Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Tips Menjadikan Saldo Tabungan Terus Bertambah

by JTO on 15 September, 2015

Setiap orang pasti sangat ingin meningkatkan pendapatan mereka dan menabung lebih besar. Sayangnya kenyataannya tidaklah demikian. Keinginan untuk menabung lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Banyak orang yang bisa dengan mudah membuka rekening tabungan.Tetapi, setelahnya itu terbengkalai begitu saja. Tantangan utamanya adalah satu, godaan untuk belanja. Lalu apa yang harus dilakukan? Ikuti tips berikut.

Uang Bukan Hanya Untuk Materi

Jangan sampai alasan di balik uang simpanan Anda adalah barang-barang impian. Tentu saja yang sering kali menjadi kebutuhan Anda adalah makanan, rumah, serta kebutuhan jasmani lainnya. Semua itu bisa didapatkan dengan uang. Tetapi cobalah mengubah mind set bahwa uang hadir sebagai bentuk kekayaan yang akan memberikan kebebasan pilihan lebih banyak, serta kemampuan untuk menjalani hidup sesuai impian. Anda tentu tak ingin hanya berjuang mendapatkan uang demi membayar tagihan demi tagihan. Cobalah untuk bisa menempatkan uang tabungan sebagai satu pos utama yang harus dipenuhi setiap bulannya.

Cari Tambahan dari Bisnis Sampingan

Kesempatan untuk membuat bisnis kecil-kecil selalu saja ada. Ada skill tertentu yang pasti bisa Anda kembangkan demi menambah pundi-pundi penghasilanmu. Entah itu membuat kue atau membuat aplikasi, bisnis sampingan ini pasti bisa membuat penghasilan lebih besar. Tambahan yang Anda dapatkan bisa digunakan untuk melakukan diversifikasi investasi. Atau, membayar hutang yang masih belum lunas. Sebaiknya lunasi dulu seluruh hutang, agar selanjutnya porsi investasi bisa lebih besar.

Bekerjalah Sepenuh Hati

Tidak semua orang bisa melakukan ini dengan berbagai alasan. Mereka seakan terpaksa bekerja demi mendapatkan uang. Cukup dengan hadir ke kantor, melakukan yang harus dikerjakan, lalu pulang. Padahal, ada saja peluang untuk mendapatkan promosi atau kenaikan gaji. Selain itu, bekal pengalaman brilian dari pekerjaan bisa saja mendatangkan peluang lain di tempat lain. Karena, skill semakin terasah sehingga Anda pun bisa menaikkan level standar gaji.

Buatlah Sistem Tabungan Otomatis

Satu masalah terbesar yang biasa terjadi adalah banyak orang kesulitan rutin menabung. Solusi terbaik, membuatnya tersimpan secara otomatis. Kini sudah banyak bank yang menyediakan layanan seperti itu. Sehingga, Anda sudah pasti menyisihkan sebagian uangmu untuk tabungan. Yang terbaik dari cara ini, Anda sudah memiliki kesadaran tersendiri jumlah uang yang sebenarnya bisa digunakan setiap bulannya.

Tetapkan Tujuan yang Jelas

Anggaplah tabungan sebagai sarana untuk mengejar impian. Kali ini, tetapkan impian dengan ukuran yang sangat jelas. Misalnya untuk membeli rumah, untuk uang kuliah anak kelak, untuk hal lainnya yang pasti sudah banyak memenuhi benak Anda. Buatlah skala prioritas kebutuhan apa saja yang datang terlebih dahulu atau kebutuhan mana saja yang jumlahnya lebih besar. Dengan begitu, Anda bisa mengatur besaran tabungan dan jangka waktu yang dibutuhkan.

Miliki Perencana Keuangan di Dalam Kantongmu

Panduan keuangan kini bisa didapatkan semudah membalikkan tangan. Cukup mendapatkan aplikasi android atau IOS yang tepat, Anda pun sudah memiliki perencana keuangan pribadi.  “Sekarang ini kita bisa memanfaatkan teknologi yang ada pada smartphone untuk memiliki perencana keuangan pribadi,” kata juru bicara Wells Fargo di St. Paul, Minnesota, Richele Messick, seperti dilansir bankrate.com.

 

 

Sumber Artikel

 

Gandakan tabungan di deposito pilihanmu hanya di sini

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.