Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Tips Membangun Rumah Sendiri dengan Biaya Minim

by Vera Khairifah on 19 November, 2019

Membangun rumah sendiri menjadi pilihan banyak orang saat ini. Selain bisa mendesainnya sesuka hati, membangun rumah sendiri juga lebih hemat dibandingkan membelinya. Ketahui dulu tips membangun rumah sendiri yang memiliki tampilan kece namun hanya membutuhkan biaya yang minim berikut ini.

Tips Membangun Rumah Sendiri dengan Biaya Minim

1. Buat Rencana Pembangunan

Tips membangun rumah sendiri yang pertama adalah membuat rencana pembangunan. Kamu bisa memulainya dari menentukan biaya, dan target penyelesaian pembangunan.

Ini memang hanya perkiraan saja yang seolah dijadikan sebagai tenggat waktu. Namun dengan memasang target, kamu akan terpacu untuk menyelesaikannya tepat waktu.

Untuk biaya, kamu juga tak perlu menunggu semuanya terkumpul di muka. Sebab pembangunan bisa dilakukan bertahap, asal dengan perhitungan matang.

(Baca juga: Cara Menentukan Harga Rumah dan Menghitung NJOP Terbaru)
2. Tentukan Jenis dan Gaya Bangunan

Jika biaya sudah ditentukan, maka kamu bisa mulai memilih jenis dan gaya bangunan rumah. Pikirkan pemanfaatan lahan yang kamu miliki, berapa kamar dan jumlah lantai yang ingin dibuat, serta bagaimana pembagian ruangan.

Gaya bangunan rumah yang minimalis cocok dengan rencana membangun rumah sendiri dengan biaya yang minim. Triknya adalah dengan memaksimalkan semua bagian ruangan dan bahan bangunan.

Misalnya, perbanyak jendela yang mampu mengantarkan cahaya yang maksimal ke ruanganmu, sehingga tak perlu membangun tembok di semua sisi bangunan. Ini juga membuatmu mengirit pemakaian lampu listrik saat siang hari.

Selain itu, kamu juga bisa membuat meja serbaguna berukuran kecil hingga sedang yang terbuat dari semen atau kayu yang menyatu dengan dinding. Serta tempat perabotan yang dibuat dari hasil menyisakan ruangan di dinding rumah.

Seluruh perencanaan membangun rumah sendiri ini diperlukan agar saat proses pembangunan berlangsung, tukang bangunan yang kamu pilih sudah mengetahuinya pula.

3. Pilih Tukang Bangunan

Tips membangun rumah sendiri selanjutnya adalah memilih tukang bangunan. Pilihlah yang berpengalaman dan tarif jasanya masih terjangkau. Kamu bisa meminta referensi dari rekan terdekat.

Jumlah tukang bangunan minimalnya tiga orang, tergantung dengan besar bangunan dan target selesainya pembangunan rumah itu sendiri. Jika negosiasi bisa dilakukan dengan baik, kamu akan mendapatkan kesepakatan harga yang menguntungkan juga.

4. Beli Bahan Baku

Di dalam tips membangun rumah sendiri, ada yang kamu perlu ketahui saat memilih bahan baku. Pertama, pilih bahan baku yang hemat energi, seperti kaca jendela besar yang mengantarkan cahaya yang maksimal.

Kemudian pilih bahan baku yang membuat rumahmu tidak terasa panas. Seperti penggunaan lapisan semen putih pada dinding dan lantai rumah yang dikenal memberi sensasi sejuk pada suhu ruangan.

Semen putih juga tidak membuat dinding cepat retak ataupun lembab, dengan harga yang tak jauh berbeda dengan semen biasa. Untuk kegunaan lainnya, kamu juga bisa menggunakan baja ringan yang bernilai ekonomis tapi tetap berkualitas.

Bahan baku yang irit biaya adalah yang merupakan produksi lokal. Beberapa toko bangunan ada pula yang menjual bahan baku bangunan yang tetap berkualitas, meskipun itu barang yang tak lolos pengecekan standar.

Sehingga harganya jauh lebih murah. Misalnya keramik lantai yang sebagian piece-nya rusak akibat pengiriman, atau sedikit tergores dan lain sebagainya.

(Baca juga: Perhatikan 6 Hal Penting Ini Sebelum Investasi Properti)
5. Biarkan Dinding Tanpa Finishing

Agar meminimalkan pengeluaran, biarkan dinding dan lantai tanpa finishing. Kamu pun tak perlu membeli keramik, atau wallpaper.

Gaya unfinished  dengan kesan industrial ini membuat ruangan mudah dipadu-padankan dengan berbagai furniture lainnya.

6. Maksimalkan Setiap Ruangan

Saat membangun rumah sendiri, kamu tak perlu mempermasalahkan luas rumah selama kamu mampu memaksimalkan setiap ruangan dengan baik. Untuk kamar, pilih jenis ranjang tingkat, atau paduan ranjang yang bisa dijadikan lemari pada bagian bawahnya.

Kamar mandi tanpa bak (menggunakan shower dan ember) juga bisa menjadi pilihan untuk efesiensi ruangan dan energi. Karena kamu tak perlu mengurasnya.

Itu lah tips membangun rumah sendiri dengan biaya minim. Rumah idaman bisa kamu miliki dengan mengajukan KTA yang mudah di CekAja. Yuk, ajukan sekarang!

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast