10 Manfaat Cangkang Telur yang Wajib Diketahui, Salah Satunya Membasmi Hama

Meski seringkali dianggap sebagai ‘sampah’, namun ternyata manfaat cangkang telur ada sangat banyak. Dan menariknya, manfaat cangkang telur ini tidak hanya berguna untuk kesehatan saja, tetapi juga berguna untuk menurunkan penyakit osteoporosis, membasmi hama dan lain sebagainya.

Jika penasaran dengan beberapa manfaat cangkang telur yang diberikan, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulasnya secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

10 Manfaat Cangkang Telur

Menjadi satu hal yang sangat unik, karena ternyata semua bagian yang dimiliki telur mengandung banyak manfaat baik. Tidak hanya dari bagian putih dan kuning telurnya saja, tetapi juga termasuk bagian cangkangnya.

Nah, untuk tahu apa saja manfaat yang diberikan dari cangkang telur, di bawah ini CekAja.com telah merangkum 10 di antaranya dari berbagai sumber, yang akan diulas secara lengkap sebagai berikut.

1. Untuk masker wajah

Manfaat cangkang telur yang pertama, yaitu untuk masker wajah. Meski terdengar asing dan ‘aneh’, namun masker wajah dari cangkang telur yang satu ini efektif membuat wajah lebih cerah.

Jika tertarik untuk mencoba, kamu bisa membuatnya menggunakan lesung dan alu, untuk menggiling beberapa cangkang telur hingga halus seperti bubuk.

Setelah itu, campur bubuk masker wajah tersebut dengan putih telur, lalu aduk hingga rata. Kemudian, oleskan masker wajah tersebut secara perlahan dan merata ke seluruh permukaan kulit, dan diamkan beberapa menit hingga mengering.

Setelah kering, bilas wajah dengan air mengalir hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu bisa menggunakan masker tersebut secara rutin, setidaknya dua kali seminggu.

(Baca Juga: Perbedaan Telur Biasa dan Telur Omega)

2. Menurunkan risiko penyakit osteoporosis

Siapa sangka, kalau menurunkan risiko penyakit osteoporosis juga menjadi salah satu manfaat cangkang telur yang bisa kamu rasakan.

Melansir dari merdeka.com, satu studi yang dilakukan pada wanita pascamenopause dengan osteoporosis menemukan, kalau mengonsumsi bubuk kulit telur bersama dengan vitamin D3 dan magnesium, dapat menguatkan tulang secara signifikan dengan cara meningkatkan kepadatan mineral tulang.

Dan menariknya, bubuk kulit telur juga bisa lebih efektif dalam menurunkan risiko osteoporosis, dibandingkan kalsium karbonat yang dimurnikan.

Manfaat cangkang telur yang satu ini pun ternyata sudah terbukti di banyak penelitian, salah satunya yaitu penelitian yang dilakukan di Belanda.

3. Menyembuhkan luka dan infeksi

Selain mampu dijadikan sebagai masker wajah dan penurun risiko osteoporosis, cangkang telur juga bisa digunakan untuk menyembuhkan luka dan infeksi.

Manfaat cangkang telur yang satu ini bisa dirasakan, apabila kamu mencampurkan cangkang telur yang sudah dihaluskan (bubuk) dengan beberapa tetes cuka apel.

Cara menggunakannya pun sangat mudah. Pertama, aduk campuran bubuk cangkang telur dan cuka apel hingga rata, lalu diamkan selama beberapa jam.

Setelah itu, oleskan campuran tersebut ke luka atau bagian kulit yang infeksi hingga rata. Diamkan selama beberapa waktu, kemudian luka mu akan sembuh dalam waktu singkat.

4. Sebagai pupuk kompos

Tidak hanya menggunakan kotoran hewan, pupuk kompos nyatanya juga bisa dibuat menggunakan cangkang telur.

Cara membuat pupuk kompos dari cangkang telur ini sangat mudah. Kamu bisa melakukannya dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini.

  • Siapkan beberapa butir cangkang telur, cuci bersih lalu tumbuk hingga halus
  • Setelah itu, siapkan beberapa jenis kulit buah-buahan, daun yang sudah layu, sisa batang sayuran dan tanah secukupnya
  • Campurkan bubuk cangkang telur dengan semua bahan tersebut hingga rata, lalu gali tanah di sekitar rumah dan masukkan campuran pupuk kompos ke dalamnya
  • Jika sudah, diamkan selama beberapa waktu dan tanah pun akan semakin subur serta kaya nutrisi.

Bagaimana, sangat mudah bukan cara membuat pupuk kompos dengan cangkang telur?

5. Melancarkan saluran air yang tersumbat

Melancarkan saluran air yang tersumbat juga bisa dilakukan menggunakan cangkang telur. Bagaimana tidak, pasalnya manfaat cangkang telur yang satu ini bisa kamu nikmati dan lakukan dengan cara yang mudah.

Tepatnya yaitu kamu hanya perlu menghaluskan beberapa butir cangkang telur, lalu masukkan ke dalam saluran air yang tersumbat.

Agar hasil yang didapatkan maksimal, kamu juga bisa menambahkan sedikit cuka ke dalamnya.

Biarkan semalaman, lalu periksa keesokan harinya untuk memastikan bahwa saluran air yang tersumbat sudah lancar.

6. Sebagai pembersih peralatan rumah tangga

Membersihkan noda membandel di beberapa peralatan rumah tangga, merupakan salah satu hal yang menyebalkan.

Namun itu bukan lagi suatu masalah, karena kamu bisa menggunakan cangkang telur untuk membantu membersihkan noda tersebut.

Ya, kamu bisa menikmati manfaat cangkang telur yang satu ini, dengan cara mencuci beberapa butir cangkang telur yang akan digunakan, lalu tumbuk hingga halus.

Jika sudah, tambahkan sedikit baking soda dan perasan jeruk nipis. Setelah itu, gunakan bahan tersebut untuk membersihkan beberapa peralatan rumah tangga, kecuali barang-barang kaca karena dapat menimbulkan goresan.

7. Alat pemisah kuning telur

Manfaat cangkang telur yang ketujuh, yaitu bisa digunakan sebagai alat pemisah kuning telur.

Mungkin terdengar unik, namun hal ini benar adanya dan efektif dilakukan, agar kegiatan pemisahan kuning telur dari bagian putihnya semakin mudah.

Kamu hanya perlu memecahkan telur menjadi dua bagian, lalu tuangkan putih telur ke dalam wadah secara perlahan.

Nah apabila bagian putih telur sudah menarik bagian kuningnya, maka kamu bisa langsung menggunakan sisi telur lainnya yang bergerigi untuk memisahkannya.

8. Sebagai pakan burung

Untuk menghemat biaya, kamu bisa menggunakan cangkang telur sebagai pakan burung. Ini merupakan salah satu manfaat cangkang telur terbaik, karena digunakan kembali sebagai konsumsi hewan peliharaan.

Jika tertarik menggunakan cangkang telur sebagai pakan burung, kamu bisa mengumpulkan beberapa butir cangkang telur, dan memanggangnya dengan suhu sekitar 250 derajat Celsius hingga kering.

Proses pemanggangan itu sendiri dilakukan untuk memudahkan proses penghancuran cangkang telur. Setelah berhasil dihancurkan, kemudian cangkang telur tersebut bisa langsung ditaruh di beberapa tempat makan burung.

Penggunaan cangkang telur pun sangat aman digunakan sebagai pakan burung, karena menjadi sumber kalsium yang baik untuk burung.

9. Menghilangkan noda kopi

Manfaat cangkang telur tentunya tidak hanya berhenti di urutan kedelapan saja, sebab kamu juga bisa memanfaatkannya untuk menghilangkan noda kopi pada wadah.

Seperti yang diketahui, noda kopi sangat sulit untuk dibersihkan dan kerap kali meninggalkan lapisan cokelat, meskipun sudah dibersihkan dan digosok sekeras mungkin.

Nah untuk memudahkanmu mengatasi hal tersebut, kamu bisa menggunakan cangkang telur yang dihancurkan sepertiga bagiannya.

Kemudian tutup wadah minuman tersebut dengan cangkang telur, lalu kocok selama beberapa menit. Dengan begitu, maka campuran tersebut mampu memecah noda secara perlahan.

10. Pembasmi hama

Manfaat cangkang telur yang terakhir yaitu sebagai pembasmi hama. Maksud dari hama di sini yaitu kecoa dan tikus, yang sering muncul di dalam rumah.

Untuk mengusir dan membasmi hama-hama tersebut, kamu bisa menggunakan cangkang telur dengan cara mengeringkan dan menghaluskannya hingga menjadi bubuk.

Setelah itu, taburkan pada hama yang ada di dalam rumah. Atau jika bertemu dengan hamanya, kamu bisa menaburkan bubuk kulit telur tersebut pada daun tanaman yang sudah dirusak hama, atau sekitar permukaan tanah agar ketika hujan bisa mengusir hama.

(Baca Juga: Jumlah Telur yang Aman Dikonsumsi)

Itulah 10 manfaat cangkang telur yang sudah kamu ketahui dengan lengkap di pembahasan sebelumnya. Semua manfaat tersebut tentunya bisa kamu gunakan dan nikmati dengan baik.

Apalagi manfaat cangkang telur yang diberikan ini sangat banyak, tidak hanya untuk membasmi hama, tetapi juga mampu menjaga kesehatan seperti menurunkan risiko osteoporosis.

Namun, apabila setelah melakukan cara tersebut osteoporosis kamu atau keluarga tak kunjung membaik, maka sebaiknya kamu harus memeriksakannya ke dokter.

Hal itu mungkin akan memakan banyak biaya, namun kamu tidak perlu khawatir selama itu ditanggung oleh asuransi kesehatan.

Sebab, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit. Sehingga, nantinya kamu tidak perlu lagi pusing memikirkan besarnya biaya pengobatan yang harus dibayarkan.

Maka dari itu, buat kamu yang belum memiliki asuransi kesehatan hingga saat ini, bisa segera mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan dari perusahaan ternama dan terpercaya, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kalau begitu tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang juga, dan dapatkan perlindungan kesehatan yang maksimal!