Tempat Ngopi Terbaik Di Yogyakarta Untuk Pecinta Kopi!

7 min. membaca Oleh Maria Nofianti on

Jalan jalan ke Yogyakarta, hal yang tak boleh kita lewatkan adalah menyusuri Jalan Malioboro yang eksotis, penuh pedagang kaki lima, kuliner, delman, dan juga musik tradisional. Selain itu, jalan jalan ke Yogyakarta pasti sangat disayangkan jika kita tak menikmati malam di angkringan pinggir jalan, menikmati nasi kucing, jahe susu, kopi arang, dan cemilan lainnya yang nikmat.

tempat ngopi terbaik di Yogyakarta

Yogyakarta memang salah satu kota yang sangat istimewa, ini diakui tak hanya oleh pelancong dalam negeri, namun juga pelancong dari luar negeri. Sebagai kota yang sarat dengan adat dan budaya, Yogyakarta tak hanya menawarkan suasana yang eksotis, namun juga mengajak kita untuk lebih cinta pada Indonesia. Bayangkan saja, selepas dari liburan di Yogyakarta, kita akan lebih mencintai batik, memakai baju batik, celana batik dan ragam aksesoris etnik yang Indonesia banget.

Dan yang paling tak terlupakan dari Yogyakarta tentunya adalah soal kopi arang nya. Betapa uniknya saat kita menyeruput kopi yang dicelupkan arang. Kita mengenalnya dengan kopi Joss. Namun ternyata tak hanya kopi joss saja, karena Yogyakarta juga memiliki banyak tempat ngopi yang pasti ya bakal bikin pecinta kopi betah berlama lama lama liburan di Yogyakarta.

(Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Kopi Bagi Pemula)

Karena bagi para coffee lover meminum kopi bukan sekedar meneguknya sampai habis. Ada banyak hal yang bisa menginspirasi dari secangkir kopi. Sekarang ini  banyak orang yang menyukai minum kopi. Mulai dari hanya sekedar kegiatan pada waktu senggang sampai dengan perburuan kopi yang enak. Dengan tren masyarakat yang menyukai kopi maka ada banyak tempat untuk ngopi. Baik pria atau wanita, dari tua hingga anak muda sekarang lebih memilih untuk bersantai sambil minum kopi. Jika kamu adalah seorang pecinta kopi dan kebetulan sedang berada di Yogyakarta maka kamu bisa simak tulisan ini sampai habis.

Kali ini kita akan memberikan informasi tempat ngopi terbaik di Yogyakarta yang bisa kamu jadikan rekomendasi ketika kamu memiliki waktu senggang untuk bersantai. Banyak tempat ngopi yang memiliki fasilitas  bagus dan instagramable yang tentunya akan lebih menarik untuk kamu. Karena yang menjadi trend sekarang adalah sharing moment di social.media. Dari pada penasaran yuk kita simak penjelasan di bawah ini.

1. Angkringan Kopi Jos

Angkringan Kopi Jos - Tempat Ngopi Terbaik Di Yogyakarta Untuk Pecinta Kopi

Akhirnya kopi jos masuk di urutan pertama nih. Salah satu tempat ngopi terbaik di Yogyakarta adalah angkringan kopi jos. Di tempat ini kamu akan mendapatkan sajian kopi yang unik. Sajian kopi yang disebut dengan kopi jos ini adalah segelas kopi hitam yang disajikan panas-panas yang kemudian diberikan bara api atau arang yang masih membara dan ketika dicelupkan ke dalam gelas kopi tersebut akan ada suara seperti suara jos itu. Untuk menemukan angkringan kopi joss ini adalah hal yang mudah. Kamu tinggal mencari di daerah utara stasiun tugu. Disana akan ada banyak pedagang yang menawarkan kopi jos ini. Selain kopi ada juga makanan khas angkringan seperti nasi kucing, gorengan, dan berbagai macam sate. Angkringan kopi jos ini biasanya buka pada malam hari sampai dini hari. Dengan tempat lesehan khas angkringan ngopi di angkringan kopi joss ini juga murah meriah loh. Harganya mulai dari Rp4.000 sampai Rp10.000. Angkringan kopi jos bisa kamu temui di Jalan Wongsodirjan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Yogyakarta. Awas, jangan sampai salah tempat ya.

2. Kedai Kopi Mataram

Kedai Kopi Mataram - Tempat Ngopi Terbaik Di Yogyakarta Untuk Pecinta Kopi

Selanjutnya tempat ngopi terbaik di Yogyakarta yang sayang banget untuk kamu lewatkan saat berkunjung ke kota gudeg ini adalah di Kedai Kopi Mataram yang letaknya dekat dengan daerah Malioboro. Jadi, setelah berjalan-jalan dan berbelanja di Malioboro, kamu bisa melepaskan lelah di Kedai Kopi Mataram dengan sajian kopi yang yang bervariasi seperti  latte, espresso, Americano, cappucino dan double espresso. Selain minuman kopi modern kedai kopi ini juga memiliki kopi dari nusantara yang tidak kalah enak seperti kopi Gayo, Papua, Java Ijen Robusta dan lainnya. Kedai Kopi Mataram ini memiliki interior yang khas dengan kayu-kayu sehingga memberikan kesan hangat. Dengan harga mulai dari Rp10.000 kamu bisa merasakan berbagai varian kopi serta makanan. Kedai Kopi Mataram ini berada di Jalan Mataram No 143, Suryatmajan, Danurejan, Kota Yogyakarta. Jika kamu tak tahu daerah ini, cukup manfaatkan google maps dengan baik.

3. Filosofi Kopi Jogja

Filosofi Kopi Jogja - Tempat Ngopi Terbaik Di Yogyakarta Untuk Pecinta Kopi

Filosofi kopi adalah salah satu film yang bercerita tentang kopi dan penikmatnya karya Dee Lestari dan ada kedai kopinya di Jakarta. Karena banyak peminatnya, sekarang kedai filosofi kopi juga membuka cabangnya di Yogyakarta. Filosofi Kopi Jogja adalah tempat ngopi yang memiliki suasana santai dengan lesehan. Kedai kopi yang jauh dari suara kendaraan yang berlalu lalang ini membuat banyak orang semakin betah untuk berlama-lama di mana. Kedai Filosofi Kopi Jogja ini berada di Jalan Pandawa  Sariharjo, Ngaglik, Sleman Yogyakarta.

4. English Ivy Coffee

English Ivy Coffee - Tempat Ngopi Terbaik Di Yogyakarta Untuk Pecinta Kopi

Jika kamu ingin menghabiskan waktu dengan suasana yang asri kamu bisa datang ke English Ivy Coffee yang lokasinya berada di Kaliurang. Kafe yang semua dindingnya itu dibangun dari kaca membuat kita bisa leluasa melihat pemandangan alam di luar. Secangkir kopi hitam dari English Ivy Coffee bisa membuat kamu betah untuk menghabiskan sore hari di kafe ini. Kafe ini berada di Jalan Sidomukti, Condongcatur, Depok, Sleman Yogyakarta. Harga yang dibanderol pada kafe yang asri ini rata-rata hanya Rp15.000.

5. Ekologi Desk & Coffee

Ekologi Desk Coffee - Tempat Ngopi Terbaik Di Yogyakarta Untuk Pecinta Kopi

Kafe ini sering disebut dengan tempat berkumpulnya para freelancer. Kafe dengan tempat yang nyaman bisa untuk bekerja sambil bersantai dengan suasana yang tenang dan sajian kopi yang mantap dengan fasilitas free wifi tentu membuat banyak orang lebih betah di cafe tersebut. Interiornya yang menggunakan kayu dan kaca sebagai dinding menambah kesan dekat dengan alam. Harga minuman dan makanan di cafe Ekologi Desk & Coffee ini di mulai dari Rp20.000. Kafe ini berada di Jalan Pandean Sari Blok 4 No 10A,  Condongcatur, Sleman Yogyakarta. 

6. Noe Coffee and Kitchen

Noe Coffee and Kitchen - Tempat Ngopi Terbaik Di Yogyakarta Untuk Pecinta Kopi

Salah satu tempat ngopi terbaik di Yogyakarta dan berada di tengah kota adalah Noe Coffee and Kitchen. Kafe yang gampang diakses karena berada di tengah kota ini ini bisa memberikanmu kenyamanan untuk sekedar bersantai setelah aktivitas yang padat. Kafe ini menyediakan tiga macam ruangan yaitu outdoor, indoor dan vip room. Dengan suasananya yang cozy dan vintage membuat banyak orang betah mampir ke cafe ini. Disini kalian juga bisa belajar menjadi barista. Jadi  kafe ini bukan hanya sebagai tempat ngopi terbaik di Yogyakarta tetapi juga sebagai tempat belajar menjadi barista. Kafe ini berlokasi di Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo No 68 Gondokusuman Yogyakarta.

7. Raya’s Kitchen and Coffee

Rayas Kitchen and Coffee - Tempat Ngopi Terbaik Di Yogyakarta Untuk Pecinta Kopi

Jika kamu yang ingin bersantai di tempat yang bernuansa jawa di masa lampau maka di tempat ini adalah tempat yang pas. Kafe ini memiliki suasana khas jawa yang berada di bagian belakang sedangkan sisi lainnya bergaya modern. Sajian yang khas tentu saja  adalah kopi. Dengan dua sisi dekorasi yang berbeda ini membuat kafe ini sangat instagramable. Kamu bisa mengambil foto yang bagus di setiap sudut kafe ini. Nah penasaran kan? Datang saja ke Jalan Sulawesi VIII No 2 Sariharjo, Ngaglik, Sleman Yogyakarta.

8. Kopi Negri Jurgen

Kopi Negri Jurgen - Tempat Ngopi Terbaik Di Yogyakarta Untuk Pecinta Kopi

Selanjutnya tempat ngopi terbaik di Yogyakarta adalah Kopi Negri Jurgen. Tempat ini kamu bisa menikmati kopi dalam negeri yang pastinya mantap rasanya. Untuk interior dalam kafe ini lebih ke suasana retro dengan mobil dan motor yang jadul serta rambu-rambu lalu lintas dan petunjuknya yang sangat unik. Jika kamu berada di kafe ini kamu bisa merasakan suasana seperti di kafe Amerika. Kopi yang disajikan di kafe Kopi Negri Jurgen ini juga terkenal karena racikan baristanya yang jenius. Kafe ini berada di Jalan Gatotkaca No 394 Banguntapan, Bantul Yogyakarta.

9. Mari Ngopi Alun-Alun Kidul

Mari Ngopi Alun-Alun Kidul - Tempat Ngopi Terbaik Di Yogyakarta Untuk Pecinta Kopi

Tidak lengkap rasanya jika ke Yogyakarta tidak mampir ke Alun-Alun Kidul. Di sini kamu akan menemukan tempat ngopi terbaik di Yogyakarta dengan nama yang unik yaitu Mari Ngopi. Tempat ini sekarang menjadi di tempat nongkrong anak muda Jogja yang yang lagi ngehits. Karena ini berada di Alun-Alun Kidul maka suasananya mirip seperti kafe yang ada di Bali yang outdoor. Ada banyak sajian kopi yang ditawarkan mulai dari kopi hitam sampai kopi yang kekinian seperti cappucino, moccacino, hingga red velvet. Terkadang di Mari Ngopi Alun-Alun Kidul ini juga ada sajian live musiknya lo. Jadi buat kamu yang ingin nongkrong di tempat hits kamu wajib mampir ke Mari Ngopi Alun-Alun Kidul.

10. Mato Kopi Yogyakarta

Mato Kopi Yogyakarta - Tempat Ngopi Terbaik Di Yogyakarta Untuk Pecinta Kopi

Tempat ngopi terbaik di Yogyakarta selanjutnya adalah Mato Kopi Yogyakarta. Tempat ngopi ini semakin malam akan semakin ramai. Kafe ini adalah kafe yang sangat khas untuk tempat yaitu semuanya lesehan. Kopi andalan dari tempat ngopi lesehan ini adalah kopasus atau kopi panas susu. Selain itu kamu juga bisa memesan berbagai macam cemilan, makanan berat dan aneka minuman lainnya. Tempat ngopi ini merupakan tempat yang yang suasananya sangat merakyat jadi tidak heran banyak sekali pengunjung mulai dari kalangan pekerja hingga mahasiswa.

Menyeruput kopi saat ini memang tak sekedar untuk menghilangkan kantuk atau meredakan dahaga, tapi lebih dari itu, kopi kini menjadi bagian dari gaya hidup. Jadi tak heran jika kopi saat ini disajikan dengan beragam gaya yang menarik, bahkan barista kopi kini pun menjadi satu profesi yang penuh gaya.

Sekian dulu ya referensi tempat ngopi terbaik di Yogyakarta yang bisa menjadi rekomendasi kamu untuk bersantai sambil menikmati kopi di Yogyakarta. Kamu bisa memilih mulai dari tempat ngopi yang dekat dengan alam hingga  yang berada ada di pusat kota, memilih tempat ngopi sambil lesehan ngemper di pinggir jalan, atau sambil nongkrong cantik di kafe kopi. Semoga tulisan ini bisa membantumu menemukan tempat ngopi terbaik di Yogyakarta. Selamat ngopi!

Daaptkan promo menarik untuk kopi kesukaan kamu dengan kartu kredit, Ajukan sekarang hanya di Cekaja.com.

Tentang kami

Maria Nofianti

Maria Nofianti