mencapai Rp 2,7 Triliun. Hal ini awalnya disebabkan dari kinerja keuangan yang negatif karena pengelolaan dana yang tidak tepat.

Karena asetnya lebih rendah dari kewajiban yang harus ditunaikan, maka meski aset dijual, masih belum bisa untuk menutup klaim yang harus dibayarkan kepada nasabah. Hal inilah yang menyebabkan Bumiputera akhirnya angkat tangan dan menyerah. Alhasil, beberapa nasabah yang seharusnya mendapatkan klaim, kini harus terkatung-katung dan menunggu lebih kepastian klaim yang menjadi hak para nasabah tersebut.

Seperti yang telah kita ketahui, asuransi kesehatan punya fungsi untuk memberikan perlindungan kepada nasabah sesuai risiko yang telah tertulis di polis asuransi. Ternyata pada kondisi tertentu, perusahaan asuransi bisa gagal melindungi nasabah dari risiko. Perusahaan mengalami kerugian karena keliru dalam mengelola aset. Pasalnya jika nilai aset sudah turun, maka kewajiban jadi lebih tinggi dari aset. Jika hal ini sudah terjadi, maka perusahaan asuransi kesehatan tersebut artinya sudah tidak layak atau bangkrut.

Perusahaan asuransi kesehatan yang mengalami krisis masih bisa melakukan berbagai upaya untuk menyelamatkan kondisi dengan rekapitalisasi dan perbaikan nilai aset. Namun, rekayasa keuangan ini harus dilakukan selama bertahun-tahun, tak bisa langsung jadi.

Akan tetapi, perlu kamu ketahui bahwa sebenarnya perusahaan asuransi bisa mengantisipasi hal ini sejak dini, karena asuransi juga memiliki risiko dari sisi kewajiban seperti klaim yang membengkak, selain penurunan nilai aset. Akan tetapi krisis yang disebabkan karena klaim yang membengkak sangat jarang terjadi. Biasanya awal dari krisis dimulai dari nilai aset yang menurun dan lebih rendah dari kewajiban yang harus dibayarkan perusahaan asuransi.

Itulah dua penyebab besar yang bisa menjadikan perusahaan asuransi kesehatan maupun asuransi jiwa mengalami krisis hingga gagal bayar. Sehingga, bila kamu ingin mengajukan asuransi saat ini, sebaiknya pahami terlebih dahulu rekam jejak perusahaan asuransi. Kamu bisa mencari rekam jejak perusahaan asuransi tersebut melalui berbagai informasi dari internet, maupun dari profil perusahaan asuransi.

Saat ini, usia dari perusahaan asuransi pun tidak bisa menjadi patokan kesuksesan dan bukti bahwa perusahaan asuransi tersebut terpercaya. Melihat usia Bumiputera dan Jiwasraya yang tak muda lagi, ternyata kedua perusahaan tersebut tetap mengalami krisis dengan pengelolaan yang tidak tepat.

(Baca Juga: Cara Mengurangi Premi Asuransi Mobil Yang Mudah Dan Tepat!)

Perusahaan asuransi yang baik dan terpercaya pun juga kini banyak yang hadir. Platform digital dan aplikasi justri saat ini akan banyak memberikan kemudahan pada tiap nasabah asuransi dalam mengakses klaim. Sehingga, kini banyak yang memilih produk asuransi kesehatan yang menawarkan proses pembayaran premi yang mudah dan klaim yang tidak ribet.

Agar kamu terhindar dari perusahaan asuransi krisis yang bisa merugikan nasabah, kamu bisa memilih perusahaan asuransi terpercaya. Berikut merupakan beberapa tips untuk mendapatkan produk asuransi terbaik dari perusahaan asuransi terpercaya:

1. Transparan

Perusahaan asuransi kesehatan maupun asuransi jiwa yang baik akan memberikan semua informasi dengan transparan, bahkan hingga pilihan jenis investasi yang dilakukan jika nasabah menginginkan asuransi yang dilengkapi dengan investasi. Selain itu, pada polis biasanya juga akan disebutkan risiko apa saja yang ada pada produk asuransi yang akan dibeli. Sehingga, tidak hanya manfaat dan keuntungan produk saja, risiko juga diinformasikan kepada calon nasabah dengan rinci.

Dengan mengetahui manfaat serta risiko dari sebuah produk asuransi, kamu jadi bisa menentukan untuk melakukan pembelian produk asuransi secara cermat. Timbang risiko yang akan didapatkan dan manfaatnya. Jangan lupa ketahui juga proses klaim yang dilakukan seperti apa. Sebisa mungkin pilih perusahaan asuransi dengan produk yang memiliki prosedur klaim yang memudahkan nasabahnya.

2. Jaringan Asuransi

Jaringan asuransi dan skala pelayanannya juga bisa menjadi pertimbangan kamu untuk memilih produk asuransi. Pada asuransi yang telah memiliki jaringan di berbagai negara tentu memiliki rekam jejak yang tak dapat diragukan lagi. Sehingga, kamu bisa mendapatkan manfaat yang lebih pada asuransi dengan jaringan yang luas.

Selain itu, jaringan asuransi ini juga harus kamu ketahui di awal saat kamu ingin membeli produk asuransi. Sebab, tidak semua perusahaan memiliki jaringan asuransi kesehatan yang luas. Dengan produk asuransi kesehatan yang jaringannya lebih luas, tentu kamu akan mendapatkan banyak manfaat dan keuntungan.

Meski demikian, tak ada salahnya juga kamu melakukan berbagai pencarian dan informasi terkait perusahaan asuransi yang akan kamu beli produknya. Meski memiliki jaringan yang luas, kamu juga tetap bisa berjaga-jaga dan waspada dengan kemungkinan pencairan klaim yang sulit, dan kendala lainnya yang mungkin bisa kamu dapatkan. Jejaring perusahaan asuransi bisa menjadi salah satu faktor pertimbangan kamu.

3. Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan

Pastikan perusahaan asuransi kesehatan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Dengan demikian, setiap transaksi pembelian asuransi dipastikan diketahui oleh OJK. Asuransi yang terpercaya pasti sudah terdaftar dan memiliki izin dari OJK untuk beroperasi dan mendapatkan nasabah. Jadi, hal ini bisa menjadi salah satu pertimbangan kamu jika akan membeli produk asuransi.

OJK tidak akan segan-segan mencabut izin operasional dari perusahaan asuransi jika terbukti melakukan kesalahan. Dengan demikian, perusahaan asuransi yang terdaftar di OJK akan sepenuhnya berada dalam pengawasan. Sehingga, jika ada sesuatu hal yang tidak sesuai, tentu akan mendapat sanksi tegas dari OJK.

Jika kamu sudah terlanjur mengambil produk asuransi dari perusahaan asuransi yang belum terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan, maka sebaiknya tinggalkan. Hal ini bisa memberikan dampak kerugian untuk kamu kelak. Sebab, jika ada sesuatu yang tak diinginkan terjadi, perusahaan asuransi tersebut bisa saja masih tetap beroperasi. Segera pilih produk asuransi lainnya yang lebih terpercaya.

4. Ajukan Asuransi Melalui Online

Saat ini pengajuan maupun pembelian produk bisa dilakukan dengan mudah, yakni hanya melalui ponsel kamu. Akan tetapi, penting sebelum kamu mengajukan asuransi kesehatan, kamu bisa melakukan perbandingan harga premi terlebih dahulu. Dengan melihat berbagai pilihan harga premi dan manfaat yang akan didapat, kamu bisa memilih jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan. Tak jarang, asuransi kesehatan memberikan perlindungan secara menyeluruh, sehingga tidak hanya kesehatan saja, kamu juga bisa mendapatkan santunan kematian.

Selain itu, apabila kamu telah berkeluarga, kamu bisa memilih jenis asuransi kesehatan untuk keluarga. Ada perusahaan asuransi terpercaya yang memberikan penawaran menarik terkait asuransi kesehatan keluarga. Kamu bisa memiliki satu polis asuransi saja, untuk satu keluarga. Hal ini akan memudahkan nasabah asuransi dalam melakukan pembayaran premi maupun melakukan klaim.

Agar bisa mendapatkan asuransi kesehatan terbaik dari perusahaan asuransi terpercaya, kamu bisa mengajukannya lewat Cekaja.com. Cara pengajuan asuransi kesehatan pun sangat mudah dan bisa kamu lakukan via online saja.

Tentang kami

Gesti Weningtyas

Gesti Weningtyas