9 Manfaat Belerang untuk Kesehatan Beserta Efek Sampingnya

5 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Manfaat belerang untuk kesehatan mungkin masih jarang diketahui banyak orang. Jangan sepelekan unsur alam yang satu ini, simak penjelasan mengenai manfaat lengkapnya!

Belerang atau sulfur merupakan unsur murni kimia sekaligus mineral pada gunung berapi dengan bentuk padat kristalin kuning.

Bau pada belerang terbilang khas dan cukup kuat. Di alam terbuka, belerang yang berinteraksi dengan zat kimia lain di area kawah gunung api maupun daerah penemuan belerang lainnya bisa saja berbahaya.

Sebab kadar belerang dan zat kimia lain yang sangat tinggi dalam asap belerang dapat berbahaya jika terhirup dalam jangka waktu yang lama oleh manusia.

Penemuan belerang diperkirakan pertama kali ditemukan oleh orang Tiongkok sekitar 2000 tahun sebelum masehi.

Pada tahun 1777, belerang dikategorikan sebagai unsur kimia oleh seorang ahli biologi asal Perancis, bernama Antoine Lavoisier.

Mengenal Pembentukan Belerang

Pembentukan belerang di alam terjadi melalui proses panjang yang dinamakan dengan siklus belerang.

Endapan belerang terbentuk dari gas-gas dan larutan yang mengandung unsur belerang dan kemudian keluar dari bumi. Aktivitas rangkaian gunung api aktif juga mempengaruhi pembentukannya.

Indonesia sebagai negara dengan jumlah gunung api yang banyak tentu sudah mengenal belerang sejak lama.

Belerang yang umumnya ditemukan di kawasan kawah gunung api ditambang dengan cara tradisional, dan kemudian diangkut secara manual ke kaki gunung dengan cara dipikul oleh para penambang.

Penggunaan umum belerang bermacam-macam, seperti di antaranya diolah menjadi pupuk, insektisida, bubuk mesiu, korek api, fungisida, hingga ternyata ada manfaat belerang untuk kesehatan.

Ya, zat kimia ini juga bisa lho dimanfaatkan untuk mencegah ataupun mengatasi berbagai penyakit. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai manfaat belerang untuk kesehatan.

Kandungan Belerang

Sebelum mengetahui daftar manfaat belerang untuk kesehatan, ketahui dulu kandungan dalam setiap bongkahan belerang.

Dalam tabel periodik kimia, belerang atau sulfur dilambangkan dengan huruf S dan nomor atom 16.

Unsur non-logam ini mengandung banyak mineral yang sangat penting untuk kehidupan dan keseimbangan alam.

Berikut ini kandungan belerang yang harus kamu tahu:

  • Mineral sulfat
  • Mineral sulfida
  • Fosfat
  • Asam amino
  • Zat keratolitik

(Baca Juga: 12 Manfaat Susu Kedelai Ini Baik untuk Kesehatan Tubuh, Kulit dan Rambut)

Manfaat Belerang untuk Kesehatan

Belerang umumnya dimanfaatkan dalam bidang pertanian, sehingga para petani dan pelaku usaha di bidang ini sudah tidak asing dengan penggunaannya.

Namun, ternyata ada sederet manfaat belerang untuk kesehatan yang sudah teruji klinis dan diakui para ahli kesehatan.

Bentuk pemanfaatan belerang dalam ilmu kesehatan antara lain krim, sabun, shampoo, lotion, gel, cairan, hingga suplemen (dengan cara diinteraksikan dengan obat-obatan tertentu).

Ini dia daftar manfaat belerang untuk kesehatan:

1. Membantu Pengelupasan Kulit Mati

Manfaat belerang untuk kesehatan yang pertama adalah membantu roses pengelupasan kulit mati. Sebagai zat keratolitik, belerang akan mempermudah kulit mati terlepas dari jaringan kulitmu.

Pengelupasan kulit mati dibutuhkan agar kulit mampu melakukan regenerasi, sehingga kulit lebih sehat. Untuk menikmati manfaat ini, kamu bisa menggunakan lotion yang mengandung belerang (sulfur).

2. Mengatasi Masalah Kulit

Manfaat belerang untuk kesehatan memang kebanyakan diperuntukkan bagi masalah kulit. Dokter biasanya akan memberi lotion, sabun, bubuk, atau krim belerang untuk mengatasi masalah kulit.

Di antaranya seperti masalah kulit rosacea atau kulit kemerahan, dermatitis seboroik alias gangguan kulit bersisik dan berketombe, dan masalah kulit lainnya.

3. Membasmi Jamur dan Bakteri Pada Kulit

Belerang juga memiliki sifat anti-jamur dan anti-bakteri yang bisa membasmi masalah kulit yang berkaitan dengan fungi dan parasit. Misalnya saja seperti kudis dan panu.

Untuk memberi manfaat belerang untuk kesehatan yang satu ini, penggunaan krim atau salep belerang sangat disarankan. Oleskan salep belerang secara rutin, agar panu dan kudis segera hilang dari kulitmu.

4. Mengatasi Kulit Berjerawat

Jerawat sering kali membuat kita tidak percaya diri dengan penampilan, apalagi jika muncul di bagian wajah.

Rasa tidak nyaman seperti gatal, kulit panas, serta bekas jerawat yang sulit hilang juga menjadi masalah tersendiri.

Nah, manfaat belerang untuk kesehatan lainnya juga ternyata ampuh mengatasi kulit berjerawat.

Sebab, belerang akan menyerap minyak berlebih (sebum) yang merupakan penyebab munculnya jerawat, serta menghilangkan penyumbatan pori-pori kulit.

5. Mengurangi Ketombe

Tahukah kamu bahwa produk shampoo dan perawatan kulit kepala lainnya yang memiliki manfaat anti ketombe berasal dari kandungan belerang?

Ya, sudah banyak produk yang memcampurkan belerang untuk memberikan efek baik dalam mengatasi masalah ketombe.

Shampoo dengan kandungan belerang yang dikombinasikan dengan asam salisilat terbukti mengurangi ketombe. Manfaat belerang untuk kesehatan ini sudah teruji secara klinis dalam beberapa penelitian.

(Baca Juga: 11 Tanda-Tanda Usus Kotor dan Cara Membersihkannya)

6. Mengatasi Masalah Pencernaan

Manfaat belerang untuk kesehatan selanjutnya adalah mengatasi masalah pencernaan, mulai dari keluhan sakit kerongkongan, sakit lambung (maag, GERD, dan lain-lain), hingga radang usus.

Kandungan belerang akan membantu mempercepat proses regenerasi sel-sel yang terdapat pada lapisan saluran pencernaan.

Sehingga keluhan kesehatan yang berkaitan dengan hal itu bisa lebih cepat teratasi dengan obat yang diinteraksikan dengan belerang.

7. Mengobati Sesak Napas

Masalah sesak napas biasanya timbul sebagai reaksi alergi pada benda atau makanan tertentu. Keluhan ini bisa diobati dengan belerang.

Gejala alergi akan dihilangkan oleh manfaat belerang untuk kesehatan sebagai suplemen methylsulfonylmethane (MSM).

8. Mengobati Nyeri Radang Sendi

Selain sebagai suplemen methylsulfonylmethane (MSM), belerang juga mampu bertindak sebagai suplemen sulfoxide dimetil (DMSO) yang bisa menjadi obat nyeri radang sendi.

Meskipun begitu, manfaat belerang untuk kesehatan ini belum menunjukkan efektifitas yang konsisten. Sehingga memerlukan pengkajian dan penelitian lebih lanjut.

9. Mengobati Radang Kandung Kemih

Radang kandung kemih (interstitial cystitis) merupakan penyakit yang ditandai dengan gejala sering buang air kecil di malam hari, serta rasa nyeri pada kandung kemih.

Belerang bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit ini. Pemanfaatannya dilakukan dengan cara memasukkan cairan belerang ke dalam kandung kemih menggunakan keteter.

Proses pengobatan ini tentu saja hanya dilakukan oleh dokter dan ahli medis.

Waspadai Efek Samping Belerang

Meskipun ada banyak manfaat yang dimiliki belerang, kamu juga wajib mewapadai efek samping penggunaannya.

Untuk pemanfaatan belerang dalam bidang kesehatan, pastikan kamu melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli, ya.

Karena setiap kondisi tubuh manusia bisa memiliki berbagai perbedaan reaksi terhadap penggunaan belerang dalam bentuk apapun.

Adapun kemungkinan terjadinya efek samping yang ditimbulkan sebagai reaksi penggunaan belerang di antaranya sebagai berikut:

  • Kulit kering
  • Kulit mengelupas
  • Iritasi kulit
  • Gatal dan kemerahan
  • Munculnya ruam kulit
  • Sensasi kulit terbakar atau tersengat
  • Sulit bernapas
  • Pembengkakan pada wajah, bibir, tenggorokan, atau lidah.

Itulah penjelasan mengenai manfaat dan efek samping dari belerang bagi kesehatan. Berikan perlindungan diri ekstra dengan mengajukan asuransi kesehatan lewat CekAja.com.

Kesehatan adalah aset terpenting untuk hidup produktif, terlebih di masa pandemi seperti sekarang. Ini saat yang tepat untuk tak lagi menunda mengajukan asuransi kesehatan.

Di CekAja.com, ada banyak pilihan asuransi kesehatan premi murah dengan nilai uang pertanggungan yang menarik.

CekAja.com akan membantumu memilih produk asuransi yang tepat sesuai kebutuhan. Proses pengajuan juga sederhana dan cepat, karena dilakukan secara online.

Tak usah ragu dengan keamanan CekAja.com, sebab sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Yuk, bandingkan dan ajukan asuransi kesehatan untukmu sekarang juga!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah