Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Sembilan Benda yang Bisa Datangkan Keuntungan Besar Ketika Jadi Investasi

by Ariesta on 9 Januari, 2016

investasi barang langka - CekAja.com

Mendengar kata investasi pasti langsung terpikir reksadana, deposito, atau properti. Ternyata, investasi tidak melulu dengan produk finansial tersebut. Karena beberapa benda yang tidak terbayangkan sebelumnya ini bisa dijadikan investasi, bahkan memiliki keuntungan sangat besar.

Memulai investasi merupakan sebuah keharusan di zaman modern. Apalagi dengan inflasi yang semakin tinggi, uang tabungan di bank dengan bunga rendah menjadi kurang bernilai 10 atau 20 tahun ke depan.

Orang-orang yang terbiasa berpikir out of the box menjadi semakin kaya melalui beragam sarana investasi  yang tidak dilirik orang lain. Dan mungkin kamu bisa menjadi salah satu dari mereka dengan mengikuti sembilan jejak investasi aneh berikut ini.

Karya seni

Bukan rahasia lagi jika harga sebuah lukisan bisa sangat fantastis di pelelangan. Lukisan-lukisan yang bernilai tinggi biasanya merupakan karya pelukis terkenal, memiliki nilai historis, berusia tua, dan langka. Sebuah lukisan bahkan tidak akan kehilangan harganya meski ekonomi sedang sulit. Lukisan biasa yang kamu simpan hari ini bisa jadi memiliki nilai jual tinggi berpuluh-puluh tahun kemudian. Tak heran kolektor lukisan sering dianggap sebagai orang berduit.

Memorabilia olahraga

Harga memorabilia olahraga telah terus meningkat selama beberapa dekade terakhir. Bola, stik, kaus, helm,raket yang ditandangani oleh pemain terkenal selalu berhasil menarik keuntungan lebih besar. Selain memprediksi siapa pendatang baru yang akan menjadi superstar beberapa tahun ke depan, alat-alat olahraga yang langka jua merupakan sarana investasi yang menjanjikan. Semakin langka dan semakin bernilai benda tersebut, maka semakin banyak pula pundi-pundi yang kamu hasilkan.

(Baca juga: Cara Maksimalkan Gaji untuk Investasi)

Buku komik

Pada Agustus 2014, buku komik Superman No.1 terjual hingga USD 3,2 juta (Rp 44 Miliar) di eBay. Edisi tersebut merupakan edisi pertama Superman. Harga fantastis tersebut langsung bisa membuatmu kaya raya. Waktu terbaik untuk mengoleksi komik adalah 20 tahun lalu, dan waktu terbaik kedua adalah sekarang. Jadi, rawat koleksimu karena benda sesederhana komik pun bisa menjadi permata di kemudian hari.

Koin

Koin memang tampak bernilai kecil. Tapi kalau kamu punya koin perunggu Lincoln keluaran tahun 1943, harga taksirannya bisa mencapai USD 1,7 juta (Rp 23,5 Miliar) dalam sebuah lelang pada September 2010.

(Baca juga: Investasi Modal Mini dengan Tabungan Emas Pegadaian)

Wine

Semakin tua usia wine, semakin mahal harganya. Bahkan beberapa analis mengklaim harga beberapa merk wine lebih stabil dari saham  di pasar saham. Tentu saja kamu harus paham tata cara penyimpanan wine jika ingin invetasimu bernilai.

Mainan

Action figure Star Wars Luke Skywalker dengan telescoping lightsaber keluaran tahun 1976 kini dihargai USD 1.000 atau sekitar Rp 14 juta. Belum cukup fantastis? Kalau kamu punya koleksi  action figure Boba Fett lengkap dengan roketnya, kini mainan tersebut dihargai  USD 22,500 atau Rp 318,7 juta di situs eBay.

Buku langka

Edisi pertama buku Harry Potter and the Philosopher’s Stone terjual seharga USD 18,000 (Rp 250 juta) di sebuah pelelangan tahun 2007. Ini membuktikan investasi dalam bentuk buku tidak harus berupa buku antik dan kuno. Edisi pertama atau buku yang ditandatangi pengarang juga bernilai di mata kolektor.

Peninggalan perang dunia

Senjata, bendera, medali, hingga surat-surat peninggalan perang sangat dicari oleh kolektor. Sebuah bendera saja bisa mencapai USD 100.000 (Rp 1,3 Miliar). Namun tentu saja sebelum berinvetasi benda-benda ini, kamu harus memahami benar cara perawatannya yang tidak sembarangan.

Mobil klasik

Mobil klasik merupakan aset berharga. Semakin langka, semakin mahal harganya. Shelby keluaran 1969 milalnya bisa menembus USD 185.000 (Rp 2,5 Miliar). Saat mereparasi mobil antik, pastikan jika aksesoris aslinya tidak diubah karena itulah yang membuat mobil antik makin bernilai.

Tentang Penulis