10 Sumber Karbohidrat Selain Nasi Putih yang Pas untuk Diet

4 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Sumber karbohidrat selain nasi putih patut kamu ketahui, apalagi saat sedang berdiet untuk menurunkan berat badan. Ada banyak sumber karbohidrat lain yang bisa kamu pilih. Ini dia daftarnya!

Pentingnya Karbohidrat Bagi Tubuh

Karbohidrat adalah senyawa kompleks yang mengandung gula terpenting bagi tubuh karena akan diolah sebagai sumber energi.

Pentingnya karbohidrat tidak bisa dihilangkan bagi pemenuhan nutrisi harian. Oleh karena itu, karbohidrat tidak bisa dicoret permanen dari daftar makanan, sekalipun kamu sedang diet.

Ada berbagai manfaat penting karbohidrat bagi tubuh, di antaranya:

  • Menyediakan energi yang akan disimpan tubuh
  • Membantu menjaga massa otot
  • Membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Menjadi senyawa pengendali berat badan

Sebagian besar orang Indonesia tentu menjadikan nasi putih sebagai sumber karbohidrat utama.

Sayangnya, masih banyak orang yang memilih tidak mengonsumsi nasi putih sama sekali saat diet, tetapi tidak mencari alternatif sumber karbohidrat selain nasi putih.

Padahal, ada banyak pilihan sumber karbohidrat selain nasi putih yang mudah ditemukan di pasaran, lho. Kandungannya dijamin lebih baik untuk tubuh, dan kamu akan lebih lama merasa kenyang.

Kekurangan Nasi Putih Sebagai Sumber Karbohidrat

Sebagian dari kamu mungkin bertanya-tanya kenapa kandungan nasi putih dianggap kurang baik untuk kesehatan? Well, hal ini memang sudah terbukti karena beberapa alasan tertentu.

Pertama, indeks glikemik (IG) dari nasi putih terbilang tinggi dibandingkan dengan sumber karbohidrat lainnya. IG sendiri tingkatan suatu panganan yang memberi efek pada kadar gula darah di dalam tubuh.

Jadi, jika kita mengonsumsi nasi putih, maka maka kadar gula darah akan lebih berpeluang naik dengan cepat sesaat. Jika sudah begini, kinerja pankreas sebagai produsen insulin harus lebih ekstra untuk mengurai kadar gula darah tersebut.

Proses peleburan gula dari nasi putih yang dikerjakan oleh insulin kemudian membuat kadar gula darah kembali turun dengan cepat. Akibatnya, kamu pun justru akan merasa lebih cepat lapar.

Nah, kondisi ini tentu saja tidak menguntungkan bagi kamu yang sedang diet untuk menurunkan berat badan.

Maka dari itu, pilihlah sumber karbohidrat selain nasi putih dengan karbohidrat kompleks yang lebih menyehatkan dan mengenyangkan.

(Baca Juga: 5 Jenis Makanan Diet yang Aman Bagi Penderita Maag)

Daftar Sumber Karbohidrat Selain Nasi Putih

Berikut ini beberapa sumber karbohidrat selain nasi putih yang bisa kamu pilih. Masing-masing di antaranya memiliki keunggulan yang baik untuk kesehatan tubuhmu.

1. Nasi Merah

Nasi merah tentu sudah sering kita dengar sebagai sumber karbohidrat selain nasi putih. Walau bentuknya sama, ada hal yang membedakan.

Nasi merah memiliki serat yang lebih tinggi. Ini akan membuatmu merasa kenyang lebih lama, dan memperlancar pencernaan.

Diet dijamin akan berhasil karena kamu tak mudah merasa lapar, dan BAB lebih lancar.

2. Gandum

Gandum atau oat, baik dalam bentuk biji utuh maupun produk olahan lainnya sangat bermanfaat untuk tubuh.

Karbohidrat kompleks membuat siapapun yang memakannya merasakenyang lebih lama. Selain itu, gandum membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Produk olahan gandum yang bisa kamu pilih adalah gandum utuh yang diseduh dengan air panas dan dimakan dengan aneka lauk dan buah, atau dalam bentuk sereal dan pasta.

3. Quinoa

Sumber karbohidrat selain nasi putih selanjutnya adalah quinoa atau biji-bijian bernutrisi. Di dalamnya sudah ada kandungan karbohidrat sebanyak 21,3 persen, serta serat dan protein.

Makanan yang satu ini juga gluten free, sehingga lebih menyehatkan dan cocok untuk kamu yang vegan.

4. Singkong

Singkong atau ubi kayu adalah sumber karbohidrat selain nasi putih yang mudah ditemukan dan harganya murah.

Rebusan singkong akan terasa sedikit asin, dengan tekstur yang lembut. Rasanya enak jika dimakan dengan lauk pauk lainnya.

Tanaman dengan nama ilmiah Manihot esculenta ini mengandung karbohidrat baik, fosfor, kalsium, vitamin C, zat besi, protein, dan yang paling penting rendah kalori.

5. Jagung

Jagung juga bisa menjadi pilihanmu sebagai sumber karbohidrat selain nasi putih. Biji-bijian berwarna kuning ini kaya akan serat, vitamin C, antioksidan, lutein, dan zeaxanthin.

Kamu bisa mengolahnya dengan cara direbus, dibakar, atau dimasukkan ke dalam sup sayuran.

(Baca Juga: 12 Makanan untuk Membakar Lemak, Bantu Turunkan Berat Badan)

6. Kentang

Ternyata, kandungan serat kentang akan lebih tinggi jika kamu mengonsumsi kentang beserta kulitnya.

Agar rasanya lebih enak dan kulit tidak terlalu tebal, pilihlah jenis baby potato atau kentang ukuran mini sebagai sumber karbohidrat selain nasi putih.

Selain serat, kentang mengandung karbohidrat baik, vitamin C, dan kalium.

7. Ubi Jalar

Ubi jalar yang memiliki banyak jenis dan warna juga enak dikonsumsi sebagai pengganti nasi putih. Sama seperti singkong, ubi jalar juga gampang banget ditemukan dan harganya terjangkau.

Setiap ubi jalar mengandung karbohidrat, serat, vitamin A, dan protein.

8. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga masuk ke dalam daftar sumber karbohidrat selain nasi putih. Ganti porsi nasimu dengan semangkuk kacang polong, kacang tanah, kacang kedelai, atau kacang merah.

Karbohidrat kompleks di dalamnya akan membuatmu kenyang lebih lama dan serat akan membuat pencernaan lebih lancar.

9. Mangga

Beberapa jenis buah-buahan juga mengandung karbohidrat dan gula yang bisa dijadikan pengganti nasi putih.

Seperti mangga salah satunya. Setiap setiap 25 ml mangga mengandung 100 gram kalori. Buah yang masuk ke dalam famili tanaman Anacardiaceae ini juga kaya akan serat dan vitamin C.

10. Apel

Apel dikenal sebagai buah pengganjal lapar saat diet. Dalam satu buah apel terkandung sekitar 13 persen sampai 15 persen karbohidrat, vitamin dan mineral.

Buah dengan warna ikonik merah ini juga mengandung gula alami yang baik untuk tubuh.

Konsumsi Karbohidrat Secukupnya dan Lindungi Diri dengan Asuransi Kesehatan

Itulah daftar sumber karbohidrat selain nasi putih lain yang bisa kamu pilih untuk mendapatkan nutrisi yang lebih menyehatkan.

Bagaimanapun juga, konsumsi karbohidrat harian harus sesuai dengan kebutuhan setiap tubuh.

Yakni sekitar dari total kebutuhan kalori harian. Setiap nutrisi makanan akan baik untuk kesehatan jika dikonsumsi dengan porsi pas dan seimbang.

Kelebihan zat apapun karena konsumsi berlebih tentu akan menimbulkan keluhan kesehatan di masa mendatang.

Selain makan makanan bergizi, lindungi juga dirimu dengan asuransi kesehatan. Di CekAja.com, kamu bisa membandingkan terlebih dulu produk asuransi yang pas sesuai dengan kebutuhan.

Besaran premi akan disesuaikan dengan profil keuanganmu. Uang pertanggungan dijamin menguntungkan, dengan lembaga kesehatan rekanan yang terbaik dan tersebar di seluruh Indonesia.

Yuk, bandingkan dan ajukan asuransi kesehatan lewat CekAja.com sekarang juga!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah