Perluasan Stimulus PPnBM Mobil Baru Berlaku Mulai April Tahun Ini

Perluasan stimulus PPnBM mobil baru berlaku mulai April 2021 ini. Jadi yang sudah menabung dan berencana membeli mobil baru, bisa segera direalisasikan ya.

Kita tahu bahwa selama ini harga mobil memang tergolong mahal, terlebih ditambah pajak dan lain lainnya. Namun tetap saja minat masyarakat untuk membeli mobil baru lumayan tinggi.

Hanya saja penurunanterlihat sekali disaat dunia mengalami pandemi. Tak hanya di Indonesia saja roda perekonomian mengalami kemacetan, melainkan hampir diseluruh dunia.

Tapi seperti pepatah, hidup terus berlanjut. Oleh karena itu, butuh beragam strategi untuk membuat roda perekonomian tetap berjalan seperti biasa.

Misalnya saja dalam industri otomotif, terjadi penurunan akan pembelian mobil. Hal wajar, karena mobil bukanlah kebutuhan pokok, jadi dimasa seperti ini tentu tidak diprioritaskan dulu.

Akhirnya, untuk memulihkan industri otomotif, pemerintah mengeluarkan kebijakan mengenai subsidi pajak.

Ya, pemerintah sebelumnya telah membuat aturan kebijakan mengenai relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah 0%. Ini artinya pajak untuk pembelian mobil baru akan ditanggung Pemerintah.

Jadi harga mobil akan dipangkas lumayan banyak. Relaksasi PPnBM ini memiliki tujuan agar membangkitkan industri otomotif yang lesu akibat dari pandemi yang berkepanjangan.

Nah saat ini beredar kabar kalau ada perluasan stimulus PPnBM mobil baru. Syarat untuk mendapatkan stimulus ini sebelumnya adalah untuk mobil dengan mesin dibawah 1500cc, memiliki TKDN 70% serta penggerak 4×2 saja.

Pemerintah kali ini melakukan perluasan stimulus PPnBM mobil baru ke mesin 1500cc sampai 2500cc. Keputusan ini diambil tentu dengan pertimbangan yang matang.

(Baca Juga: Pemerintah Diskon Pajak Pembelian Mobil Baru )

Diantaranya ada kenaikan order mobil baru sebesar 140,8% untuk mobil-mobil yang mendapatkan stimulus PPnBM. Jadi yuk simak terus penjelasan mengenai perluasan stimulus PPnBM mobil baru yang akan berlaku mulai April tahun ini!

Perluasan Stimulus PPnBM Mobil Baru

Seperti yang sudah disebutkan bahwa stimulus PPnBM memiliki tujuan agar masyarakat ramai-ramai membeli mobil baru terutama mobil-mobil yang mendapatkan PPnBM 0%. Ini nantinya akan membangkitkan kembali industri otomotif.

Dengan demikian perekonomian bisa perlahan kembali seperti semula. Mengenai perluasan stimulus PPnBM mobil baru awalnya ada arahan dari Presiden untuk bisa merambah ke mobil yang bermesin 2500cc. 

Setelah rapat koordinasi terbatas antara Kementerian Bidang Perekonomian, Kementerian Perindustrian dan Kementerian Keuangan akhirnya diputuskan bahwa Pemerintah akan melakukan perluasan stimulus PPnBM mobil baru.

Skema Perluasan Stimulus PPnBM Mobil Baru

Perluasan stimulus ini diberlakukan bagi kendaraan dengan yang mempunyai mesin 1501 cc sampai dengan 2500 cc, berjenis 4×2 dan 4×4 serta memiliki TKDN atau memiliki local purchase diatas 60%. 

Pada skema stimulus PPnBM yang dibagi berdasarkan sistem geraknya ada dua yaitu 4×2 dan 4×4. Untuk mobil jenis 4×2 skemanya yaitu diskon PPnBM untuk tahap I sebesar 50% berlaku April sampai Agustus 2021 dan untuk tahap II diskon PPnBM sebesar 25% berlaku September sampai Desember 2021.

Sedangkan tarif PPnBM yang tadinya 20% dipangkas menjadi 10% pada tahap I dan 15% untuk tahap II. Lalu untuk mobil 4×4 diskon PPnBM pada tahap I yang berlaku April-Agustus 2021 sebesar 25% dan tahap II sebesar 12,5% berlaku September-Desember 2021.

Adapun tarif PPnBM juga turun yaitu dari 40% menjadi 30% pada tahap I dan 35% pada tahap II.

Perluasan stimulus PPnBM mobil baru ini diharapkan bisa memberikan dampak positif seperti aturan stimulus PPnBM sebelumnya. Dari hasil evaluasi kebijakan relaksasi sebelumnya ternyata efektif meningkatkan daya beli masyarakat.

Dengan mulai menggeliatnya produksi serta penjualan industri otomotif ini tentu akan memiliki efek domino untuk industri lainnya. Perluasan stimulus PPnBM mobil baru ini disambut sangat antusias karena relaksasi ini ditujukan untuk mobil-mobil produksi lokal yang tentu saja memakai banyak komponen dari dalam negeri. 

Jenis Mobil Apa Saja yang Peroleh Perluasan Stimulus?

Lalu jenis mobil apa yang kira-kira bisa mendapatkan perluasan stimulus PPnBM mobil baru ini ya? Meski tak sebanyak mobil dengan mesin dibawah 1500cc, mobil dengan mesin antara 1501cc – 2500cc pasti ada yang memenuhi syarat mendapatkan perluasan stimulus ini.

Mobil bermesin besar ada banyak yang diperjualbelikan di pasar Indonesia seperti Mitsubishi Pajero Sport, Honda CR-V, Toyota Fortuner, Toyota Kijang Innova, Honda HR-V 1.5 dan HR-V 1.8. Mobil-mobil ini bisa saja mendapatkan perluasan stimulus PPnBM mobil baru. 

Tapi jika mengingat semua syarat yang harus dipenuhi selain besarnya mesin mobil maka hanya ada 2 mobil yang bisa mendapatkan perluasan stimulus ini yaitu Toyota Kijang Innova dan Toyota Fortuner.

Namun sayangnya tidak semua jenis Fortuner bisa mendapatkan perluasan stimulus PPnBM mobil baru ini. Lalu gimana dengan mobil lain? Ternyata mobil-mobil ini terbentur syarat TKDN yang minimal 70%.

Mobil seperti Honda HR-V 1.8 memang sudah dirakit di Indonesia tapi komponen lokalnya hanya sampai 40% saja. begitu juga dengan mobil lain.

Relaksasi pajak mobil baru dilakukan dalam tiga tahapan sampai akhir tahun ini. Aturan ini untuk relaksasi PPnBM mobil dengan mesin dibawah 1500cc.

Tahapan I dimulai dimulai Maret sampai Mei 2021 dengan diskon 100%, tahapan II dimulai Juni sampai Agustus 2021 dengan diskon 50% dan tahapan III dimulai Oktober sampai Desember 2021 dengan diskon 25%.

Lalu untuk relaksasi PPnBM dengan mesin mobil 1501cc – 2500cc akan dimulai bulan April sampai Desember 2021.  Jadi diperkirakan mobil Fortuner dan Innova harganya bisa turun sampai ratusan juta. Nah siapa sih yang tidak tergiur dengan diskon sebanyak ini.

Meski Fortuner dan Innova yang masuk mobil mewah ini harganya bisa turun ratusan juta rupiah pasarnya tidak sebanyak mobil di bawah 1500cc. Ini dikarenakan pasaran mobil dengan mesin sampai 2500cc ini terbilang mahal.

Harganya bisa diatas Rp 300 jutaan. Meskipun mungkin tidak akan menyamai peningkatan penjualan mobil dibawah 1500cc tapi perluasan stimulus PPnBM mobil baru untuk 2500cc adalah hal yang baik bagi industri otomotif. Dengan perluasan stimulus diharapkan akan memulihkan perekonomian nasional Indonesia.

Setelah membeli mobil baru, hal yang selanjutnya tak boleh diabaikan adalah mengenai asuransi. Karena asuransi kendaraan menjadi satu hal penting untuk menjaga kendaraan tetap dalam kondisi baik.

(Baca Juga: Aturan Diskon PPnBM Untuk Pembelian Mobil Baru)

Dan tentu saja menjaga kondisi keuangan jika terjadi hal buruk pada kendaraan atau mobil barumu. Misalnya saja kecelakaan, pencurian, atau pun perbaikan lain dan perawatan.

Kini ada banyak pilihan asuransi kendaraan, yang bisa diambil, dan premi yang dibayarkan pun terjangkau. Untuk mendapatkannya kita bisa mengajukan asuransi kendaraan melalui CekAja.com.

Pengajuan asuransi kendaraan melalui CekAja.com bisa dilakukan secara online dan tak membuatmu repot pergi ke kantor asuransi, prosesnya pun cepat dan aman.

Jadi tunggu apalagi? Yuk lengkapi kendaraanmu dengan asuransi terbaik di CekAja.com.