Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Wow, Sayuran Murah Ini Punya Khasiat Segudang!

by Gito on 10 April, 2019

Gaya hidup sehat sudah mulai mewabah. Banyak orang dari berbagai golongan mulai mengampanyekan gaya hidup tersebut di berbagai media. Tujuannya satu, agar kualitas hidup masing-masing orang bertambah dan kemungkinan untuk menikmati hidup juga bertambah panjang.

Lebih Sehat di Tahun Baru dengan Gaya Hidup Vegetarian

Hal itu membuat peluang bisnis bagi sebagian orang. Akhirnya mulai bermunculan “jajanan-jajanan” yang menyelipkan kata sehat didalam kemasannya.

Hal itu dapat terlihat dari angka penjualan salah satu produk gula tebu rendah kalori di salah satu platform e-commerce yang mengalami peningkatan hingga 4 kali lipat. Hal itu menunjukkan bahwa kesadaran akan makanan yang sehat mulai muncul dan menggeliat di hati masyarakat.

Namun kadang kala kita harus menebus barang-barangyang memberikan kesehatan itu dengan harga yang lebih mahal dari barang yang biasanya dikonsumsi. Padahal jika kamu jeli, kamu tidak perlu mengalami “kantong bolong” agar bisa hidup sehat.

Karena orang tua kita terdahulu juga belum mengenal bahan-bahan yang menyehatkan tersebut. Kuncinya hanya satu, kembali ke alam dan menghindari produk-produk kimia.

Nah berikut merupakan beberapa bahan yang tersedia oleh alam yang bisa kita manfaatkan untuk kesehatan kita. Tidak mahal kok, cek yuk!

1. Seledri

Jenis sayuran yang satu ini sedang menjadi buah bibir bagi kalangan muda. Banyaknya khasiat dan vitamin yang terkandung didalamnya menjadikan seledri sebagai salah satu sayuran yang banyak diburu belakangan ini.

Maka tak aneh jika banyak keluhan dari ibu-ibu rumah tangga yang kesulitan untuk mendapatkan seledri segar dalam jumlah yang banyak. Karena rata-rata, untuk seledri segar, khususnya pada bagian batangnya, sudah dijadikan jus oleh para pedagang.

Dengan dijadikannya jus, maka para penjual bisa mendapatkan keuntungan lebih. Karena harga jualnya juga menjadi lebih tinggi.

Berubahnya seledri menjadi primadona diantara sayuran lainnya adalah karena seledri merupakan biang dari polisakarida dan antioksidan. Seledri juga mengandung vitamin A, C, K dan folat tinggi yang bagus untuk mengurangi risiko penyakit jantung, radang sendi dan juga kanker.

(Baca juga: 7 Sayuran yang Harus Dihindari Penderita Maag Saat Berbuka Puasa)
2. Selada

Sayuran yang biasanya ada di didalam semangkuk mie instan ini ternyata memiliki khasiat yang luar biasa. Ternyata didalam selada terdapat banyak sekali kandungan mineral, kalsium, folat, beta-karoten dan juga vitamin K.

Namun selada yang baik terdapat pada selada jenis cos yang memiliki warna lebih gelap ketimbang selada biasa. Harganya pun relatif murah, hanya Rp7 ribu hingga Rp20 ribu.

3. Daun Kelor

JIka kamu adalah penikmat film horor tanah air pasti kamu pernah mendengar tentang daun kelor. Daun yang kerap diasosiasikan sebagai daun untuk menangkal bentuk hal gaib yang ada didalam tubuh ternyata memiliki khasiat yang tidak jauh berbeda.

Ya, daun kelor terbukti memiliki kandungan kalsium, kalium, protein, Vtamin E, A dan C yang baik untuk tulang, mencegah kerusakan pembuluh darah dan juga baik untuk mata.

Disamping itu daun kelor juga memiliki zat antiksidan tinggi dan polifenol yang mampu menangkal radikal bebas dan melindungi fungsi hati.

(Baca juga: 5 Sayuran dan Buah yang Bisa Tingkatkan Kemampuan Otak)
4. Wortel

Sayuran yang digemari oleh kelinci ini juga seharusnya digemari juga oleh kamu. Karena khasiat yang dimiliki sayuran berwarna oranye ini memiliki khasiat yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Bisa kamu bayangkan, hanya dengan mengkonsumsi wortel sebanyak 100 gram atau 1 ons kamu sudah bisa mendapatkan 4 kali jumlah vitamin A yang dibutuhkan oleh tubuh. Kesehatan mata kamu tentu saja akan lebih terjaga jika kamu rutin mengkonsumsi wortel.

Tidak hanya disitu, Kandungan beta-karoten yang tinggi pada wortel berfungsi sebagai antioksidan yang efektif memperlambat penuaan sel. Jadi kulit kamu bakal bertambah kencang dan juga tidak mudah kendor akibat usia. Harganya murah pula, jadi kenapa tidak dikonsumsi dari sekarang.

5. Bayam

Orang tua kita dulu pasti sering mengatakan, kalau mau kuat makan sayuran bayam. Itu pula yang dilakukan oleh Popeye, serial kartun anak yang gemar memakan bayam hingga akhirnya memilki kekuatan super untuk melawan musuh bebuyutannya, Brutus.

Ternyata hal itu benar adanya lho. Bayam merupakan salah satu sayuran yang memiliki antioksidan serta beta-karoten yang mampu menangkal infeksi, peradangan dan juga penuaan.

Mengkonsumsi bayam secara rtuin dapat mengurangi risiko diabetes dan kanker juga lho. Jadi ayo segera memulai hidup sehat. Murah kok.

Kamu juga bisa mendapatkan penawaran menarik dari beberapa merchant jika kamu memilki kartu kredit. Belum punya? Ajukan di CekAja.com dan rasakan kemudahannya.

Tentang Penulis

Gito

Veritas Vos Liberabit