10 Tips Aman Berkendara saat Libur Akhir Tahun, Berkendara Lebih Nyaman!

Sebelum memulai liburan akhir tahun, kamu perlu menyimak beberapa tips aman berkendara saat libur akhir tahun berikut ini, agar berkendara lebih aman dan nyaman.

10 Tips Aman Berkendara saat Libur Akhir Tahun, Berkendara Lebih Nyaman!

Akhir tahun identik dengan pergi berlibur bersama keluarga atau orang tersayang. Sebelum pergi berlibur, ada beberapa hal yang perlu dipastikan agar bisa tetap aman hingga sampai tujuan.

Jika pergi berlibur menggunakan kendaraan pribadi, kamu perlu memperhatikan beberapa tips aman berkendara saat libur akhir tahun berikut ini agar tetap aman.

10 Tips Aman Berkendara Saat Libur Akhir Tahun

1. Memeriksa Kondisi Kendaraan

Tips aman berkendara saat libur akhir tahun pertama yang penting untuk kamu perhatikan adalah memeriksa kondisi kendaraan.

Ini penting untuk diperhatikan, sebab menyangkut keselamatan kamu beserta keluarga saat berkendara.

Pastikan semua mesin kendaraan dalam kondisi prima. Perhatikan juga bagian rem, oli, bensin, dan bagian lainnya.

Jika memungkinkan, kamu juga bisa menservice kendaraan kamu sebelum pergi berlibur agar lebih aman.

Setelah semua kondisi kendaraan telah terjamin aman, kamu bisa menggunakannya untuk pergi berlibur.

2. Pastikan Berkendara dengan Kondisi Tubuh Fit

Sebelum pergi berlibur, kamu juga perlu memastikan bahwa kondisi tubuh dalam kondisi fit. Terutama jika kamu sebagai pengemudi kendaraan.

Pastikan kamu mendapatkan istirahat yang cukup dan tidak mengantuk sebelum pergi berkendara. Sebab, akan sangat berisiko jika pergi dalam kondisi tubuh yang tidak fit.

Jika kamu pergi berlibur dengan jarak yang sangat jauh, sempatkan untuk berhenti dalam perjalanan, untuk beristirahat sejenak agar tidak kelelahan.

3. Mengetahui Rute Perjalanan

Tips aman berkendara saat libur akhir tahun selanjutnya adalah mengetahui rute perjalanan yang akan dilalui.

Dengan begitu, kamu jadi mengetahui medan yang akan kamu lalui nantinya. Kemungkinan tersesat juga semakin kecil jika telah mengetahui rute perjalanan.

Agar lebih cepat sampai tujuan, kamu bisa memilih rute perjalanan yang terhindar dari macet. Pilih juga rute perjalanan bagus tanpa jalanan berlubang.

(Baca Juga: Jenis Kerugian yang Ditanggung Asuransi Kendaraan Mobil)

4. Mengecek Cuaca

Akhir tahun biasanya memiliki curah hujan yang tinggi. Musim hujan mungkin akan mengakibatkan sebagian wilayah menjadi terendam banjir.

Kamu perlu waspadai hal-hal yang mungkin terjadi akibat musim hujan yang menerjang di sebagian wilayah.

Pastikan juga berkendara dengan hati-hati agar terhindar dari risiko kecelakaan. Jika hujan besar menerjang, kamu bisa bertepi terlebih dahulu jika tidak memungkinkan untuk melanjutkan perjalanan.

5. Mengenakan Sabuk Pengaman

Hal paling dasar jika kamu berkendara menggunakan mobil adalah dengan mengenakan sabuk pengaman.

Sabuk pengaman ini penting sekali untuk digunakan. Hal ini dikarenakan dapat meminimalisir terjadinya cedera ketika terjadi kecelakaan.

6. Berkendara dengan Batas Kecepatan yang Aman

Berkendara dengan batas kecepatan yang aman masuk kedalam tips aman berkendara saat libur akhir tahun yang perlu kamu lakukan.

Terlebih jika berada di jalan tol, atau jalanan yang sedikit lowong. Meski sepi, jangan memacu mobil dengan kecepatan yang sangat tinggi.

Hal ini akan sangat berisiko terjadinya kecelakaan. Pastikan kamu menaati batas kecepatan saat berkendara.

Di tol, batas kecepatan yang bisa kamu gunakan paling rendah 60 km per jam, dan tertinggi 100 km per jam. Jangan sampai melewati batas tersebut ya!

7. Gunakan Lampu Kendaraan

Dalam berkendara, pastikan kamu menggunakan lampu kendaraan dengan tepat. Misal, ketika ingin berbelok, pastikan selalu menyalakan lampu sein.

Ketika kamu ingin menyalip kendaraan, kamu bisa menyalakan lampu jauh dan menghidupkannya beberapa kali sebagai isyarat ingin menyalip.

Jika kamu dalam kondisi darurat, kamu bisa menggunakan lampu hazard. Tetapi perlu dipastikan, jangan gunakan lampu ini jika tidak pada tempatnya.

8. Menjaga Jarak Aman dengan Kendaraan Lain

Menjaga jarak aman dengan kendaraan lain juga perlu kamu lakukan agar aman dalam berkendara di waktu libur akhir tahun.

Hal ini sering kali diabaikan oleh banyak pengendara. Padahal menjaga jarak dalam berkendara ini penting untuk dilakukan agar aman dalam berkendara.

Dalam berkendara, akan ada momen kamu ingin menyalip kendaraan di depanmu. Jika ingin menyalip, lakukanlah secara tertib.

9. Tidak Menggunakan Bahu Jalan

Bahu jalan berfungsi untuk keadaan darurat, seperti mobil yang mogok. Oleh sebab itu, jangan menepikan atau berkendara di bahu jalan.

Jika kamu menggunakan bahu jalan, jangan lupa untuk memberikan segitiga pengaman agar sebagai penanda.

10. Beristirahat jika Mengantuk

Berkendara saat mengantuk sangat berbahaya. Pasalnya, tidak sedikit terjadi kecelakaan akibat pengemudi yang mengantuk.

Oleh sebab itu, agar kamu tetap aman sampai tujuan, jika merasa mengantuk, segera berhenti sejenak untuk beristirahat.

11. Membawa Perlengkapan untuk Kondisi Darurat

Tips aman berkendara saat libur akhir tahun terakhir yang bisa kamu lakukan adalah membawa perlengkapan untuk kondisi darurat.

Salah satunya adalah perlengkapan P3K. Ini penting untuk disiapkan, sebagai pertolongan pertama ketika terjadi luka pada anggota tubuh.

Selain itu, kamu juga bisa menyiapkan peralatan jika suatu saat tiba-tiba kondisi kendaraan tidak baik. Seperti, ban cadangan, lampu cadangan, kunci-kunci, dan peralatan lainnya.

(Baca Juga: Langkah Mudah Mengajukan Asuransi Kendaraan Baru dan Bekas)

Nah, itu dia beberapa tips aman berkendara saat libur akhir tahun yang bisa kamu lakukan. Selain itu, kamu juga bisa memberikan perlindungan terhadap kendaraan agar tetap aman.

Cara agar memberikan perlindungan untuk kendaraan adalah dengan memberikan asuransi kendaraan.

Dengan asuransi kendaraan ini, mobil kamu akan mendapatkan perlindungan dari berbagai risiko kecelakaan yang mungkin menyebabkan kerusakan.

Jika suatu saat terjadi hal buruk yang menyebabkan kerusakan pada kendaraan, kamu tidak perlu khawatir lagi terkait biaya perbaikan.

Sebab, dengan adanya asuransi kendaraan ini, akan membantu kamu dalam meringankan biaya perbaikan yang akan kamu keluarkan.

Saat ini, asuransi kendaraan sudah banyak dikeluarkan oleh berbagai perusahaan. Kamu perlu memilih jenis asuransi kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansialmu.

Kamu bisa  mengajukan asuransi kendaraan ini dengan mudah melalui CekAja.com. Sebab, di sana kamu bisa mengajukan asuransi kendaraan secara online, tanpa perlu keluar rumah.

CekAja.com juga sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga sudah pasti pelayanannya aman untuk kamu gunakan.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera lindungi kendaraan dengan asuransi kendaraan melalui CekAja.com sekarang juga!