10 Tips Mencari Lowongan Pekerjaan Saat Pandemi, Yuk Cari Tahu!

7 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Sulitnya mendapatkan pekerjaan di saat seperti ini, membuat banyak orang sepertinya harus mengetahui tips mencari lowongan pekerjaan saat pandemi. Pasalnya, situasi yang dihadapi sekarang, membuat membuat ruang gerak banyak orang dalam melamar pekerjaan menjadi terbatas.

Ya, adanya pandemi Covid-19 membuat orang-orang yang “gagap” teknologi, tidak bisa melamar pekerjaan dengan datang langsung ke sebuah perusahaan.

Padahal, di situasi seperti saat ini, keahlian dalam mengoperasikan teknologi sangat dibutuhkan, setidaknya bisa menggunakan beberapa aplikasi untuk melamar kerja dan interview.

Dengan begitu, mencari lowongan pekerjaan saat pandemi pun akan lebih mudah. Namun selain itu, ada beberapa tips mencari lowongan pekerjaan saat pandemi lainnya yang perlu dilakukan, yang di antaranya akan diulas secara lengkap sebagai berikut.

Tips Mencari Lowongan Pekerjaan Saat Pandemi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kalau mengetahui tips mencari lowongan pekerjaan saat pandemi sangat penting.

Hal itu tentu saja dikarenakan, tips-tips tersebut akan membantu mempermudah kamu dalam mendapatkan lowongan pekerjaan, khususnya saat pandemi.

Lantas, apa saja tips mencari lowongan pekerjaan saat pandemi yang harus diketahui dan dilakukan? Yuk, simak ulasan berikut ini.

1. Perbaiki CV dan Sesuaikan dengan Posisi Pekerjaan yang Dilamar

Tips mencari lowongan pekerjaan saat pandemi yang harus dilakukan pertama, yaitu memperbaiki CV dan menyesuaikannya dengan posisi pekerjaan yang dilamar.

Ini menjadi hal utama yang harus dilakukan, karena melalui CV kamu bisa menunjukkan skill atau kemampuan yang kamu miliki, terkait pekerjaan yang dilamar.

Menggunakan CV yang sama untuk melamar beberapa jenis pekerjaan pun sangat tidak disarankan, karena hal itu membuat CV hanya memiliki isi yang standar dan tidak mendalam, sesuai dengan posisi yang dibutuhkan.

2. Cari Pekerjaan yang Sifatnya Kontrak

Berikutnya, kamu juga perlu mencari pekerjaan yang sifatnya kontrak. Hindari melamar pekerjaan yang sifatnya internship dan lain sebagainya, yang tidak memiliki kepastian jenjang karier.

Pekerjaan yang sifatnya kontrak sendiri, biasanya memiliki jenjang karier yang lebih jelas. Karena apabila kinerjamu bagus, maka perusahaan kemungkinan besar akan memperpanjang masa kontrak, atau bahkan diangkat sebagai pegawai tetap.

Dengan begitu, posisimu dalam pekerjaan akan lebih stabil, dan kamu pun tidak perlu lagi pusing memikirkan beberapa kekhawatiran terkait pekerjaan, yang mungkin terjadi saat pandemi.

(Baca Juga: Cara Mendapatkan Kerja Lewat LinkedIn)

3. Perluas Koneksi

Selain dua hal di atas, tips mencari lowongan pekerjaan saat pandemi lainnya yang perlu kamu lakukan, yaitu memperluas koneksi.

Seperti yang diketahui, semakin luas koneksi, maka semakin banyak pula informasi yang didapat. Dan salah satunya yaitu informasi terkait lowongan pekerjaan.

Kamu bisa memperluas koneksi dengan memanfaatkan aplikasi pencarian kerja, seperti LinkedIn.

Di sana, kamu tidak hanya memperluas koneksi, tetapi juga bisa aktif membagikan cerita pengalaman kerja, mendapatkan informasi lowongan kerja, melamar kerja, membagikan penghargaan yang didapat dan lain sebagainya.

Selain memperluas koneksi secara online melalui aplikasi, kamu juga bisa melakukannya dengan cara menghubungi langsung kerabat yang sudah lama tak jumpa, seperti teman sekolah atau kuliah.

Agar koneksi yang kamu dapatkan semakin luas, kamu juga bisa bergabung ke dalam forum-forum diskusi, atau meminta informasi tambahan dari saudara yang sudah bekerja.

4. Update Informasi Mengenai Lowongan Kerja

Update informasi mengenai lowongan kerja pun, menjadi salah satu tips mencari lowongan pekerjaan saat pandemi yang tidak boleh dilewatkan.

Sebisa mungkin kamu mencari dan mengetahui informasi terbaru, mengenai pekerjaan dari berbagai sumber, mulai dari media sosial, aplikasi lowongan pekerjaan, kerabat atau saudara.

Setelah mendapatkan informasi lowongan kerja, kamu pun harus melakukan pengecekan untuk memastikan apakah lowongan pekerjaan tersebut benar adanya.

Jangan sampai lowongan tersebut merupakan lowongan pekerjaan palsu. Karena, saat ini banyak sekali lowongan kerja palsu, yang akan meminta para pelamarnya untuk mentransfer sejumlah uang terlebih dahulu.

Tetapi jika hal itu terjadi, usahakan kamu tidak langsung percaya untuk mentransfer sejumlah uang.

Lakukan konfirmasi terlebih dahulu, kepada instansi atau perusahaan terkait, apakah anjuran untuk pelamar mentransfer uang benar adanya.

5. Tingkatkan dan Tambah Kemampuan

Tips mencari lowongan pekerjaan saat pandemi yang kelima, yaitu tingkatkan dan tambah kemampuan.

Pasalnya, semakin banyak kemampuan atau skill yang dimiliki, maka nilai tawar dirimu selaku pelamar pun akan semakin besar.

Kemampuan yang harus kamu tingkatkan atau tambah pun, sebaiknya masih selaras dengan posisi yang dilamar.

Seperti misalnya kamu melamar posisi sebagai SEO Specialist, maka kemampuan yang harus kamu tingkatkan atau tambah adalah kemampuan yang berkaitan dengan SEO Specialist.

Kamu bisa mengikuti berbagai pelatihan, workshop, webinar dan lain sebagainya terkait SEO Specialist yang tersedia di berbagai platform, baik itu berbayar maupun tidak berbayar.

Dengan begitu, maka kemampuan atau skill yang kamu miliki terkait posisi pekerjaan yang dilamar pun akan bertambah dan meningkat.

6. “Sadar Teknologi”

Di urutan keenam ada “sadar teknologi”. Maksud dari tips mencari lowongan pekerjaan saat pandemi yang satu ini, yaitu kamu selaku pelamar harus terbuka dengan teknologi yang banyak digunakan untuk interview kerja.

Mengingat, selama pandemi ini interview kerja banyak dilakukan secara online, menggunakan berbagai macam aplikasi seperti Zoom, Google Meet dan lain sebagainya.

Sehingga, para pelamar dituntut untuk mengetahui beberapa aplikasi tersebut, dan mengerti bagaimana cara menggunakannya.

Apalagi aplikasi-aplikasi tersebut tidak hanya digunakan untuk interview kerja saja, tetapi dalam aktivitas bekerja sehari-hari pun, semua aplikasi tersebut digunakan sebagai media untuk berkomunikasi.

7. Menghubungi Kerabat

Menghubungi kerabat juga menjadi tips mencari lowongan pekerjaan yang harus dilakukan. Karena tidak menutup kemungkinan, kerabat dapat membantumu dalam mendapatkan lowongan pekerjaan.

Sehingga jangan sungkan buat kamu, untuk coba menghubungi kembali kerabat yang mungkin sudah lama tidak berjumpa.

Selain itu, kamu juga tidak perlu malu untuk menceritakan keadaanmu yang sebenarnya.

Biasanya, ketika mengetahui kerabatnya sedang kesulitan mencari lowongan pekerjaan di masa pandemi seperti saat ini, mereka akan memberikan beberapa informasi lowongan pekerjaan yang ada di perusahaan mereka, atau lowongan yang dijumpai di media sosial.

Bahkan, mereka biasanya akan mereferensikan dirimu kepada HRD perusahaannya, jika memang kamu dinilai memiliki skill yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, serta etos kerja yang baik.

8. Realistis

Bersifat realistis juga menjadi salah satu tips mencari lowongan pekerjaan saat pandemi, yang harus dimiliki.

Mengingat, kondisi perekonomian saat ini sedang tidak baik, akibat dari pandemi virus Covid-19.

Banyak perusahaan yang tidak mampu memenuhi ekspektasi gaji para calon pelamar, walaupun sesuai dengan standar jabatan, karena keuangan perusahaan yang terus melemah selama pandemi.

Sehingga, jika kamu berhasil mendapatkan panggilan interview, dan perusahaan melakukan negosiasi terhadap ekspektasi gaji yang kamu berikan, maka kamu bisa menurunkannya sesuai dengan standar minimalmu.

Atau selain itu kamu juga bisa mempertahankan ekspektasi gaji awalmu, dan memberikan kepercayaan serta kepastian kepada perusahaan, kalau kamu benar-benar layak bekerja dengan gaji tersebut.

9. Mengambil Pekerjaan Sambilan (Freelance)

Di urutan kesembilan, kamu bisa mengambil pekerjaan sebagai freelance, untuk mendapatkan penghasilan tambahan, sembari menyebar lamaran kerja dan menunggu panggilan interview.

Tips mencari lowongan pekerjaan saat pandemi yang satu ini bisa kamu coba, untuk menjaga kestabilan kondisi keuangan.

Tidak hanya itu, pekerjaan sambilan ini juga bisa kamu jadikan tambahan pengalaman kerja, serta poin plus saat screening CV dan interview kerja.

Dengan memiliki pengalaman kerja sebagai freelance, kamu pun secara tidak langsung menunjukkan kepribadianmu yang kreatif dan tidak mudah menyerah.

10. Pastikan Memiliki Koneksi Internet yang Stabil

Tips mencari lowongan pekerjaan saat pandemi yang terakhir, yaitu pastikan memiliki koneksi internet yang stabil.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kalau selama pandemi interview kerja banyak dilakukan secara online melalui aplikasi.

Sehingga, koneksi internet yang stabil dapat melancarkan proses interview kerja, dan meminimalisir adanya kesalahan pemahaman terhadap apa yang disampaikan oleh pelamar kerja, maupun orang yang meng-interview.

Daftar Industri yang Membuka Lowongan Pekerjaan

Setelah di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui 10 tips mencari lowongan pekerjaan saat pandemi, maka di pembahasan kali ini kamu akan mengetahui sederet daftar industri yang membuka lowongan pekerjaan.

Dilansir dari finance.detik.com, Jobstreet mencatat ada lima industri yang hingga saat ini masih melakukan perekrutan pegawai dalam jumlah besar.

Adapun lima industri tersebut, di antaranya yaitu:

  • Industri manufaktur atau produksi, membuka lowongan sebanyak 5.273
  • Industri general trading & grosir, membuka lowongan sebanyak 2.703
  • Industri perbankan atau layanan keuangan, membuka lowongan sebanyak 2.497
  • Industri ritel atau merchandise, membuka lowongan sebanyak 2.485
  • Industri computer atau information technology (software), membuka lowongan sebanyak 2.232.

Jenis Pekerjaan yang Banyak Dicari Perusahaan

Tidak hanya mencatat lima industri yang melakukan perekrutan dalam jumlah besar, Jobstreet juga mencatat jenis pekerjan yang banyak dicari perusahaan, setidaknya selama enam bulan ke depan yang di antaranya yaitu:

  • Sales atau customer service, sebesar 27 persen
  • Admin dan HR, sebesar 27 persen
  • Accounting, sebesar 23 persen
  • Engineering, sebesar 21 persen
  • IT, sebesar 20 persen
  • Marketing atau Public Relation, sebesar 18 persen
  • Manufacturing, sebesar 15 persen
  • Management, sebesar 15 persen
  • Transportation & Logistics, sebesar 12 persen
  • Banking & Finance, sebesar 10 persen.

(Baca Juga: Daftar Pekerjaan Freelance Untuk Mahasiswa)

Nah beberapa tips mencari lowongan pekerjaan saat pandemi, sudah kamu ketahui di pembahasan sebelumnya. Bagaimana, semua tips tersebut tidak sulit bukan untuk dilakukan?

Meski tidak menjamin untuk kamu langsung dapat diterima disebuah perusahaan, namun tips tersebut setidaknya membantumu mengetahui dan menyesuaikan standar perusahaan dalam merekrut pegawai, khususnya selama pandemi Covid-19.

Tetapi selain memperhatikan hal-hal yang harus dilakukan dalam tips mencari lowongan pekerjaan selama pandemi, kamu pun harus memperhatikan kondisi kesehatan.

Jangan sampai ketika mendapat panggilan interview, kamu sedang sakit dan terpaksa harus me-reschedule jadwal interview atau bahkan membatalkannya.

Maka dari itu, untuk mencegah hal tersebut kamu bisa mulai jaga kesehatan, dengan mengonsumsi makanan sehat, minum multivitamin, serta melindungi diri dengan asuransi kesehatan.

Karena seperti yang diketahui, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Sehingga, apabila sewaktu-waktu terjadi sesuatu pada kesehatanmu, kamu tidak perlu lagi pusing memikirkan besarnya biaya pengobatan yang harus dibayarkan.

Untuk itu, jika kamu hingga saat ini belum memiliki asuransi kesehatan, bisa segera mengajukannya melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan dari perusahaan ternama dan terpercaya, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kalau begitu tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang dan dapatkan perlindungan kesehatan yang maksimal!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani