6 Perbedaan Kartu Kredit Visa dan MasterCard yang Wajib Diketahui

7 min membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Bagi kamu yang sudah memiliki kartu kredit, mungkin sedikit banyak sudah tahu perbedaan kartu kredit Visa dan MasterCard. Namun, buat kamu yang baru pertama kali mengajukan kartu kredit? Sepertinya belum banyak tahu tentang hal ini.

Padahal, mengetahui perbedaan kartu kredit Visa dan MasterCard sangat penting. Sebab, ketika akan mengajukan kartu kredit, kamu akan ditanya oleh pihak bank “Ingin kartu kredit Visa atau MasterCard?”.

Pada saat itulah kamu harus bisa menentukan, ingin mengajukan kartu kredit Visa atau MasterCard.

Tetapi untuk bisa menentukan mana yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan, kamu harus terlebih dahulu mengetahui perbedaan kartu kredit Visa dan MasterCard.

Nah untuk memudahkanmu mengetahui perbedaan kedua jenis kartu kredit tersebut, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan memberikan beberapa daftar perbedaannya, yang akan diulas secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Seputar Visa dan MasterCard

Sebagai logo yang selalu tertera di bagian bawah kanan kartu, Visa dan MasterCard memang sudah sangat dikenal di kalangan pengguna kartu kredit.

Namun, bagaimana dengan orang-orang yang baru mengajukan kartu kredit untuk pertama kalinya?

Mungkin sebagiannya masih sangat asing dengan kedua logo tersebut, dan tidak tahu banyak informasi seputar Visa dan MasterCard.

Padahal, Visa dan MasterCard ini merupakan provider kartu kredit terbesar di dunia. Bahkan, keduanya seringkali dianggap sama karena tampak serupa, yang sebenarnya berbeda.

Meski begitu, baik Visa maupun MasterCard adalah provider, yang memungkinkan suatu bank menerbitkan kartu kredit.

Dan kartu kredit itu, nantinya berlaku dan bisa digunakan di berbagai merchant berlogo Visa atau MasterCard.

Jika dilihat dari fasilitas yang diberikan, Visa dan MasterCard memiliki fasilitas dan kemudahan yang sama, yaitu bisa digunakan di mana saja dan kapan saja.

Dengan catatan, merchant atau tempat yang kamu lakukan untuk transaksi nantinya, harus berlogo Visa atau MasterCard.

(Baca Juga: Manfaat Kartu Kredit CIMB Niaga Visa Platinum)

Perbedaan Kartu Kredit Visa dan MasterCard

Setelah di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui informasi seputar kartu kredit Visa dan MasterCard, maka kini kamu akan mengetahui perbedaan kartu kredit Visa dan MasterCard.

Yang mana, perbedaan dua jenis kartu kredit ini cukup banyak. Namun, CekAja.com telah merangkum beberapa di antaranya yang akan diulas sebagai berikut.

1. Logo kartu

Perbedaan kartu kredit Visa dan MasterCard yang bisa kamu ketahui pertama, yaitu dari logonya.

Untuk kartu kredit Visa sendiri, logo kartu berupa tulisan “Visa” dengan kotak warna putih. Logo ini pun tidak hanya terdapat di bagian depan kartu, tetapi juga ada di bagian belakang kartu.

Sementara untuk MasterCard, logo ditunjukkan dalam bentuk tulisan “MasterCard”, dengan dua lingkaran berwarna merah dan kuning terang.

2. Induk perusahaan provider

Selanjutnya, kamu juga bisa mengetahui perbedaan kartu kredit Visa dan MasterCard, dari induk perusahaan providernya.

Hal tersebut karena, Visa adalah produk dari Visa International Service Association (VISA .INC), yang sudah berdiri sejak 1955 dan terletak di Foster City, California.

Didirikannya Visa, mulanya untuk meningkatkan kehidupan, serta perekonomian di seluruh dunia.

Berbeda dengan MasterCard, yang merupakan produk dari MasterCard Worldwide, sebuah korporasi yang sudah berdiri sejak 1966, dan terletak di Purchase, New York.

MasterCard banyak menghadirkan produk inovatif, yang ditujukan untuk mengubah cara hidup masyarakat, dengan transaksi elektronik berteknologi canggih.

Baik Visa atau MasterCard, keduanya bisa dibilang saling bersaing, karena sama-sama menjadi provider kartu kredit terbesar di dunia.

3. Sistem keamanan dan perlindungan nasabah

Berbicara tentang sistem keamanan dan perlindungan nasabah, Visa dan MasterCard sama-sama memiliki sistem keamanan dan perlindungan yang baik.

Namun bedanya, Visa memiliki sistem keamanan berupa One Time Password (OTP). Yang mana, kode OTP ini akan dikirim ke ponsel pengguna, untuk kemudian dimasukkan ke dalam jendela verified Visa.

Sedangkan MasterCard memiliki sistem keamanan yang berbeda. Ia lebih menggunakan Secure Code sebagai bentuk proteksi lebih terhadap para nasabahnya.

Nah, Secure Code ini merupakan kode PIN tambahan, yang wajib dimasukkan pengguna pada saat transaksi online.

Dari perbedaan sistem keamanan yang dimiliki Visa dan MasterCard, sebenarnya ada satu persamaan, yaitu sama-sama perlu memasukkan kode CVV dan tanggal berlaku kartu kredit, ketika hendak bertransaksi online.

Jadi jika dilihat secara umum, cara kerja dari keduanya sama. Hanya saja yang membedakan adalah sistem keamanan di Visa dan MasterCard, yang berbentuk OTP dan Secure Code.

4. Jangkauan pengguna dan popularitas

Di urutan keempat ada jangkauan pengguna dan popularitas. Ini merupakan salah satu perbedaan kartu kredit Visa dan MasterCard, yang penting untuk diperhatikan.

Pasalnya, banyak merchant yang diketahui hanya bekerja sama dengan salah satu provider saja.

Seperti misalnya ada satu merchant yang bekerja sama dengan Visa dan memberikan promo menarik, maka promo tersebut hanya berlaku untuk pemilik kartu kredit Visa, tidak dengan MasterCard.

Perlu diketahui, jangkauan dan popularitas kartu kredit Visa dan MasterCard berbeda. Visa lebih memiliki popularitas di negara-negara Asia.

Sehingga, tidak heran apabila jangkauannya lebih mencakup negara-negara Asia. Berbeda dengan MasterCard, yang popularitas dan jangkauannya lebih luas lagi, bahkan mencakup negara-negara Amerika dan Eropa.

5. Fasilitas dan promo

Selain empat hal di atas, perbedaan kartu kredit Visa dan MasterCard juga bisa dilihat dari fasilitas yang diberikan, serta promonya.

Untuk Visa sendiri, fasilitas dan promo yang diberikan bisa dikatakan sangat banyak, di antaranya yaitu ada program tiket pesawat gratis, diskon serta promo pembelanjaan tertentu.

Tidak hanya itu, Visa juga mendukung kamu para nasabahnya, untuk berbisnis melalui fasilitas kredit yang ditawarkan. Kamu pun bisa mengikuti program yang tersedia.

Di samping itu, Mastercard juga memberikan fasilitas dan promo yang tak kalah menarik. Selain adanya diskon dan berbagai promo belanja menarik, MasterCard juga menawarkan banyak kemudahan dalam berbagai aspek, seperti restoran dan reservasi hotel mewah.

Ada pula fitur Identity Theft Resolution Service, sebagai layanan yang mampu melindungi identitas kamu dan nasabah kartu kredit MasterCard lainnya.

6. Biaya transaksi yang dikenakan

Perbedaan kartu kredit Visa dan MasterCard yang terakhir, yaitu biaya transaksi yang dikenakan.

Seperti yang diketahui, ketika melakukan transaksi, pasti ada biaya tambahan yang dikenakan oleh Visa maupun MasterCard.

Biaya tambahan yang dikenakan ini, tentunya berbeda setiap providernya. Misalnya Visa, jika kamu bertransaksi di luar negeri, maka kamu akan dikenakan biaya transaksi sebesar satu persen, dari total transaksi yang dilakukan.

Biaya transaksi yang dikenakan untuk Visa ini berbeda dengan MasterCard. Sebab, MasterCard menetapkan biaya transaksi yang beragam menyesuaikan merchant-nya, yaitu mulai dari 0,2 – 1 persen.

Macam-macam Kartu Kredit Visa dan MasterCard

Rasanya, mengetahui perbedaan kartu kredit Visa dan MasterCard saja tidak cukup. Kamu juga perlu mengetahui macam-macam kartu kredit Visa dan MasterCard, yang akan diulas satu persatu berikut ini.

Macam-macam kartu kredit Visa

  • Visa Signature, merupakan kartu kredit eksklusif, khusus untuk pengusaha atau profesional ternama. Kartu kredit ini memiliki limit yang sangat besar, mulai dari Rp100 juta sampai tak terhingga.
  • Visa Infinite, merupakan kartu kredit yang hanya ditujukan untuk pengguna yang memiliki aset 100 ribu USD atau Rp1 miliar dalam bentuk tunai.
  • Visa Classic, merupakan kartu kredit dengan batas limit paling rendah, baik dari segi fitur maupun transaksi belanja, yaitu maksimal Rp5 juta.
  • Visa Gold, merupakan kartu kredit dengan batas kredit paling tinggi, yaitu hingga Rp100 juta. Kartu kredit ini juga memberikan banyak fitur kepada para nasabahnya, salah satunya yaitu diskon di beberapa mitra merchant.
  • Visa Platinum, merupakan kartu kredit yang mengharuskan penggunanya memiliki penghasilan per bulan sekitar Rp25 juta ke atas. Kemudian untuk batas limitnya, diberikan mulai Rp75 juta sampai tak terhingga.

Macam-macam kartu kredit MasterCard

  • World MasterCard, merupakan kartu kredit dengan minimum penggunaan sekitar Rp75 juta setahun.
  • World Elite MasterCard, merupakan kartu kredit kelas tertinggi di MasterCard, yang telah dilengkapi fitur Identity Theft Resolution Service, dan memberikan kemudahan di semua aspek transaksi.
  • MasterCard Classic, merupakan kartu kredit dengan batas kredit rendah, yaitu hanya sekitar Rp5 juta.
  • MasterCard Gold, merupakan kartu kredit dengan batas kredit mencapai Rp100 juta. Kartu kredit ini tidak hanya memiliki limit yang tinggi, tetapi juga memberikan iuran bulanan yang cukup tinggi.
  • MasterCard Platinum, merupakan kartu kredit paling tinggi, yang menawarkan banyak fitur menarik seperti diskon, program poin yang bisa ditukar dengan hadiah besar, serta program promo lainnya.

(Baca Juga: Syarat Pengajuan Kartu Kredit BNI MasterCard Gold)

Itulah beberapa informasi seputar kartu kredit Visa dan MasterCard, yang sudah kamu ketahui secara lengkap di pembahasan sebelumnya, mulai dari informasi dasarnya, perbedaan kartu kredit Visa dan MasterCard, hingga macam-macam dua kartu kredit tersebut.

Dari semua informasi yang sudah diketahui sebelumnya, kamu mungkin tertarik untuk memiliki salah satu jenis kartu kredit itu.

Kalau begitu, maka kamu bisa langsung berkunjung ke situs CekAja.com. Di sana, tersedia banyak produk kartu kredit, baik Visa maupun MasterCard, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Sebelum memilih, kamu pun bisa melakukan perbandingan terlebih dahulu, dari setiap produk kartu kredit yang tersedia.

Jika sudah menemukan satu yang tepat, maka kamu bisa langsung mengajukannya secara online di sana.

Perlu diketahui, proses pengajuan kartu kredit melalui CekAja.com sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan kartu kredit terbaikmu sekarang juga!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani