7 Titik Pijat untuk Stres Penghilang Kecemasan Paling Ampuh

5 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Titik pijat untuk stres, dipercaya bisa bantu meringankan perasaan cemas dan lelah, baik jiwa maupun raga. Terlebih, stres menjadi suatu keadaan yang paling sering dirasakan oleh seseorang, baik karena adanya tekanan pekerjaan, keluarga, dan lainnya.

Tidak perlu datang langsung ke psikolog, karena dengan beberapa titik pijat untuk stres ini, bisa membantu kamu sedikit tenang, rileks, dan terlepas dari segala pikiran yang membuatmu stres. Bahkan, kamu juga bisa melakukannya sendiri di rumah.

Mengurangi stres sendiri, memang ada berbagai cara. Mulai dari mengkonsumsi obat penenang dari dokter, terapi, konsultasi psikologis, dan beberapa teknik cepat lainnya, termasuk melakukan sentuhan di titik pijat untuk stres.

Tips Melakukan Pijatan ketika Stres

Pijatan memang sering dilakukan ketika seseorang kelelahan fisik, seperti pegal-pegal, masuk angin dan lainnya. Namun, pijatan ternyata juga bisa membantu merelaksasikan pikiran, yang sedang stres,

Tidak sembarang pijat, kamu juga harus mengetahui tips teknik pijatan ringan, serta lokasi titik pijat untuk stres. Dilansir dari wolipop.detik.com, berikut tips teknik memijat untuk stres:

(Baca Juga: Manfaat Pijat Refleksi untuk Kesehatan)

  • Memijat dengan jempol

Jempol atau ibu jari memiliki kekuatan yang lebih besar ketimbang jari lainnya. Sehingga, jempol sangat tepat digunakan untuk memijat.

  • Memijat secara perlahan dan tekanan yang pas

Dalam teknik memijat, bukan soal terasa atau tidak, tapi bagaimana pijatan menghasilkan tekanan yang pas. Itu artinya bisa memberikan efek rileks, karena dengan tekanan yang pas, aliran darah juga akan semakin lancar.

  • Memijat secara memutar

Memijat secara memutar, biasa dilakukan untuk melancarkan aliran darah, dan meregangkan otot hingga saraf.

  • Menggunakan minyak pijat yang hangat dan wangi aromaterapi

Memijat denga bantuan minyak pijat, akan lebih mudah karena permukaan kulit menjadi licin. Selain itu, aroma yang dihasilkan minyak pijat juga bisa menenangkan.

Nah, itu dia teknik pijatan yang bisa kamu lakukan. Adapun lokasi titik pijat untuk stres berikut ini, juga perlu kamu tahu agar tidak salah sasaran saraf.

Adapun titik pijatan untuk stres ini, biasanya terletak mulai dari tangan hingga kepala. Penasaran, di mana saja letak titik pijat untuk stres paling ampuh? Yuk intip di sini.

7 Titik Pijat untuk Stres

1. Bagian pergelangan tangan

Titik pijat untuk stres yang pertama ada di bagian pergelangan tangan, tepatnya di sekitar tiga jari dari pergelangan. Di titik ini, kamu bisa lakukan pijatan secara menekan menggunakan jempol, atau ibu jari.

Lakukan pijatan dan tekanan tersebut selama kurang lebih lima detik. Lakukan cara tersebut secara berulang dan bergantian, antara tangan kiri dan tangan.

Disebut, titik pijat untuk redakan stres di pergelangan, bisa menghilangkan pikiran stres, dan juga bisa melatih sistem pernapasan.

2. Bagian alis atau di atas mata

Di bagian alis, terdapat tulang yang dimana bisa dijadikan titik pijat untuk stres. Memijat bagian alis atau tepat di atas mata, dipercaya bisa mengurangi kecemasan.

Caranya, kamu bisa berbaring, pejamkan mata sambil tarik napas dalam-dalam. Setelah itu pijat, alis kamu dari luar ke tengah dengan gerakan melambat dan memutar.

Jika kamu sudah merasa rileks, dijamin kamu akan lebih tenang, bahkan bisa-bisa sampai mengantuk dibuatnya.

3. Di bagian bahu

Biasa dilakukan ketika pegal-pegal, namun ternyata titik pijat untuk stres di bagian bahu, mampu membuat kadar stres berkurang.

Caranya, kamu cukup duduk senyaman mungkin dan lurus, kemudian cubit bagian bahu sebelah leher, menggunakan jempol dan telunjuk.

setelah dicubit, lakukan tekanan di titik tersebut. Agar makin mantap, kamu bisa menggunakan minyak pijat, kayu putih dan minyak lainnya.

4. Di antara kedua alis

Paling sering dilakukan, titip pijat untuk stres ini ada di antara kedua alis atau di atas tulang hidung.

Pasalnya, titik pijat yang satu ini diyakini bisa menghilangkan rasa cemas dan stres yang dialami seseorang.

Agar pijatan di titik ini maksimal, caranya cukup menutup mata, tarik napas perlahan, sambil lakukan pijatan alis dari luar ke tengah alis.

Pijat menggunakan jempol, secara memutar atau bisa juga dengan jari telunjuk.

5. Di bagian atas telinga

Masih di area kepala, titik pijat untuk stres selanjutnya ada di bagian atas telinga. Selain untuk stres, pijatan ini juga bisa bantu kamu yang mengalami sulit tidur.

Caranya, gunakan jempol untuk memijat di area titik ini. Lakukan tekanan dan gerakan secara memutar, ke arah cangkang atas telinga kamu.

Hal ini, bisa dilakukan sambil berbaring, maupun sambil duduk. Agar lebih enak, kamu bisa menggunakan minyak pijat, yang bisa menghangatkan dan beraroma menenangkan.

6. Di bagian perut

Tidak hanya di bagian tangan dan kepala, titik pijat untuk stres juga ada dibagian perut, tepatnya di area pusar dan bagian tulang dada.

Cara memijatnya, kamu cukup berikan tekanan perlahan, namun kuat ke dalam dan ke atas, menggunakan kedua jari tangan.

Selain itu, condongkan tubuh ke depan, untuk memberikan tekanan perut lebih dalam.

Setelah dipijat, kamu bisa melakukan pernapasan dalam-dalam, selama satu menit, dan lakukan secara berulang.

(Baca Juga: Tips Anti Stres dan Menjaga Kesehatan Mental)

7. Tulang selangkangan

Titik pijat untuk stres, yang mungkin jarang diketahui adalah di bagian tulang selangkangan.

Pasalnya, di titik ini, bisa membuat kondisi kecemasan seseorang mereda. Caranya pijatnya pun cukup sederhana.

Kamu hanya cukup menempatkan ketiga jari secara mendatar di bagian ujung tulang selangkangan.

Kemudian, tekan dengan kuat dan melambat, sambil melakukan pernapasan dalam-dalam, selama kurang lebih satu menit.

Nah, itu dia beberapa letak titik pijat untuk stres penghilang kecemasan, yang bisa bikin kamu rileks. Terlebih, setelah kamu menjalani kegiatan yang melelahkan jiwa dan raga.

Perlu diketahui juga, bahwa kamu jangan sekali-kali menganggap remeh kondisi stres. Karena, stres juga bisa mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh, yang berbahaya.

Adapun berbagai dampak stres bagi tubuh, di antaranya adalah:

  • Refluks asam lambung
  • Sakit kepala
  • Masalah pada siklus menstruasi
  • Masalah saluran pernapasan
  • Diabetes, dan lainnya

Bagaimana? Tidak mau bukan, stres yang kamu alami malah mendatangkan penyakit? Maka dari itu, segeralah lakukan hal-hal yang bisa meringankan stres, salah satunya seperti lakukan pijatan di titik pijat untuk stres.

Namun, jika stres sudah masuk ke kondisi yang sudah parah, bahkan hingga sudah mempengaruhi kesehatan tubuh, lebih baik segera lakukan konsultasi ke psikolog dan dokter.

Adapun, penting juga bagi kamu untuk memiliki asuransi kesehatan, ketika masalah tersebut terjadi. Dengan asuransi kesehatan, kamu bisa meminimalisir risiko terserang penyakit, dan risiko kerugian finansial.

Ajuka Asuransi Kesehatan Terbaik, Melalui CekAja.com!

Butuh asuransi kesehatan yang cocok dan tepat sesuai dengan kebutuhanmu? Jangan khawatir, kamu bisa mengajukannya melalui situs CekAja.com.

Di CekAja.com, kamu bisa menemukan banyak produk asuransi kesehatan terbaik, dari berbagai perusahaan asuransi kesehatan ternama Indonesia. Seperti PFI Mega Life, Cigna, hingga Ciputra Life.

Jadi, jangan tunggu sampai sakit! Segera ajukan asuransi kesehatan terbaik pilihanmu sedini mungkin, hanya di CekAja.com!