Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Ubah Sampah Jadi Berkah Yuk!

by Teti Purwanti on 26 Juni, 2019

Perihal sampah plastik bukan lagi permasalahan isapan jempol belaka. Keberadaannya sudah semakin mengkhawatirkan karena sudah mulai mengganggu ekosistem, terutama ekosistem laut.

Terbukti, tidak sedikit kasus yang mempertontonkan sampah jenis ini turut mengalir dalam sistem pencernaan hewan laut. Rantai karbonnya yang panjang membuat sampah plastik dengan kegiatan pasca-konsumsinya yang tidak bertanggung jawab sulit diurai oleh mikroorganisme.

Butuh waktu ratusan hingga ribuan tahun agar limbah ini bisa terurai. Bahkan embel-embel “ramah lingkungan” pada produk dengan bahan ini pun tidak membantu banyak agar limbah plastik dapat terurai dalam waktu yang cepat.

Lantas, Apa yang Harus Dilakukan?

Banyak hal yang bisa dilakukan. Kampanye diet kantong plastik dan kegiatan sejenis lainnya merupakan upaya yang perlu digaungkan dan digalakkan secara terstruktur, sistematis, dan masif. Tak terkecuali di Indonesia.

Negeri yang terkenal dengan keindahan alamnya ini pun tak pelak menjadi sorotan tatkala berbicara soal sampah plastik di mata dunia. Yap, berdasarkan penelitian yang dipimpin oleh Jenna Jambeck dari University of Georgia, Indonesia menduduki peringkat kedua setelah Tiongkok sebagai negara penyumbang sampah plastik terbanyak ke lautan.

Penelitian itu mencatat, dari 3,2 juta ton sampah plastik yang dibuang masyarakat, 1,3 juta ton di antaranya hanyut ke laut. Realisasi atas kampanye pengurangan penggunaan kantong plastik atau barang-barang berbahan plastik jelas sebuah keniscayaan.

Sayangnya, jauh sebelum isu ini muncul dan menjadi perhatian publik, penggunaan plastik seolah sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.

Kalau sudah begini, tidak membuang sampah plastik secara sembarangan bisa menjadi solusi yang menjanjikan. Masalah baru pun muncul. Kamu tentu tidak ingin limbah plastik menumpuk di rumah atau di lingkunganmu.

Kreativitas bisa menjadi jawaban atas pemasalahan tersebut. Kenapa tidak untuk mendaur ulang sampah plastik agar memiliki kehidupan kedua. Bingung mau berkreasi apa? Yuk, intip di sini!

(Baca juga: Bisnis Berbahan Baku Sampah Ini Bikin Pengusaha Indonesia Meraup Puluhan Juta Rupiah)
Kreasi Limbah Plastik yang Bisa Kamu Buat
1. Pot Bunga

Kreasi ini barangkali bisa dibilang sebagai kreasi yang paling mudah dari sebuah limbah plastik. Jangan biarkan botol-botol plastik bekas minumanmu terbuang percuma dan berkontribusi terhadap pencemaran lingkungan.

Cara membuatnya, kamu cukup memotong botol plastik bekas minuman kamu menjadi dua bagian. Kamu juga bisa mengkreasikan motif potongan menyerupai hewan atau benda apapun agar pot bunga semakin terlihat cantik dan menarik.

Untuk mendukung hal tersebut, lapisi potongan botol tersebut dengan cat berwarna yang sesuai dengan keinginan kamu. Lalu, jangan lupa untuk membuat lubang di bagian bawah pot agar dapat mengalirkan air.

Dengan kreasi ini, kamu bisa membuat taman dengan pot warna-warni di halaman rumahmu. Tidak hanya itu, dinding kosong rumah pun bisa kamu sulap menjadi taman gantung dengan memanfaatkan botol plastik bekas minuman ini.

2. Book Organizer

Kamu punya buku dan koleksi majalah seabrek tapi tidak mempunyai rak penyimpanan yang memadai? Sementara itu, membeli rak atau lemari buku bukan menjadi prioritas saat ini?

Tenang, kamu bisa memanfaatkan limbah plastik dengan membuatnya sebagai book organizer sehingga buku-buku bisa disimpan dengan rapi.

Yap, sebagai solusi atas permasalahan tersebut, kamu bisa memanfaatkan jeriken bekas. Cara membuatnya pun cukup mudah. Kamu tinggal memotong bagian gagang dan moncong jeriken atau kamu bisa terlebih dahulu membuat pola layaknya odner dokumen yang ada di pasaran.

Potong jeriken dengan mengikuti pola tersebut. Dan, book organizer dari limbah plastik pun jadi.

Dengan sedikit usaha lagi, kamu bisa memberikan sentuhan finishing yang kreatif sehingga book organizer semakin terlihat ciamik, bahkan bisa menyembunyikan asal-usul aslinya.

(Baca juga: Mereka Menyulap Sampah Jadi Bernilai Jutaan Rupiah)
3. Kanopi

Membuat kanopi dari plastik? Kenapa tidak. Kamu bisa memanfaatkan botol plastik bekas minuman untuk mempercantik lahan kosong di halaman rumahmu. Selain memberikan estetika tersendiri, kreasi ini tentu dapat memberikan keteduhan di lahan luar rumahmu.

Cara membuatnya pun cukup sederhana, hanya dibutuhkan kesabaran dalam membuat kanopi ini. Pertama-tama, kamu harus menyiapkan botol plastik bekas minuman dalam jumlah yang banyak.

Kemudian, isi botol-botol kosong tersebut dengan air berbagai warna sesuai dengan selera kamu. Terakhir, gantungkan botol-botol plastik bekas tersebut secara rapat hingga menjadi sebuah atap kanopi.

Kamu bisa mengkreasikan susunan botol-botol tersebut. Dengan tidak melulu tersusun secara rata, sedikit sentuhan seni tentu akan membuat kanopi botol plastik akan semakin estetis.

Selamat berkreasi sekaligus menyelamatkan bumi!

Tentang Penulis

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami