8 Tips Memilih Apartemen untuk Tempat Tinggal Terbaik, Yuk Cek!

Buat kamu yang berencana tinggal di apartemen, sebaiknya ketahui dulu beberapa tips memilih apartemen untuk tempat tinggal. Pasalnya, tips ini akan membantumu menemukan apartemen terbaik, yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansialmu.

Apalagi, keberadaan apartemen kini sudah sangat banyak. Di perkotaan sendiri, kamu bisa menemukan apartemen di setiap daerahnya.

Bahkan, satu daerah atau kota pun memiliki beberapa apartemen, mulai dari apartemen yang biasa saja, hingga apartemen mewah.

Maka dari itu, agar bisa menemukan satu apartemen terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial, kamu perlu mengetahui sejumlah tips memilih apartemen untuk tempat tinggal.

Yang mana, sejumlah tips tersebut akan uraikan dengan rinci dan dijelaskan secara lengkap, pada kesempatan kali ini khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Informasi Dasar Seputar Apartemen

Sebelum kamu mengetahui tips memilih apartemen untuk tempat tinggal, ada baiknya kamu ketahui lebih dulu informasi dasar seputar apartemen.

Jadi, apartemen merupakan sebuah tempat tinggal yang berada di suatu bangunan bertingkat, lengkap dengan ruang duduk, kamar tidur, dapur, ruang makan, jamban dan kamar mandi yang terletak di satu lantai.

Di dalam bangunan bertingkat tersebut, terdapat beberapa tempat tinggal yang jumlahnya cukup banyak, bisa puluhan bahkan ratusan.

Intinya, apartemen merupakan sebuah hunian yang berada di dalam bangunan bertingkat.

Meskipun tidak berdiri di atas tanah milik pribadi, namun fungsi apartemen sama dengan rumah dan tempat tinggal lainnya.

Ada tiga fungsi apartemen yang perlu kamu ketahui, di antaranya yaitu:

  • Fungsi Utama, adalah fungsi dominan sebuah apartemen yang digunakan sebagai pemukiman, untuk orang-orang yang tinggal melakukan aktivitas sehari-harinya, seperti makan, istirahat, tidur, menerima tamu, bekerja dan lain sebagainya.
  • Fungsi Pendukung, adalah fungsi sekunder yang ditambahkan pada sebuah apartemen, guna mendukung kenyamanan dari berlangsungnya fungsi utama.
  • Fungsi Pelengkap, adalah fungsi yang dihadirkan untuk melengkapi berlangsungnya fungsi utama dan fungsi pendukung, contohnya seperti hadirnya ruang satpam, ruang administrasi, ruang cleaning service dan lain sebagainya.

(Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Sewa Apartemen)

Karakteristik Apartemen

Walaupun sudah mengetahui beberapa informasi dasar seputar apartemen, namun sepertinya ada yang kurang jika kamu belum mengetahui karakteristik apartemen.

Dalam hal ini, apartemen memiliki karakteristik yang cukup berbeda dengan rumah atau tempat tinggal lainnya, yaitu:

  • Struktur dan bahan bangunan apartemen dapat bertahan lama
  • Apartemen memiliki lebih dari dua lantai
  • Umumnya memiliki bangunan yang berbentuk vertikal
  • Satu lantai terdiri dari beberapa unit hunian
  • Apartemen bisa dinilai efektif, efisien dan ekonomis
  • Memiliki beberapa fasilitas yang bisa digunakan bersama penghuni lainnya
  • Umumnya tersedia area komersil pada lingkungan apartemen atau bahkan di dalam bangunannya
  • Lebih menjamin keamanan, ketenangan dan privasi para penghuninya
  • Bentuk sirkulasi horizontal berupa koridor, dan sirkulasi vertikal berupa tangga atau lift
  • Memiliki akses yang mudah dan cepat, untuk menjangkau fasilitas atau area yang tersedia.

Tips Memilih Apartemen untuk Tempat Tinggal

Setelah mengetahui sejumlah informasi seputar apartemen, mulai dari definisi, fungsi hingga karakteristiknya, maka ini saat yang tepat untuk kamu mengetahui tips memilih apartemen untuk tempat tinggal terbaik.

Sebenarnya, tips memilih apartemen ada sangat banyak. Namun, untuk memudahkanmu mengetahui sejumlah tips tersebut, di bawah ini CekAja.com telah meringkasnya menjadi delapan poin yang akan diulas sebagai berikut.

1. Pilih lokasi yang strategis

Poin pertama dalam tips memilih apartemen untuk tempat tinggal, yaitu memilih lokasi yang strategis.

Pemilihan lokasi ini menjadi sangat penting, khususnya bagi kamu yang setiap harinya harus beraktivitas ke kantor, dan menggunakan transportasi umum.

Pemilihan lokasi yang dekat dengan stasiun KRL, MRT, dan halte busway pun, menjadi hal utama yang kamu perhatikan.

Tidak hanya itu, dalam memilih lokasi apartemen pun, kamu harus memperhatikan jarak antara apartemen dengan fasilitas umum, seperti pasar tradisional, supermarket, sarana kesehatan, serta pendidikan.

2. Ketahui kondisi unit apartemen

Selain memperhatikan lokasi yang strategis, kamu pun harus tahu kondisi unit apartemen yang nantinya menjadi hunianmu.

Pasalnya, apartemen memiliki banyak unit dengan kondisi yang berbeda-beda. Ada unit yang ditawarkan dalam keadaan kosong (unfurnished), ada yang semi furnished, dan ada juga yang sudah dilengkapi dengan perabotan (full furnished).

Semua kondisi unit itu, bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial. Jika dana yang kamu miliki terbatas, namun kamu sudah memiliki perabot rumah tangga lengkap, maka kamu bisa saja memilih unit yang unfurnished.

Dengan begitu, kamu bisa membawa semua perabot rumah tangga yang kamu miliki ke apartemen, dan menyusunnya sesuai keinginan.

3. Pilih posisi lantai sesuai kebutuhan

Pemilihan posisi lantai yang sesuai kebutuhan, nyatanya juga menjadi bagian dari tips memilih apartemen untuk tempat tinggal, loh!

Untuk apartemen sendiri, posisi lantai dibagi menjadi tiga kategori, yaitu posisi lantai rendah, medium dan tinggi.

Setiap posisi lantai, sudah pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Seperti misalnya posisi lantai rendah, ini merupakan posisi yang aman dan memudahkan penghuni untuk segera keluar dari apartemen apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Sedangkan posisi lantai tinggi, sangat cocok untuk kamu yang suka dengan ketinggian, dan ingin menikmati pemandangan kota dari jendela.

Jika kamu menginginkan posisi lantai tersebut, maka kamu bisa memilih unit yang berada di lantai sembilan ke atas.

Dengan memiliki posisi lantai tinggi, kamu akan mendapat cukup sinar matahari, dan terhindar dari berbagai serangga, seperti nyamuk dan lalat.

4. Cari tahu fasilitas yang diberikan

Tips memilih apartemen untuk tempat tinggal lainnya, yang juga tak boleh luput dari perhatian, yaitu mengetahui fasilitas yang diberikan.

Pasalnya, setiap apartemen umumnya menyediakan berbagai fasilitas, mulai dari fitness center, kolam renang, jogging track hingga supermarket.

Nah, fasilitas-fasilitas dasar seperti itulah, yang harus kamu tanyakan dan pastikan kepada pihak apartemen, apakah sudah tersedia atau belum.

Selain itu, kamu juga perlu memeriksa fasilitas dari segi keamanannya. Apakah apartemen yang akan kamu tuju sudah menerapkan sistem penjagaan security 24 jam, CCTV di berbagai titik, bahkan fasilitas access card atau belum.

Jika sudah, maka apartemen itu sudah menerapkan sistem keamanan yang baik, sehingga kamu pun akan merasa sangat aman tinggal di lingkungan apartemen tersebut.

5. Cari tahu lahan parkir yang tersedia

Tidak hanya mencari tahu fasilitas yang diberikan, kamu pun harus mencari tahu lahan parkir yang disediakan apartemen.

Pasalnya, ini menjadi bagian dari tips memilih apartemen untuk tempat tinggal yang tidak boleh dilewatkan.

Sebuah apartemen sudah seharusnya menyediakan lahan parkir yang memadai, dan sesuai dengan kapasitas unit yang ada, atau bahkan melebihi kapasitas.

Dengan demikian, nantinya tidak ada kejadian para penghuni apartemen yang berebut parkir, akibat lahan parkir yang tidak memadai.

6. Cari tahu harga dan metode pembayarannya

Di urutan keenam ada mencari tahu harga apartemen dan metode pembayarannya. Seperti yang diketahui, harga adalah salah satu unsur penting yang harus diperhatikan, khususnya dalam tips memilih apartemen untuk tempat tinggal.

Karena, harga yang ditawarkan suatu unit apartemen menentukan apakah unit tersebut sesuai dengan kemampuan finansial atau tidak.

Jika harga yang ditawarkan sesuai dengan budget kamu saat ini, maka selanjutnya kamu tinggal memperhatikan metode pembayarannya.

Di sini, kamu bisa membayar unit apartemen secara cash maupun cicilan. Apabila membayar cash dirasa memberatkan, maka kamu bisa menegosiasikan sistem pembayaran cicilan dengan pihak developer apartemen.

Di samping itu, kamu pun memiliki keharusan untuk mencermati dengan baik semua pilihan metode pembayaran yang disediakan oleh developer apartemen.

7. Pelajari sertifikat apartemen

Apabila harga dan metode pembayaran yang ditawarkan pihak apartemen, sudah cocok dan sesuai dengan kemampuan dompet, maka berikutnya kamu bisa langsung mempelajari sertifikatnya.

Dalam hal ini maksudnya adalah kamu harus mengecek, sertifikat apa yang akan diterima pembeli.

Pasalnya, sertifikat bangunan yang tidak boleh diabaikan ada beberapa jenis, di antaranya yaitu Hak Guna Bangunan (HGB), Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Surat Izin Penunjukan Penggunaan Tanah (IPPT) dan Sertifikat Surat Izin Penunjukan Penggunaan Tanah (SIPPT).

8. Nilai investasi

Tips memilih apartemen untuk tempat tinggal yang terakhir, yaitu nilai investasi. Ketika membeli sebuah unit apartemen, kamu juga tentu ingin membelinya untuk tujuan investasi, bukan?

Oleh karena itu, sebaiknya kamu memilih unit apartemen yang dibangun oleh developer ternama, yang sudah produknya sudah terbukti bagus dan berkualitas.

Selain itu, kamu juga harus aktif bertanya seputar potensi capital gain dan rental yield dari unit yang akan kamu beli kepada pihak developer.

Karena, angka yang didapat nantinya bisa menjadi bayangan perhitungan keuntungan, yang bisa diperoleh dari menyewakan unit apartemen milikmu, atau ketika kamu menjualnya kembali setelah beberapa tahun ke depan.

Agar tujuan investasimu semakin cemerlang, kamu bisa memilih dan membeli apartemen di lokasi yang strategis.

Tepatnya di daerah yang dekat dengan lingkungan perkantoran, universitas, maupun pusat perbelanjaan.

(Baca Juga: Inspirasi Apartemen Minimalis Ala Korea)

Itulah beberapa tips memilih apartemen untuk tempat tinggal, yang sudah kamu ketahui informasinya secara lengkap di pembahasan sebelumnya.

Semua tips tersebut penting untuk kamu perhatikan dan lakukan, sebelum membeli sebuah unit apartemen.

Apabila semua hal itu sudah kamu lakukan dengan baik, maka selanjutnya kamu bisa langsung mempersiapkan dananya.

Tetapi, apabila dana yang dimiliki ternyata belum mencukupi, jangan khawatir! Kamu bisa mengajukan pinjaman dana tunai melalui CekAja.com.

Di sana, kamu bisa mengajukan pinjaman dana dengan nominal sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuan pinjaman di CekAja.com pun sangat mudah, cepat dan aman, karena sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kalau begitu, tunggu apalagi? Yuk, ajukan pinjaman dana tunai sekarang juga!