Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Tradisi Unik Idul Adha di 6 Negara, Hias Hewan Kurban Salah Satunya

by Sindhi Aderianti on 8 Agustus, 2019

Idul Adha sebentar lagi. Seluruh orang tentunya amat bersukacita menyambut hari raya kurban tersebut, tak terkecuali umat muslim di belahan dunia lain. Beberapa negara bahkan punya tradisi unik ketika Idul Adha tiba.

tradisi unik Idul Adha

Di Indonesia, perayaan ini biasanya dimulai dengan salat Id berjamaah. Dilanjutkan prosesi penyembelihan hewan kurban, serta memasak dan menyantap bersama-sama jatah daging yang diterima dari hasil berkurban tersebut.

Beda negara, berbeda pula tradisi yang umumnya dilakukan. Jika negara kita cenderung meriah dalam merayakan Idul Fitri, hampir seluruh negara Arab justru lebih ‘niat’ ketika menyambut hari raya kurban. Lantas bagaimana perayaan Idul Adha di negara-negara lain tersebut? Simak rangkumannya berikut:

1. Pakistan, libur 4 hari

Mendekati Idul Adha, pemerintah negara ini memberikan jatah libur 4 hari kepada seluruh masyarakatnya. Selain untuk mempersiapkan hari raya kurban,  libur yang diberikan oleh tersebut dimanfaatkan oleh warga Pakistan agar bisa lebih khusyuk menunaikan ibadah puasa Arafah.

(Baca juga: Idul Adha Sebentar Lagi, Ini Tempat Jual Hewan Kurban Paling Unik)
2. India, mudik

Seperti orang-orang muslim di Indonesia saat Lebaran, masyarakat India juga memiliki tradisi mudik alias pulang kampung. Uniknya, mereka justru melakukan ini menjelang perayaan Idul Adha. Stasiun kereta api akan dipenuhi oleh lautan manusia yang hendak mudik. Bahkan mereka rela berdesakan untuk bisa merayakan Idul Adha bersama sanak saudara di kampung masing-masing.

3. Arab Saudi, kurban unta

Jika hewan kurban lumrahnya kambing, sapi, atau domba, masyarakat Arab Saudi lebih memilih unta untuk dikurbankan. Sesuai tradisi, nantinya daging kurban dari Pemerintah Kerajaan negara tersebut nantinya akan dibagikan kepada negara-negara lain seperti di kawasan Afrika, Asia Tengah dan Asia Selatan.

4. Mesir, pesta daging

Menurut situs pariwisata Mesir, Ask Aladdin, masyarakat Mesir merayakan Idul Adha dengan menyantap makanan serba daging. Daging tersebut sengaja dipotong kotak-kotak dan dimakan dengan fatta, yakni nasi bersaus tomat. Santapan penutupnya pun berbahan dasar daging, namanya ro’a. Ro’a’ merupakan makanan yang mirip dengan pai daging.

5. Turki, hewan kurban dihias

Perayaan Idul Adha ala Turki, sebenarnya  tidak jauh berbeda dengan di Indonesia, yaitu dimulai dengan salat Id yang kemudian dilanjutkan dengan menyembelih hewan kurban. Namun yang lucu, hewan kurban berupa kambing, domba, atau sapi tersebut dihias terlebih dulu menggunakan hena dan pita.

6. Uni Emirat Arab, ‘serba baru’

Momen Idul Adha merupakan waktu bagi warga Uni Emirat Arab untuk memakai pakaian baru. Para wanita akan mengecat rambut mereka dan menggunakan parfum. Selain itu, tangan anak-anak dan para wanita akan dihias dengan menggunakan henna. Persis seperti orang Indonesia ketika menyambut Lebaran ya, semua serba baru!

(Baca juga: Jemput Rezeki Jelang Idul Adha, Ini 5 Pilihan Bisnisnya)

Ternyata, Idul Adha bukan hanya hari untuk mengenang pengorbanan Nabi Ibrahim dan Ismail serta mengingatkan umat Muslim untuk saling berbagi, melainkan juga momen untuk berkumpul dan bersuka cita. Seperti 6 negara lain di atas yang memiliki tradisi unik tersendiri untuk merayakan Idul Adha. Seru ya!

Jangan lupa, kalau berkunjung ke negara lain, bekali diri dengan asuransi perjalanan ya. Cek pilihannya di CekAja.com! 

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami