Perbedaan Asuransi Mobil TLO dan All Risk, dan Manfaat Keduanya

7 min. membaca Oleh Gesti Weningtyas on

Asuransi mobil umumnya terbagi menjadi dua jenis yaitu asuransi mobil Total Loss Only atau yang sering disingkat menjadi TLO, dan asuransi mobil All Risk. Meskipun sama-sama asuransi namun keduanya memiliki manfaat yang berbeda.

Perbedaan Asuransi Mobil TLO dan All Risk, dan Manfaat Keduanya

Nilai pertanggungan dan jumlah premi yang akan dibayarkan pun tentunya juga berbeda. Jadi buat kamu yang belum mengetahui asuransi mobil, akan lebih baik mengetahui manfaat dari asuransi mobil total loss only dan asuransi mobil all risk terlebih dahulu.

Asuransi Total Loss Only

Dilihat dari namanya asuransi total loss only ini akan memberikan manfaat secara penuh yaitu penggantian mobil, jika mobil mengalami kerusakan 75% atau di atas 75%.

Klaim asuransi akan segera cair jika kerusakan yang terjadi cukup parah. Namun jika kerusakan yang terjadi hanya sedikit maka klaim tidak akan bisa cair.

Total loss only memberikan perlindungan akibat pencurian dan juga kerusakan jika biaya perbaikan diperkirakan sama atau melebihi 75% dari harga kendaraan sesaat sebelum kerugian.

Hal ini berlaku jika mobil yang telah diasuransikan total loss only hilang atau dirampas orang saat perjalanan. Maka kamu akan mendapatkan ganti klaim dari perusahaan asuransi mobil.

Misalnya contoh kasus seperti ini, mobil milik Pak Budi mengalami kecelakaan yang sangat hebat dan kerusakan yang cukup parah hingga harus melakukan perbaikan yang menelan biaya sekitar Rp200 juta.

Bila ditaksir harga mobil tersebut adalah Rp250 juta. Nah, di sini dapat terlihat bahwa kerusakan mobil itu masuk dalam kategori di atas 75%.

Jadi kerusakan mobil Pak Budi akan sepenuhnya ditanggung oleh asuransi dengan jenis perlindungan TLO.

Dengan melihat hal tersebut maka sudah dipastikan bahwa asuransi dengan perlindungan ini memberikan manfaat yang cukup besar bagi pemegang polis asuransi.

Sebab, mengingat tingkat kecelakaan yang terjadi di Indonesia masih cukup tinggi.

Dengan kerusakan yang juga sangat besar maka menggunakan asuransi atau total loss only ini akan memberikan manfaat perlindungan yang membuat perjalanan menjadi lebih nyaman.

Asuransi mobil total loss only ini juga akan mengganti klaim jika mobilmu hilang atau dicuri sepenuhnya.

Sebab kehilangan mobil karena dicuri merupakan kerusakan total atau kerugian total yang diderita oleh pemegang polis asuransi mobil.

Manfaat Asuransi Total Loss Only

Manfaat Asuransi total loss only adalah premi yang dibayarkan untuk asuransi TLO lebih murah. Jadi kamu bisa menghemat pengeluaran dibandingkan membeli produk asuransi all risk.

Tapi tentu saja semua menjadi pertimbangan sebab yang lebih mengerti kebutuhanmu dan kondisi mobilmu adalah dirimu sendiri.

Jika kamu memiliki mobil bekas yang usianya di bawah 10 tahun kamu akan lebih disarankan mengambil asuransi ini ketimbang asuransi all risk.

Misalnya seperti seorang konsumen yang membeli mobil bekas produksi 2017 di tahun 2020, mobil bekas tersebut masih terbilang cukup layak untuk diasuransikan dengan Asuransi mobil jenis total loss only.

Untuk menghindari beberapa musibah yang mungkin saja bisa terjadi lebih baik memang memiliki asuransi mobil.

Terkait jenis asuransi mobil yang akan kamu pilih tentu saja kamu bisa menyelesaikannya dengan pendapatan dan kemampuanmu untuk membayar.

Sebab tidak ada yang pernah akan tahu jika mobilmu akan mengalami kecelakaan.

Maka tidak ada salahnya mempersiapkan proteksi dini sejak awal. Memilih asuransi total loss only ini artinya kamu hanya bisa mendapatkan klaim jika kerusakan mobil yang diderita cukup besar, atau rusak keseluruhannya.

(Baca Juga: Yuk, Cek Promo Asuransi Kendaraan Terbaik 2020)

Hal yang perlu kamu ketahui adalah tarif premi dan kontribusi asuransi kendaraan total loss only disesuaikan dengan lokasi kendaraan bermotor seperti wilayah 1 yaitu Sumatera dan kepulauan disekitarnya. Wilayah 2 adalah DKI Jakarta Jawa barat dan Banten di wilayah 3 adalah selain wilayah 1 dan wilayah 2.

Sebelum kamu memang mantap untuk membeli produk Asuransi total loss only perhatikan juga bahwa semakin tinggi uang pertanggungan maka semakin tinggi juga premi yang akan kamu bayarkan.

Misalnya premi asuransi TLO untuk kendaraan di wilayah 2 untuk jenis mobil dengan uang pertanggungan di atas 125 juta hingga 200 juta dengan perhitungan 0,53% dari harga kendaraan. Maka premi yang dibayarkan pertahun sekitar senilai Rp1.060.000.

Tentu saja akan lebih baik jika kamu mempersiapkan sejak dini kebutuhan asuransi. Apakah asuransi secara keseluruhan atau all risk atau hanya asuransi TLO yang mengcover kerusakan dalam jumlah yang besar.

Namun perlu kamu ingat asuransi total loss only ini tidak akan memberikan klaim jika mobil mengalami lecet sedikit saja atau kerusakan di bawah 75%.

Misalnya jika seseorang mengalami kecelakaan ringan dan bagian bempernya saja yang mengalami kerusakan. Maka kerusakan tersebut tidak akan ditanggung dengan Asuransi TLO.

Asuransi All Risk

Asuransi all risk menjadi banyak pilihan bagi para milenial maupun nasabah. Sebab, dibandingkan dengan asuransi total loss only asuransi all risk ini memberikan proteksi seluruhnya dan akan lebih disarankan untuk mobil yang baru saja diproduksi alias baru keluar dari pabrik.

Asuransi all risk ini atau yang juga disebut asuransi komprehensif adalah asuransi yang memberikan perlindungan dengan segala risiko yang bisa terjadi pada mobil. Sehingga tidak hanya kerusakan besar saja yang akan ditanggung. Melainkan kerusakan kecil juga akan ditanggung oleh asuransi all risk ini.

Segala kerusakan meskipun kerusakan kecil pun atau kerugian total akan ditanggung oleh jenis asuransi ini. Sehingga cakupannya akan lebih menyeluruh. Bahkan kamu bisa memperluas cakupan resikonya yaitu dengan menambah pertanggungan atau perluasan jaminan terhadap resiko bencana alam. Resiko huru-hara kerusuhan dan tanggung jawab hukum pihak ketiga.

Manfaat Asuransi All Risk

Setiap perusahaan asuransi mobil biasanya memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Bahkan soal besaran yang digunakan untuk menghitung tarif premi juga berbeda. Sedangkan untuk biaya premi asuransi all risk biasanya memiliki nilai yang lebih tinggi untuk dibayarkan dalam satu tahunnya.

Misalnya seorang konsumen mengambil asuransi all risk dengan rate asuransi yang besarnya 2,0 8% dan nilai tanggungannya sebesar Rp250 juta. Maka, premi yang harus dibayarkan adalah senilai Rp5.200.000 dalam 1 tahun. Sehingga perlindungannya pun hanya berlaku dalam satu tahun saja.

Buat kamu yang ingin mengambil asuransi all risk ini memang harus membutuhkan dana yang lebih besar ketimbang asuransi total loss only karena perlindungannya pun lebih menyeluruh. Tapi Kamu mesti ingat asuransinya hanya berlaku dalam satu tahun saja masa perlindungannya. Rata-rata orang memilih asuransi all risk alias asuransi comprehensive ini karena perlindungannya yang menyeluruh. Cocok untuk mobil mobil baru atau mobil yang baru dibeli dan diproduksi di tahun yang sama.

Perbedaan Asuransi Mobil Total Loss Only dan All Risk

Dengan mengetahui manfaat asuransi mobil total loss only dan asuransi mobil all risk. Kini kita bisa mengetahui dengan jelas apa saja perbedaan dari kedua jenis asuransi tersebut. Satu hal yang pasti, keduanya memberikan manfaat perlindungan terhadap mobil yang digunakan oleh nasabah. Namun, perlindungannya juga berbeda berikut juga nilai premi yang dibayarkan.

Perlindungan yang diberikan oleh asuransi total loss only hanya untuk mobil yang mengalami kerusakan yang cukup parah. Sehingga kerusakan kecil dan ringan tidak akan mendapatkan klaim dari asuransi TLO. Hal ini berbeda dengan Asuransi mobil all risk yang memberikan perlindungan secara menyeluruh.

Bahkan kerusakan yang ringan pun akan mendapatkan klaim dari perusahaan asuransi. Tidak hanya itu, perusahaan asuransi mobil juga bekerja sama dengan beberapa bengkel atau dealer untuk memperbaiki beberapa kerusakan ringan tersebut. Meski demikian, kamu tetap harus jeli dan memahami beberapa kondisi yang menjadi pengecualian untuk biaya yang menanggung kerusakan kerusakan ringan. Sebab meskipun komprehensif atau menyeluruh ada aturan khusus tentang hal tersebut.

Perbedaan Harga

Dari sisi harga premi kita telah melihat bahwa asuransi total loss only memiliki harga premi yang lebih rendah ketimbang asuransi all risk atau asuransi comprehensive. Tentu saja hal ini bukan tanpa alasan sebab asuransi komprehensif atau asuransi all risk itu akan menanggung segala biaya kerusakan ringan hingga berat.

Sedangkan harga premi asuransi TLO akan lebih terjangkau dan cocok bagi kamu yang memiliki mobilitas yang cukup tinggi atau pergi ke beberapa kota besar lainnya yang memiliki tingkat kecelakaan lebih tinggi.

Meskipun kamu sudah mengetahui simulasi perhitungan premi asuransi kendaraan mu. Tapi jangan jadikan simulasi tersebut sebagai acuan harga premi asuransi mobil total loss only dan asuransi mobil all risk.

Penghitungan simulasi tersebut hanyalah sebagai pandangan dan perkiraan jika kamu memang ingin mengajukan asuransi mobil. Sehingga kamu bisa mempersiapkan dana lebih awal. Tidak hanya membeli mobil saja namun juga mempersiapkan untuk membeli produk yang bisa memproteksi mobilmu.

Saat ini, kamu akan berpikir bahwa kecelakaan itu belum tentu terjadi, namun resiko bisa mengintai sewaktu-waktu. Bahkan ketika kita tidak sadar kecelakaan bisa terjadi di mana saja dan musibah bisa menghampiri.

Beberapa kejadian yang tak terhindarkan seperti terorisme dan huru-hara massal yang menyebabkan sejumlah pengrusakan mobil dan kendaraan di sekitar huru-hara tersebut oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Sudah sering kita saksikan peristiwa tersebut di Indonesia, bahkan belum lama terjadi. Tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga demi menambah kenyamanan berkendara.

Pilih Asuransi yang Tepat

Setelah mengetahui manfaat dari asuransi total loss only dan asuransi all risk serta perbedaan di antara keduanya. Kamu bisa memutuskan mana yang akan menjadi produk asuransi yang kamu beli. Jangan lupa untuk selalu memastikan berbagai pengecualian pada asuransi dan baca polis asuransi dengan seksama dan pahami sebaik-baiknya. Pastikan kamu telah mengetahui hak dan kewajibanmu sebagai pemegang polis asuransi TLO maupun all risk.

Di Indonesia ada banyak sekali perusahaan asuransi yang menawarkan 2 jenis asuransi mobil. Harga preminya sangat kompetitif dan tentunya terjangkau untuk dompetmu. Kamu bisa mendapatkan informasi mengenai asuransi mobil secara lengkap. Lalu membandingkan harga premi tiap produk asuransi mobil dari masing-masing perusahaan asuransi yang ada di seluruh Indonesia lewat CekAja.com.

Tentang kami

Gesti Weningtyas

Gesti Weningtyas