Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Terapi Tulang Belakang dengan Berenang Ini Dijamin Aman

by Nadhillah Kusindriani on 16 Juni, 2020

Bagi kamu yang memiliki masalah pada tulang belakang, nyatanya berenang bisa menjadi salah satu terapi yang dapat kamu lakukan, loh! Menariknya, terapi tulang belakang dengan berenang ini juga kerap kali disarankan oleh para dokter. Meski begitu, apakah terapi ini sudah pasti aman untuk dilakukan?

Terapi Tulang Belakang dengan Berenang Ini Dijamin Aman

Terapi Tulang Belakang dengan Berenang

Sejatinya, terapi tulang belakang dengan berenang yang disarankan para dokter, aman untuk dilakukan asalkan sesuai dengan porsi dan aturannya. Pasalnya, berenang membuat punggung mendapatkan terapi secara alami dari air kolam renang.

Tidak hanya itu, terapi tulang belakang dengan berenang juga menjadi solusi bagi kamu yang menderita sakit saraf kejepit.

Di mana, saraf kejepit merupakan suatu kondisi yang terjadi akibat adanya gangguan saraf, dan menyebabkan penonjolan lapisan atau bantalan permukaan ruas tulang belakang. Lapisan dan bantalan tersebut lah yang menjadi penyebab timbulnya rasa sakit yang luar biasa.

Maka dari itu, untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa melakukan terapi tulang belakang dengan berenang. Karena, berenang menjadi salah satu solusi untuk mengatasi rasa nyeri kronis.

Untuk tahap awal, kamu bisa mencoba berenang sebanyak satu kali dalam seminggu. Kemudian, untuk tahap selanjutnya, kamu bisa menambahkan jadwal berenang menjadi dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Namun, sebelum kamu memutuskan untuk terapi tulang belakang dengan berenang, ada baiknya jika kamu melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter, apakah boleh melakukannya atau tidak.

Kalau pun diperbolehkan, ada baiknya kamu berenang sesuai dengan anjuran yang diberikan. Sehingga, kamu tidak sembarang berenang dengan gaya yang kamu inginkan.

Tetapi, jika kamu melakukannya tanpa anjuran dokter, mungkin hal itu justru akan membuat kondisi tulang belakang mu menjadi semakin parah.

Karena pada dasarnya, berenang sebagai terapi tulang belakang memang lebih ditujukan untuk orang-orang yang memiliki nyeri kronis. Sedangkan, untuk orang yang terkena sakit tulang belakang secara tiba-tiba, terapi ini kurang ampuh apabila dilakukan.

(Baca Juga: Kupas Tuntas Trik Sederhana untuk Mencegah Badan Bungkuk)
Manfaat Berenang untuk Terapi Tulang Belakang

Jika di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui sekilas informasi tentang terapi tulang belakang dengan berenang, maka di pembahasan kali ini kamu akan mengetahui beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari terapi tersebut.

Adapun beberapa manfaat dari berenang sebagai terapi tulang belakang, di antaranya:

  • Sebagai terapi fisik
  • Meredakan nyeri tulang belakang kronis
  • Menghilangkan stress di semua persendian
  • Meningkatkan kekuatan otot penyangga tulang belakang
  • Menguatkan lapisan atau bantalan tulang belakang yang cedera
  • Dan lain sebagainya.
Gaya Berenang untuk Terapi Tulang Belakang

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa gaya berenang dalam terapi tulang belakang menjadi salah satu faktor penentu tingkat kesembuhan sakit tulang belakang. Di mana, tidak semua gaya berenang cocok dan bisa digunakan.

Maka dari itu, di bawah ini merupakan tiga gaya berenang yang paling aman untuk digunakan dalam terapi tulang belakang, yang diantaranya akan diulas sebagai berikut.

1. Gaya Mengapung atau Gaya Punggung

Gaya Mengapung atau Gaya Punggung - Terapi Tulang Belakang dengan Berenang Ini Dijamin Aman

Gaya pertama untuk terapi tulang belakang dengan berenang adalah gaya mengapung. Gaya yang kerap kali disebut sebagai gaya punggung ini mampu mengurangi beban tubuh saat bergerak. Pasalnya, di dalam air tubuh terasa lebih ringan karena terbantu dengan tekanan air.

Tidak hanya itu, berenang dengan gaya mengapung juga membuat punggungmu menjadi lebih santai. Sehingga, rasa sakit pada cedera tulang belakang menjadi berkurang, dibandingkan saat kamu berbaring di atas kasur.

2. Gaya Bebas

Gaya Bebas - Terapi Tulang Belakang dengan Berenang Ini Dijamin Aman

Berikutnya adalah gaya bebas yang digunakan untuk terapi tulang belakang dengan berenang. Gaya bebas ini menjadi salah satu gaya yang paling banyak dianjurkan, karena tidak menggunakan lengkungan punggung.

Terlebih, gaya renang yang satu ini sangat mudah untuk dilakukan. Sebab, kamu hanya perlu mengulurkan kedua tangan ke dalam air dengan posisi jari-jari tangan terbuka, lalu mulai ayunkan layaknya mendayung sampan.

Setelah itu, di saat yang bersamaan kamu bisa mulai menggerakan kaki dengan gerakan menendang, menggunakan tenaga dari pinggang. Gerakan kaki kanan dan kiri secara bergantian.

Kemudian, agar tubuh tetap stabil dan pernapasan terjaga dengan baik, jangan lupa untuk memutar bahu dan pinggang mengikuti ayunan tangan. Apabila tangan mengayun ke arah kanan, maka kamu juga harus memutar bahu dan pinggang ke arah kanan, begitu pun sebaliknya.

3. Gaya Kodok

Gaya Kodok - Terapi Tulang Belakang dengan Berenang Ini Dijamin Aman

Gaya kodok nyatanya juga menjadi salah satu gaya yang bisa digunakan untuk terapi tulang belakang dengan berenang. Hal tersebut dikarenakan gaya kodok tidak terlalu banyak menggunakan punggung sebagai tumpuan untuk bergerak.

Justru sebaliknya, gaya kodok ini lebih fokus kepada penggunaan kekuatan kedua kaki, dengan tangan menghadap ke arah depan. Sehingga, kemungkinan terjadinya risiko cedera tambahan sangat kecil.

Tips Aman Berenang untuk Terapi Tulang Belakang

Sebelum mulai melakukan terapi tulang belakang dengan berenang, ada baiknya jika kamu mengetahui beberapa tips terlebih dahulu, agar kegiatan berenang berjalan lancar dan sesuai dengan prosedur yang dianjurkan.

Untuk itu, di bawah ini CekAja.com telah merangkum beberapa tips aman berenang untuk terapi tulang belakang, yang di antaranya yaitu:

  • Melakukan pemanasan sebelum berenang dan pendinginan setelah berenang
  • Menggunakan kacamata renang untuk melindungi mata dan mengurangi terjadinya gerakan yang tidak tepat pada kepala, ketika mata sedang menahan air
  • Menggunakan pelampung untuk menjaga kestabilan dan postur tubuh saat berenang jika diperlukan
  • Menggunakan alat bantu pernapasan selam
  • Gunakan gaya renang yang tepat, yang tidak membuat rasa nyeri semakin parah dan minim resiko
  • Gerakan tubuh ke samping, lalu jaga dagu agar tetap masuk ketika menarik napas saat gaya bebas, dengan tujuan untuk mengurangi jumlah gerakan dan tekanan yang terjadi pada leher saat berenang
  • Didampingi oleh pelatih khusus terapi tulang belakang selama kegiatan berenang berlangsung
(Baca Juga: Hati-hati! Lima Penyakit Ini Timbul Karena Sakit Punggung)

Nah, kini kamu sudah mengetahui beberapa informasi terkait terapi tulang belakang dengan berenang. Mulai dari informasi dasar, manfaat, gaya renang hingga tips aman berenang untuk terapi tulang belakang.

Bagi kamu yang menderita penyakit tulang belakang dan ingin mencoba terapinya, informasi-informasi di atas bisa kamu jadikan referensi dan panduan sebelum melakukan terapi tulang belakang.

Pasalnya, penyakit tulang belakang bukan lah penyakit biasa, sehingga pengobatannya pun memerlukan waktu serta biaya yang ekstra. Untuk itu, menjaga kesehatan dan melindungi diri dengan asuransi kesehatan terbaik  menjadi hal penting yang harus kamu lakukan.

Sebab, asuransi kesehatan menjamin hampir semua biaya pengobatan yang kamu butuhkan. Jadi, untuk kamu yang belum memiliki asuransi kesehatan, segera ajukan melalui CekAja.com. Yuk, ajukan sekarang!

Tentang Penulis