Pinjaman JULO Resmi Mengantongi Izin OJK, Yuk Intip Keunggulannya!

6 min. membaca Oleh Ayunindya Annistri on

Kabar baik datang dari layanan pinjaman JULO, yang resmi mengantongi izin OJK, di tengah pandemi Covid-19. Hal tersebut membuat perusahaan fintech peer to peer karya anak bangsa, yakni PT JULO Teknologi Finansial, bisa beroperasi secara bebas, guna melayani masyarakat Indonesia, yang butuh pinjaman dana darurat.

JULO Resmi Mengantongi Izin OJK, Seperti Apa Keunggulan dari Produk Pinjaman Ini?

Hingga April 2020 hanya Ada 25 Fintech P2P Lending di Indonesia

Hingga April 2020, setidaknya hanya ada 25 fintech P2P lending dari 161 perusahaan yang sudah mengantongi izin dari OJK. Jumlah yang tentu saja masih sangat sedikit dari perkiraan.

Padahal total pertumbuhan pinjaman yang disalurkan oleh fintech lending mengalami kenaikan cukup pesat hingga 208,833 persen dari tahun ke tahun, dengan nilai Rp100 triliun pada kuartal pertama 2020.

Dengan begitu, semestinya perusahaan fintech legal di Indonesia dibiarkan berkembang pesat agar bisa memfasilitasi kebutuhan masyarakat yang ingin meminjam dana di luar layanan bank. Sebab, hal ini juga nantinya bakal mendorong perekonomian Indonesia agar lebih maju.

Untung saja, salah satu fintech P2P lending di Indonesia, yaitu JULO resmi mengantongi izin OJK. Dengan peningkatan status ini, CEO & Co-Founder JULO, Adrianus Hitijahubessy menyampaikan bahwa pihaknya akan terus berusaha untuk mewujudkan misi dan visi JULO, dalam mengembangkan pelayanan finansial bagi seluruh masyarakat, sekaligus mendukung inklusi keuangan di Indonesia.

(Baca Juga: Tips Renovasi Rumah Lebih Irit dengan JULO)

Sekilas Tentang JULO

JULO resmi mengantongi izin dari OJK sesuai surat edaran nomor KEP-16/D.05/2020. Aplikasi pinjaman ini juga telah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna dan telah menyalurkan pinjaman kepada ratusan ribu nasabah.

Didirikan pada akhir 2016 lalu, pinjaman JULO merupakan perusahaan finansial teknologi inovatif yang kini sudah melakukan ekspansi ke seluruh wilayah Indonesia.

Fintech yang memberikan akses pinjaman online tanpa jaminan (KTA) ini bisa diakses oleh masyarakat hanya dengan menggunakan smartphone. Sehingga, kamu bisa mendapatkan pinjaman baik berupa agunan maupun tanpa agunan, kapan saja dan dimana saja ketika kamu membutuhkannya.

Hingga saat ini, setidaknya JULO telah memiliki tiga produk unggulan, yaitu JULO Cicil, JULO Mini, dan JULO Agunan.

JULO Cicil merupakan produk pinjaman yang menawarkan limit mulai dari Rp1 juta hingga Rp8 juta dengan skema pembayaran cicilan selama 2-6 bulan.

Beban bunga yang ditetapkan untuk produk JULO Cicil ini berkisar antara 3 sampai dengan 6 persen per bulan, menyesuaikan hasil analisa kelayakan kredit masing-masing nasabah.

JULO Mini adalah pinjaman dalam bentuk KTA sebesar Rp1 juta dengan lama waktu pelunasan hanya satu bulan dan bunga yang dibebankan sebesar 0,33 persen per hari.

Sementara itu, pinjaman JULO Agunan merupakan pinjaman dengan jaminan berupa BPKB motor atau mobil, sertifikat rumah, ataupun tanah.

Setiap jaminan tersebut memiliki ketentuan besaran plafon yang berbeda. Misalnya saja pada jaminan sertifikat rumah, yang mana calon debitur bisa mengajukan pinjaman minimal Rp50 juta dengan masa tenor 1-5 tahun.

Berbeda halnya dengan jaminan BPKB mobil yang plafon pinjamannya minimal hanya Rp10 juta dengan tenor 1-4 tahun. Jaminan dengan BPKB motor memiliki besaran plafon minimal Rp1 juta dan tenor 3 bulan hingga 1 tahun.

Keunggulan dari Pinjaman JULO

Seperti perusahaan fintech lainnya, JULO juga memiliki keunggulan sendiri yang membuat pinjol ini layak untuk dijadikan pilihan saat kamu membutuhkan dana darurat. Dan berikut keunggulan dari pinjaman JULO:

  • Mengantongi izin OJK

Fintech yang berkualitas tidak hanya dilihat dari layanannya saja, namun juga mesti terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Hal inilah yang menjadi pertimbangan calon nasabah ketika ingin meminjam dana.

Nah untungnya, saat ini pinjaman JULO telah mengantongi izin usaha dari OJK. Jadi sepenuhnya hak nasabah dalam hal pinjam-meminjam dana telah dilindungi.

  • Teknologi Canggih

Berbicara mengenai teknologi, pinjaman JULO sendiri telah melakukan inovasi dengan menggunakan teknologi big data machine learning & algoritma yang amat canggih, guna menguji kelayakan kredit yang kamu ajukan. Makanya enggak heran jika pengajuan pinjaman lewat JULO bakal langsung diproses bahkan dalam waktu singkat, yakni hanya satu hari kerja.

  • Bunga Rendah

Siapa sih yang tidak tergiur akan klaim bunga rendah? Lewat JULO, kamu bisa mendapatkan kucuran dana segar dengan bunga yang cukup bersaing dan tentu saja rendah.

Misalnya, pada produk pinjaman JULO Mini, yang mana pinjaman ini memberikan limit sebesar Rp1 juta dengan bunga hanya sekitar 0,33 persen per hari.

  • Sistem Keamanan Terbaik

Jangan khawatir akan sistem keamanannya, karena melalui JULO, data pribadi kamu bakal tetap dijaga kerahasiannya. Sehingga kamu bisa dengan bebasnya mengajukan pinjaman melalui aplikasi ini.

  • Perencanaan Produk yang Terus Dikembangkan

Demi memberikan kenyamanan bagi nasabah, tim JULO bakal terus melakukan pengembangan dari sisi perencanaan produk agar nasabah dapat menggunakan produk pinjaman tersebut tanpa adanya keluhan.

  • Tersedia Fitur Cashback

Apabila nasabah memiliki track record kredit yang baik, pinjaman JULO tak akan segan untuk memberi fitur cashback atau uang kembali, terutama bagi nasabah yang menggunakan produk pinjaman JULO Cicil.

Ketentuan dari fitur cashback ini dibagi menjadi tiga kategori, yaitu 3 persen setiap kali debitur membayar cicilan paling lambat 4 hari sebelum tanggal jatuh tempo, 2 persen tiap kali debitur membayar cicilan 3 ataupun 2 hari sebelum tanggal jatuh tempo, serta 1 persen setiap kali debitur membayar cicilan sehari sebelum tanggal jatuh tempo atau saat tanggal jatuh tempo.

Syarat untuk Mengajukan Pinjaman JULO

Untuk mendapatkan pinjaman JULO, ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi agar pengajuan pinjaman diterima. Beberapa diantaranya seperti:

1. Berusia di atas 21 tahun

Rata-rata fintech di Indonesia menetapkan syarat usia pada calon debitur yang ingin meminjam dana. Untuk JULO sendiri, platform pinjaman online ini menetapkan syarat berupa usia minimal 21 tahun dengan dibuktikan KTP yang masih aktif. Jadi, pastikan kamu memenuhi syarat utama dari platform ini ya.

2. Menyertakan foto diri

Karena sistem pinjamannya dilakukan secara online, pihak JULO bakal meminta calon debitur untuk menyertakan foto diri sebagai bukti sah. Kriteria dari foto diri sendiri adalah pas foto berwarna serta foto KTP.

3. Memiliki slip gaji atau surat penghasilan

Selanjutnya syarat untuk mengajukan pinjaman JULO adalah dengan menyertakan slip gaji. Ini adalah bukti yang tidak bisa dinegosiasikan karena sifatnya yang mutlak.

Tanpa slip gaji, pihak JIULO tidak akan bisa menilai kecakapan kamu sebagai calon debitur dalam hal melunasi pinjaman.

Jika tidak memiliki slip gaji karena bukan berstatus sebagai karyawan tetap, calon debitur juga bisa menggantinya dengan surat bukti penghasilan. Sehingga apapun pekerjaan yang dilakoni, seperti pengusaha, freelance bahkan ibu rumah tangga pun bisa meminjam dana di JULO hanya dengan surat penghasilan tersebut.

(Baca Juga: Cara Bayar Cicilan JULO Termudah)

Cara Mengajukan Pinjaman Online di JULO

Dengan perkiraan waktu pencairan dana 1 sampai dua hari kerja saja, pinjaman berbasis aplikasi smartphone ini sangat cocok dimanfaatkan oleh kamu yang butuh dana cepat untuk memenuhi kebutuhan darurat.

Selain pencairan dana yang cepat, faktanya JULO juga telah menyiapkan proses pengajuan yang lebih praktis, bahkan hanya dalam hitungan menit saja kamu bisa langsung mengajukan pinjaman.

Berikut cara mengajukan pinjaman online JULO:

  • Download aplikasi JULO lewat Google Play Store
  • Isi data pribadi sesuai dengan syarat pinjaman yang ditetapkan oleh tim JULO
  • Pilih produk JULO sesuai dengan kebutuhan, mulai dari JULO Cicil, JULO Mini, hingga JULO Agunan
  • Tunggu pinjaman disetujui lewat verifikasi yang bakal dilakukan oleh tim JULO
  • Pantau aktivitas pengajuan pinjaman lewat aplikasi yang sudah diunduh. Jika disetujui, dana akan segera dicairkan ke rekening pribadi yang sudah didaftarkan saat pertama kali mengajukan pinjaman.

Nah itu tadi informasi seputar pinjaman online dari JULO yang kini sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Selain lewat aplikasinya sendiri, kamu bisa mendapatkan pinjaman ini lewat layanan CekAja.com.

Apabila nantinya kamu masih merasa ragu, CekAja bakal menjadi portal finansial, yang bisa bantu kamu mengecek apakah kemampuan finansialmu sesuai dengan produk pinjaman yang diajukan.

Bahkan dengan mengajukan pinjaman melalui CekAja, kamu juga bakal mendapatkan rekomendasi produk pinjaman lainnya, jika ternyata nominal pinjaman yang kamu ajukan, tidak sesuai dengan ketentuan JULO.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk pinjaman JULO, langsung saja akses laman CekAja.com, sekarang juga!

Tentang kami

Ayunindya Annistri

Ayunindya Annistri