11 Reksadana Syariah Terbaik 2021 yang Paling Menggiurkan

Reksadana syariah terbaik 2021 kini semakin banyak jenisnya. Produk investasi berasaskan syariat Islam ini, dianggap menjanjikan meski pasar sempat mengalami gejolak besar di kuartal I tahun ini.

11 Reksadana Syariah Terbaik 2021 yang Paling Menggiurkan

Sekilas Tentang Reksadana Syariah

Di zaman yang kian modern, orang-orang agaknya semakin gemar mengendapkan hartanya di berbagai produk investasi, salah satunya reksadana.

Reksadana sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni versi konvensional dan syariah. Bagi investor muslim, reksadana syariah adalah pilihan yang tepat untuk pengelolaan harta mereka.

Praktisnya, reksadana syariah merupakan investasi di mana masyarakat dapat mengendapkan dana yang dimiliki untuk nantinya dikelola oleh Manajer Investasi.

Nah, Manajer Investasi ini nantinya bertugas untuk mengelola dana nasabah dan dialihkan ke berbagai instrumen yang menghasilkan cuan, seperti saham, pasar uang, hingga obligasi dengan berasaskan syariat Islam.

Karena menggunakan aturan sendiri, reksadana syariah tentunya hanya dikelola dalam instrumen yang sudah pasti terdaftar dalam Daftar Efek Syariah yang secara khusus dirilis oleh OJK.

Artinya, efek yang dijadikan portfolio investasi reksadana otomatis merupakan efek khusus, yang tentunya disesuaikan dengan prinsip syariat dan tidak boleh bertentangan dari prinsip tersebut.

Keuntungan Reksadana Syariah

  • Termasuk investasi bebas riba dan aman karena diawasi OJK serta DPS
  • Dapat dimiliki oleh siapapun, bahkan tak hanya untuk investor muslim saja
  • Reksadana syariah memiliki risiko lebih kecil
  • Dapat memberikan keuntungan hingga 6,5%
  • Cocok untuk investasi jangka panjang
  • Dapat dijadikan wadah untuk beramal, karena danya proses cleansing
  • Pembagian keuntungan didasarkan atas proporsi yang telah ditentukan antara investor dan Manajer Investasi.

Daftar Reksadana Syariah Terbaik 2021

Kamu tertarik untuk mencoba reksadana syariah? Jika iya, yuk langsung cek rekomendasi reksadana syariah terbaik 2021 di bawah ini.

1. Schroder Global Sharia Equity Fund

Diluncurkan pertama kali pada 22 Februari 2016 lalu, reksadana syariah terbaik 2021 ini berhasil menempati posisi satu versi Bareksa, dengan imbalan tertinggi sepanjang tiga bulan pertama di kuartal I tahun ini.

Schroder Global Sharia Equity Fund ini sukses membukukan imbal tertinggi dengan total hasil mencapai 2,72 persen.

Untuk investasi reksadananya, investor akan dikenai kebijakan investasi minimum 85 persen pada efek syariah luar negeri, yang termuat dalam daftar efek syariah. Prinsip yang digunakan adalah sustainability atau berkelanjutan.

(Baca Juga: 10 Bank Penjual Produk Reksadana Terbaik)

2. BNP Paribas Pesona Syariah

Reksadana syariah terbaik 2021 yang berikutnya diraih oleh reksadana BNP Paribas Pesona Syariah dengan jenis produk saham-rupiah.

Reksadana ini pertama kali diluncurkan pada 7 Mei 2007 silam, dengan total dana yang dikelola mencapai Rp815,5 miliar.

Imbal hasil yang diberikan pada reksadana ini cukup besar, hingga lebih dari 5 persen dengan modal awal hanya Rp100 ribu saja.

3. MNC Dana Syariah

Reksadana syariah terbaik 2021 lainnya diisi oleh MNC Dana Syariah. Produk investasi ini dirilis pertama kali pada Juni 2006 dan dikelola oleh PT MNC Asset Management dan PT Bank Negara Indonesia (Persero).

Jenis reksadana yang tersedia di MNC Dana Syariah adalah pendapatan tetap dengan imbal hasil mencapai 1,38 persen pada kuartal I 2021.

4. Reksadana Syariah Mandiri

Jika kamu mencari reksadana syariah dengan jenis yang tersedia beragam, mulai dari reksadana campuran, saham, hingga pasar uang, maka Reksadana Syariah Mandiri solusinya.

Pilihan reksadana syariah terbaik 2021 ini, punya tingkat likuditas tinggi sehingga hasilnya bisa dicairkan kapan saja. Tingkat risikonya juga tergolong rendah lho.

Menyoal ketentuan minimal pembeliannya, reksadana Syariah Mandiri dapat dibeli seharga Rp100 ribu saja dengan minimal penjualan Rp10 ribu.

5. Simas Syariah Unggulan

Dirilis pertama kali pada Agustus 2014, salah satu dari reksadana syariah terbaik 2021 ini dikelola oleh PT Sinarmas Asset Management. Perolehan keuntungannya mencapai 22,4 persen khusus jenis reksadana saham.

Nah, dalam perkembangannya, reksadana Simas Syariah Unggulan ini punya banyak saham yang ditempatkan di Bank BRI Syariah Tbk, PT Integra Indocabinet Tbk, PT M Cash Integrasi Tbk, PT HK Metals Utama, dan PT Multistrada Arah Sarana Tbk.

Untuk memulai investasi ini, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp100 ribu, dengan minimal penjualan sebesar Rp100 ribu dan minimal kepemilikan Rp100 ribu.

(Baca Juga: 9 Peluang Investasi Terbaik 2021)

6. Manulife Saham Syariah Asia Pasifik Dollar AS

Di posisi keenam, CekAja juga merekomendasikan produk reksadana syariah terbaik 2021 dari PT Manulife Aset Manajemen Indonesia, yaitu Manulife Saham Syariah Asia Pasifik Dollar AS.

Reksadana ini berhasil bertahan di pasar saham khususnya pada kuartal I tahun ini dengan imbal hasil mencapai 2,29 persen.

7. Sucorinvest Sharia Equity Fund

Reksadana syariah terbaik 2021 selanjutnya adalah Sucorinvest Sharia Equity Fund.
Reksadana ini pertama kali diluncurkan pada 8 November 2013, dengan total jumlah dana yang dikelola Rp534,06 miliar.

Aturan investasinya minimal 80 persen dan maksimum 100 persen pada efek ekuitas Syariah.
Untuk memulai investasi ini, kamu hanya perlu mempersiapkan dana sebesar Rp100 ribu dengan persentase return per hari 0,77 persen.

8. Syailendra Sharia Money Market Fund

Reksadana syariah terbaik 2021 yang satu ini merupakan jenis reksadana pasar uang dengan tujuan memberikan hasil investasi dari nilai aktiva bersih pada instrumen pasar uang Syariah.

Syailendra Sharia Money Market Fund ini masuk dalam daftar reksadana syariah versi Bareksa, yang dinilai menguntungkan bahkan di kuartal I 2021.

Total imbal hasilnya mencapai 1,14 persen dengan bank kustodian atau lembaga yang bertanggung jawab adalah Bank CIMB Niaga.

9. Batavia Dana Saham Syariah

Reksadana syariah terbaik 2021 ini diluncurkan pertama kali pada 19 Juli 2007 dengan total dana kelolaan mencapai Rp147,6 miliar.

Bank kustodian atau lembaga perbankan yang bertanggung jawab atas produk reksadana ini adalah Deutsche Bank AG, di mana nilai aktiva bersihnya mencapai Rp 1.772,76.

Perihal return-nya, reksadana Batavia Dana Saham Syariah kurang lebih minus 1,46 persen dengan ketentuan modal awal Rp50 juta.

10. BNI-AM Saham Syariah Musahamah

Reksadana syariah terbaik 2021 lainnya adalah dari BNI Syariah. Produk investasinya berupa BNI-AM Saham Syariah Musahamah, dengan komposisi reksadananya 80 persen dana pada efek syariah yang sifatnya ekuitas.

Risikonya tergolong tinggi, namun potensi imbal hasilnya cukup menjanjikan. Sehingga, produk reksadana ini cocok dijadikan investasi jangka panjang dengan nominal pembelian minimum Rp100 ribu.

11. Emco Barokah Syariah

Terakhir, reksadana syariah terbaik 2021 yang dapat dipilih adalah Emco Barokah Syariah.

Reksadana ini dimiliki oleh PT Emco Asset Management dengan bank kustodiannya adalah Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Nilai NAB pada reksadana ini terendahnya adalah 1.208, sementara nilai tertingginya ialah 1.264 yang membuat investasi ini relatif stabil tiap tahunnya.

Untuk imbal hasilnya, reksadana Emco Barokah Syariah ini mencapai 4,57 persen dengan jenis investasi pada instrumen pasar uang syariah, surat berharga syariah, serta deposito syariah.

Selain Investasi, Yuk Miliki Rekening Tabungan untuk Masa Mendatang

Nah, itu dia beberapa reksadana syariah terbaik 2021 yang bisa dijadikan pilihan untuk kamu. Selain berinvestasi di reksadana, kamu juga perlu memiliki produk tabungan untuk masa mendatang.

Karena, dengan memiliki tabungan, risiko investasi pun dapat diminimalisir sebab adanya dana darurat dari produk tabungan ini.

Kamu dapat memilih produk tabungan terbaik dari CekAja, dengan proses pengajuan yang praktis secara online.

Kalau kamu tertarik untuk memiliki tabungan dari CekAja, kamu bisa mengajukannya langsung lewat tabel di bawah ini.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, langsung cek produk tabungan di CekAja dan nikmati seluruh fasilitasnya.