Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Top! 7 Produk Asli Indonesia Ini Sukses Mendunia

by Sindhi Aderianti on 20 February, 2019

Mungkin selama ini, tanpa sadar kita ‘tersihir’ bahwa produk impor memiliki kualitas yang lebih baik. Sekalipun harganya mahal, tak sedikit orang yang berkenan membelinya.

Entah karena butuh atau hanya sekadar pride tersendiri. Memang jika diperhatikan, semakin banyak saja orang yang rela berburu makanan khas negara lain seperti Korea atau Jepang.

Selain unik, produk mereka dipercaya berbahan dasar premium. Pada kenyataannya, tak semua anggapan masyarakat itu benar.

Tidak kalah dengan negara lain, Indonesia juga banyak memiliki produk jempolan, terutama makanan dan minumannya. Selain enak, kini  merek barang konsumsi tersebut sudah menjadi favorit para bule dari berbagai belahan dunia seperti Eropa dan Amerika.

Kamu pasti tidak asing lagi dengan deretan produk lokal yang membanggakan ini. Berikut 7 produk Indonesia yang mendunia:

1. Indomie

Selama puluhan tahun, PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk memproduksi aneka makanan dan minuman bergizi untuk masyarakat Indonesia. Dari sekian banyak produknya, salah satu yang paling dikenal adalah Indomie.

Sejak 1972, perusahaan ini diketahui telah aktif menyuplai Indomie bahkan sampai menguasai semua pasar makanan instan. Berdasarkan survei konsumen dari lembaga asal Inggris Kantar Worldpanel, Indomie berhasil menduduki peringkat ke delapan sebagai FMCG paling laris di dunia.

(Baca juga: Selain Joe Jonas, 5 Artis Luar Negeri Ini Juga Pakai Produk Indonesia)
2. Tolak Angin

Meskipun “bule” tak mempercayai istilah masuk angin, namun produk jamu dari PT. Sido Muncul ini diam-diam tetap menjadi favorit kebanyakan dari mereka.

Jamu cair pertama di Indonesia tersebut dibuat dengan racikan homemade yang resepnya tak pernah berubah, tepatnya sejak 1951 hingga sekarang.

Bahan-bahannya diambil dari rempah alami seperti biji adas, kayu ules, jahe dan daun cengkeh yang bis menghangatkan badan. Kini, Tolak Angin semakin apik bersaing di kancah internasional.

Produk dengan tagline “Orang Pintar Minum Tolak Angin” itu pun sudah beredar negara seperti Hong Kong, Australia, Belanda, bahkan Amerika Serikat.

(Baca juga: Tuntutlah Ilmu Kaya Sampai Negeri China)
3. Kopiko

Kopi berbentuk permen ini juga tak kalah populer di luar negeri. Kopiko terbuat dari biji kopi terbaik yang membuat rasanya begitu nikmat.

Perlahan namun pasti, ketenaran Kopiko semakin tak bisa dipandang sebelah mata. Lewat permen kopinya itu, ada lebih dari 50 negara yang sudah berhasil ditembus Mayora Group.

Dari Belanda, Jerman, Australia, Thailand, Malaysia, Filipina, Meksiko, Arab Saudi, Polandia, sampai Afrika Selatan, permen yang memberi rasa dan efek sama dengan minum kopi itu kian diminati.

4. Co Donuts & Coffee

J.CO Donuts merupakan waralaba asli Indonesia yang didirikan oleh Johny Andrean Group. Sosok yang lebih dikenal sebagai pemilik salon itu mendirikan J.Co pada tahun 2005.

Banyak yang rancu dengan merek dagang ini, lantaran secara kualitas J.Co boleh dibilang melampaui saingannya terdahulu seperti Dunkin Donuts dan Krispy Kreme.

Bahkan J.Co sempat hampir ‘dibajak’ oleh Malaysia, saking rasa donat produksinya yang begitu nikmat hingga menyedot banyak penggemar baru. Tidak hanya merajai negara sendiri, J.Co diketahui sudah melebarkan sayapnya ke beberapa negara.

Antara lain Singapura, Malaysia, bahkan China. Ada 11 cabang di Malaysia, 18 di Filipina, empat di Singapura, dan dua di China.

5. Kara

Bicara soal produk santan instan, Kara masih tercatat sebagai merek top of mind di benak konsumen Indonesia. Kara yang merupakan singkatan dari “Kelapa Rakyat”, telah mengekspor produk-produknya ke lebih dari 80 negara.

Eksistensi merek Kara selain produk santan siap pakai, sebenarnya telah lebih dulu masif di pasar global.

Sebut saja produk Kara Coco 100% Coconut Water, Kara Coco Coconut Milk Drink, Kara UHT Coconut Cream, Kara Classic UHT Coconut Milk, Kara Coconut Milk/Cream, Kara coconut Cream Powder, hingga Kara Virgin Coconut Oil.

(Baca juga: Negara Paling Produktif di Dunia)
6. Kacang Dua Kelinci

Sejak tahun 2011, kacang Dua Kelinci sudah menorehkan sejumlah prestasi. Mulai dari sponsor resmi klub sepak bola, hingga menjadi salah satu produsen makanan terintegrasi di Indonesia.

Produk yang dihasilkan pun tak sebatas kacang kulit saja, namun juga pilus, mixed nuts, sampai koro. Dari namanya yang kian harum itu, kini kacang Dua Kelinci pun sukses menjadi kacang favorit masyarakat dari belahan dunia lain seperti Australia, China, Saudi Arabia, Amerika Serikat, dan masih banyak lagi.

(Baca juga: Fakta-fakta Menarik Indomie, dari Produk Anyar Hingga Donat Indomie!)
7. Nutrisari

Produk minuman jeruk ini pastinya sudah akrab di hampir semua lidah orang Indonesia. Tinggal seduh, siapapun bisa menyicipi orange juice ala kafe dengan harga yang terjangkau.

Selain jeruk, berbagai macam buah lain pun sudah Nutrisari jadikan variannya. Jika kamu melancong keluar negeri, Nutrisari mungkin tidak akan kamu temukan.

Bukan karena produknya tidak go international seperti yang ‘teman-temannya’ lain. Namun, Nutrisari yang diekspor ke luar negeri itu hanya diganti nama saja menjadi Nutri C.

Gerilya perusahaan Indonesia yang berhasil membuat produk makanan dan minumannyas dikenal dunia, tentu patut kita apresiasi. Cara yang tepat adalah dengan selalu berbangga diri untuk membeli produk asli buatan anak bangsa.

Pun secara kualitas dan rasa, merek-merek tersebut jelas tidak kalah. Di sektor dagang lain, CekAja sebagai fintech yang diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) juga menawarkan berbagai produk keuangan dari bank-bank terpercaya Indonesia.

Mulai dari asuransi, kartu kredit, sampai pinjaman. Semuanya bisa memudahkan hidupmu untuk berbagai kepentingan tanpa syarat yang membebani.

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.