Cara dan Syarat Mendapatkan Kredit Multiguna BRI

4 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Membangun atau melakukan renovasi rumah tentu memerlukan biaya yang besar. Sebagian orang mungkin akan mengambil langkah menggunakan kredit multiguna dari Bank BRI. Hal tersebut karena berbagai kemudahan cara dan syarat mendapatkan kredit multiguna BRI yang diberikan.

Kredit multiguna BRI juga memberikan beberapa keunggulan, seperti layanan kredit multiguna (KMG) yang tersebar di seluruh cabang BRI di Indonesia hingga jangka waktu untuk proses pencairan dana yang cepat.

Tetapi sebelum membahas lebih lengkap produk BRI yang satu ini beserta cara dan syarat mendapatkan kredit multiguna BRI, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa itu kredit multiguna yang telah CekAja.com rangkum untuk kamu. Simak yuk!

Sekilas tentang Kredit Multiguna

Kredit multiguna merupakan salah satu produk multifinance dan perbankan yang memberikan fasilitas berupa kemudahan pinjaman uang serta dana tunai. Namun, untuk mendapatkannya, debitur harus memberikan jaminan atau agunan terlebih dahulu.

Limit pinjaman yang diberikan akan disesuaikan dengan taksiran harga dari barang yang diagunkan. Maka dari itu, semakin besar barang yang kamu agunkan, maka jumlah pinjaman yang didapat juga semakin besar.

Kredit multiguna bisa kamu gunakan untuk membiayai berbagai macam keperluan, seperti biaya kesehatan, kendaraan, renovasi rumah, pendidikan hingga memenuhi kebutuhan konsumtif.

Salah satu produk kredit multiguna yang bisa kamu gunakan adalah kredit multiguna BRI. Untuk lebih jelasnya akan dipaparkan secara detail berikut ini.

Kredit Multiguna BRI

Kredit multiguna BRI memberikan solusi berupa pinjaman dana tunai untuk memenuhi kebutuhan finansial para nasabah Bank BRI. Namun, untuk mendapatkan pinjaman tersebut, kamu perlu memberikan agunan atau jaminan.

Kamu bisa memberikan sertifikat rumah atau BPKP untuk jaminan pinjaman mu, namun ada baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu cara dan syarat mendapatkan kredit multiguna BRI yang akan dijelaskan di bawah ini.

Cara dan Syarat Mendapatkan Kredit Multiguna BRI

Mengetahui cara dan syarat mendapatkan kredit multiguna BRI memang sangat penting, karena dapat membantu proses pengajuan mu lebih lancar. Sejatinya, cara untuk mendapatkan kredit multiguna BRI sangat mudah. Kamu hanya perlu datang langsung ke kantor cabang Bank BRI terdekat di lingkungan setempat mu.

Syarat Kredit Multiguna BRI

Untuk mendapatkan kredit multiguna BRI, ada beberapa syarat yang perlu dilengkapi, diantaranya sebagai berikut:

  • WNI, WNA dan penduduk tetap
  • Usia min. 21 dan max. 60 tahun
  • Memiliki status pekerjaan sebagai karyawan, wiraswasta, dan profesional
  • Penghasilan min. Rp3 juta per bulan
  • Memiliki pengalaman usaha min. 1 tahun

Persyaratan Dokumen

  • Formulir pengajuan kredit yang sudah diisi lengkap
  • Fotocopy KTP, KK, NPWP, dan Surat Nikah atau Surat Cerai
  • Surat legalitas usaha untuk wiraswasta dan profesional (TDP/SIUP/Akta Pendirian Usaha)
  • Legalitas jaminan berupa fotocopy Sertifikat Hak Milik, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) atau Izin Mendirikan Bangunan (IMB).
  • Fotocopy buku tabungan BRI milik pemohon pinjaman
  • Slip gaji terakhir yang asli (untuk karyawan)
  • SK pengangkatan pertama dan terakhir yang asli (untuk karyawan)
  • Surat rekomendasi dari atasan pemohon pinjaman (untuk karyawan)
  • Fotocopy rekening koran terakhir (untuk karyawan)

Cara dan syarat mendapatkan kredit multiguna BRI di atas sangat mudah bukan? jangan sampai ada yang terlewat ya. Pastikan semua dokumen yang dibutuhkan sudah kamu lengkapi

(Baca Juga: Mendapatkan Pinjaman di Standard Chartered)

Keunggulan Kredit Multiguna BRI

Sebelumnya kamu sudah mengetahui cara dan syarat mendapatkan kredit multiguna BRI. Kini CekAja.com akan menjelaskan keunggulan apa saja yang kamu dapatkan, di antaranya yaitu:

1. Limit yang Diberikan Besar dan Fleksibel

Taksiran limit yang diberikan sesuai dengan nilai barang atau properti yang diagunkan. Maka dari itu, jika ingin mendapatkan limit pinjaman yang besar, kamu bisa menggunakan tanah dan bangunan (KPR yang sedang berjalan) sebagai jaminan.

Hal tersebut karena tanah dan bangunan bisa memberikan pinjaman mulai dari Rp100 juta hingga Rp2 miliar.

Tidak hanya itu, jika menggunakan sertifikat tanah dan bangunan, kamu bisa bebas menentukan nominal pinjaman, dengan catatan tidak lebih besar dari harga tanah dan bangunan.

Tetapi pinjaman yang kamu ajukan tidak selalu disetujui sesuai dengan pengajuan, karena akan dipertimbangkan dengan beberapa hal, seperti jumlah penghasilan, nilai objek jaminan serta kemampuan calon debitur membayar angsuran bulanan.

2. Memiliki Jangka Waktu yang Panjang

Keunggulan dari kredit multiguna BRI yang kedua adalah jangka waktu yang diberikan panjang, yaitu maksimal 15 tahun. Dengan jangka waktu tersebut, debitur bisa mendapatkan angsuran yang lebih terjangkau.

Berbeda jika kamu mengambil pinjaman dengan jangka waktu pendek, yaitu 6 – 12 bulan, maka angsuran yang kamu dapat juga lebih besar. Maka dari itu, dengan mengajukan pinjaman jangka panjang, kamu bisa lebih mudah untuk mengatur flow keuangan bulanan.

3. Memiliki Biaya dan Suku Bunga Kompetitif

Keunggulan dari kredit multiguna BRI yang terakhir adalah biaya dan suku bunga yang diberikan kompetitif. Di mana, untuk fixed 1 tahun, bunga pinjaman yang diberikan mulai dari 9,50%. Sedangkan untuk fixed 2 tahun, bunga yang diberikan sebesar 10%.

Selain itu, suku bunga kredit kompetitif juga ditambah dengan biaya pinjaman yang murah. Beberapa biaya kredit tersebut di antaranya ada biaya administrasi, biaya provisi, biaya notaris dan asuransi.

Untuk biaya administrasi sendiri akan dikenakan sebesar 0,1% dari limit kredit atau minimal Rp250.000,-. Kemudian biaya provisi akan dikenakan sebesar 1% dari limit kredit. Untuk informasi lebih lengkap terkait rincian biaya resmi kamu bisa langsung mengunjungi cabang Bank BRI terdekat.

Nah, cara dan syarat mendapatkan kredit multiguna BRI sudah kamu ketahui di atas. Bagaimana, sangat mudah bukan? Terlebih kredit multiguna BRI ini memiliki beberapa keunggulan yang bisa kamu nikmati.

Tidak hanya itu, keunggulan-keunggulan lainnya bisa kamu dapatkan di berbagai produk Bank BRI, seperti kartu kredit. Untuk mendapatkannya, kamu bisa mengajukannya dengan mudah dan cepat hanya di CekAja.com. Ajukan sekarang, yuk!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani