Tips Mencari Ruko Untuk Kesuksesan Usaha Anda

Ruko merupakan bangunan bertingkat dua sampai lima lantai yang biasanya pada lantai bawah difungsikan sebagai tempat usaha ataupun kantor sementara lantai atas dimanfaatkan sebagai tempat tinggal.

Tips Mencari Ruko Untuk Kesuksesan Usaha Anda

Saat ini, di tengah perkembangan dunia usaha yang semakin pesat, banyak orang memutuskan untuk menjadi pengusaha atau membuka usaha kecil-kecilan.

Yang punya anggaran terbatas tapi memiliki rumah yang besar tentu bisa menjadikan rumah sebagai tempat usahanya. Alternatif lainnya bagi para pengusaha yang punya anggaran terbatas, mereka menyewa atau membeli ruko dan menjadikannya sebagai tempat usaha sekaligus rumah tinggal.

Ruko merupakan singkatan dari kata rumah toko yang merupakan bangunan rumah yang sekaligus difungsikan sebagai bangunan toko. Umumnya pada lantai pertama ruko dimanfaatkan sebagai tempat usaha dan kadang sebagai kantor sedangkan lantai bagian atas dimanfaatkan untuk tempat tinggal.

Dalam perkembangannya di Indonesia, sejarah ruko pada masa lampau dimulai saat adanya pendatang yang sebagian besar memiliki usaha sebagai pedagang, khususnya yang datang dari Provinsi Fujian. Kawasan perkotaan biasanya dipilih untuk menjalankan usaha dagang dengan mendirikan ruko-ruko yang sekaligus dimanfaatkan sebagai tempat tinggal.

Tujuannya tidak lain untuk menghemat biaya transportasi karena tidak perlu berpindah lokasi antara tempat usaha dan tempat tinggal serta mempermudah pengawasan langsung terhadap barang dagangan dan tempat usaha.

Di Indonesia tentu saja bangunan properti tersebut lebih banyak ditemukan di kota-kota besar dan ruko 2 lantai lebih banyak diburu oleh para pebisnis.

Dalam satu kompleks, ruko memiliki desain yang sama atau bahkan mirip satu sama lain dengan tampak muka yang simpel dan sederhana. Pembangunan ruko dalam satu kompleks biasanya berderet bersama ruko-ruko lainnya dengan pintu yang menggunakan memakai material folding gate atau rolling door agar luas ruangan di dalamnya lebih maksimal.

Sebagai solusi hemat dan cemerlang, ruko banyak dipilih oleh para pengusaha kecil dan menengah akibat mahalnya harga tanah dan bangunan di kota besar.

Tips Memilih Ruko Untuk Usaha Anda

1. Pahami Tujuan Bisnis

Penting untuk memahami bisnis apa yang akan Anda mulai sebelum akhirnya membeli ruko. Memang ruko sangat penting sebagai tempat usaha tapi harganya cukup lumayan. Banyak pemilik bisnis yang membeli ruko dulu sebelum memulai usaha. Tidak ada salahnya sebenarnya jika Anda membeli ruko tanpa memulai usaha, itu jika memang tujuan Anda sebagai investor bukan sebagai pebisnis.

Dengan mengetahui bisnis yang nantinya Anda akan buka, lebih mudah untuk mengatur strategi dalam membeli ruko dengan menganalisa pendapatan dan biaya pengeluaran khususnya dalam hal membeli ruko. Selain itu Anda bisa memprediksi potensi usaha di lokasi ruko yang Anda akan beli berdasarkan bisnis yang akan dibuka.

(Baca juga: Daftar Pinjaman Uang untuk Renovasi Rumah)

2. Pertimbangkan Lokasi

Membidik lokasi yang dekat dengan keramaian dan terkenal seperti mal atau tempat wisata jadi harus jadi pertimbangan dalam membeli ruko. Walau demikian lokasi yang strategis tidak selalu harus berada di tengah kota yang padat dan ramai. Karena memang ada faktor-faktor lain yang harus dipertimbangkan untuk mendukung lokasi usaha Anda.

Akses jalan menuju lokasi ruko yang mudah dilalui bisa juga menjadi faktor penentu agar menaikkan tingkat pengunjung serta kelancaran bisnis Anda ke depannya, sehingga membuat peluang yang lebih besar bagi bisnis Anda untuk lebih mudah dikenal.

3. Latar Belakang Pengembang

Memastikan latar belakang dan reputasi pengembang adalah salah satu hal yang perlu dilakukan. Jangan sampai pengembang di mana Anda membeli ruko pada akhirnya tidak bertanggung jawab untuk membangun ruko karena pengembangnya mengalami masalah keuangan. Atau ternyata ruko yang dibangun di atas lahan sengketa yang akhirnya akan menimbulkan dampak negatif bagi bisnis Anda. Pastikan juga surat dan dokumen dari ruko yang Anda incar sudah lengkap dan legalitasnya terjamin.

Pengembang yang terkenal juga biasanya menyiapkan fasilitas umum yang memadai seperti sarana olahraga, pasar tradisional, sekolah, akses transportasi umum, tempat ibadah, taman. Di sisi lain, keberadaan ruko sendiri sebenarnya juga menjadi nilai lebih bagi kawasan perumahan. Keberadaan rumah makan ataupun usaha toko lainnya bisa memberikan daya tarik yang sama bagi pemilik rumah maupun pemilik ruko.

4. Pastikan Sesuai Anggaran

Jika lokasi sudah tepat dan reputasi pengembang dirasa aman, selanjutnya Anda perlu memperhatikan soal anggaran. Membuka bisnis baru banyak tantangannya, maka melakukan perhitungan dengan matang menjadi hal yang harus diperhatikan dengan teliti agar tidak merugikan Anda dari segi biaya.

Dengan keterbatasan anggaran mungkin dengan kredit kepemilikan ruko melalui bank bisa dipertimbangkan. Dengan begitu anggaran Anda bisa dipakai untuk modal usaha Anda sementara angsurannya jadi biaya operasional ketimbang harus menghabiskan seluruh modal Anda untuk membeli ruko secara tunai.

5. Perhatikan Spesifikasi Ruko

Yang terakhir dan yang tidak kalah penting adalah memeriksa spesifikasi Ruko. Pengembang biasanya menawarkan ruko yang memiliki spesifikasi yang bermacam-macam mulai dari luasnya hingga jumlah lantai. Sesuaikan spesifikasi ruko yang akan Anda beli dengan jenis usaha Anda.

Selain itu ketersediaan lahan parkir juga patut dipertimbangkan menyesuaikan dengan kebutuhan lahan parkir dari jenis bisnis yang Anda geluti. Bisnis laundry mungkin tidak membutuhkan lahan parkir yang luas, berbeda dengan bisnis rumah makan.

Nah Apakah Anda sudah siap untuk membeli ruko untuk usaha Anda? Ruko Grand Wisata Bekasi merupakan solusi tepat untuk bisnis Anda tanpa repot memikirkan hal-hal di atas.

(Baca juga: 5 Tips Renovasi Rumah sebelum Musim Hujan)

Sebagai Kota Mandiri terintegrasi di kota Bekasi, Grand Wisata Bekasi memiliki banyak nilai tambah sehingga tepat untuk dijadikan pilihan sebagai sarana hunian, berniaga maupun berinvestasi karena posisinya yang berada di ‘jalur sutera’ yang menghubungkan daerah ujung barat hingga ujung timur di pulau Jawa. Beragam infrastruktur dan fasilitas telah tersedia di Grand Wisata Bekasi yang meliputi 2 akses tol baik Jalan Tol Cikampek maupun Jalan Tol JORR2, Mal Living World, rumah sakit dan sarana pendidikan. Grand Wisata Bekasi memiliki tiga gerbang masuk yang langsung menuju jalan tol dan jalan biasa yaitu North Gate, West Gate maupun East Gate. Selain itu, terdapat pula sarana transportasi yang berjarak sangat dekat yaitu LRT di Stasiun Jatimulya Bekasi dan Stasiun Kereta Cepat Halim.