Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Suka Es Krim? Ini Sederet Manfaat Baiknya

by Sindhi Aderianti on 18 Januari, 2019

Es krim, siapa yang tidak menyukainya. Hampir semua kalangan di seluruh penjuru dunia pasti menggemari kudapan dingin nan manis tersebut. Sajian yang berbahan dasar susu itu umumnya bisa dinikmati dalam bentuk cup ataupun cone.

Beberapa makanan juga sering menjadikan es krim sebagai pendamping yang terbukti menambah nikmat cita rasa, seperti contohnya pancake. Belakangan, restoran khusus yang menyajikan es krim dengan spun semakin banyak.

Sebut saja di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Bali. Es krim yang dijual terdiri dari berbagai maca rasa serta topping menarik. Tak mesti anak kecil, orang dewasa pun pasti tergiur ingin menyicipinya.

Beda Es Krim dan Gelato

Berbicara mengenai es krim, kehadirannya tak lepas dari perbandingan dengan gelato. Mungkin sama-sama dingin dan manis. Tapi, apa bedanya?

Nah, Gelato memiliki arti es krim dalam Bahasa Italia. Namun dalam konteks kuliner, gelato berkembang menjadi jenis es krim yang dibuat sesuai tradisi orang Italia.Teksturnya sedikit lebih halus dan lengket dibandingkan es krim. Bahan dasar yang digunakan sama dengan es krim.

Namun pembuatan gelato perlu menambahkan soft mix dan soft ice. Ini adalah bahan konsentrat dan pelembut yang aman dikonsumsi.

Berbeda dengan es krim, gelato butuh suhu lebih dingin yakni -20 sampai -25 derajat Celcius.

(Baca juga: 5 Makanan Ini Ampuh Tingkatkan Daya Tahan Tubuh di Musim Hujan)

Selain Nikmat, Es Krim Juga Beri Sejumlah Manfaat

Meski banyak yang suka, ternyata tak sedikit  masyarakat yang justru menghindari es krim lantaran khawatir dapat menambah bobot badan. Meskipun 10% kandungan es krim adalah lemak, bukan berarti semua lemak itu jahat.

Lemak yang terkandung dalam es krim adalah lemak baik yang tidak menyebabkan obesitas. Jadi, mengonsumsi es krim dengan jumlah yang cukup tidak akan membuat Anda gemuk.

Pun dari segi kalori, es krim hanya menyumbang sekitar 110 saja. Selain itu, banyak juga yang berpendapat jika mengonsumsi es krim bisa mengakibatkan flu disertai demam.

Pendapat seperti ini sebenarnya kurang tepat. Karena menurut para ahli kesehatan, munculnya penyakit tersebut lebih dikarenakan adanya infeksi bakteri dan virus yang berasal dari makanan, minuman, atau lingkungan sekitar.

Tentu bukan es krim biang keladinya. Diam-diam, es krim memberikan cukup banyak manfaat bagi tubuh. Penasaran? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

  • Mencukupi asupan vitamin

Bukan hanya enak, setiap porsi es krim faktanya mengandung banyak vitamin. Antara lain adalah vitamin A, D, K dan B12.

Semua vitamin tersebut memiliki peranan yang amat baik bagi tubuh manusia. Seperti vitamin A untuk menjaga kesehatan mata, vitamin D yang dapat menyerap kalsium dan nutrisi yang disalurkan ke ginjal dan vitamin K untuk meningkatkan aliran darah.

(Baca juga: Ini Daftar Makanan Penurun Kolesterol, Cek Yuk!)

  • Penambah energi

Es krim memiliki nilai gizi yang sangat tinggi. Dari mulai karbohidrat, lemak, dan protein. Ketiganya tentu lah penting sebagai sumber energi guna menunjang aktivitas setiap orang yang mengonsumsinya.

Penelitian dari Tokyo Kyorin University juga menunjukan makan es krim saat sarapan bisa meningkatkan performa mental terutama pada anak-anak.

  • Kaya akan kalsium

Susu merupakan bahan dasar pembuatan es krim. Apapun jenisnya, es krim pasti selalu mengandung susu yang notabene memberi banyak asupan kalsium.

Manfaatnya tentu amat baik untuk kekuatan dan kesehatan tulang. Kalsium yang ada pada es krim juga dapat melindungi gigi dan membangun gusi menjadi kuat, lho.

Jadi bukan tulang saja yang mendapat manfaat besarnya.

  • Sebagai mood booster

Es krim ternyata dapat berperan sebagai mood booster karena mengandung Thrombonin. Thrombonin merupakan hormon kebahagiaan dan membantu dalam mengurangi tingkat stres dalam tubuh.

Selain itu, es krim terbuat dari susu yang mengandung L-triptophane yang merupakan obat penenang alami dan membantu dalam merelaksasi sistem saraf. Bahkan dengan mengonsumsi ice cream, Anda akan terhindar dari gejala insomnia.

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Walau sering dianggap sebagai penyebab flu, sebenarnya es krim dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita terhadap penyakit. Es krim berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Karena di dalam es krim terdapat kandungan laktoferin yang bermanfaat untuk menangkal berbagai serangan virus, seperti influenza, cytomegalovirus, atau HIV.

  • Lebih mengenyangkan

Makan es krim membuat gemuk? Pada kenyataannya, es krim memiliki indeks glikemik rendah. Menurut National Dairy Council,  berarti gula dalam es krim tersebut secara perlahan dilepaskan ke dalam darah.

Efeknya bagi yang mengonsumsi, otomatis mengenyangkan lebih lama. Dengan begitu, Anda tidak berkeinginan untuk ngemil lagi setelah makan es krim.

(Baca juga: Mengapa Anda Sebaiknya Kurangi Konsumsi Makanan Olahan? Yuk Cek!)

Beli Es Krim Diskon 40% dengan Kartu Kredit Bank BNI

Es krim memang paling enak dinikmati terutama pada iklim yang panas seperti di Indonesia. Setelah makan, es krim pun begitu nikmat apabila dijadikan dessert.

Untuk memenuhi besarnya keinginan terhadap es krim dengan cita rasa terbaik, Bank BNI bekerjasama dengan Cold Stone Creamery melalui promo diskon 40%.

Selain tentunya wajib memiliki kartu kredit Bank BNI, untuk menikmati promo ini Anda juga perlu memperhatikan beberapa syarat dan ketentuan berikut:

  • Diskon 40% untuk minimum transaksi Rp 100.000 selama periode program
  • Promo berlaku untuk produk Ice Cream, Shakes, Smoothies dan Ice Cream Cake
  • Promo berlaku setiap hari di seluruh outlet Cold Stone Creamery Indonesia
  • Promo berlaku hingga 31 Januari 2019
  • Promo berlaku bagi semua jenis Kartu Kredit BNI, kecuali Kartu Kredit Silver, Affinity Card, Corporate Card & Hasanah Card.

Belum punya kartu kredit BNI? Ajukan sekarang juga melalui CekAja.com. Mekanisme pengajuannya cukup mudah, hanya tinggal mengisi formulir untuk mempermudah proses perbandingan dan aplikasi kartu kredit secara online.

Lalu ikuti petunjuk demi petunjuk yang sudah tertera pada website. Rata-rata pengajuan kartu kredit di sana pun hanya memerlukan waktu satu minggu hingga disetujui oleh bank yang bersangkutan.

Beruntung jika Anda salah satu penggemar es krim. Melihat begitu besar ternyata manfaatnya bagi tubuh untuk dinikmati.

Apalagi ditambah promo dari kartu kredit Bank BNI tadi. Makan es krim terenak jadi lebih hemat!

Tapi ingat, tetap konsumsi dalam batasan yang wajar ya. Idealnya, setiap orang boleh memakan es krim  paling tidak dalam porsi setengah cup atau dengan ukuran separuh bola baseball. Lebih dari itu, bukan manfaat lagi yang didapat.

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.