4 Waktu Terbaik Ajukan Pinjaman Modal Usaha, Bisnis Semakin Lancar!

Sebelum mengajukan pinjaman untuk modal, kamu sudah tahu belum waktu terbaik ajukan pinjaman modal usaha? Agar tepat sasaran, ternyata ada waktu-waktu terbaiknya loh!

4 Waktu Terbaik Ajukan Pinjaman Modal Usaha, Bisnis Semakin Lancar!

Saat ini mengajukan pinjaman bukanlah perkara yang sulit. Banyak lembaga pemberi pinjaman yang memberi persyaratan cukup mudah.

Meski diberi kemudahan, mengajukan pinjaman modal usaha tidak boleh asal-asalan. Perlu perhitungan yang matang dan terperinci terlebih dahulu.

Alasannya, agar pinjaman modal usaha yang didapatkan dapat berguna secara maksimal dalam bisnis yang kamu jalani.

Kira-kira kapan ya waktu terbaik ajukan pinjaman modal usaha? Agar tak salah langkah, yuk simak selengkapnya!

Jenis Pinjaman Modal Usaha

Sebelum melangkah untuk mengetahui waktu terbaik ajukan pinjaman modal usaha, penting untuk kamu ketahui juga apa saja jenis pinjaman modal usaha yang bisa diajukan.

Dengan begitu, pinjaman yang kamu ajukan dapat tepat sasaran. Potensi pinjaman dapat cair juga bisa terbuka lebar.

1. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Kamu mungkin sudah tidak asing dengan pinjaman modal usaha yang satu ini. KTA atau Kredit Tanpa Agunan merupakan pemberi pinjaman modal usaha yang tidak memerlukan jaminan.

Dimudahkan tanpa perlu memberi jaminan, siapa yang tidak tergiur? Selain itu, besaran pinjaman yang diberikan juga cukup besar, bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Syarat dan proses pengajuannya juga cukup cepat, tergantung tempat kamu mengajukan sebuah pinjaman.

2. Kredit Dengan Agunan

Jika sebelumnya adalah Kredit Tanpa Agunan, selanjutnya adapun jenis pinjaman modal Kredit Dengan Agunan, atau bisa juga disebut Kredit Multiguna.

Sesuai namanya, pinjaman ini mengharuskan nasabahnya memberikan sebuah jaminan aset untuk bisa mendapatkan dana modal pinjaman.

Aset yang diberikan ini nantinya menjadi penentu berapa besaran modal yang akan diberikan kepada nasabah.

Tetapi, yang pasti Kredit Dengan Agunan umumnya memberikan pinjaman modal yang cukup besar, bisa mencapai miliaran rupiah.

Masa tenor yang diberikan juga biasanya cukup panjang. Namun, balik lagi dengan ketentuan lembaga peminjam serta aset yang dijadikan jaminan.

3. Pinjaman Online

Di zaman yang serba modern, kini banyak perusahaan fintech yang menawarkan pinjaman modal untuk usaha yang dilakukan secara online.

Diberikan kemudahan tanpa perlu repot ke kantor tempat peminjam, pinjaman online belakangan menjadi tempat paling banyak diminati.

Umumnya, persyaratan yang dperlukan juga tidak sulit. Soal besaran pinjaman dan masa tenor, mungkin bisa cukup untuk modal usaha. Tergantung tempat kamu mengajuakn pinjaman.

(Baca Juga: 5 Pinjaman Modal Usaha Tanpa Kartu Kredit, Anti Ribet!)

4. Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Jenis pinjaman modal usaha selanjutnya adalah Kredit Usaha Rakyat atau KUR. Pinjaman ini merupakan dana yang diberikan dari pemerintah untuk masyarakat yang membutuhkan modal usaha.

Untuk sasarannya, KUR bisa diperuntukkan untuk perusahaan mikro, kecil, menengah, dan UMKM yang berada di Indonesia.

5. Kredit Modal Kerja

Selanjutnya, kamu bisa mengajukan pinjaman untuk usaha modal dengan Kredit Modal Kerja. Biasanya pinjaman ini dilakukan pada pebisnis yang sedang mengembangkan usahanya, namun terhalang modal.

Berbeda dengan pinjaman sebelumnya, pinjaman ini perlu melampirkan surat izin telah menjalankan bisnis sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan pinjaman modal.

Kapan Waktu Terbaik Ajukan Pinjaman Modal Usaha?

Setelah menyimak berbagai jenis pinjaman untuk modal usaha di atas, kini waktunya kamu mengetahui kapan waktu terbaik ajukan pinjaman modal usaha tersebut.

Pasalnya, perlu waktu yang tepat untuk mengajukan pinjaman, agar nantinya pinjaman tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal dalam bisnis.

Jadi, agar pinjaman modal tak sia-sia, yuk simak kapan waktu terbaik ajukan pinjaman modal usaha yang tepat!

1. Memulai Usaha

Modal menjadi faktor terpenting dalam menjalan sebuah usaha. Bahkan, tak sedikit yang mengurungkan niatnya untuk berbisnis akibat kurangnya modal.

Oleh karena itu, waktu terbaik ajukan pinjaman modal usaha yang pertama adalah ketika ingin memulai usaha, namun terhalang oleh modal.

Sebelum mengajukan pinjaman, kamu perlu melakukan perincian biaya apa saja yang dibutuhkan. Susun biaya sedetail mungkin, jangan sampai ada yang terlewat.

Setelah itu, kamu bisa mengetahui besaran modal yang masih kurang. Kekurangan ini bisa kamu dapatkan dengan mengajukan sebuah pinjaman.

Pastikan besaran pinjaman yang diajukan sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai, dana yang dipinjam ini menjadi sia-sia akibat jumlah yang tak sesuai.

Saat mengajukan pinjaman, pastikan juga kamu menyesuaikan cicilan dan masa tenor dengan kemampuan, agar tak terjadi hal buruk di kemudian hari.

2. Mengembangkan Usaha

Bisnis berkembang pesat menjadi harapan semua orang. Di saat ini, menjadi momen yang pas untuk melakukan ekspansi agar penjualan semakin meningkat lagi.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah membuka cabang usaha di tempat lain, yang berpotensi mendatangkan keuntungan.

Menjalankan cabang baru bukanlah perkara mudah. Kamu perlu melakukan perhitungan agar bisnis tak rugi.

Selain itu, modal yang dibutuhkan asti tidak sedikit. Seluruh aset bisnis perlu disesuaikan dengan usaha di pusat.

Jika keuntungan dari bisnis utama masih kurang untuk membuka cabang baru, maka saat ini lah waktu terbaik ajukan pinjaman modal usaha.

3. Saat Tak Memiliki Hutang

Mengajukan pinjaman untuk menutup hutang dari pinjaman sebelumnya bukanlah sebuah solusi. Kondisi ini bahkan dapat berakibat fatal.

Kondisi keuangan bisa menjadi lebih kacau, bahkan bisa saja bisnis yang telah kamu bangun menjadi taruhannya.

Oleh sebab itu jika ingin mengajukan pinjaman, sebaiknya ketika sudah tak memiliki hutang. Atau bukan untuk tujuan menutup hutang.

4. Kondisi Usaha Down

Menjalankan sebuah usaha akan mengalami fase naik dan turun. Ada kalanya bisnis berjalan lancar dan mendatangkan banyak keuntungan.

Namun, akan ada kalanya juga bisnis mengalami kesulitan. Jangankan untung, tak jarang yang bisa mengalami kerugian.

Bisnis sedang down, pemasukan berkurang, namun masih banyak pengeluaran yang membutuhkan dana.

Saat kondisi ini, tak salah jika kamu mengajukan pinjaman modal demi menjaga kestabilan perusahaan.

Pinjaman ini bisa diperuntukkan apapun, selama masih berhubungan dengan bisnis dan bertujuan mengembalikan kondisi bisnis.

(Baca Juga: 6 Hal yang Sering Ditanyakan saat Ajukan Pinjaman Modal Usaha)

Kamu bisa mengajukan pinjaman sesuai dengan kebutuhan. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, terdapat beberapa jenis pinjaman yang bisa diajukan.

Untuk kamu yang membutuhkan dana pinjaman untuk modal usaha, kamu bisa dapatkan dengan mudah melalui CekAja.com.

Di sana terdapat berbagai jenis pinjaman yang bisa diajukan. Mulai dari pinjaman KTA, Kredit Dengan Agunan, hingga pinjaman online.

Kamu juga bisa melakukan perbandingan, agar tak bingung memilih jenis pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan.

Terlebih, proses pengajuan pinjaman di CekAja.com berlangusng dengan cepat, mudah, dan juga praktis. Sehingga, dana bisa segera kamu dapatkan.

Nah, tunggu apalagi? ajukan pinjaman modal usaha dengan mudah melalui CekAja.com!