Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Tips Berhemat Setelah Lebaran, Dompet Aman Silaturahmi Tetap Jalan

by Estrin Vanadianti Lestari on 28 Mei, 2020

Tidak seperti lebaran biasanya, di lebaran tahun ini sepertinya kamu harus dituntut ekstra hemat. Mengapa? Pasalnya, ada beberapa kebutuhan yang harus kamu prioritaskan, di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir ini. Namun, tidak perlu khawatir akan pengeluaran yang masih tak terkontrol, karena beberapa tips berhemat setelah lebaran ini, bisa bikin dompetmu tetap aman, dan silaturahmi tetap jalan.

Gunakan satu dompet - Ini Jurus Aman dan Hemat Belanja Dari rumah Saat PSBB Dihentikan

Adapun jika kamu merasa keuangan sedang tidak baik-baik saja, lebih baik kamu tidak perlu membeli hal-hal yang tidak begitu penting di lebaran tahun ini. Pasalnya, hal tersebut bisa membantu dalam menerapkan tips berhemat setelah lebaran nanti.

Hal-hal yang Tidak Begitu Penting Dilakukan saat Lebaran Tahun Ini
  • Membeli baju lebaran

Karena kamu bisa menggunakan baju lebaran sebelumnya yang masih bagus.

  • Mudik

Berhubung pemerintah Indonesia juga melarang adanya kegiatan mudik di lebaran tahun ini, itu artinya pengeluaranmu bisa sedikit lebih aman. Kamu jadi tidak perlu membeli tiket transportasi, dan lain-lain.

Lagi pula, kamu tidak harus mudik setiap tahun bukan? Kamu juga bisa mudik di tahun berikutnya, atau bisa mudik disaat keuanganmu sedang aman. Karena menjalankan silaturahmi lewat sosial media pun sudah cukup membantu melepas rindu.

  • Masak sendiri makanan lebaran di rumah, dan masak secukupnya

Karena di lebaran kali ini, tidak disarankan untuk bertamu atau menerima tamu, jadi kamu bisa membuat masakan sendiri di rumah dengan porsi yang sederhana. Sehingga, kamu tidak perlu repot-repot memesan catering, membeli kue lebaran yang banyak, dan lain-lain.

Lebih baik dananya dialokasikan ke tabungan, untuk kebutuhan yang lebih penting.

  • Tak perlu memaksakan memberi THR

Seperti yang diketahui, saat ini kondisi ekonomi negara hingga di dalam keluarga mungkin sedang tidak sehat. Sehingga, jika kamu merasa kurang dalam hal finansial, kamu tidak perlu memaksakan untuk bisa memberikan THR ke keluarga, sanak saudara, hingga tetangga.

Atau kamu bisa tetap memberikannya, namun dengan nominal yang lebih dipangkas. Ya, hitung-hitung beramal dan tetap bisa membahagiakan keluarga.

Lantas, bagaimana jika keuanganmu malah makin buruk setelah lebaran? Tak perlu khawatir, yang berlalu biarkanlah berlalu. Yang terpenting, saat ini kamu harus bisa mengontrol pengeluaran dengan mengikuti tips berhemat setelah lebaran berikut ini.

(Baca Juga: 7 Cara Sederhana Menghemat Energi di Kehidupan Sehari-hari)
Tips Berhemat Setelah Lebaran
1. Memeriksa dan Mengatur Keuangan Kembali

Memeriksa dan Mengatur Keuangan Kembali - Tips Berhemat Setelah Lebaran

Tips berhemat setelah lebaran yang pertama adalah dengan memeriksa dan mengatur keuangan kembali. Pasalnya, setelah lebaran mungkin kondisi keuangan agak sedikit tak terkontrol, demi tetap bisa merayakan dengan suka cita.

Nah, setelah itu tekadkan diri kamu untuk memulai mengatur kembali keuangan dari awal. Misalnya, dengan mengatur uang belanja, uang untuk menabung, investasi, untuk kebutuhan pokok dan lain-lain.

Hal tersebut dilakukan agar alokasi dana bisa tersusun dengan baik. Sehingga, jika kamu membutuhkan dana, kamu bisa menggunakan dana sesuai perencanaan, dan tidak terpecah.

2. Melunasi Semua Hutang

Melunasi Semua Hutang - Tips Berhemat Setelah Lebaran

Di tengah pandemi Covid-19 seperti ini, penghasilan seseorang mungkin saja tidak sama seperti bulan-bulan sebelumnya, yang full tanpa potongan. Dengan adanya pemotongan gaji, beberapa kebutuhan pun mungkin tidak bisa kamu beli.

Dengan adanya hal tersebut, mungkin beberapa orang memilih untuk meminjam dana ke beberapa lembaga keuangan atau bahkan ke keluarga, teman dan kerabat. Kegiatan tersebut memang sangat membantu, namun perlu diingat kembali, bahwa kamu juga harus melunasi hutang-hutang tersebut secara tepat waktu.

Terlebih, hal ini juga termasuk dalam tips berhemat setelah lebaran, yang bisa membuat kondisi finansial mu kembali sehat. Jika, mendapatkan penghasilan lebih, sebaiknya kamu tutupi dulu hutangmu agar tidak menjadi masalah di kemudian hari. Setelah itu, kamu baru bisa memulai lagi mengatur keuangan untuk kebutuhan lainnya.

3. Membatasi Pengeluaran Harian dan Bulanan

Membatasi Pengeluaran Harian dan Bulanan - Tips Berhemat Setelah Lebaran

Tips berhemat setelah lebaran selanjutnya adalah dengan cara membatasi pengeluaran harian dan bulanan. Jika sebelumnya kamu dengan bebas membeli sesuatu yang penting maupun tidak penting, kali ini kamu harus benar-benar menyaring apa saja hal-hal penting yang wajib dibeli.

Untuk pengeluaran harian, mungkin kamu bisa memprioritaskan membeli bahan pangan atau bahan pokok. Untuk pengeluaran bulanan, kamu bisa memprioritaskan membeli token listrik, bayar kontrakan atau cicilan rumah, pulsa handphone, hingga bensin.

Batasi pengeluaran yang tidak penting, di mana stop dulu membeli barang-barang keinginan kamu, dan belilah barang-barang yang menjadi kebutuhan kamu.

4. Prioritaskan Membeli Kebutuhan Penting

Prioritaskan Membeli Kebutuhan Penting - Tips Berhemat Setelah Lebaran

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa sebaiknya kamu memprioritaskan membeli barang-barang yang penting. Misalnya makanan, bahan pokok, obat-obatan, vitamin, masker, dan alat-alat kesehatan lainnya.

Terlebih, kini memiliki tubuh yang sehat menjadi hal yang mahal. Tidak mau bukan, jika kamu mementingkan membeli baju baru, tetapi kamu kelaparan hingga sakit?

Jadi, manfaatkan penghasilan yang kamu miliki untuk membeli kebutuhan yang penting. Karena saat ini, mencari kerja susah, dan kondisi ekonomi negara sedang menurun.

(Baca Juga: Trik Menghemat Belanja Bulanan Bagi IRT di Tengah Merebaknya Corona)
5. Sisihkan Pendapatan untuk Menabung atau Investasi

Sisihkan Pendapatan untuk Menabung atau Investasi - Tips Berhemat Setelah Lebaran

Penting juga bagi kamu untuk selalu menyisihkan sedikit pendapatan untuk ditabung atau diinvestasikan. Cara tersebut menjadi tips berhemat setelah lebaran, yang sangat membantu memulihkan kondisi finansial setelah lebaran.

Sehingga, jika kamu butuh dana darurat, kamu bisa menggunakan dana tabunganmu. Atau, jika kamu ingin lebaran tahun depan lebih baik dari tahun ini, dana investasi bisa kamu rasakan di lebaran tahun-tahun berikutnya.

Nah, bagaimana? Sangat membantu bukan tips-tips berhemat setelah lebaran di atas? Kuncinya, kamu hanya perlu konsisten dan tekun. Niscaya, kondisi keuanganmu setelah lebaran bisa pulih seperti sedia kala.

Nah, jika kamu kesulitan untuk memilih jenis tabungan atau investasi yang cocok, kamu bisa intip situs CekAja.com. Karena, di CekAja.com ada banyak pilihan produk finansial, yang bisa membantumu untuk memulihkan kondisi finansial.

Kamu bisa mencari produk investasi, pinjaman dana untuk modal usaha memulai bisnis, asuransi untuk melindungi dari risiko penyakit, hingga kartu kredit untuk membantumu berhemat ketika bertransaksi.

Yuk, kunjungi situsnya, dan dapatkan informasi selengkapnya, hanya di CekAja.com!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk