5 Produk Investasi untuk Masa Pensiun Paling Menjanjikan

Jika ingin menikmati masa pensiun yang indah, sepertinya kamu wajib berinvestasi di sejumlah produk investasi untuk masa pensiun. Yang mana, produk investasi yang bisa dijadikan pilihan terbaik ada banyak, mulai dari reksadana hingga deposito berjangka.

5 Produk Investasi untuk Masa Pensiun Paling Menjanjikan

Memiliki produk investasi untuk masa pensiun, bisa dibilang merupakan tabungan darurat, ketika uang pensiun tidak lagi mencukupi kebutuhan hidup.

Maka dari itu, untuk mengurangi risiko serta hal-hal yang tidak diinginkan selama masa pensiun, ada baiknya kamu melakukan antisipasi sejak dini, dengan berinvestasi di sejumlah produk investasi untuk masa pensiun.

Nah, jika kamu belum tahu apa saja produk investasi terbaik yang bisa digunakan, pada artikel kali ini, CekAja akan memberikan sejumlah daftarnya, yang akan diulas secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Seputar Investasi untuk Masa Pensiun

Sebelum jauh mengetahui tentang produk investasi untuk masa pensiun, ada baiknya kamu ketahui dulu informasi dasar seputar investasi untuk masa pensiun itu sendiri.

Jadi, untuk bisa menghadapi dan menjalankan masa pensiun dengan tenang, dibutuhkan persiapan yang sangat matang.

Karena jika melihat realita yang ada, sebagian besar masyarakat yang dulunya bekerja kantoran merasa pesangon pensiunnya kurang, karena tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Maka dari itu, sebagian dari mereka melakukan sesuatu dengan dana pensiun tersebut, untuk menambah penghasilan dan mencukupi kebutuhan selama pensiun.

Umumnya, hal yang dilakukan dengan dana pensiun adalah berbisnis. Namun selain itu, dana pensiun juga baik untuk digunakan berinvestasi.

Contoh produk investasi yang cocok untuk masa pensiun, sebenarnya adalah produk konservatif. Hal tersebut tak lain karena minim risiko, meskipun imbal hasil yang didapat tidak terlalu besar.

Adapun contoh produk konservatif dalam investasi, yakni deposito, obligasi negara, atau reksadana pasar uang.

Jika kamu menggunakan dana pensiun untuk investasi di beberapa produk tersebut, maka disarankan untuk menaruh persentasenya lebih besar, yakni 50 persen.

Karena itu akan menguntungkanmu di masa yang akan datang. Berbeda dengan produk investasi lainnya yang besar keuntungan, namun juga tinggi risiko.

(Baca Juga: Mengenal Dividend Trap dan Cara Menghindarinya)

Produk Investasi untuk Masa Pensiun

Setelah mengetahui sekilas tentang investasi untuk masa pensiun, kini saatnya kamu mengetahui sejumlah produk investasi, yang cocok untuk digunakan untuk masa pensiun.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, produk investasi untuk masa pensiun paling baik adalah produk konservatif, seperti deposito, reksadana pasar uang, dan obligasi negara.

Tetapi selain itu, masih banyak lagi produk investasi untuk masa pensiun yang bisa dijadikan pilihan, antara lain:

1. Investasi Reksadana

Menempati posisi pertama sebagai produk investasi untuk masa pensiun, investasi reksadana dinilai cukup ideal untuk kamu bisa mengumpulkan dana pensiun secara efektif dalam jangka panjang.

Ini tentunya tidak dilakukan seorang diri begitu saja. Dalam praktiknya tentu dibutuhkan bimbingan dari Manajer Investasi.

Sebab, Manajer Investasi nantinya berperan dalam mengelola investasimu. Sehingga, tugasmu hanya menaruh sejumlah uang untuk membeli reksadana, lalu memilih jenis reksadana yang diinginkan.

Tapi kamu juga perlu tahu, kalau memilih Manajer Investasi tidak bisa sembarangan. Kamu perlu memilihnya dari perusahaan yang terpercaya dengan portofolio tepat, agar nantinya dana investasimu dikelola dengan baik, dan secara efektif dalam jangka panjang.

2. Investasi Saham

Produk investasi untuk masa pensiun yang kedua, yakni investasi saham. Berbicara tentang hal ini, sebenarnya orang-orang sudah tahu, kalau investasi saham adalah jenis investasi yang cocok untuk jangka panjang.

Hal tersebut karena, peluang untuk investasi saham sangat praktis, serta mudah diakses oleh siapa saja dengan cara-cara digital terpercaya.

Dan jika ingin berinvestasi saham, kamu sebaiknya menyisihkan sejumlah uang untuk membeli saham yang bagus, yakni saham yang bersifat blue chip.

Sebab saham blue chip umumnya stabil, sehingga minim risiko. Kemudian, selain memilih saham blue chip, kamu juga bisa memilih emiten yang memiliki performa stabil, bahkan cenderung naik dari waktu ke waktu.

Dengan demikian, dana pensiun yang diinvestasikan ke saham akan terus meningkat. Kamu pun tidak perlu merasa khawatir yang berlebihan, sebab di masa-masa yang akan datang kamu tetap memiliki dana yang tersimpan di saham.

3. Investasi Properti

Di urutan ketiga ada Investasi Properti. Sesuai dengan namanya, produk investasi untuk masa pensiun ini adalah properti, baik itu tanah maupun bangunan.

Jika uang pensiun atau pesangon yang kamu miliki cukup besar, maka kamu bisa menggunakannya untuk membeli tanah, atau membangun rumah, ruko, dan lain sebagainya yang bisa dijadikan passive income.

Loh, kok disebut passive income? Ya, karena bangunan-bangunan tersebut bisa disewakan, agar kamu mendapat penghasilan tambahan, di samping uang pensiun yang kamu dapat setiap bulannya.

Tetapi, dibalik keuntungan itu, ada risiko yang harus diketahui dan diantisipasi sejak dini, yaitu properti tidak bisa dijual dalam waktu cepat, apabila sewaktu-waktu kamu membutuhkan dana besar yang sifatnya mendadak.

Pasalnya, properti memiliki mekanisme penjualan yang prosesnya memakan waktu cukup lama, dibandingkan barang lainnya.

4. Investasi Emas Batangan

Sudah menjadi rahasia umum, kalau investasi emas batangan merupakan salah satu produk investasi untuk masa pensiun yang menjanjikan.

Sebab, emas batangan memiliki harga yang cenderung stabil, bahkan meningkat setiap tahunnya. Dan jika emas yang kamu miliki disimpan untuk jangka waktu lama, berapa kira-kira uang yang dihasilkan? Tentunya berkali-kali lipat bukan?

Maka dari itu, investasi emas batangan dinilai sebagai investasi yang menjanjikan sekaligus menguntungkan untuk masa tua.

5. Deposito Berjangka

Produk investasi untuk masa pensiun yang terakhir, yaitu deposito berjangka. Buat kamu yang belum tahu, kenapa deposito berjangka dipilih sebagai produk investasi menguntungkan, karena ia aman terhadap fluktuasi suku bunga BI dan rendah risiko.

Sehingga, apabila kamu menginvestasikan semua tabunganmu di bank ke deposito berjangka, maka tabungan pensiun itu sudah terjamin aman dari kikisan inflasi.

Belum selesai sampai disitu, deposito berjangka juga memungkinkan kamu untuk mendapat keuntungan dari suku bunga yang ada.

Kemudian, kamu juga bisa menggunakan fasilitas automatic roll over, ketika masa tenor deposito sudah habis. Bagaimana, sangat menarik bukan?

(Baca Juga: Modus Penipuan Investasi Saham)

Itulah sejumlah produk investasi untuk masa pensiun terbaik, yang sudah kamu ketahui informasinya secara lengkap di pembahasan sebelumnya.

Dari semua produk investasi yang ada, kamu bisa memilih satu di antaranya yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansialmu, untuk investasi masa tua.

Namun, jika dirasa finansialmu saat ini belum mampu untuk digunakan berinvestasi di produk-produk tersebut, maka kamu bisa coba bentuk investasi paling sederhana, yakni menabung.

Saat ini, proses kepemilikan tabungan jadi lebih mudah, karena bisa dilakukan secara online, melalui situs perbandingan seperti CekAja.com.

Di sana, kamu bisa melakukan pengajuan dengan praktis, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang juga!