8 Tips Belanja Furniture Hemat, Anti Kalap!

Memiliki hunian dan mengisinya dengan berbagai furniture dari penghasilan pribadi akan menjadi sebuah kebanggan tersendiri. Namun, kamu perlu tau tips belanja furniture hemat agar tidak over budget.

Furniture menjadi bagian paling penting dalam mempercantik hunian. Namun, banyak generasi muda terjebak dalam belanja furniture karena kurang pertimbangan dan perencanaan sejak awal.

Kebutuhan setiap hunian berbeda, tapi memprioritaskan furniture fungsional bisa sangat menghemat dana yang keluar. Berikut beberapa hal yang bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum belanja furniture:

  • Furniture fungsional apa saja yang kamu butuhkan di rumah?
  • Berapa ukuran furniture yang cocok untuk ukuran ruangan kamu?
  • Furniture apa saja yang sudah ada dan masih bisa digunakan?
  • Apa belanja furniture akan dilakukan sekaligus atau sedikit demi sedikit?
    Agar lebih akurat, coba sketsa bagian rumah dan perkirakan dahulu semua furnitur yang sudah ada dan akan dibeli nantinya. Selain untuk menjaga rumah tetap terasa lapang dan nyaman, cara ini juga mengurangi resiko over budget akibat terlalu banyak furniture yang dibeli.

(Baca Juga: Toko Furniture Lokal Terbaik)

Tips Belanja Furniture Hemat

Berikut CekAja.com memberikan ulasan tips belanja furniture hemat agar kamu tidak keliru dan menyesal. simak yuk!

1. Prioritaskan Furniture yang Dibutuhkan

Banyak orang saat membeli furniture secara impulsif, entah hanya karena desain yang menarik atau tergoda promo yang ditawarkan padahal tidak benar-benar dibutuhkan.

Cobalah prioritaskan furniture yang fungsional dan memang dibutuhkan rumah, caranya dengan membuat daftar apa saja yang perlu dibeli dengan melihat kapasitas dan ukuran rumah.

Sebab, tidak jarang masyarakat berbelanja furniture melakukan kesalahan dengan memaksakan idealis ingin mengikuti style interior kekinian, padahal tidak sesuai dengan kebutuhan atau kurang cocok dengan ukuran ruangan.

2. Ketahui Ukuran Ruangan

Tips belanja furniture hemat berikutnya adalah kamu harus merencanakan dimana akan menempatkan furniture tersebut.

Jangan membeli furniture yang tidak memiliki space atau tempat yang cocok di rumah kamu. Sebab hanya akan menjadi pemborosan dan menjadikan rumah sempit.

Salah satu perusahaan ritel furniture multinasional, IKEA, melakukan inovasi digital dengan aplikasi katalog tiga dimensi bersistem Android dan iOS agar konsumen bisa melihat tampilan furnitur yang ingin dibeli.

Hanya dengan membidik kamera telepon genggam pada salah satu pojok rumah, The 2014 IKEA Catalogue App bisa menampilkan latar berupa sudut rumah beserta beberapa pilihan produk IKEA.

Adanya inovasi teknologi ini, membantu konsumen memvisualisasikan tampilan rumah sesuai yang mereka inginkan agar tidak salah ukuran furniture saat membelinya.

Menurut hasil survei yang dilakukan IKEA, 14 persen konsumen membeli furniture dengan ukuran yang salah. Sementara itu, 70 persen konsumen bahkan tidak tau ukuran rumah mereka.

3. Belanja di waktu Sale dan Promo

Tips belanja furniture hemat pastinya dengan memastikan tidak over budget, kamu perlu rajin mengecek periode-periode promosi atau launching katalog baru dari sebuah dealer furniture agar beruntung mendapatkan penawaran menarik.

Agar bisa memanfaatkan sale secara maksimal namun tidak kalap, sebaiknya siapkan anggaran dan daftar furniture incaran sebelumnya.

Perhatikan periode waktu dimana penjual furniture melakukan obral atau diskon, biasanya saat akhir tahun sebagian besar ritel furniture diskon besar-besaran untuk menghabiskan stok lama.

Namun, kamu juga harus jeli untuk membandingkan harga ya. Pastikan bahwa penawaran promo atau diskon tersebut benar-benar menguntungkan dan bukan gimmick penjualan saja.

4. Jangan Gengsi Melakukan Negosiasi

Masih banyak ritel furniture yang sebenarnya bersedia bernegosiasi soal harga, ini menjadi tips belanja furniture hemat yang mesti coba kamu lakukan.

Lakukan penawaran dengan baik dan sopan, agar bisa mendapat harga terbaik dari kedua belah pihak.

Jika berhasil mendapat harga lebih murah, kamu bisa berhemat dan menyimpan sisa uang dan dialokasikan untuk kebutuhan lain bukan?

5. Bandingkan Harga di Internet

Tips belanja furniture hemat, kamu harus pandai dalam riset atau survei harga furniture offline dan online.

Dengan melakukan riset, kamu bisa mendapatkan perbandingan harga, melihat ulasan atau review produk, sehingga bisa menjadi pertimbangan pengambilan keputusan dalam membeli furniture tersebut.

Jika sudah mendapatkan harga dan kualitas terbaik secara online, hal yang perlu diperhatikan lagi adalah mulai dari outlet resmi atau tidak, tata cara pengiriman, biaya pengiriman, hingga garansi yang akan didapatkan. Jadilah konsumen cerdas sebelum membeli ya!

6. Belanja di Outlet Penjualan

Setelah mengetahui berbagai kebutuhan furniture dan melakukan riset harga, kamu bisa langsung datang ke outlet penjualan untuk mempelajari detail produk dengan lengkap, mulai dari bahan baku, kekuatan produk, hingga kelemahannya sehingga bisa disesuaikan lagi dengan kriteria kebutuhan di rumah.

Belanja di outlet penjualan pun kamu bisa mendapatkan penawaran terbaik, entah berupa diskon, cashback, hingga promo lainnya.

7. Furniture Bekas jadi Alternatif

Tips membeli furniture hemat kali ini mengharuskan kamu untuk lebih teliti dan hati-hati dalam mempertimbangkan produk mana yang setimpal antara harga dengan kelayakan furniture.

Furniture bekas juga biasanya ada yang dilelang oleh pihak bank. Bahkan masih dalam kualitas sangat baik karena berasal dari rumah sitaan. Jika beruntung, kamu bisa membeli furniture minimalis terbaik dengan harga terjangkau.

8. Beli One Set Lebih Hemat

Tips belanja furniture hemat pun bisa disiasati dengan mencari promo beli satu set. Promo ini justru lebih menarik karena terhitung lebih murah dan hemat.

Kamu gak perlu repot untuk menyesuaikan desain setiap furniturenya. Promo ini cocok untuk diterapkan pada ruang keluarga, ruang tamu, kamar tidur, dan ruang makan.

(Baca Juga: Peluang Investasi Terbaik 2021)

Nah, itu dia beberapa tips belanja furniture hemat dari CekAja.com yang bisa membantu kamu agar tidak terjebak dan menyesal.

Siapkan budget pembelian furniture sejak jauh hari, tentukan dan pilihlah furniture yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan rumah, kemudian lakukan perbandingan harga untuk mendapatkan penawaran termurah ya.

Belanja furniture untuk mempercantik hunian tidak harus dengan mengeluarkan biaya besar dan menguras kantong.

Dengan bisa membeli perabot murah dan terjangkau, artinya kamu bisa menghemat banyak biaya untuk digunakan ke berbagai kebutuhan lain yang lebih bermanfaat.

Jika furniture tersebut masuk ke dalam jajaran, hal yang dibutuhkan, maka kamu bisa memprioritaskannya. Namun, jika keadaan finansialmu tak mencukupi, maka kamu bisa mengajukan pinjaman dana tambahan, melalui pinjaman online, ke platform peer to peer lending melalui CekAja.com.

Di sini, CekAja.com juga bekerja sama dengan lembaga keuangan, berupa perusahaan pinjaman online atau P2P lending terbaik di Indonesia.

Selain itu, CekAja.com juga menyediakan perbandingan puluhan produk pinjaman online yang bisa kamu pilih dan ajukan secara online.

Yuk, ajukan pinjaman dana untuk tambahan modal membeli furnitur, melalui CekAja.com karena mudah, aman dan terpercaya!