Intip Spesifikasi Samsung Galaxy S21 5G dan Turunannya, Lebih Baik dari Seri S20?

Pasca diluncurkan awal Januari lalu, spesifikasi Samsung Galaxy S21 5G beserta turunannya ramai dibahas di berbagai portal berita. Dan berikut informasinya yang berhasil CekAja rangkum.

Raksasa merk smartphone asal Korea Selatan, Samsung kembali merilis lini terbaru seri Galaxy yakni S21.

Dengan menggandeng boyband paling tenar saat ini, yaitu BTS, Samsung mempromosikan produk teranyarnya itu.

Seolah ingin memberikan sentuhan terbaru, Samsung menghadirkan seri Galaxy S21 dengan tiga model yang berbeda. Ketiganya mendapat peningkatan spesifikasi jika dibandingkan dengan seri Galaxy sebelumnya, yaitu S20.

Mengutip dari laman Kompas.com, animo masyarakat terhadap seri terbaru Samsung ini cukup besar.

Bahkan berdasarkan penuturan pihak tim Marketing Samsung Indonesia, M. Taufiq Furqan, varian Galaxy S21, khususnya Galaxy S21 Plus dan Galaxy S21 Ultra, menjadi yang paling laris dijual di Indonesia, terutama yang memiliki kapasitas penyimpanan besar.

(Baca Juga: Daftar Harga Terbaru Samsung Galaxy Series)

Spesifikasi Samsung Galaxy S21 5G dan Turunannya

Kabar mengenai smartphone flagship Galaxy S21 Series dilengkapi dengan 5G bukanlah bualan semata.

Produsen elektronik asal Negeri Ginseng ini benar-benar menyematkan jaringan 5G pada seri Galaxy teranyarnya.

Meski begitu, Samsung Galaxy S21 yang memiliki fitur 5G ini belum dapat digunakan di Indonesia, mengingat bahwa penerapan jaringan tersebut belum dimulai.

Menurut penuturan Product Marketing Samsung Electronics Indonesia, M. Taufiq Furqan, yang dikutip dari laman Kompas.com, seri Galaxy S21 5G yang hadir di Tanah Air menggunakan teknologi Sub-6.

Teknologi Sub-6 adalah teknologi 5G yang menggunakan frekuensi di bawah spektrum 6 GHz.

Adanya teknologi inilah yang membuat seri Galaxy S21 5G versi rilisan di Indonesia, berbeda dengan produk yang dipasarkan di beberapa negara dengan teknologi mmWave.

Nah, buat kamu yang penasaran mengenai spesifikasi Samsung Galaxy S21 5G Series, yuk cek masing-masing keunggulannya di sini.

1. Samsung Galaxy S21

Informasi mengenai spesifikasi Samsung Galaxy S21 5G Series akan kita mulai pada tipe yang paling umum yaitu Galaxy S21 Reguler.

Smartphone ini disokong baterai berkapasitas 4.000 mAh dengan dukungan fitur wireless powershare dan total pengisian cepat hingga 25W.

Sementara bila berbicara mengenai kenyamanan pemakaian, Samsung menyematkan produk regulernya ini dengan chipset Exynos 2100 yang berpadu dengan RAM sebesar 8GB LPPDR5, sehingga performanya jauh di atas rata-rata.

Kemudian dari segi tampilan layar, Galaxy S21 sudah menggunakan layar edge-to-edge Dynamic AMOLED 2X berdesain Infinity-O.

Layar berdiagonal 6,2 inci ini juga sudah dilengkapi dengan resolusi full HD Plus, sekaligus refresh rate 120 Hz yang pastinya mulus saat digunakan untuk scrolling.

Dari segi kamera, Samsung Galaxy S21 Reguler menggunakan kamera beresolusi 10 MP pada bagian depannya.

Sedangkan untuk kamera belakang, dilengkapi dengan tiga kamera sekaligus beresolusi 12 MP (wide), 12 MP (ultra-wide), serta 64 MP (telephoto).

Beralih ke desainnya, seri reguler ini memiliki bodi paling kecil dianytara seri Galaxy S21 lainnya. Pilihan warna yang dihadirkan juga beragam, terdiri dari warna Phantom White, Phantom Violet, Phantom Grey, dan Phantom Pink.

Terakhir dari segi fitur terbarunya, Samsung menghadirkan beragam fitur terbaik untuk produk terbarunya ini, mulai dari fitur Eye Comfort Shield hingga fitur ultrasonic fingerprint.

Untuk harganya, Galaxy S21 RAM 8 GB berkapasitas 128 GB bisa dibeli sekitar Rp12,9 juta. Sedangkan untuk versi ROM 256 GB seharga Rp13,9 juta.

2. Samsung Galaxy S21 Plus

Berikutnya ada seri Samsung Galaxy S21 Plus.

Dari segi bodi, smartphone ini memiliki bentuk yang jauh lebih besar dibandingkan seri regulernya. Yakni dengan dimensi berukuran 75,6mm x 161,5mm x 7,8mm.

Menyoal layar, seri Plus ini memiliki bentang layar hingga 6,8 inci berpanel Dynamic AMOLED 2 dengan resolusi Full HD Plus.

Tak hanya itu saja, Samsung Galaxy S21 Plus ini juga punya refresh rate 120 Hz, sehingga frekuensi gambar akan secara otomatis disesuaikan dengan konten yang diihat pengguna.

Menyoal spesifikasi Samsung Galaxy S21 5G seri Plus yang satu ini, sudah dibalut dengan chipset tipe Exynos 2100 dengan dapur pacu RAM LPDDR5 8 GB.

Kemudian dari sisi penyimpanan, seri ini tersedia dalam dua pilihan yaitu 128 GB dan 256 GB tanpa slot kartu microSD. Kalau dari segi kamera, Galaxy S21 Plus memiliki resolusi serupa dengan seri reguler.

Sementara dari pilihan warna yang tersedia, Samsung Galaxy S21 cuma memiliki warna Phantom Black, Phantom Violet, dan Phantom Silver. Lalu untuk harganya kurang lebih sekitar Rp15,9-Rp16,9 juta.

(Baca Juga: Daftar Harga iPhone Terbaru dan Spesifikasinya)

3. Samsung Galaxy S21 Ultra

Terakhir, ada seri paling unggul dari varian Galaxy S21, yaitu Samsung Galaxy S21 Ultra. Ponsel pintar ini dibanderol harga tinggi sebab spesifikasinya yang mumpuni.

Terlebih karena Samsung menghadirkan fitur S Pen pada produk teranyarnya, yang seperti kita tahu fitur tersebut hanya ada di seri Galaxy Note.

Namun, fitur ini tak masuk dalam penjualan, yang artinya konsumen harus membelinya secara terpisah.

Tak hanya dukungan S Pen, spesifikasi Samsung Galaxy S21 5G seri Ultra juga sangat kentara perbedaannya, baik dari segi layar, kamera, kapasitas baterai, hingga penyimpanan.

Pertama, mari kita bahas mengenai tampilan layarnya. Pada seri termahal ini, Samsung mengubah desain layarnya menjadi berukuran 6,8 inci dengan resolusi Edge Quad HD+, yang tentu saja jauh lebih baik ketimbang dua seri S21 sebelumnya.

Yang kedua soal kameranya. Samsung Galaxy S21 Ultra mengusung empat kamera sekaligus pada bagian belakangnya.

Masing-masing berupa lensa wide beresolusi 108 Mp, telephoto 10 Mp, periscope telephoto 10 Mp, dan terakhir ultrawide dengan resolusi 12 Mp.

Sementara untuk dukungan kamera depannya, smartphone ini mengandalkan lensa beresolusi 40 Mp untuk hasil selfie yang jauh lebih berkualitas.

Beralih ke kapasitas baterai, Samsung Galaxy S21 Ultra ini punya baterai jauh lebih besar yaitu 5000 mAh, sehingga pengguna dapat bermain sepuasnya tanpa takut kehabisan baterai dalam hitungan jam.

Yang terakhir adalah mengenai kapasitas penyimpanannya. Untuk seri Ultra ini, Samsung menyediakan varian storage yang lebih beragam, mulai dari RAM 12 GB/ROM 128 GB, RAM 12 GB/ROM 256 GB, hingga RAM 16 GB/ROM 512 GB.

Soal harga, Samsung Galaxy S21 Ultra ini dibanderol mulai dari Rp18,9 juta hingga Rp21,9 juta untuk kapasitas penyimpanan yang paling besar.

Nah, itu dia informasi mengenai spesifikasi Galaxy S21 5G dan turunannya.

Smartphone ini sudah bisa kamu dapatkan dengan sistem pre-order yang sudah mulai berlangsung mulai dari 14 Januari lalu.

Apabila tertarik membelinya, manfaatkan kartu kredit supaya pembelian terasa lebih murah.

Apalagi dengan kartu kredit, kamu bisa menyicil produk yang diinginkan dengan bunga 0 persen alias tanpa bunga. Jika belum punya kartu kredit, kamu bisa apply terlebih dulu di CekAja.com.

CekAja bakal sekaligus membantu kamu membandingkan produk kartu kredit yang bagus, sesuai gaya hidup dan bujetmu.

Yuk, langsung kepoin produk kartu kredit di CekAja.com, lalu apply dan beli smartphone favoritmu dengan harga terhemat hanya menggunakan kartu kredit.