8 Manfaat Coca Cola Selain untuk Diminum Hilangkan Haus

Ternyata ada beberapa manfaat coca cola selain untuk diminum yang harus kamu tahu. Ya, minuman tinggi gula ini tetap memberi beberapa manfaat untuk tubuh dan kegunaan lainnya.

Pariwara

Cola adalah salah satu jenis minuman ringan berkarbonasi yang populer di seluruh dunia.

Rasa manis pada cola terbentuk dari berbagai perisa seperti vanila, kayu manis, minyak sitrus, dan perisa-perisa lainnya.

Merk terkenal yang memproduksi cola adalah Coca Cola yag berasal dari Amerika Serikat.

Siapa sangka, Coca Cola pertama kali ditemukan oleh seorang Ahli Farmasi berma John Pemberton tahun 1886, dan langsung dipasarkan dengan merk dagang tersebut.

Pemberton terinspirasi oleh anggur coca (dibuat Ahli Farmasi Angelo Mariani tahun 1863) yang membuatnya tertarik menemukan resep minuman terkarbonasi tanpa alkohol.

Dilansir dari Bussiness Insider, komposisi awal Coca Cola mengandung kokain. Baru pada tahun 1903, kokain resmi dihilangkan dari komposisi Coca Cola.

Pemasaran Coca Cola makin meluas ke seluruh negara di dunia. Di Indonesia sendiri, Coca Cola didistribusikan oleh Coca-Cola Amatil Indonesia yang menjual berbagai produk minuman populer dunia.

Minuman berkarbonasi paling enak dikonsumsi dalam kondisi dingin. Coca cola populer diminum saat musim panas, dan acara-acara kumpul bersama keluarga atau rekan.

Misalnya momen perayaan hari raya, tahun baru, ulang tahun, gathering kantor, dan lain sebagainya.

Selain diminum untuk menghilangkan rasa haus atau dahaga, ada pula beberapa manfaat coca cola selain untuk diminum yang mungkin belum kamu ketahui.

Kandungan Coca Cola

Coca Cola dikenal sebagai minuman dengan rasa khas yang rasanya sulit dideskripsikan oleh siapapun yang meminumnya.

Berikut ini kandungan yang ada di dalam coca cola berdasarkan bahan pembuatnya:

  • Air, yang dikarbonasikan dengan karbon dioksida yang dimurnikan untuk memberikan gelembung.
  • Gula, untuk memberi rasa manis.
  • Pewarna karamel, untuk memberi warna cokelat kehitaman yang menjadi ciri khas Coca Cola.
  • Asam fosfat, untuk memberi rasa tajam.
  • Kafein, untuk memberi rasa sedikit pahit.
  • Konsentrat kola, yakni formula rahasia Coca Cola.
  • Mineral natrium

FYI, kandungan gula di dalam produk Coca Cola regular memang cukup tinggi.

Sedangkan untuk produk Coca Cola Zero Sugar dan Coca Cola Light tidak menggunakan gula murni tetapi ada pemanis buatan mengandung gula.

Jadi, konsumen disarankan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

(Baca Juga: 12 Manfaat Sari Tebu yang Baik untuk Kesehatan dan Kecantikan)

Manfaat Coca Cola Selain untuk Diminum

Selain memberi sensasi segar yang mampu menghilangkan rasa haus, manfaat coca cola selain untuk diminum juga perlu kamu ketahui.

Manfaat ini berkaitan dengan tubuh dan fungsi lain bisa digunakan sebagai life hack yang ampuh.

Ini dia manfaat coca cola selain untuk diminum:

1. Mengurangi Mual dan Kembung

Manfaat coca cola selain untuk diminum yang pertama adalah mengurangi mual. Rasa manis akan menghilangkan rasa eneg sebagai pemicu mual.

Gelembung dari air berkarbonasi juga akan memudahkanmu melepaskan gas dari dalam perut yang kerap membuat perut kembung.

Setelah kamu meminum coca cola, sendawa akan muncul sebagai efeknya dan mengeluarkan gas yang bikin perut tak nyaman.

2. Meredakan Sakit Perut

Kedua, minuman berkarbonasi juga dikenal memiliki manfaat coca cola selain untuk diminum. Yakni pereda sakit perut yang ampuh.

Saluran pencernaan yang memiliki gangguan seperti sakit perut atau sembelit akan terasa lebih nyaman setelah meminum coca cola.

Manfaat ini sudah sejak dulu diketahui publik.

3. Meringankan Sakit Kepala

Kafein adalah salah satu zat penghilang sakit kepala. Maka dari itu, manfaat coca cola selain untuk diminum adalah mampu meringankan sakit kepala.

Minum coca cola juga dapat merangsang sistem saraf pusat, sehingga membuat suasana hati menjadi lebih baik.

Desis dan gelembung yang memberi sensasi unik di mulut dan tengorokan akan membuatmu merasa lebih happy.

4. Menghancurkan Lemak Hati

Masih dari efek kafein di dalam coca cola, lemak yang tersisa di dalam organ dalam seperti hati juga bisa dihancurkan.

FYI, lemak hati cukup berbahaya karena menjadi tanda seseorang obesitas, meningkatkan risiko diabetes, dan kondisi hati yang gemuk sehingga menurunkan fungsi hati itu sendiri.

Namun, manfaat coca cola selain untuk diminum yang satu ini tidak bisa dijadikan efek utama dalam membasmmi lemak hati. Sebab coca cola juga mengandung gula.

Kamu juga harus menyertakannya dengan gaya hidup sehat.

5. Mencegah Kram Otot

Keluhan kram otot sering terjadi di waktu yang tak terduga. Rasa sakit atau nyeri tentu saja membuat penderitanya tidak nyaman.

Nah, ternyata, salah satu manfaat coca cola selain untuk diminum adalah mencegah terjadinya kram otot. Kandungan mineral natrium membantu otot lebih rileks, sehingga tidak akan terjadi kontraksi.

(Baca Juga: Perbedaan Cincau Hitam dan Cincau Hijau Beserta Khasiatnya)

6. Membantu Mencerna Makanan Tinggi Karbo

Jika dibandingkan dengan air putih dan limun, coca cola ternyata lebih cepat mencerna makanan tinggi karbohidrat seperti burger, pizza, dan kentang goreng.

Karbohidrat dari makanan-makanan padat itu lebih mudah hancur sejak dikunyah jika terkena minuman berkarbonasi.

Makanya, para peserta kontes makan cepat biasanya memilih minuman coca cola untuk mempercepat proses menelan makanan.

7. Membantu Membersihkan Berbagai Macam Noda

Sedangkan untuk manfaat coca cola selain untuk diminum lainnya, kamu bisa gunakan sebagai salah satu bahan penghilang noda. Ini karena adanya kandungan asam fosfat.

Coca cola membantu mengoksidasi kotoran-kotoran dari noda atau jamur toilet, noda darah, noda dari bekas coretan, noda pada pakaian, hingga membantu membersihkan noda karat.

Sehingga kotoran tersebut lebih mudah dibersihkan lebih lanjut (disikat atau disiram) hingga bersih.

8. Membantu Menguraikan Sampah Organik

Manfaat coca cola selain untuk diminum yang terakhir adalah membantu menguraikan sampah organik. Sebagian petani menggunakan coca cola untuk proses pengomposan tanah.

Kandungan gula akan menarik mikroorganisme dari sampah organik dan tanah, kemudian asam fosfat akan mempercepat proses pembusukan.

Sehingga sampah organik lebih cepat terurai dengan tanah dan bisa dimanfaatkan sebagai pupuk alami.

Itulah beberapa manfaat coca cola selain untuk diminum sebagai penghilang haus. Manfaat nomor berapa nih yang baru kamu ketahui?

Perlu diingat, konsumsi minuman berkarbonasi tetap harus dibatasi karena kandungan gula yang tinggi bisa merusak gigi, hingga menaikkan risiko berbagai penyakit berbahaya.

Buat kamu yang memiliki risiko diabetes, sebaiknya hanya mengonsumsi coca cola yang rendah atau tanpa gula, ya.

Selain makan makanan bergizi dan berolahraga teratur, lindungi juga kesehatanmu dengan produk asuransi terbaik yang bisa dibandingkan dan diajukan di CekAja.com.

CekAja.com adalah media pembanding berbagai produk finansial yang terpercaya, karena sudah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kamu bisa mendapat rekomendasi produk asuransi terbaik sesuai kebutuhan, dengan premi terjangkau dan nilai uang pertanggungan yang besar.

Pengajuan asuransi berbagai merk juga bisa dilakukan di CekAja.com dengan proses yang cepat dan mudah. Semua dilakukan lewat sistem online canggih.

Sehingga kamu hanya perlu mengisi data diri dan membayar premi bulan pertama tanpa harus datang langsung ke kantor penyedia asuransi. Mudah, kan?

Ayo, segera cek rekomendasi asuransi kesehatan terbaik dan ajukan!

Pariwara