6 Tips Mengatur Keuangan Bagi Sandwich Generation, Yuk Simak!

Mengatur uang bagi sandwich generation cukup sulit, agar lebih mudah dalam mengatur keuangan, yuk simak 6 tips mengatur keuangan bagi sandwich generation berikut ini!

6 Tips Mengatur Keuangan Bagi Sandwich Generation, Yuk Simak!

Apa Itu Sandwich Generation?

Apakah kamu pernah mendengar istilah sandwich generation? Sebagian orang mungkin sudah pernah mendengar istilah ini.

Sandwich generation merupakan istilah yang diberikan untuk seseorang, yang harus mencukupi kebutuhan kebutuhan ekonomi tidak hanya untuk dirinya sendiri, tetapi juga untuk keluarga lain seperti orang tua.

Termasuk kedalam bagian sandwich generation tentu tidaklah mudah. Sebab, berada di posisi tengah, yang harus  bertanggung jawab untuk membiayai hidup 2 keluarga.

Kondisi ini membuat sandwich generation rentan terkena stres berlebih, terlebih untuk yang penghasilannya masih ‘pas-pasan’.

Agar meminimalisir kemungkinan terkena stres tersebut, kamu bisa mengikuti beberapa tips mengatur keuangan bagi sandwich generation beriktu ini.

6 Tips Mengatur Keuangan Bagi Sandwich Generation

1. Berkomunikasi Terkait Finansial

Tips mengatur keuangan bagi sandwich generation pertama yang bisa dilakukan adalah dengan berkomunikasi terkait kemampuan finansial kepada pasangan atau orang tua.

Dengan keterbukaan ini, maka dari berbagai pihak akan lebih mengerti kondisi keuangan yang kamu miliki. Kamu juga bisa menjelaskan pos-pos pengeluaran yang akan dilakukan, agar pengeluaran lebih teratur.

2. Melakukan Budgeting

Setelah membicarakan kondisi finansial, tips selanjutnya yaitu melakukan budgeting. Kamu bisa membagi penghasilan ke dalam pos-pos, seperti untuk cicilan, transportasi, kebutuhan dapur, dan juga kebutuhan orang tua.

Untuk menekan biaya pengeluaran ini juga bisa memanfaatkan diskon serta promo agar lebih hemat biaya pengeluaran. Selain itu, dalam perjalanan kamu juga bisa menggunakan transportasi umum agar lebih hemat.

Dengan mengatur uang menggunakan pos-pos seperti ini, maka pengeluaran kamu akan lebih teratur dan terarah. Pastikan juga kamu menyisihkan sebagian penghasilan untuk masa depan.

(Baca Juga: Mengenal Sandwich Generation)

3. Mencatat Pengeluaran dan Pemasukan

Selain melakukan budgeting, melakukan pencatatan pengeluaran dan pemasukan bisa menjadi tips mengatur keuangan bagi sandwich generation selanjutnya.

Umumnya, sebagian orang malas mencatat biaya pengeluaran dan pemasukan, sebab dirasa cukup merepotkan.

Padahal, hal ini cukup penting loh. Kamu bisa mengetahui alur dan biaya yang dikeluarkan pada setiap pengeluarannya. Dengan begitu kamu bisa mengetahui dan menekan biaya yang akan keluar

4. Dana Darurat

Dana darurat menjadi hal yang penting untuk dimiliki oleh sandwich generation. Sebab, dana ini merupakan tabungan yang dapat digunakan pada hal-hal tidak terduga di masa depan. Misal, seperti toba-tiba kamu kehilangan pekerjaan, atau  hal-hal lain yang bersifat urgent.

Menyiapkan dana darurat memang cukup berat, terlebih bagi sandwich generation. Karena menanggung finansial 2 keluarga, maka dana darurat yang perlu dipersiapkan pun menjadi lebih besar.

Idealnya dana darurat yang dibutuhkan untuk 2 keluarga adalah sekitar 12 kali pengeluaran bulanan yang kamu keluarkan.

5. Dana Pensiun

Salah satu penyebab adanya sandwich generation adalah tidak adanya rencana keuangan yang baik di masa depan.

Sehingga, setelah pensiun atau setelah tidak produktif, keuangan menjadi tidak stabil dan membuat anak menjadi bertanggung jawab untuk menghidupi orang tua.

Oleh sebab itu, penting rasanya menyiapkan dana pensiun sejak dini. Sebab, dana ini bisa dimanfaatkan setelah ketika kamu sudah tidak produktif lagi.

Jadi, anak kamu nantinya tidak perlu membiayai hidup orang tua, dan terlepas dari rantai generasi sandwich.

6. Memiliki Asuransi

Tips mengatur keuangan bagi sandwich generation terakhir yang akan dibahas adalah terkait kepemilikan asuransi.

Sebagai sandwich generation, asuransi juga merupakan hal penting yang perlu dimiliki. Seperti asuransi jiwa hingga asuransi kesehatan.

Asuransi kesehatan bisa berguna untuk antisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti jatuh sakit atau terjadi kecelakaan.

Sehingga, ketika hal tersebut terjadi, kamu tidak perlu lagi pusing memikirkan biaya medis. Sebab, semua biaya telah ditanggung oleh pihak asuransi.

Asuransi kesehatan tidak hanya untuk diri kamu sendiri, tetapi juga seluruh keluarga juga bisa ikut di daftarkan.

(Baca Juga: Daftar Asuransi Kesehatan Premi Terjangkau Terbaik)

Berbicara terkait asuransi kesehatan, saat ini sudah tersedia banyak jenis produk asuransi kesehatan dari berbagai perusahaan besar, dan memberikan banyak penawaran menarik bagi pengguna.

Banyaknya jenis asuransi kesehatan ini, membuat kamu perlu lebih teliti dalam memilihnya. Pastikan, produk asuransi yang kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial yang kamu miliki.

Saat ini, kamu tidak perlu khawatir lagi dalam memilih dan membandingkan asuransi kesehatan. Sebab, kamu bisa lakukan melalui CekAja.com.

Selain membandingkan jenis asuransi, di sana kamu juga bisa langsung mengajukan asuransi kesehatan pilihan kamu secara online.

Proses pengajuan melalui CekAja.com cukup cepat, mudah, dan juga aman. Terlebih CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Nah, tunggu apalagi? Yuk segera ajukan asuransi kesehatan untuk kamu dan keluarga melalui CekAja.com!