Daftar SMK Teknik atau STM Terbaik di Jakarta Tahun 2020

4 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Sebentar lagi tahun ajaran baru akan dimulai. Sebagian siswa yang akan masuk ke jenjang pendidikan SMA sederajat mungkin tertarik untuk bersekolah di Sekolah Teknik Mesin (STM). Berikut daftar STM terbaik di Jakarta tahun 2020.

Daftar SMK Teknik atau STM Terbaik di Jakarta Tahun 2020

Keunggulan Bersekolah di STM Terbaik di Jakarta

Pertumbuhan jumlah STM kini memang semakin jarang. Tapi, bukan berarti sekolah dengan jurusan teknik sudah tidak ada. Sekarang ini, jurusan itu banyak disediakan di berbagai Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

STM terbaik di Jakarta yang sejak dulu dikenal sekarang berubah menjadi SMK dengan beberapa jurusan teknik. Kualitasnya pun tidak kalah keren. Berikut sederet keunggulan bersekolah di SMK atau STM terbaik di Jakarta:

  • Lebih Banyak Praktik

Seperti yang kita ketahui, kurikulum SMK maupun STM lebih menekankan praktik daripada mempelajari teori ilmu di kelas. Maka dari itu, siswa akan lebih memahami praktik kerja sesuai dengan jurusan yang dipilih.

Sistem pembelajaran seperti ini sangat cocok untuk siswa yang lebih cepat menangkap materi ilmu lewat praktek daripada menghafal dan memahami teori di kelas.

  • Berpeluang Langsung Kerja

SMK dan STM terbaik di Jakarta juga memberi kesempatan magang atau Praktik Kerja Lapangan (PKL) untuk siswanya. Biasanya, program magang dilaksanakan saat siswa menduduki kelas XI (sebelas). Dengan adanya program magang ini, siswa akan makin handal menguasai materi praktik.

Selain itu, beberapa sekolah juga menyediakan event bursa kerja. Fungsi event ini adalah membimbing siswa yang akan atau sudah lulus untuk ikut seleksi kerja ke beberapa perusahan yang membuka lowongan pekerjaan.

Jadi, setelah lulus, kamu bisa langsung kerja. Asyik, kan?

  • Tetap Bisa Lanjut Kuliah

Di sisi lain, jika kamu tidak berminat langsung kerja setelah lulus dari SMK atau STM terbaik di Jakarta, kamu juga tetap bisa melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi. Dengan bekal ilmu dari SMK, kamu akan makin handal jika menerima materi pelajaran dengan jurusan ilmu yang sama.

(Baca Juga: Selain Corona, Ini Alasan Pemerintah Hapus Ujian Nasional 2020)

Daftar SMK Jurusan Teknik atau STM Terbaik di Jakarta

Setelah mengetahui sederet keunggulan bersekolah di SMK atau STM terbaik di Jakarta, berikut kami berikan rekomendasi sekolah terbaik jurusan teknik ini.

1. SMK Negeri 29 STM Penerbangan

SMK Negeri 29 STM Penerbangan - Daftar SMK Teknik atau STM Terbaik di Jakarta Tahun 2020

Alamat: Jl. Profesor Joko Sutono SH No. 1, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Salah satu STM terbaik di Jakarta lainnya adalah SMK Negeri 29 atau yang dikenal dengan nama STM Penerbangan. Sekolah ini sudah ada sejak 1954 dan berada di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Walaupun sudah puluhan tahun didirikan, sekolah ini terus memperbaiki infrastuktur, dan kurikulumnya. Kini, SMKN 29 mengedepankan efektifitas kegiatan belajar mengajar degan metode pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.

Di sini, tersedia jurusan Airframe Powerplant, Electrical Avionic, Teknik Elektronika Industri, dan Teknik Pendingin dan Tata Udara. SMKN 29 sudah terakreditasi A.

2. SMK Negeri 1

SMK Negeri 1 - Daftar SMK Teknik atau STM Terbaik di Jakarta Tahun 2020

Alamat: Jl. Budi Utomo No. 7, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat

SMKN 1 sebagai SMK dengan jurusan teknik pertama di Jakarta memang sudah cukup terkenal. Sekolah tua di area Budi Utomo masih mempertahankan arsitektur bergaya jadul, dengan pemeliharaan bangunan yang baik.

Jika kamu berminat sekolah di sini, kamu harus kritis dalam menentukan jurusan. Tak tanggung-tanggung, ada 11 jurusan yang bisa kamu pilih sesuai minat. Di antaranya sebagai berikut:

  • Teknik Pemesinan
  • Teknik Perancangan dan Gambar Mesin
  • Teknik Kendaraan Ringan Otomotif
  • Teknik Tenaga Listrik
  • Teknik Instalasi Tenaga Listrik
  • Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan
  • Bisnis Konstruksi dan Properti
  • Teknik Komputer dan Jaringan
  • Sistem Informatika Jaringan dan Aplikasi
  • Multimedia
  • Rekayasa Perangkat Lunak

3. SMK Negeri 34

SMK Negeri 34 - Daftar SMK Teknik atau STM Terbaik di Jakarta Tahun 2020

Alamat: Jl. Kramat Raya No. 93, Jakarta Pusat

Selanjutnya, ada SMKN 34 yang juga masuk ke dalam daftar STM terbaik di Jakarta. Di sini, terdapat tiga jurusan, yakni Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Jurusan Teknik Pemesinan, dan Jurusan Teknik Kendaraan Ringan.

Siswa akan dibekali materi praktik ilmu yang lebih dibandingkan dengan kelas teori di kelas. Selain magang, ada juga program kerjasama dengan beberapa perusahaan untuk menyalurkan lulusan yang ingin langsung bekerja.

4. SMK Karya Guna

SMK Karya Guna - Daftar SMK Teknik atau STM Terbaik di Jakarta Tahun 2020

Alamat: Jl. Manggarai Utara 1 No. 21, Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan

SMK Karya Guna sudah ada sejak tahun 1971 dengan status akreditasi A. Jurusan yang tersedia antara lain Jurusan Teknik Komputer Jaringan, Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Jurusan Teknik Kendaraan Ringan, dan Jurusan Teknik Audio Video.

Fasilitas sekolah terdiri dari ruang kelas, ruang praktik setiap jurusan, perpustakaan, musholla, dan fasilitas lainnya yang berada di area tanah dengan luas 3.600 meter persegi.

5. SMK Negeri 36

SMK Negeri 36 - Daftar SMK Teknik atau STM Terbaik di Jakarta Tahun 2020

Alamat: Jl. Baru Kosambi III No. 1, Kali Baru, Cilincing, Jakarta Utara

Satu lagi SMK Negeri yang memiliki beberapa jurusan teknik yakni SMKN 36 yang berlokasi di CIlincing, Jakarta Utara. Jurusan yang tersedia di sekolah ini antara lain:

  • Agribisnis Perikanan
  • Nautika Kapal Penangkap Ikan
  • Teknika Kapal Penangkap Ikan
  • Teknik Komputer Jaringan
  • Multimedia
  • Teknik Pemesinan
  • Teknik Kendaraan Ringan
  • Teknik Alat Berat

Selain itu, SMKN 36 juga menyediakan bursa kerja untuk pada siswa kelas XII yang sebentar lagi akan lulus. Siswa akan diberikan informasi lowongan dan kesempatan ikut seleksi kerja.

Banner Kredivo

Ingin tambahan dana untuk biaya pendidikan? Gunakan saja layanan pinjaman Kredivo. Melalui platform ini kamu bisa mendapakan pinjaman tunai instan hingga Rp30 juta. Cukup 1 menit saja lakukan pendaftaran, maka pihak Kredivo bakal memproses pinjamanmu.

Pastikan syarat dan dokumen yang diminta sudah kamu penuhi, antara lain seperti:

  • Berstatus WNI dengan menyertakan bukti KTP dan swafoto diri
  • Pengajuan kredit harus berusia minimal 18 tahun dan maksimal 60 tahun
  • Berdomisili Jabodetabek, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta, Medan, Palembang, Sukabumi, Bali, Cirebon, Malang, dan Makassar
  • Menyertakan bukti tempat tinggal hubungkan dengan akun e-commerce
  • Berpenghasilan minimum Rp3 juta
  • Menyertakan bukti penghasilan dengan hubungkan akun internet banking dari rekening gaji atau NPWP

Lalu aktivasi akun cicilanmu dan nikmati berbagai keuntungan dari layanan Kredivo. Yuk, tunggu apalagi? Akses sekarang juga untuk mendapatkan pinjaman tunai sesuai kebutuhan.

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah