5 Pilihan Investasi Terbaik di Masa Depan untuk Milenial, Yuk Simak!

Investasi menjadi salah satu cara untuk mempersiapkan finansial di masa depan. Terdapat berbagai pilihan investasi terbaik di masa depan untuk milenial. Kamu bisa menyimak pilihan tersebut pada bahasan di bawah ini!

5 Pilihan Investasi Terbaik di Masa Depan untuk Milenial, Yuk Simak!

Saat ini rata-rata milenial mulai memiliki penghasilan sendiri. Baik dari pekerjaan tetap maupun dari pekerjaan sampingan.

Penghasilan tersebut mungkin sudah cukup untuk membiayai hidup saat ini, tetapi belum tentu menjadi jaminan di masa depan.

Saat ini, sudah saatnya untuk kamu mulai memikirkan masa depan. Setidaknya, kamu perlu mempersiapkan kebutuhan finansial untuk masa depan.

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan masa depan adalah dengan berinvestasi.

Sebagian milenial mungkin sudah mulai ikut terjun dalam dunia investasi. Tetapi untuk yang belum, kamu tidak perlu risau, sebab tidak ada kata terlambat untuk memulai.

Terdapat berbagai jenis investasi yang bisa diikuti. Tetapi, sebelum memulainya pastikan kamu telah mempelajari dan mengetahui jenis investasi tersebut.

Agar kamu tidak bingung terhadap jenis investasi, CekAja telah merangkum setidaknya 5 pilihan investasi terbaik di masa depan untuk milenial berikut ini. Yuk simak!

5 Pilihan Investasi Terbaik di Masa Depan untuk Milenial

Selain memenuhi kebutuhan di masa depan, memulai investasi sejak dini juga dapat melindungi nilai aset yang kamu punya dari inflasi.

Tidak perlu berlama-lama, berikut ini adalah beberapa pilihan investasi terbaik di masa depan untuk milenial yang bisa kamu simak.

1. Saham

Milenial saat ini pasti tidak asing lagi dengan jenis investasi saham. Berpotensi mendapatkan keuntungan yang tinggi, menjadi alasan saham masuk ke dalam pilihan investasi terbaik di masa depan untuk milenial.

Perlu diketahui, risiko yang dimiliki saham lebih tinggi dibandingkan jenis investasi lainnya. Hal ini sebanding dengan keuntungan yang akan diterima.

Keuntungan tersebut bisa didapat dari capital gain atau keuntungan dari harga jual yang lebih tinggi dari harga beli, dan juga dari deviden atau hasil pembagian keuntungan dari perusahaan.

Investasi saham membebaskan para investor untuk mengelola semua kegiatan sendiri. Mulai dari dana, instrumen yang dibeli, hingga instrumen yang akan dijual.

Hal inilah, yang menyebabkan saham memiliki risiko yang cukup tinggi. Terlebih harga saham cukup fluktuatif, sehingga kamu perlu ekstra hati-hati dalam menjalankannya.

Salah satu tips agar tidak terjadi kehilangan adalah dengan melakukan riset terhadap perusahaan yang ingin diinvestasikan. Kamu juga bisa melakukan analisis fundamental dan juga teknikal.

2. Reksadana

Selanjutnya ada reksadana, yang masuk kedalam pilihan investasi terbaik di masa depan untuk milenial. Bagi sebagian orang, reksadana sama artinya dengan saham.

Meski memang hampir mirip, tetapi perlu kamu ketahui, bahwa reksadana dan saham memiliki sistem yang berbeda.

Investasi saham akan dikelola langsung oleh investor, baik dari segi mengelola dana hingga membeli instrumen yang diinginkan.

Sedangkan reksadana merupakan investasi yang dikelola oleh perusahaan aset manajemen. Sehingga, investor tidak perlu lagi pusing mengambil keputusan untuk menjual atau membeli saham.

Tetapi, kekurangannya adalah investor menjadi tidak leluasa dalam memilih instrumen investasi saham. Sebab semua sudah dikelola oleh pihak perusahaan yang sudah berpengalaman.

Untuk milenial yang baru ingin berinvestasi, reksadana bisa menjadi pilihan. Sebab, risiko yang dimiliki lebih minim dibandingkan dengan investasi saham.

(Baca Juga: Kenapa Penting Sekali Memulai Investasi Bagi Milenial)

3. Deposito

Meski sempat tidak mendapatkan perhatian, belakangan ini, deposito menjadi pilihan investasi yang banyak digemari oleh gen milenial.

Sebab, secara prinsip deposito hampir mirip dengan menabung. Sehingga, bagi pemula yang belum memahami dan masih ragu dalam berinvestasi, deposito bisa menjadi solusi.

Secara sederhana, deposito merupakan produk investasi menyimpan uang dari perbankan, dengan tingkat pengembalian yang lebih tinggi dibandingkan dengan jumlah yang disetorkan.

Investasi deposito memiliki syarat dalam melakukan pencairan dana. Sistem pencairan dana hanya bisa dilakukan pada jangka waktu yang telah disepakati. Umumnya jangka waktu tersebut mulai dari 1, 3, 6, 12, hingga 24 bulan.

Suku bunga atau keuntungan dana yang diberikan pada tiap bank akan berbeda. Suku bunga akan semakin tinggi seiring dengan tingginya setoran yang diberikan.

Memiliki risiko kehilangan yang kecil, membuat deposito masuk kedalam kategori pilihan investasi terbaik di masa depan untuk milenial.

4. Emas

Emas menjadi salah satu jenis investasi yang banyak diminati oleh berbagai kalangan, termasuk milenial.

Emas cenderung memiliki nilai yang stabil di masa depan, dan bahkan naik setiap tahunnya. Hal inilah yang menjadi alasan emas banyak diminati, dan menjadi pilihan investasi terbaik di masa depan untuk milenial.

Investasi emas terbagi menjadi 2, yaitu emas perhiasan dan emas murni. Keduanya sama sama banyak peminatnya, kamu bisa memilih sesuai keinginan.

Sebelum memulai investasi emas, kamu perlu teliti dalam memilih tempat pembelian. Pastikan tempat kamu membeli emas sudah resmi dan terpercaya.

Salah satu tempat membeli emas terpercaya yaitu di kantor antam. Tidak hanya itu, saat ini juga sudah banyak bank yang menyediakan layanan investasi emas.

5. Properti

Investasi terakhir yang masuk ke dalam pilihan investasi terbaik di masa depan untuk milenial adalah investasi properti.

Investasi properti dikatakan sebagai investasi terbaik, sebab harga yang dibanderol akan terus meningkat dari tahun ke tahun.

Tetapi, kamu perlu tahu bahwa investasi jenis properti membutuhkan modal yang besar, serta juga cost perawatan yang tidak sedikit.

Meski begitu, keuntungan dari investasi properti akan besar, terlebih jika dalam waktu jangka panjang. Kamu bisa mendapatkan keuntungan berkali kali lipat dibandingkan saat awal membeli.

Selain itu, risiko kerugian investasi ini juga terbilang kecil. Pasalnya, pergerakan investasi ini terbilang cukup stabil.

Untuk mendapatkan keuntungan tersebut kamu bisa menjual properti ketika harga naik. Atau bisa juga menyewakan properti tersebut, dan mendapatkan passive income.

(Baca Juga: 5 Produk Investasi untuk Masa Pensiun)

Nah itu dia 5 pilihan investasi terbaik di masa depan untuk milenial. Sebagai generasi milenial, jenis investasi mana yang kemungkinan kamu pilih?

Apapun jenisnya, kemungkinan terjadi fluktuasi tetap ada. Oleh sebab itu, pastikan kamu telah memiliki dana darurat sebelum memulai investasi.

Kamu bisa mulai menabung untuk mempersiapkan dana darurat. Besarnya tabungan bisa dipilih sesuai dengan kemampuan.

Saat ini, memiliki tabungan tidaklah sulit. Bahkan, kamu bisa membuka tabungan secara online melalui CekAja.com.

Proses pengajuan tabungan di sana cukup cepat, mudah, dan juga aman. Apalagi CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera ajukan pembukaan tabungan sekarang!