Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Plus Minus Kredit Motor Tanpa DP

by Satrya Agung on 8 April, 2016

motor klasik - CekAja.com

Minat masyarakat Indonesia akan kuda besi alias motor roda dua memang tidak ada habisnya. Tiap tahun ada saja model baru yang diluncurkan.

Berbagai event otomotif digelar dengan megah dan menarik sehingga menarik hati siapa saja untuk datang dan akhirnya berbelanja. Para Sales pun semakin genjar menjajakan barang dagangan mereka. Banyak jenis promosi yang disodorkan membuat kita menjadi bingung sendiri mau pilih yang mana. Salah satunya adalah promo kredit motor tanpa DP atau Down Payment.

Pilihan para Marketers menyodorkan promo tanpa DP ini memang bukan tanpa alasan. Strategi ini diambil karena minat masyarakat yang tinggi namun keterbatasan dana selalu menjadi kendala. Ibarat hati “Keinginan Rambo tapi Kemampuan Rinto”.

Ya, banyak dari masyarakat kita atau tidak usah jauh-jauh, orang sekitar kita yang punya keinginan setinggi langit untuk membeli sebuah motor tapi tidak punya dana lebih untuk dijadikan uang muka atau down payment-nya.

Melihat celah dan kesempatan ini maka tak heran jika banyak dealer yang memberikan pilihan kepada calon konsumen mereka untuk bisa mendapatkan motor idaman walau tanpa uang muka. Jika sudah begini siapa yang bisa menolak?! Sebuah penawaran yang menggugah iman, bukan?!

Apa kelebihan dan kekurangan dari kredit motor tanpa DP?

Jika dilihat sekilas maka kita tidak akan mendapatkan kekurangan dari promo ini. Secara naluri orang awam kita akan berujar “Apa ruginya? Tanpa DP bisa bawa pulang motor idaman”. Nah, agar lebih jelas mari kita bahas pelan-pelan ya.

Sebelumnya kita bahas dulu kelebihan dari promo tanpa DP ini. Dan seperti yang sudah kita singgung, kelebihannya tentu kita tidak perlu merogoh kantong untuk membayarkan sejumlah uang untuk dijadikan uang muka atau DP-nya. Yang dibutuhkan hanya persyaratan standar, seperti fotokopi KTP, Fotokopi Kartu Keluarga, dan persyaratan umum lainnya.

Selain tanpa perlu keluarkan uang muka, apa lagi keuntungan lainnya? Kami bisa bilang tidak ada keuntungan lain. Karena dengan tanpa DP ini konsumen sudah bisa mendapatkan motor idamannya dan dengan demikian pihak dealer tidak bisa memberi hal lain seperti bonus atau potongan harga.

Selanjutnya kekurangannya, apa saja?

Yang perlu kamu sadari adalah dengan tidak adanya uang muka, maka secara otomatis besarnya cicilan tiap bulannya pun akan semakin tinggi. Dengan demikian kamu harus membayar cicilan lebih mahal ketimbang orang yang kredit dengan uang muka. Dan minus dari promo ini juga sudah kita sempat singgung, yakni hilangnya beberapa bonus yang sebenarnya ada kalau kita kredit motor baru dengan DP.

Seperti, jika kita kredit dengan DP maka kita akan mendapatkan bonus potongan free cicilan beberapa bulan. Seandainya kita kredit dengan DP dengan jangka waktu 35 bulan, mungkin saja kita mendapat potongan free cicilan sebanyak 3 bulan sehingga sisa jangka waktu menjadi 32 bulan saja.

Tentu ini sebuah keuntungan yang cukup lumayan besar. Sedangkan kalau dengan tanpa uang muka maka kita tidak bisa mendapatkan potongan tadi. Jadi dengan kata lain ketika kamu kredit motor dengan tanpa membayar uang muka maka kamu akan membayar cicilan tiap bulan lebih tinggi dan jangka waktu yang lebih lama.

Meski demikian tentu semua kembali pada diri kita masing-masing mengikuti kondisi keuangan kita. Apa pun pilihan kamu baik itu kredit motor tanpa DP atau dengan uang muka semua kembali pada diri kamu sendiri.

Tentang Penulis

Satrya Agung

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami