16 Tanaman Kaktus yang Bisa Berbunga, Jadi Tren Tanaman Hias 2021

Dulu, kaktus hanya identik dengan tanaman bernuansa gurun dan membosankan, tapi ternyata ada loh tanaman kaktus yang bisa berbunga sehingga mempercantik ruangan. Kondisi pandemi Covid-19 mengharuskan masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah sehingga mendorong adanya tren merawat dan mengoleksi tanaman hias di rumah.

Advertisement

Akhirnya, beberapa jenis tanaman hias pun mengalami kenaikan harga yang melonjak akibat tingginya permintaan.

Namun, memang tidak mudah merawat tanaman kaktus agar bisa berbunga. Apalagi jika ditanam secara indoor dalam pot yang mungil maka akan semakin sulit untuk bisa memunculkan bunganya.

(Baca Juga: Jenis Tanaman Pemakan Serangga Terbaik)

Tanaman asal Meksiko ini perlu berada dalam kondisi yang ideal sesuai dengan daerah asalnya agar bisa berkembang sempurna. Cuaca panas dan kering bisa sangat mendukung proses pembentukan bunganya.

Rekomendasi Tanaman Kaktus yang Bisa Berbunga

Jika kamu tertarik, menjadi kaktus berbunga menjadi tanaman hias untuk mempercantik rumah kamu, berikut rekomendasi jenis kaktus yang telah CekAja rangkum:

1. Kaktus mini Astrophytum

Tanaman kaktus yang bisa berbunga pertama jenis Astrophytum ini bentuknya menyerupai bintang atau buah belimbing.

Bunganya ada yang berwarna kuning, merah, dan pink. Bagian batangnya membentuk seperti bola. Kaktus mini jenis ini termasuk yang cukup mudah berbunga.

Untuk memancing pertumbuhan bunganya, kamu bisa meletakkan kaktus hias ini di ruangan dengan suhu sekitar 40º Celcius namun tidak terlalu banyak mendapat paparan sinar matahari.

2. Kaktus mini Gymnocalycium

Tanaman kaktus yang bisa berbunga kedua dari jenis Gymnocalycium ini memiliki bentuk yang menyerupai buah labu dengan tanduk sebagai tempat tumbuhnya bunga.

Lucunya, bagian tanduk tempat bunga muncul ini tidak dipenuhi oleh duri. Bunganya mekar dengan indah di beberapa sisi dengan warna yang sangat cerah.

Buat kamu yang sedang bingung memilih tanaman hias, Gymnocalycium bisa jadi pilihan mempercantik ruangan!

3. Kaktus mini Ariocarpus

Tanaman kaktus yang bisa berbunga ketiga yaitu kaktus hias jenis Ariocarpus, berbeda dengan kaktus pada umumnya yang memiliki duri pada daunnya.

Jenis ini justru tidak memiliki duri sama sekali. Daun kaktus mini ini memiliki bentuk prisma. Ada yang ujungnya melengkung, tumpul, atau runcing.

Bunganya berukuran besar hampir seukuran batangnya dan memiliki aneka ragam warna seperti ungu, putih, pink, kuning, dan merah.

4. Kaktus mini Echinofossulocactus

Kaktus mini jenis Echinofossulocactus ini termasuk tanaman kaktus yang bisa berbunga namun pertumbuhannya lambat.

Ia membutuhkan waktu sekitar 3 tahun untuk mengeluarkan bunga. Bunganya sendiri ada yang berwarna putih, merah, dan kuning.

Kaktus mini yang satu ini terlihat unik karena batangnya yang berwarna hijau tua dikelilingi dengan duri yang cukup besar.

5. Kaktus mini Lobivia oganmaru

Tanaman kaktus yang bisa berbunga selanjutnya jenis Lobivia oganmaru yang memiliki bentuk cukup aneh jika dibandingkan dengan kaktus mini jenis lainnya.

Batangnya tidak bulat atau memanjang melainkan pipih. Uniknya, di bagian ujung batang yang pipih ini ada bagian lainnya yang berwarna kuning bagaikan jambul.

Kaktus yang bisa tumbuh hingga 10 cm ini cocok diletakkan di mana saja untuk menghias ruangan kamu, misalnya sebagai dekorasi ruang tamu.

6. Kaktus mini Mammillaria elongata

Kaktus mini jenis Mammillaria elongata juga termasuk ke tanaman kaktus yang bisa berbunga.

Jenis ini terdiri atas banyak batang yang seluruh permukaannya ditutupi oleh duri halus berwarna kuning.

Kaktus jenis ini bisa tumbuh hingga ukuran 20 cm dan mengeluarkan bunga berwarna putih.

Tapi ingat, salah satu cara merawat tanaman jenis ini adalah meletakkannya di tempat yang teduh dan sedikit terkena paparan sinar matahari agar bisa hidup dalam waktu lama.

7. Kaktus mini Mammillaria fraileana

Tanaman kaktus yang bisa berbunga ini bisa dibilang cukup meriah penampilannya. Batang utamanya berbentuk bulat dan ditutupi duri panjang berwarna coklat kemerahan.

Jika bunganya sudah tumbuh, ukurannya cukup besar dan tidak hanya satu. Di sekitar batang utama akan bermunculan batang-batang kecil.

8. Kaktus mini Ariocarpus

Kaktus jenis Ariocarpus ini termasuk tanaman kaktus yang bisa berbunga juga. Bentuknya unik dengan warna bunga yang beragam mulai dari kuning, pink, putih dan merah.

Daunnya berbentuk prisma yang melengkung dengan indah. Keunikan lainnya, jenis kaktus ini tidak berduri sehingga kita terhindar dari kemungkinan tertusuk.

Agar bunganya bisa mekar sempurna, sebaiknya gunakan media tanam khusus untuk kaktus. Selain itu, letakkan di area yang terkena sinar matahari dan tidak lembab.

9. Kaktus Natal

Kaktus yang identik dengan perayaan natal ini termasuk tanaman kaktus yang bisa berbunga indah selama masa natal.

Dilansir dari Country Living, jenis tanaman ini membutuhkan air lebih banyak dari kaktus biasanya dan lebih cocok pada iklim yang agak lembab.

Bunga dari tanaman ini berwarna merah muda cerah sehingga bisa menjadi hiasan perayaan Natal yang meriah.

Kaktus natal juga tergolong mudah dirawat, karena tak perlu disiram setiap hari. Selama tanahnya belum kering, kamu tak perlu menyiramnya.

10. Kaktus mini Cereus tetragonus

Tanaman kaktus yang bisa berbunga jenis Cereus tetragonus ini berasal dari Amerika, biasa disebut Fairy Castle karena bentuknya yang menyerupai kastil dan bisa tumbuh tinggi.

Bunganya yang berwarna kuning atau putih kemudian akan muncul di salah satu pucuknya. Namun hal ini jarang terjadi. Jadi, hati-hati jangan sampai tertipu membeli fairy castle cactus yang ditempeli bunga palsu.

Tanaman ini cocok ditaruh di dalam rumah dan mudah dipelihara bagi pemula. Sayangnya butuh waktu lama agar tanaman bisa kembali berbunga setelah sebelumnya sempat mekar.

Penggunaan pot berbahan tanah liat akan membuat tanaman ini bisa lebih berkembang. Selain itu, pastikan untuk tidak terlalu banyak menyiram air agar akarnya tidak busuk.

11. Kaktus Mini Gymnocalycium Mihanovichii Star Fire

Jenis tanaman kaktus yang bisa berbunga ini biasanya berbunga di bulan Maret dan Mei. Warna bunganya juga beragam yakni kuning, jingga dan merah.

Ciri khas lainnya dari tanaman ini adalah pola bercak berwarna putih yang merupakan tempat tumbuhnya duri.

Sama seperti jenis kaktus lainnya, penyiraman yang berlebihan juga akan berdampak buruk pada tanaman ini.

Kaktus mini ini berbentuk bulat dan terlihat imut diletakkan di sudut rumah. Batangnya berwarna hijau dengan campuran semburat coklat.

12. Kaktus Parodia nivosa

Tanaman kaktus yang bisa berbunga ini memiliki penampilan yang imut, yaitu Parodia nivosa.

Tanaman hias ini juga dikenal dengan nama powder puff cactus. Batangnya yang bulat diselubungi rambut halus lebat seperti puff bedak.

Bunganya yang mungil dan berwarna pink bertebaran di sekitar tanaman. Tanaman ini membutuhkan air yang lebih banyak dan cahaya lebih sedikit jika dibandingkan dengan kaktus jenis lain.

13. Kaktus mini Wijayakusuma

Tidak banyak orang tahu bahwa bunga Wijayakusuma juga termasuk jenis tanaman kaktus yang bisa berbunga.

Tanaman hias yang juga dikenal dengan nama queen of the night atau lady of the night ini ada yang berukuran besar dan kecil.

Sesuai namanya, bunga yang dihasilkan akan mekar pada malam hari dan menguncup kembali begitu pagi menjelang.

14. Kaktus Mammillaria

Mammillaria termasuk jenis tanaman kaktus yang rajin berbunga, terutama di musim panas. Bentuknya cenderung bulat dan tumbuh mengelompok.

Beberapa spesies yang layak dikoleksi antara lain Mammillaria guelzowiana yang bunganya harum dan Mammillaria zeilmanniana (Rosy Pincushion Cactus) yang bunganya mekar sepanjang tahun.

15. Kaktus Astrophytum myriostigma

Astrophytum myriostigma merupakan tanaman hias yang juga dikenal dengan nama bishop’s hat cactus.

Disebut demikian karena bentuknya seperti topi uskup. Tidak seperti kaktus jenis lain, tanaman kaktus yang bisa berbunga satu ini tidak berduri.

Sementara bunganya berwarna kuning atau kuning bersemu merah.

16. Kaktus Laba-Laba

Gymnocalycium oehnanthemum x horstii merupakan nama ilmiah dari kaktus laba-laba.

Kaktus berbunga ini mekar pada musim panas. Ciri khasnya adalah duri-duri keriting dan bunga berukuran besar dengan warna pink.

Tips Merawat Kaktus Di Rumah

Mengutip dari akun Instagram Kementerian Pertanian membagian lima tips merawat kaktus dari rumah, berikut cara mudahnya:

  • Pastikan tanaman kaktus mendapatkan asupan sinar matahari yang cukup. Tanaman ini bisa diletakan di dekat jendela setidaknya minimal empat jam setiap harinya.
  • Siram kaktus dalam kurun waktu dua hingga tiga minggu sekali. Disarankan menggunakan air hangat di pagi hari.
  • Perhatikan suhu ruangan, tanaman dapat berkembang dengan baik jika diletakkan di tempat yang sejuk, teduh dan pastikan tidak lembab ya!
  • Perhatikan media tanam, media tanam dapat digunakan dengan komposisi tanah, pasir kasar, dan serbuk arang. Struktur dari serbuk arang yang berongga dan terbuka bisa membuat kaktus bisa tumbuh dengan sehat. Boleh juga ditambahkan dengan tepung tulang dan serbuk kapur agar memperkuat fisik kaktus dan mengurangi kadar asam dalam media tanam.
  • Rajin untuk memberikan pupuk. Penggunaan kaktus bisa dikatakan hemat karena penggunaan pupuk untuk tanaman ini hanya sekali dalam setahun, seperti pupuk kompos.

Nah, itu dia ulasan rekomendasi tanaman kaktus yang bisa berbunga untuk kamu jadikan tanaman hias di rumah, gunakan tips perawatannya juga ya!

Berbagai tanaman kaktus cantik itu bisa kamu beli di toko tanaman, maupun secara online melalui e-commerce.

(Baca Juga: Cara Aktifkan Shopee PayLater)

Kaktus memang jenis tanaman hias yang tidak tergolong murah, sebaiknya jika mau membeli secara online kamu bisa memanfaatkan kartu kredit yang kamu miliki.

Sebab, kartu kredit seringkali memberikan banyak promo menarik, yang bisa memanjakan para penggunanya, baik dalam bentuk diskon, cashback atau rewards point.

Maka dari itu, untuk kamu yang ingin menikmati berbagai keuntungan tersebut, namun belum memiliki kartu kredit. Kamu bisa segera mengajukannya melalui CekAja.com.

Proses pengajuannya secara online, jadi sangat mudah, cepat dan aman. CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kalau begitu tunggu apalagi? Yuk, ajukan kartu kredit mu sekarang juga!

Advertisement