Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Perangkat Pintar di Rumah Bikin Hidup Makin Mudah, Apa Aja?

by Teti Purwanti on 9 Juli, 2019

Pada era digital sekarang ini, semua orang ingin hidup yang lebih praktis dan efisien. Karena itulah banyak pabrikan elektronik yang berlomba-lomba menciptakan kreasi konsep smart home alias perangkat rumah pintar untuk memenuhi tantangan gaya hidup tersebut.

perangkat pintar

Dengan peralatan yang mendukung konsep tersebut, pemilik rumah bisa memantau rumah dari jarak jauh melalui gawai yang terhubung dengan kamera di dalam rumah. Apa saja sih peralatan smart home yang bisa kamu pasang di rumah kamu? Ini daftarnya:

  • Smart TV

Smart TV adalah salah satu perangkat pintar yang bisa kamu gunakan di rumah. TV adalah komponen elektronik yang penting berada di rumah. Setidaknya satu keluarga pasti memiliki satu televisi demi kebersamaan keluarga. Apalagi kalau TV yang kamu gunakan adalah smart TV, saat menonton televisi bisa semakin hangat dengan hadirnya fitur serta teknologi canggih.

Banyak hal yang bisa dilakukan dengan smart TV, mulai dari memutar film yang ada di smartphone secara wireless, mengendalikan TV lewat perintah suara atau motion control. Smart TV juga memiliki gambar jernih dan tajam dengan kualitas 4K demi kepuasan mata.

Meski begitu, berhati-hatilah, konsep TV pintar juga membuat orang makin kecanduan dengan televisi. Hal itu tentu sangat berbahaya, apalagi kalau ada anak-anak di rumah.

(Baca juga: Cara Hemat Listrik Rumah Tangga yang Tahun Depan Tarifnya Bakal Naik)
  • Smart AC

Bagi kamu yang tinggal di Jakarta, tentu kamu tahu kalau udara Kota Jakarta sudah sangat panas dan terasa kurang nyaman jika tidak dibantu dengan Air Conditioner (AC) yang mantap. Namun, beberapa keluarga khawatir dengan tagihan listrik yang membengkak.

Sekarang, kamu tidak perlu takut akan tagihan listrik yang membengkak, karena teknologi AC telah mengalami perkembangan dan pemakaian daya yang semakin hemat. Teknologi yang dimaksud adalah smart AC. Pendingin ruangan jenis ini mampu mengatur suhu ruangan sehingga AC tak terus-menerus bekerja.

Smart AC yang berteknologi sensor bisa mendeteksi keberadaan manusia di dalam ruangan. Hanya jika ada manusia di dalamnya AC akan bekerja. Sementara jika ruangan kosong, AC akan mengurangi aktivitasnya.

  • Smart Refrigerator

Kulkas juga kini memiliki kategori pintar yang akan memberikan berbagai kemudahan untuk memenuhi kebutuhan dapurmu dan tentu saja akan membuat aktivitas memasak semakin asyik. Pasalnya bahkan ada kulkas pintar yang bisa diajak bicara untuk menanyakan cuaca, memasukan produk ke daftar belanja dan berbelanja online, mengatur jadwal harian, hingga menanyakan resep makanan.

Saking pintarnya, kulkas juga dibekali dengan layar yang memungkinkan penggunanya untuk memantau isi kulkas secara real time. Tidak cuma itu, ada pula kulkas pintar yang bisa digunakan untuk memutar musik dan mengetahui tanggal kedaluwarsa produk makanan yang disimpan di kulkas.

  • Smart CCTV

Closed Circuit Television (CCTV) saat ini menjadi komponen penting di dalam rumah demi mencegah terjadi pencurian dan kriminalitas di rumah. Apalagi kalau kamu menggunakan smart CCTV, kamera ini bukan sekadar mengawasi atau memonitor.

Namun juga bisa langsung terhubung ke smartphone serta terkoneksi internet, gerakan-gerakan mencurigakan bisa langsung tersimpan ke cloud storage atau kartu microSD. Bahkan ketika ada hal mencurigakan smart CCTV bisa langsung memperingatkan pemilik rumah lewat alarm.

Dengan alat ini, kamu tentu akan lebih merasa aman saat berpergian dan meninggalkan rumah tanpa penjaga.

(Baca juga: Tiga Tipe Rumah Modern yang Cocok Buat Milenial)
  • Vacuum Robot

Membersihkan rumah tentu menjadi hal yang sering kali malas dilakukan pemilik rumah. Namun, kemajuan teknologi memungkinkan vacuum cleaner membersihkan sendiri lantai tanpa ada lagi campur tangan pemilik rumah dan manusia.

Vacuum robot hadir dengan berbagai kemampuan membersihkan berbagai jenis permukaan, dari keramik, karpet, hingga panel kayu di berbagai sudut rumah yang mungkin sebelumnya tidak diduga. Apalagi didukung dengan teknologi sensor dan kamera digital yang memungkinkan untuk memetakan rumah dan mencari jalur optimal untuk membersihkan lebih cepat.

Teknologi ini sangat bermanfaatn dan bisa dijadikan solusi gaya hidup masyarakat modern dengan teknologi terbaru yang dimilikinya, mulai dari para eksekutif muda yang tinggal secara mandiri, keluarga yang tengah menikmati pertumbuhan anak-anaknya, hingga orang tua yang tengah menikmati masa pensiunnya.

Menarik yah? Kalau kamu mana perangkat pintar yang ingin kamu miliki lebih dahulu? Jangan lupa kantongi kartu kredit terbaik ya untuk memudahkan transaksi belanja elektronik. Cek pilihannya di CekAja.com!

Tentang Penulis

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami