10 Manfaat Lobster untuk Kesehatan, Salah Satunya Jaga Imunitas Tubuh

Selain memiliki cita rasa yang lezat, manfaat lobster untuk kesehatan pun sangat banyak. Kamu bisa mendapatkan semua manfaat tersebut, hanya dengan mengonsumsinya secara rutin sesuai kebutuhan.

Pasalnya, lobster tidak hanya membuat imunitas tubuh semakin terjaga, tetapi juga dapat membuat kesehatan otak dan tulang meningkat.

Namun selain itu, masih ada banyak manfaat lobster untuk kesehatan lainnya, yang di antara akan CekAja.com ulas secara lengkap pada artikel kali ini khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Jenis-jenis Lobster

Hal pertama yang perlu kamu ketahui, sebelum membahas lebih jauh tentang manfaat lobster untuk kesehatan adalah jenis-jenis lobster.

Pasalnya, jenis-jenis lobster ada banyak sekali khususnya di Indonesia, di antaranya yaitu:

  • Lobster crayfish, merupakan jenis lobster Indonesia yang memiliki warna biru gelap atau biru laut dalam, yang merupakan hasil dari hibridasi dua jenis spesies berbeda genus.
  • Lobster mutiara, merupakan jenis lobster pertama di Indonesia yang memiliki tekstur daging sangat lembut dan rasa gurih yang kuat.
  • Lobster pasir, merupakan jenis lobster yang sering ditemukan di perairan Indonesia dan umumnya menjadi lobster sengaja dibudidayakan oleh para nelayan.
  • Lobster bambu, merupakan jenis lobster di Indonesia yang habitatnya berada di daerah karang atau bebatuan.
  • Lobster red claw, merupakan jenis lobster capit merah yang habitatnya berada di air tawar, dan biasanya ditemukan di sungai, rawa maupun danau yang terletak di Queensland, Australia.
  • Lobster batu, merupakan jenis lobster yang ditemukan oleh Olivier pada 1791, yang memiliki warna dasar hijau muda sampai hijau kecokelatan.
  • Lobster kipas, merupakan jenis lobster yang hidup di perairan dangkal atau pesisir pantai.
  • Lobster batu hitam, merupakan jenis lobster yang memiliki warna dasar bervariasi, mulai dari biru, hitam, hijau muda, hijau kecokelatan sampai hijau tua.

(Baca Juga: 6 Jenis Lobster di Indonesia)

Kandungan Nutrisi Lobster

Selain mengetahui jenis-jenis lobster di pembahasan sebelumnya, kamu juga perlu mengetahui kandungan nutrisi yang dimiliki lobster itu sendiri.

Sebab, kandungan nutrisi yang dimiliki lobster sangat berpengaruh pada manfaat yang diberikan.

Adapun kandungan nutrisi yang terkandung dalam lobster, di antaranya yaitu:

  • Asam lemak omega-3
  • Mineral
  • Protein
  • Sumber kolin
  • Sumber selenium alami
  • Tembaga
  • Zat besi
  • Dan lain sebagainya.

10 Manfaat Lobster untuk Kesehatan

Seperti yang dijanjikan sebelumnya, kalau pada kesempatan kali ini CekAja.com akan memberikan sejumlah manfaat lobster untuk kesehatan, dan akan mengulasnya secara lengkap.

Di bawah ini, CekAja.com telah merangkum 10 manfaat lobster untuk kesehatan dari berbagai sumber, yang di antaranya yaitu:

1. Meningkatkan kesehatan tulang

Manfaat lobster untuk kesehatan yang pertama, yaitu meningkatkan kesehatan tulang. Manfaat yang satu ini bisa kamu dapatkan, karena lobster mengandung fosfor dan kalsium.

Nah dua kandungan tersebut seperti yang diketahui berfungsi untuk menjaga kepadatan tulang, serta membuat tulang tetap kuat.

Tidak hanya itu, kalsium juga dikenal dapat mendukung kesehatan saraf. Sementara, fosfor sendiri dapat memberikan nutrisi pada membran sel tubuh.

2. Meningkatkan kesehatan otak

Kesehatan otak juga semakin meningkat, jika kamu mengonsumsi lobster secara rutin. Manfaat lobster untuk kesehatan yang satu ini bisa didapat, karena lobster mengandung kombinasi nutrisi kolin dan vitamin B12.

Yang mana, kedua nutrisi tersebut sangat penting dalam menjaga kesehatan otak. Untuk kolin sendiri, ia berguna dalam mendukung produksi neurotransmitter, atau senyawa kecil untuk komunikasi yang berlangsung di otak.

Lebih dari itu, kolin juga sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan otak para lansia. Hal tersebut terlihat dari banyaknya para lansia yang jarang terkena penyakit degeneratif otak, baik itu pikun maupun Alzheimer.

Sementara untuk vitamin B12 sendiri, ia berguna dalam membantu menjaga mielin atau zat yang mendukung transmisi saraf.

3. Menjaga kesehatan jantung

Selain bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan otak dan tulang, mengonsumsi lobster juga mampu menjaga kesehatan jantung.

Bagaimana tidak, lobster pasalnya mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti vitamin, kalsium, fosfor, seng, kalium, magnesium, asam omega-3 dan omega-6.

Semua kandungan nutrisi tersebut, mampu menjaga kesehatan jantung secara efektif. Maka dari itu, jika ingin mendapatkan semua nutrisi tersebut, sebaiknya kamu mengonsumsi lobster secara rutin.

4. Menjaga imunitas tubuh

Siapa sih di antara kamu yang tidak tahu manfaat lobster untuk kesehatan yang satu ini? Kandungan zinc yang dimiliki lobster, ternyata mampu menunjang fungsi sistem imun.

Sehingga, bagi kamu yang memiliki fungsi sistem imun rendah, kamu bisa meningkatkannya dengan mengonsumsi lobster secara rutin.

Sebab apabila kekurangan zinc, produksi limfosit dalam tubuh dapat terganggu. Jika sudah begitu, maka daya tahan tubuh pun jadi menurun.

5. Menjaga kesehatan mata

Selain menjaga imunitas tubuh, mengonsumsi lobster juga dapat menjaga kesehatan mata. Hal tersebut dikarenakan, lobster mengandung EPA dan DHA yang dapat mengurangi risiko degenerasi macula, yang umumnya terjadi pada usia senja (lansia).

Karena seperti yang diketahui, orang yang sudah berada pada usia manual akan sangat rentan terkena katarak.

Nah dengan mengonsumsi lobster secara rutin, maka risiko terkena katarak di usia senja semakin rendah.

6. Mencegah gondok dan kemandulan

Di urutan keenam ada mencegah gondok dan kemandulan. Manfaat lobster untuk kesehatan yang satu ini bisa dirasakan, karena lobster memiliki kandungan yodium yang sangat tinggi.

Yang mana, yodium ini menjadi bahan baku untuk produksi hormon tiroid, yang berkaitan dengan penyakit gondok dan kemandulan.

Sehingga, jika ingin mencegah risiko terkena gondok dan kemandulan, kamu bisa mengonsumsi lobster secara rutin sesuai kebutuhan.

7. Mengurangi risiko kanker prostat

Bagi para pria, lobster sepertinya menjadi salah satu makanan yang wajib dikonsumsi. Hal tersebut karena, lobster dapat mengurangi risiko kanker prostat.

Kandungan asam lemak omega-3 jenis EPA dan DHA yang dimilikinya, diketahui dapat menurunkan risiko kanker prostat.

Apalagi sebuah penelitian menunjukkan, kalau makanan yang kaya akan EPA dan DHA terbukti dapat mencegah risiko terjadinya kanker prostat, bahkan hingga ke stadium akhir.

Dengan begitu, manfaat lobster untuk kesehatan yang satu ini benar-benar bisa dinikmati oleh semua pria yang rutin mengonsumsinya.

Selain dari lobster, kandungan omega-3 tersebut juga bisa kamu dapatkan melalui beberapa jenis makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, serta jenis makanan laut lainnya.

8. Memudahkan pembentukan sel tubuh dan jaringan

Siapa sangka, kalau manfaat lobster untuk kesehatan juga dapat memudahkan pembentukan sel tubuh dan jaringan.

Manfaat lobster untuk kesehatan yang satu ini bisa terjadi, karena lobster mengandung banyak protein baik untuk tubuh, yang dapat membantu proses pembentukan sel tubuh dan jaringan.

Selain itu, protein yang terkandung dalam lobster juga bermanfaat untuk membantu produksi berbagai jenis hormon dan enzim, meningkatkan energi tanpa perlu mengandalkan pembakaran karbon pada tubuh dan lain sebagainya.

9. Menurunkan berat badan

Jika kamu ingin menurunkan berat badan, kamu bisa mengosumsi lobster secara rutin. Pasalnya, kandungan lemak dan kalori yang dimiliki makanan ini cukup rendah.

Meski begitu, lobster memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, yang dapat mencukupi kebutuhan tubuh.

Dengan demikian, jika kamu ingin mendapatkan manfaat lobster untuk kesehatan yang satu ini, kamu perlu mengonsumsinya secara rutin.

10. Mencegah risiko kekurangan gizi

Manfaat lobster untuk kesehatan yang terakhir, yaitu mencegah risiko kekurangan gizi. Sebab, lobster mengandung protein yang dapat mencegah penyakit-penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan gizi.

(Baca Juga: Cara Budidaya Lobster Air Tawar)

Nah, beberapa manfaat lobster untuk kesehatan tubuh sudah kamu ketahui secara lengkap di pembahasan sebelumnya.

Semua manfaat tersebut tentunya bisa kamu dapat, apabila lobster dikonsumsi secara rutin sesuai kebutuhan.

Sebab jika dikonsumsi secara berlebihan, hal tersebut dapat menimbulkan beberapa efek samping yang membahayakan kondisi tubuh.

Apabila hal itu kamu biarkan begitu saja, maka beberapa efek samping dapat terjadi. Untuk mencegah dan mengobatinya, kamu bisa langsung melakukan pemeriksaan ke dokter.

Itu tentu akan memakan biaya yang cukup besar, apabila kamu tidak menggunakan asuransi kesehatan.

Maka dari itu, untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa mulai melindungi diri dengan asuransi kesehatan.

Sebab, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Sehingga, nantinya jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada kesehatanmu, maka semua biaya pengobatan dan perawatan sudah ditanggung oleh asuransi kesehatan.

Jadi, buat kamu yang tertarik ingin mengajukan asuransi kesehatan, kamu bisa segera mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi dari perusahaan ternama dan terpercaya yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman karena sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kalau begitu, tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang juga dan dapatkan perlindungan kesehatan yang optimal!