Tips Merawat Motor Matic yang Bisa Kamu Menangkan dari Ultah CekAja

3 min. membaca Oleh Gentur Putro Jati pada

Bagi kamu yang sehari-hari beraktivitas di kota-kota besar, berkendara dengan sepeda motor tentu dapat memangkas waktu tempuh dari satu tempat ke tempat lain. Pasalnya, kemacetan lalu lintas di kota tersebut hanya bisa ditembus secara cepat dengan sepeda motor bukan kendaraan roda empat.

motor matic - CekAja.com

Kendala kepadatan lalu lintas akan semakin mudah diatasi jika sepeda motor yang kamu gunakan bertransmisi otomatis alias matic. Tinggal bejek gas, langsung melaju itu motor. Tidak perlu lagi repot menekan tuas kopling, memindahkan transmisi, dan lain sebagainya yang bikin tangan dan kaki pegal jika menggunakan sepeda motor manual.

Lebih bahagia lagi jika sepeda motor matic yang kamu gunakan untuk beraktivitas ke kantor, kampus, atau tempat lain sehari-hari kamu dapatkan secara gratis! Caranya tidak lain tidak bukan, dengan mengikuti program Semarak 5 Tahun CekAja sepanjang bulan April 2019 ini!

Yak benar, bulan ini PT Puncak Finansial Utama sebagai pengelola CekAja.com merayakan ulang tahunnya yang ke 5. Sebagai rasa syukur, manajemen CekAja menyiapkan berbagai hadiah senilai puluhan juta rupiah untuk masyarakat pengguna jasa finansial CekAja.

Selain berbagi ribuan polis asuransi perlindungan kecelakaan diri dari AXA sebagai hadiah hiburan, CekAja juga akan membagikan 8 unit smartphone Samsung Galaxy M20, 1 unit kamera mirrorless Fujifilm X-A10, serta hadiah utama 1 unit sepeda motor Honda Scoopy 2019 yang pastinya keren abisss!

(Baca juga: 5 Tahun CekAja, Semangat Transformasi Menuju Finlife)

Program Semarak 5 Tahun CekAja dimulai tanggal 1 hingga 30 April 2019, dan pemenang hadiah utama serta hadiah mingguannya akan diumumkan pada tanggal 15 Mei 2019. Jadi tunggu apa lagi? Buruan ikutan dengan klik disini!

Cara mudah merawat motor matic

Nah, buat kamu yang sudah ikutan program bagi-bagi hadiah dari CekAja, kami doakan semoga bisa membawa pulang hadiah utama sepeda motor matic ya. Namun sebelumnya, ada baiknya kamu pelajari tips untuk merawat motor matic agar mesinnya awet dan selalu prima saat digunakan.

1. Panaskan motor dengan kick starter

Sebelum mulai beraktivitas di pagi hari dengan motor matic, sebaiknya panaskan mesin motor tersebut dengan menggunakan kick starter atau bahasa gaulnya engkol. Setelah itu, putar buka choke bensin agar proses pembakaran bensin di dalam mesin semakin menggelora. Biarkan mesin motor hidup selama 5 – 10 menit agar sirkulasi oli lancar dan melumasi seluruh komponen mesin. Aktivitas memanaskan motor matic di pagi hari, akan membuat awet mesin.

2. Rutin cek 4 komponen penting

Peran busi dan aki pada motor matic sangatlah penting, karena motor matic masuk dalam kategori dengan kelistrikan full DC. Selain itu minta montir untuk cek juga bagian V-Belt dan roller pada motor matic yang kamu miliki saat berada di bengkel. Komponen v-belt ini terletak yaitu di samping roda belakang yang harus diganti tiap 25.000 km.

3. Bersihkan ruang transmisi

Saat menyervis motor di bengkel, jangan lupa minta kepada montir untuk membersihkan bagian ruang transmisi atau istilahnya CVT secara berkala tiap 4.000 km. Ruang transmisi yang berada di bagian bawah sangat rentan dengan debu dan juga kotoran lainya, untuk itu perlua rutin dibersihkan.

4. Jangan telat ganti oli

Idealnya penggantian oli mesin sepeda motor yang kamu gunakan sehari-hari adalah setiap satu bulan sekali atau per 1.000 km. Demikian halnya dengan oli gear matic alias gardan, yang perlu diganti setiap 5.000 km. Untuk lebih tepatnya interval penggantian oli sepeda motor kamu, silakan cek buku petunjuk penggunaan kendaraan. Ingat, gunakan oli khusus motor matic karena pelumasnya mampu bekerja secara maksimal melapisi seluruh komponen mesin jenis itu.

5. Melaju secara konstan

Mesin motor matic didesain dengan mengedepankan faktor kenyamanan berkendara, bukan untuk balapan. Jadi pada dasarnya, motor jenis itu tidak cocok digunakan bagi kamu yang doyan kebut-kebutan. Kebiasaan untuk melaju kencang, mengerem mendadak, dan menarik gas lagi berulang-ulang hanya akan membuat mesin motor matic cepat rusak.

6. Gunakan bensin berkualitas

Semakin tinggi Research Octane Number (RON) bensin yang kamu beli sebagai bahan bakar motor matic kamu, semakin bagus pembakaran yang dilakukan oleh mesin. Hasilnya, mesin motor bisa melaju dengan lebih bertenaga.

(Baca juga: INTERVIEW Agatha Simanjuntak: Motor Utama CekAja 5 Tahun Melayani Indonesia)

Itu tadi 6 tips merawat mesin motor matic yang mudah-mudahan bisa kamu menangkan dari perayaan ulang tahun ke 5 CekAja.com. Buat kamu yang belum ikutan, buruan ramaikan Semarak 5 Tahun CekAja dengan klik pada tautan banner dibawah ini!

Tentang kami

Gentur Putro Jati

Gentur Putro Jati