Tips Mempersiapkan Dana Darurat Untuk Kebutuhan Mendesak!

Terkadang, ketika kita punya penghasilan, kita selalu merasa tenang, tanpa memikirkan hal-hal yang mungkin saja bisa terjadi. Sehingga, memiliki dana darurat menjadi hal yang penting. Adapun, tips mempersiapkan dana darurat, berikut ini bisa membantumu untuk selalu siap dari segala keadaan.

Tips Mempersiapkan Dana Darurat Untuk Kebutuhan Mendesak!

Terlebih, di masa pandemi seperti ini, status kerjamu juga tidak bisa menjamin, bahwa kamu akan bisa terus bekerja dan berpenghasilan.

Segala kondisi bisa saja terjadi, seperti tiba-tiba kamu di PHK, sakit keras, perusahaan bangkrut, keluarga sakit, dan lain-lain. Nah, ketika kondisi tersebut terjadi, kamu harus memiliki dana darurat, untuk memenuhi kebutuhanmu untuk tetap hidup.

Tanpa memiliki dana darurat, kamu sulit untuk melanjutkan hidup, karena hanya bergantung pada penghasilan setiap bulannya. Memang tidak mudah untuk menyisihkan uang, untuk dana darurat. Tapi dengn tips mempersiapkan dana darurat berikut ini, dijamin kamu bisa mengatur uang lebih baik.

(Baca Juga: Daftar Pinjaman Bulanan Online Langsung Cair)

Pengertian Dana Darurat?

Untuk yang belum tahu apa itu dana darurat, mari simak informasinya di bawah ini. Berbeda dengan tabungan atau investasi, dana darurat merupakan uang yang tersedia serta mudah diambil sewaktu-waktu, jika kamu sedang membutuhkannya.

Ciri-ciri dana darurat, yang membedakannya dengan tabungan atau investasi adalah sebagai berikut:

  • Bisa disiapkan secara khusus, disimpan dan tidak diganggu gugat;
  • Bisa dikumpulkan dari penghasilan bulanan secara rutin;
  • Uang bersifat mudah untuk dicairkan secara cepat dalam kondisi darurat.

Sedangkan tabungan dan investasi, tidak hanya berupa uang, yang mungkin lebih sulit untuk dijadikan sebagai dana darurat. Misalnya, kamu memiliki tabungan emas, yang jika kamu membutuhkan uang dari emas tersebut, kamu harus menjualnya terlebih dahulu ke toko emas atau tempat lainnya.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa dana darurat, bisa jadi solusi untuk kebutuhan yang tidak disangka-sangka, emergensi, yang memerlukan penanggulangan segera.

Adapun contoh kebutuhan yang bersifat mendesak ini, contohnya seperti terkena musibah, sakit, kecelakaan, serta kerusakan pada rumah, kehilangan harta, dan lainnya.

Tidak hanya itu, dana cadangan juga biasanya perlu kamu tempatkan, di rekening terpisah, dari rekening untuk kebutuhan operasional harian.

Tujuan dan Manfaat Dana Darurat

Tidak perlu melihat kondisi yang belum pernah terjadi, cobalah untuk berkaca dari kondisi yang bahkan saat ini sedang kita alami. Ya, di masa pandemi Covid-19 adalah contoh nyata kondisi darurat, yang membuat penghasilan bulanan berhenti, tertunda, dikurangi, atau bahkan PHK.

Sedangkan, kebutuhan hidup sehari-hari harus tetap berjalan. Bahkan, kebutuhan tersebut tidak bisa dihentikan atau dikurangi porsinya.

Nah, untuk kamu yang masih memiliki pekerjaan dan penghasilan, maka bersyukurlah dan coba mulai terapkan tips mempersiapkan dana darurat berikut ini. Untuk kamu yang tidak memiliki penghasilan tetap juga bisa, misalnya dari hasil penjualan bisnis kamu.

Tips Mempersiapkan Dana Darurat

1. Tentukan Jumlah Dana Darurat

Tips mempersiapkan dana darurat yang pertama adalah menentukan jumlah dana darurat, agar kamu memiliki target dana darurat setiap bulannya.

Namun, dalam menentukan jumlah dana, kamu juga harus perhitungkan jumlah dana darurat yang menjadi kebutuhanmu. Bukan hanya dari berapa kamu memiliki penghasilan, tapi hitung juga rata-rata pengeluaran mu per bulannya.

Terlebih, lihat juga apakah ada tanggungan yang menjadi tanggung jawab kamu, atau lainnya. Adapun, umumnya dana darurat, disisihkan minimal sebesar 3 kali dari rata-rata pengeluaran bulanan.

Contoh saja, pengeluaran kamu rata-rata bulanan adalah Rp3 juta, sehingga kamu harus mempersiapkan dana darurat minimal Rp9 juta.

Bagaimana yang sudah punya tanggungan, atau sudah menikah, bahkan punya anak? Jika demikian, maka kamu harus sisihkan minimal sebesar 6 kali dari rata-rata pengeluaran bulanan.

Contohnya, pengeluaranmu tiap bulan rata-ratanya adalah Rp5 juta, maka kamu harus mempersiapkan dana darurat minimal Rp30 juta.

Bahkan, ketika tanggungan semakin bertambah, misal tambah anak maka jumlah dana darurat minimal kamu sebesar 9 kali dari rata-rata pengeluaran bulanan, dan seterusnya.

Jadi, intinya, semakin banyak tanggungan, maka semakin besar pula dana darurat yang harus kamu persiapkan.

2. Tentukan Jangka Waktu untuk Siapkan Dana Darurat

Tips mempersiapkan dana darurat yang kedua adalah menentukan jangka waktunya. Dengan menentukan waktu, persiapan dana darurat kamu semakin tertata.

Sehingga, tidak ada satu waktu yang terlewat. Jika pun di satu bulan kamu tidak bisa menyisihkan dana darurat, maka di bulan berikutnya kamu bisa menyisihkan dua kali lipatnya.

Dengan menentukan jangka waktu mengumpulkan dana darurat, kamu juga jadi memiliki target, dan juga semangat.

3. Gunakan Dana Darurat Hanya untuk Hal Mendesak

Tips mempersiapkan dana darurat yang satu ini, menjadi hal yang penting. Karena, jangan sampai penantianmu sia-sia, dalam mengumpulkan dana darurat, jika dana tersebut tidak digunakan untuk hal yang semestinya.

Jika untuk belanja, atau membeli sesuatu, jangan gunakan dana darurat, karena kamu bisa gunakan tabungan. Khusus dana darurat kamu hanya bisa gunakan untuk hal-hal yang mendesak saja, misalnya masuk rumah sakit dan belum punya asuransi, ongkos perbaikan rumah akibat bencana (misalnya: kebakaran atau gempa bumi), dan hal mendesak lainnya.

Kondisi tersebut memang sangat menggoda untuk kamu menggunakan dana tersebut. Namun, kamu harus pintar-pintar untuk bedain nih mana kebutuhan mendesak, mana kebutuhan yang bisa ditunda dulu, seperti ganti HP yang rusak, karena masih bisa diperbaiki dengan ongkos yang lebih murah.

4. Cari Penghasilan Tambahan

Jika kamu merasa penghasilan per bulan tidak cukup untuk disisihkan ke dana darurat, maka kamu perlu cari penghasilan tambahan. Tips mempersiapkan dana darurat ini, setidaknya sudah banyak dilakukan oleh banyak orang, terlebih saat pandemi.

Orang-orang memanfaatkan segala kesempatan, untuk mendapatkan uang bagaimanapun caranya. Jadi, jika kamu punya satu pekerjaan, tapi belum mencukupi maka bisa cari pekerjaan sampingan, seperti freelance, kerja part time, bisnis rumahan, dan lainnya.

Dengan begitu, dana darurat juga jadi lebih cepat terkumpul, ketimbang kamu menunggu dana darurat dari penghasilan utama.

5. Membuat Rekening Khusus

Tips mempersiapkan dana darurat yang selanjutnya ini, adalah membuat rekening khusus. Seperti tabungan, gunanya memisahkan adalah agar tidak mudah tercampur, dengan rekening untuk kebutuhan sehari-hari.

Rekening khusus dana darurat, juga lebih mudah diatur dalam pembagiannya. Jika perlu, rekening khusus dana darurat, tidak disimpan di dompet terpisah.

6. Lakukan Secara Perlahan & Konsisten

Tidak perlu tergesa-gesa, yang penting konsisten. Karena tips mempersiapkan dana darurat ini, bisa membuatmu menjadi tahu apa arti dana darurat tersebut.

Jika dilakukan secara perlahan dan konsisten, tidak terasa dana darurat telah terkumpul, tanpa disadari. Jadi jangan dijadikan beban juga.

Pasalnya, dana darurat juga bukan hal yang harus diselesaikan secara langsung dan cepat, seperti cicilan. Sehingga, kamu bisa melakukannya dengan mencicil sedikit demi sedikit sesuai kemampuan, namun konsisten.

7. Memantau Terus Jumlahnya

Agar memacu semangat, kamu bisa terapkan tips mempersiapkan dana darurat berikut ini, yakni terus memantau jumlahnya, setidaknya setiap minggu atau tiap bulan.

Tidak hanya memacu semangat, rajib mengecek jumlah dana darurat juga bisa dijadikan bahan pengingat untuk diri sendiri, jika memang masih ada rencana dan target yang belum diselesaikan.

(Baca Juga: 6 Rekomendasi KTA Kilat Terbaik Cicilan Ringan)

Nah, itu dia beberapa tips mempersiapkan dana darurat, yang bisa membuat kamu terpacu untuk mengumpulkannya. Adapun, agar tambahkan semangat lagi, gunakan produk tabungan, sebagai rekening khusus dana darurat.

Adapun, produk tabungan yang bisa kamu gunakan, bisa diajukan dengan mudah melalui CekAja.com. Terlebih, CekAja.com memang menyediakan produk tabungan terbaik, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Tidak hanya produk tabungan, produk finansial lainnya juga tersedia di CekAja.com. Yuk, buat kamu yang ingin memulai mempersiapkan dana darurat, bisa ajukan produk tabungan terbaik, hanya di CekAja.com.