Tips Mengatur Keuangan Bagi Wanita Karier, Agar Gaji Nggak Cuma Numpang Lewat

Berbagi informasi mengenai tips mengatur keuangan bagi wanita karier memang penting, karena ternyata tak semua bisa mengatur keuangan. Bahkan ada banyak yang berakhir dengan setumpuk tagihan di akhir bulan, dan gajian pun jadi moment dimana uang hanya beberapa menit masuk ke rekening kita kemudian masuk ke rekening orang lain.

Memiliki karier yang baik dan cemerlang tentu akan memberikan kepuasan tersendiri, terlebih bagi seorang wanita. Kemandirian sebagai seorang wanita tentu akan menambah nilai positif pada dirinya.

Meski dalam kehidupan, tingkat kesuksesan masing-masing orang tidak sama. Ada yang mengukurnya dengan jumlah harta, barang mewah yang dipunyai sampai dengan jenjang karir yang bagus.

Tapi, ternyata tak semua wanita dengan karier cemerlang, memiliki keadaan finansial yang baik. Karena tak semua bisa mengatur keuangan dengan bijak.

Misalnya saja bagi yang masih suka boros. Apalagi bagi wanita karier yang notabene hanya menghidupi diri sendiri sering mempunyai kehidupan yang glamour dan mewah.

Padahal nantinya dalam berkeluarga wanita dituntut untuk bisa mengatur keuangan keluarga. Kalau saat lajang masih suka boros, bagaimana jika telah menikah, apakah nantinya finansial keluarga bisa terjamin?

Untuk mengatasi hal itu wanita karier harus belajar cara mengatur keuangannya. Nah disini kita akan bahas tips mengatur keuangan bagi wanita karier yang perlu diketahui.

Yuk simak terus tulisan tips mengatur keuangan bagi wanita karier di bawah ini.

(Baca Juga: Hari Perempuan Internasional, Rayakan Emansipasi Perempuan di Dunia)

Tips Mengatur Keuangan Bagi Wanita Karier

Memang saat seorang wanita dengan karier bagus dan hanya menghidupi dirinya sendiri, sering berpikiran untuk apa uang yang dihasilkan kalau tidak untuk diri sendiri. Akhirnya banyak yang boros dan menghambur-hamburkan uang untuk kesenangan, bukan kebutuhan mereka.

Jelas ini nantinya akan membuat arah keuangan juga tidak jelas. Nah kali ini tips mengatur keuangan bagi wanita karier akan sangat membantu para wanita yang masih suka boros untuk kehidupan finansial yang lebih stabil.

Apa saja tipsnya?

1. Lakukan Financial Check-up

Tips mengatur keuangan bagi wanita karier yang pertama adalah melakukan financial check-up. Ini berfungsi untuk mengenali seberapa sehat kondisi keuangannya.

Financial check-up meliputi mengenai apa saja asetnya, bagaimana jumlah hutangnya, jumlah pendapatan semua. Ini akan membantu untuk mengarahkan prioritas mana yang harus dipenuhi lebih dulu.

Misalnya saja ternyata hutang melebihi porsinya yang seharusnya hanya 30%. Maka selanjutnya kita harus fokus untuk membayar hutangnya dulu.

2. Menabung

Tips mengatur keuangan bagi wanita karier selanjutnya adalah menabung. Seharusnya bukan hanya untuk wanita karier saja ya.

Tapi ini akan sangat membantu perencanaan keuangan dalam jangka panjang. Buatlah rekening khusus untuk menabung.

Berapapun jumlah pendapatan kita sebagai wanita karier, sempatkan untuk menabung paling tidak 10% dari pendapatan. Kalau bisa lebih dari 10% akan lebih baik.

Ingat ya jangan habiskan uang hanya untuk memenuhi gaya hidup saja. Karena kita juga perlu memikirkan hal-hal yang tidak terduga.

3. Buat Anggaran Keuangan

Tips mengatur keuangan bagi wanita karier yang ketiga adalah membuat anggaran keuangan. Anggaran ini dibuat dengan berdasarkan skala prioritas kewajiban, kebutuhan dan keinginan.

Dengan ini kita bisa menekan mana yang sebenarnya tidak benar-benar kita butuhkan. Dan uangnya bisa kita alihkan ke tabungan atau yang lainnya.

4. Rajin Mencatat Pengeluaran

Rajin mencatat pengeluaran menjadi salah satu tips mengatur keuangan bagi wanita karier. Lakukan kebiasaan ini agar kita tahu apakah kita benar-benar sudah bisa mengontrol arah pengeluaran kita atau belum.

Untuk mencatatnya kita bisa selalu lakukan setiap habis bertransaksi atau kita kumpulkan saja notanya lalu kita catat pada satu waktu. Pada akhir bulan lakukan evaluasi apakah sudah sesuai dengan anggaran keuangan yang sudah dibuat.

Jika belum kita harus berusaha keras untuk memilah lagi kebutuhan dan keinginan.

5. Bayar Hutang

Tips mengatur keuangan bagi wanita karier selanjutnya adalah membayar hutang. Hutang bisa mengendalikan masa depan keuangan kita tanpa disadari.

Maka sebaiknya minimalkan untuk memiliki hutang. Biasanya wanita karier memiliki kartu kredit untuk memudahkan transaksinya.

Jika kita selalu bergantung dengan kartu kredit tanpa mengontrolnya setiap kali dipakai maka itu sama saja menambah hutang-hutang kita. Jadi minimalkan juga pemakaian kartu kredit dan hanya gunakan untuk hal yang darurat saja.

6. Berinvestasi

Tips mengatur keuangan bagi wanita karier selanjutnya adalah berinvestasi. Di jaman sekarang kita sebagai wanita karier perlu loh melek finansial termasuk berinvestasi.

Kita bisa berinvestasi dalam bentuk emas, reksadana atau investasi properti. Jika bisa kita gunakan 20% dari pendapatan untuk berinvestasi.

Hasil dari investasi itu bisa dipakai untuk menambah tabungan, membeli mobil atau bahkan rumah. Tapi tetap hati-hati dalam berinvestasi ya karena banyak sekali investasi bodong yang beredar di masyarakat.

Pastikan hanya berinvestasi ke perusahaan yang terpercaya.

7. Menyiapkan Dana Darurat

Selanjutnya tips mengatur keuangan bagi wanita karier adalah dengan menyiapkan dana darurat. Kita tidak pernah tahu hal-hal yang akan terjadi di masa depan.

Bisa saja kita tiba-tiba harus berobat ke rumah sakit, atau kita terkena musibah. Agar hal ini tidak mengganggu kondisi keuangan maka sebaiknya persiapkan dana darurat sejak dini.

Untuk menyiapkan ini kita perlu konsisten untuk menyisihkan sedikit dari pendapatan kita. selanjutnya kita bisa menyesuaikan kebutuhan sehari-harinya.

8. Bersyukur

Tips mengatur keuangan bagi wanita karier yang terakhir adalah selalu bersyukur. Mungkin ini terlihat sepele tapi sangat berpengaruh dalam kondisi keuangan kita.

Dengan bersyukur kita tidak perlu iri dengan apa pencapaian orang lain. Dan itu bisa menyelamatkan keuangan kita dari pemborosan.

Nah itu dia berbagai tips mengatur keuangan bagi wanita karier yang bisa kita contoh. Semoga dengan adanya tips ini bisa membantu semuanya yang sedang ingin memperbaiki keuangannya.

(Baca Juga: Promo dan Fitur Kartu Kredit CIMB Niaga Precious Untuk Wanita )

Terutama adalah menabung, dan tentu menjadi satu cara yang bijak untuk menciptakan kondisi keuangan yang stabil, baik saat ini, atau lun di masa depan. Jadi saat terjadi keadaan darurat, atau kita membutuhkan uang lebih, kita bisa menggunakan tabungan yang dimiliki.

Sebagai wanita karier, kita bisa secara rutin menyisihkan gaji kita untuk ditabung, baik itu dalam bentuk deposito, tabungan berjangka, investasi, haji, dll. Ada banyak produk tabungan yang bisa kamu pilih sesuai keinginan.

Membuka tabungan kini pun bisa dilakukan secara online. Misalnya saja melalui CekAja.com, situs toko finansial terbesar yang bisa membantumu dalam pembuatan tabungan.

Tidak hanya produk tabungan, kita juga bisa mengetahui sederet informasi produk finansial lainnya yang disediakan CekAja.com, seperti asuransi kesehatan, asuransi kendaraan, kartu kredit, dan lain-lain.