10 Jurusan Paling Favorit di Undip Bidang Saintek dan Soshum 2021

Kamu tertarik masuk ke jurusan paling favorit di Undip bidang Saintek dan Soshum? Kalau begitu, yuk ketahui dulu informasi lengkapnya, termasuk akreditasi dan jumlah pendaftar yang akan CekAja ulas berikut ini.

10 Jurusan Paling Favorit di Undip Bidang Saintek dan Soshum 2021

10 Jurusan Paling Favorit di Undip Bidang Saintek dan Soshum

Seperti yang diketahui, Indonesia memiliki banyak universitas negeri terbaik yang bisa dijadikan pilihan, salah satunya yaitu Universitas Diponegoro (Undip).

Yang mana, universitas ini menghadirkan banyak jurusan yang dapat melatih dan mengembangkan kemampuan mahasiswa, baik dalam bidang Saintek atau Soshum.

Maka dari itu, tak heran apabila Undip jadi salah satu universitas yang banyak diincar calon mahasiswa di seluruh Indonesia.

Namun dari sekian banyak jurusan yang ada, CekAja telah merangkum 10 jurusan paling favorit di Undip bidang Saintek dan Soshum terbaru, yang di antaranya akan diulas lengkap khusus untuk kamu sebagai berikut.

Jurusan Paling Favorit di Undip Bidang Saintek

Terkait pembahasan tentang jurusan paling favorit di Undip bidang Saintek dan Soshum, pertama-tama CekAja akan memberikan lima daftar jurusan paling favorit di Undip untuk bidang Saintek.

Menariknya, kelima daftar ini adalah jurusan yang tak hanya difavoritkan di Undip, namun di hampir semua universitas negeri di Indonesia, yaitu:

1. Kedokteran

Akreditasi: A

Daya Tampung 2021: 66

Jurusan paling favorit di Undip bidang Saintek yang pertama, yaitu Kedokteran. Sebenarnya ini bukan hal yang mengejutkan, karena jurusan ini memang banyak diincar calon mahasiswa setiap tahunnya.

Apalagi, Kedokteran sendiri lulusannya selalu dibutuhkan di berbagai fasilitas kesehatan, baik itu rumah sakit, klinik maupun puskesmas.

Tetapi kamu harus tahu, kalau biaya yang dibutuhkan untuk masuk jurusan ini sangat mahal, yaitu kisaran ratusan juta rupiah. Maka dari itu, jika ingin masuk jurusan Kedokteran Undip, kamu harus siap soal biaya.

Tidak hanya itu, kamu pun diharuskan untuk siap secara mental dan fisik, karena kuliah Kedokteran tidak main-main.

Kamu akan banyak belajar tentang ilmu kesehatan, penggunaan obat-obatan, pemahaman struktur tubuh manusia, dan lain sebagainya baik secara teori maupun praktik.

(Baca Juga: Daftar Pinjaman Dana Pendidikan untuk Masuk Kuliah)

2. Kesehatan Masyarakat

Akreditasi: A

Daya Tampung 2021: 108

Selain Kedokteran, Kesehatan Masyarakat juga menjadi salah satu jurusan paling favorit di Undip bidang Saintek.

Hal itu tak lain karena, pada 2020 jurusan ini memiliki peminat yang sangat banyak, yakni mencapai 2.058 orang.

Sementara, daya tampung jurusan ini sendiri pada 2021 untuk jalur SBMPTN hanya 108 kursi. Terbayang bukan, betapa ketat persaingan untuk masuk ke jurusan dengan akreditasi A ini.

Meski begitu, namun lulusan Kesehatan Masyarakat Undip memiliki prospek kerja yang menjanjikan, di antaranya yaitu bisa menjadi karyawan di bagian administrasi Kebijakan Kesehatan di rumah sakit, klinik atau asuransi kesehatan.

Di luar itu, lulusannya juga bisa bekerja sebagai ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di berbagai perusahaan, sebagai peneliti, penyuluh kesehatan, hingga tenaga pengajar di bidang Kesehatan Masyarakat.

3. Informatika

Akreditasi: B

Daya Tampung 2021: 53

Sebagai salah satu jurusan yang lulusannya banyak dicari perusahaan, sudah sewajarnya Informatika menjadi jurusan yang paling favorit di berbagai universitas, termasuk di Undip.

Pasalnya, jurusan ini mempelajari banyak hal seputar algoritma, matematika, dasar-dasar pemrograman, basis data, hingga logika.

Yang mana, semua materi tersebut pengaplikasiannya sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan di era digital saat ini.

Sehingga, prospek kerjanya pun cukup luas, yakni bisa sebagai Web Developer, Software Engineer, Mobile Programmer, dan lain sebagainya.

4. Teknik Sipil

Akreditasi: A

Daya Tampung 2021: 66

Berbicara tentang Teknik Sipil, sebenarnya ini tidak hanya menjadi jurusan paling favorit di Undip bidang Saintek, namun juga menjadi jurusan idaman para pria.

Alasannya tak lain karena, peluang kerja jurusan Teknik Sipil sebagian besar bergerak di bidang pembangunan dan konstruksi.

Jadi, jika kamu tertarik dengan pekerjaan yang bergerak dibidang tersebut, kamu bisa masuk jurusan Teknik Sipil.

Apalagi secara materi pelajaran, jurusan ini banyak membahas tentang cara mendesain, membangun, merenovasi bangunan dan sebuah infrastruktur, serta hal lainnya yang berkaitan dengan lingkungan.

Di samping itu, jurusan ini juga turut memberikan pembekalan materi soft skill, seperti kemampuan berorganisasi, kepemimpinan, kerja sama, dan komunikasi.

5. Akuakultur

Akreditasi: A

Daya Tampung 2021: 48

Jurusan paling favorit di Undip bidang Saintek yang terakhir, yaitu Akuakultur. Buat kamu yang baru mendengar, Akuakultur merupakan jurusan yang mempelajari tentang budidaya perairan, baik itu perairan laut maupun tawar.

Jika masuk ke jurusan ini, kamu nantinya akan banyak diberikan materi seputar penangkaran, pemeliharaan, serta pengembangbiakan biota laut maupun air tawar.

Jurusan yang berakreditasi A dengan Nomor SK 1673/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/III/2020 ini, memiliki prospek kerja yang menjanjikan, di antaranya yaitu sebagai Akuakulturis, Teknisi Perikanan, Teknisi Peternakan Air Asin, Ahli Gizi Ikan, Ahli Biologi Margasatwa, dan lain sebagainya.

Jurusan Paling Favorit di Undip Bidang Soshum

Seperti yang dijanjikan sebelumnya, dalam pembahasan jurusan paling favorit di Undip bidang Saintek dan Soshum, kamu tidak hanya mengetahui daftar jurusan dari bidang Saintek saja, namun juga Soshum.

Nah kali ini, CekAja telah merangkum lima besar jurusan paling favorit di Undip bidang Soshum, yang tentunya sudah tidak asing ditelinga, di antaranya yaitu:

6. Manajemen

Akreditasi: A

Daya Tampung 2021: 102

Seperti sudah menjadi langganan, kalau Manajemen masuk ke dalam daftar jurusan paling favorit di Undip bidang Soshum.

Pasalnya, jurusan ini setiap tahunnya memiliki jumlah pendaftar yang sangat banyak. Tahun 2020 saja, ada sekitar 2.851 orang yang mendaftar jurusan ini melalui jalur SBMPTN. Sedangkan, daya tampung jurusan ini hanya 102 kursi.

Bisa dibayangkan bukan, betapa ketatnya persaingan yang harus kamu lalui, jika ingin masuk ke jurusan paling favorit nomor satu di Undip bidang Soshum.

Tetapi walaupun begitu, lulusan dari jurusan ini memiliki pekerjaan yang menjanjikan dan dibutuhkan banyak perusahaan, di antaranya yaitu sebagai Product Manager, Market Researcher, Dosen, Wirausaha, dan lain sebagainya.

7. Psikologi

Akreditasi: A

Daya Tampung 2021: 108

Selain Manajemen, Psikologi juga masuk ke dalam daftar jurusan paling favorit di Undip bidang Soshum.

Jika melihat jumlah peminatnya pada SBMPTN 2020, jurusan ini memiliki peminat sebanyak 3.538. Padahal, daya tampung yang tersedia hanya 108 kursi saja.

Dengan banyaknya jumlah peminat tersebut, bisa disimpulkan kalau jurusan ini memiliki sistem pembelajaran dan lulusan yang berkualitas.

Belum lagi branding yang aktif dan cerdas, juga membuat para calon mahasiswa tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut tentang jurusan ini, bahkan melakukan pendaftaran.

Fakultas dari jurusan ini pun, diketahui telah berhasil mencetak lulusan-lulusan handal yang siap bersaing di dunia kerja.

Hal itu pun terbukti dari kualifikasi para lulusan S1-nya yang rata-rata bekerja sebagai Konselor, Asesor, Tenaga Pendidik, Konsultan, Pelaku Usaha Mandiri dan Ekonomi Kreatif, Asisten Psikolog, dan lain sebagainya.

8. Ilmu Komunikasi

Akreditasi: A

Daya Tampung 2021: 63

Berikutnya ada Ilmu Komunikasi, yang menjadi bagian dari daftar jurusan paling favorit di Undip bidang Soshum.

Hal ini sepertinya sudah menjadi rahasia umum, karena banyak sekali siswa kelas 12 SMA yang ingin menjadi mahasiswa Ilmu Komunikasi.

Hal itu tak luput dari prospek kerjanya yang luas, yaitu seperti kamu bisa bekerja di televisi sebagai Creative, Production Assistant (PA), Video Editor, Produser Program TV atau Radio, Media Planner, Account Executive dan lain sebagainya.

Tetapi agar bisa bekerja di profesi tersebut, tentunya kamu akan terlebih dahulu dibekali dengan sejumlah materi yang berkaitan dengan bidang komunikasi, seperti pengantar ilmu komunikasi, manajemen komunikasi, public speaking, dan lain sebagainya.

9. Hukum

Akreditasi: A

Daya Tampung 2021: 240

Di urutan kesembilan ada jurusan Hukum. Salah satu jurusan paling favorit di Undip bidang Soshum ini, sudah terakreditasi A oleh BAN-PT dengan nomor SK 2415/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2018.

Jurusan yang memiliki gedung perkuliahan sangat besar nan megah ini, selalu memiliki peminat dengan jumlah sangat banyak.

Meski begitu, peluang untuk bisa masuk jurusan ini pun tak kalah besar, karena daya tampung yang diberikan banyak.

Apabila kamu berhasil masuk ke jurusan ini, maka nantinya kamu banyak belajar tentang Pengantar Ilmu Hukum, Pengantar Hukum Indonesia, Hukum Konstitusi, Hukum Perdata, Hukum Tata Negara, Hukum Waris Perdata, dan materi lainnya yang berkaitan.

Setelah lulus pun, kamu nantinya memiliki prospek kerja yang cemerlang. Sebab, kamu bisa bekerja sebagai Pengacara, Notaris, Politisi, Hakim, Diplomat, Advokat, hingga Pengusaha.

10. Administrasi Bisnis

Akreditasi: A

Daya Tampung 2021: 63

Jurusan paling favorit di Undip bidang Soshum yang terakhir, yaitu Administrasi Bisnis. Jurusan ini pada SBMPTN 2021 saja memiliki peminat sebanyak 1.670. Padahal jika dilihat dari daya tampung yang diberikan, jurusan ini hanya menyediakan 63 kursi saja.

Jadi, jika kamu adalah satu dari sekian banyak pendaftar yang berhasil masuk ke jurusan ini, maka kamu harus belajar dengan serius dan giat.

Pasalnya, materi perkuliahan yang diberikan cukup berat namun asik untuk dikulik, yaitu tentang Akuntansi, Keuangan, Marketing, Manajemen Sumber Daya Manusia, dan Entrepreneurship.

Walaupun materinya cukup menguras otak, namun itu sebanding dengan prospek kerja yang ada di lapangan. Yang mana, ketika lulus nanti kamu bisa bekerja sebagai Konsultan Bisnis, Peneliti, Pelaku Bisnis, hingga Tenaga Pendidik.

Tips Lolos Universitas Negeri Favorit

Setelah mengetahui 10 jurusan paling favorit di Undip bidang Saintek dan Soshum, kamu mungkin tertarik dengan salah satu di antaranya, dan bertekad untuk masuk ke sana.

Kalau seperti itu, maka kamu perlu mengetahui dan melakukan sejumlah tips lolos Universitas Negeri favorit, yang di antaranya yaitu:

(Baca Juga: Universitas Swasta Terbaik di Indonesia)

Itulah sejumlah informasi seputar jurusan paling favorit di Undip bidang Saintek dan Soshum, yang sudah kamu ketahui secara lengkap di pembahasan sebelumnya, termasuk tips lolos Universitas Negeri.

Dari semua informasi tersebut, kamu mungkin tertarik dengan salah satu jurusan yang ada. Kalau begitu, maka kamu harus mulai melakukan persiapan, mulai dari materi pelajaran, kesiapan mental dan fisik, hingga finansial.

Nah untuk urusan finansial sendiri kamu tidak perlu khawatir, karena kamu bisa mengumpulkannya dengan cara menabung di rekening tabungan.

Tetapi, apabila dana tersebut ternyata belum mencukupi semua kebutuhan kuliah, maka kamu bisa mendapatkan dana tambahan, dengan mengajukan pinjaman secara online melalui CekAja.com.

Hal itu karena, CekAja.com memiliki banyak produk pinjaman terbaik dan terpercaya, yang bisa dipilih sesuai kebutuhan serta kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuan pinjamannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang juga!