Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Tips Mengatur Keuangan Buat Mahasiswa yang Jauh dari Orang Tua

by Teti Purwanti on 11 Juli, 2019

Menjadi mahasiswa artinya sudah dianggap dewasa dan harus bisa menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Apalagi kalau harus tinggal terpisah dari orang tua dan menjadi anak kos. Seorang mahasiswa sudah selayaknya harus mulai belajar mengatur keuangan. 

mengatur keuangan mahasiswa

Apakah kamu akan jadi mahasiswa tahun ini? Nah, pada tahun 2019, peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) mencapai 780.806 siswa. Namun, hanya 714.651 orang yang mengikuti Uji Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk memperebutkan kursi di 85 perguruan tinggi negeri di Indonesia.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 360.329 peserta mengikuti tes program studi saint dan teknologi (saintek), 345.895 pada program studi sosial hukum (soshum), dan sisanya 8.247 pendaftar mengikuti tes campuran (saintek dan soshum). Hasil SBMPTN telah diumumkan pada 9 Juli 2019. Selamat ya kepada yang lulus dan bagi yang belum lulus, mungkin jodoh kamu memang bukan kampus negeri.

Tidak masalah bukan? Kamu masih bisa mencari kampus lain, yang tentu tidak kalah bagus dari universitas negeri yang kamu coba. Tidak masalah juga kalau harus kuliah jauh dari orang tua ya! Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mengatur keuangan sebagai mahasiswa dan anak kosan.

Buat anggaran pengeluaran

Memiliki uang yang dikirim bulanan bagi anak kos, seperti mendapatkan gaji bagi para pekerja. Oleh karena itu, jangan sampai uang tersebut digunakan untuk hal yang tidak berguna alias foya-foya. Di awal bulan, buatlah anggaran untuk setiap pos anggaran yang akan kamu keluarkan.

Misalnya, berapa persen dari uang tersebut kamu sudah belanjakan untuk membeli kebutuhan dasar di kosan. Saat berbelanja pun pastikan kamu sudah memiliki catatan sehingga kamu hanya membeli yang kamu butuhkan dan tidak termakan bujukan diskon. Akan tetapi, kalau kebutuhan kamu memang tengah diskon, kamu wajib membeli barang yang diskon dibandingkan yang tidak.

Dengan belanja bulanan juga akan membuat kamu lebih hemat sehingga tidak tergoda dan memastikan yang kamu beli memang adalah kebutuhan kamu. Selain itu, untuk mengendalikan uang kamu selama sebulan, ada baiknya kamu mencatat setiap pengeluaran yang ada.

Apalagi saat ini teknologi sudah sangat maju, kalau kamu tidak suka menulis di dalam agenda, kamu bisa mengunduh berbagai aplikasi untuk membantu pencacatan pengeluaran kamu.

(Baca juga: Ini 10 PTN yang Diburu Calon Mahasiswa, Bukan UI atau ITB!)
Usahakan menabung

Saat jauh dari orang tua dan jadi anak kosan, kamu tentu akan sering berpikir uang yang kamu miliki tidak akan cukup. Jangankan buat menabung, sehari-hari saja kurang. Oleh karena itu, kamu harus aktif dengan memisahkan dana yang akan kamu tabung saat kiriman uang bulanan datang.

Menabung untuk mahasiswa sangatlah penting. Dana tersebut bisa kamu gunakan saat kondisi keuangan sedang dalam keadaan darurat atau uang bulanan telat, atau bisa juga kalau kamu gunakan saat tiba-tiba harus membeli buku. Meski sedikit, cobalah untuk menabung, idealnya bisa kamu sisihkan lima hingga 10 persen dari uang bulanan kamu.

(Baca juga: 7 Tips Berhemat dan Cara Cek Kuota Internet Telkomsel Simpati Buat Mahasiswa)
Jangan tunda bayar tagihan

Kalau kos-kosan kamu harus dibayarkan bulanan, utamakan membayar tagihan kosan, listrik, WiFi, dan lain-lain. Jangan sampai kamu harus menunggak dan bahkan terkena denda yang justru akan menyulitkan keuangan kamu. Mengutamakan hal-hal penting tersebut lebih dahulu juga membuat kamu menjadi pribadi yang lebih baik.

Oia, usahakan pula tidak malas beberes kamar kosan dan mencuci sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan jasa laundry yang justru menambah pos pengeluaran kamu. Kalau di kosan ada dapur, memasak dan membawa bekal tentu akan membuat gaya hidup kamu sebagai anak kosan makin baik. Akan tetapi, kalaupun tidak bisa, usahakan pengeluaran untuk makan juga terkendali.

Sesekali makan-makanan enak, tentu tidak masalah sebagai hadiah karena kamu telah berhasil menjalani sebulan penuh tanpa meminta uang tambahan, atau sekadar makan bareng teman.

Kamu juga bisa mencoba untuk selalu membawa botol minum, selain mengurangi dana untuk membeli minuman, kamu juga bisa membantu bumi untuk mengurangi sampah plastik, dan mengatur kadar gula kamu. Pasalnya, saat kamu tidak membawa botol minum, kamu akan cenderung memesan minuman manis.

Nah, itulah tips mengatur keuangan buat mahasiswa yang jauh dari orang tua. Selamat belajar hidup mandiri ya! Semoga sukses!

Tentang Penulis

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami