10 Manfaat Pasak Bumi untuk Kesehatan beserta Kandungan Baiknya

6 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Manfaat pasak bumi untuk kesehatan, nyatanya tidak hanya mampu meningkatkan gairah seksual dan vitalitas pria saja. Lebih dari itu, pasak bumi juga mampu mencegah serta mengobati beberapa penyakit kronis, seperti misalnya diabetes dan kanker.

Buat kamu yang belum tahu tentang pasak bumi, ini sejatinya merupakan salah satu jenis tanaman herbal, yang memang dikenal secara efektif mampu meningkatkan stamina dan gairah seksual pria.

Tanaman herbal yang juga disebut sebagai tongkat ali ini pun, seringkali digunakan sebagai obat tradisional. Bahkan, di Asia Tenggara sendiri, pasak bumi sudah menjadi bagian dari pengobatan herbal selama ribuan tahun.

Pasak bumi kini banyak diolah dalam bentuk suplemen herbal. Hal itu dikarenakan, akar dari tanaman dengan nama latin Eurycoma Longifolia ini, memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan tubuh.

Nah, buat kamu yang ingin tahu apa saja manfaat pasak bumi untuk kesehatan, yuk simak ulasan berikut ini!

Kandungan Pasak Bumi

Sebelum membahas lebih jauh tentang manfaat pasak bumi untuk kesehatan, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu, kandungan yang dimiliki tanaman herbal asli Asia Tenggara ini.

Jika berbicara tentang kandungannya, pasak bumi sejatinya memiliki empat kandungan senyawa, dengan khasiatnya masing-masing.

Empat kandungan tersebut, di antaranya yaitu Chantin, Eurycomanone, Etanol dan Quassinoid. Adapun khasiat yang dimiliki masing-masing kandungan senyawa, yaitu:

  • Chantin, berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker
  • Eurycomanone, berfungsi sebagai senyawa yang menangkal malaria, atau antimalaria
  • Etanol, berfungsi sebagai afrodisiak
  • Quassinoid, berfungsi sebagai antileukemia, serta prospektif untuk para penderita HIV.

(Baca Juga: Manfaat Infused Water Lemon)

Semua kandungan dan khasiat yang dimiliki pasak bumi, membuat tanaman herbal ini banyak diekspor ke luar negeri, untuk digunakan dalam pembuatan obat herbal. Selain itu, harga jual dari pasak bumi pun tergolong sangat mahal.

Melansir dari antaranews.com, untuk produk pasak bumi kering berupa cacahan akar atau chipped root saja, harga per kg-nya sekitar 60 USD/kg. Sementara, untuk pasak bumi dalam bentuk ekstrak, harga jual yang dimilikinya sekitar 80 USD/kg.

Manfaat Pasak Bumi untuk Kesehatan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kalau manfaat pasak bumi untuk kesehatan sangat banyak, di antaranya yaitu meningkatkan gairah seksual, menurunkan kadar stres, membantu pembentukan dan pembesaran otot, hingga mencegah pertumbuhan kanker. Namun selain itu, masih banyak lagi manfaat pasak bumi untuk kesehatan tubuh dan seksual, seperti:

1. Menanggulangi Masalah Kesuburan

Sebuah penelitian yang terbit dalam Asian Journal of Andrology pada 2010 mengatakan, kalau pria yang tidak subur diberikan ekstrak pasak bumi sebanyak 200 mg selama 3-9 bulan, akan mengalami peningkatan jumlah sperma.

Tidak hanya itu, kualitas sperma yang dihasilkan pun lebih baik dari sebelum mengonsumsi pasak bumi.

Dengan demikian, manfaat pasak bumi untuk kesehatan yang satu ini, dapat dikatakan berhasil dalam membantu mengatasi masalah kesuburan pria, serta meningkatkan kualitas sperma yang dihasilkan.

Pasalnya, jika seorang pria memiliki masalah kesuburan atau kadar hormon testosteronnya rendah, maka pria tersebut biasanya akan mengalami gangguan, seperti libido yang rendah.

2. Menangani Disfungsi Seksual

Manfaat pasak bumi untuk kesehatan yang kedua, yaitu mampu menangani disfungsi seksual. Hal ini dikarenakan, ekstrak pasak bumi sering dijadikan sebagai obat kuat herbal, untuk membantu para pria yang mengalami disfungsi ereksi.

Selain itu, sebuah riset yang terbit dalam Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine juga menemukan 109 pria, mengalami peningkatan jumlah air mani, gairah seksual, kualitas sperma, serta gangguan impotensi yang membaik setelah mengonsumsi pasak bumi selama kurang lebih 12 minggu.

3. Meningkatkan Gairah Seksual Pria

Selain dua manfaat di atas, pasak bumi juga berguna dalam meningkatkan gairah seksual atau libido pria. Manfaat pasak bumi untuk kesehatan yang satu ini sudah terbukti, melalui riset yang dilakukan oleh School of Pharmaceutical Science, University of Science Malaysia.

Dari riset yang dilakukan tersebut didapatkan hasil, bahwa pasak bumi secara efektif mampu meningkatkan libido pria. Menariknya, gairah seksual pria dapat meningkat tanpa perlu mendapatkan rangsangan seksual secara fisik.

4. Mencegah Terjadinya Penurunan Testosteron

Bagi pria, semakin bertambahnya usia, maka kondisi hormon testosteronnya pun ikut menurun. Nah, untuk mengatasi hal ini, pria bisa mengonsumsi ekstrak pasak bumi setiap harinya sebanyak 200 mg.

Hal itu sudah terbukti di dalam sebuah penelitian yang mengatakan, bahwa mengonsumsi sebanyak 20 mg ekstrak pasak bumi setiap harinya, dapat mencegah penurunan hormon testosteron pada pria dewasa. Yang mana, penurunan testosteron pada pria ini sangat berpengaruh pada kehidupan seksualnya.

5. Meningkatkan Proses Pembentukan dan Pembesaran Otot

Buat kamu yang ingin membentuk dan membesarkan massa otot, pasak bumi menjadi salah satu tanaman yang wajib dikonsumsi.

Pasalnya, sebuah riset yang terbit dalam British Journal of Sports Medicine mengatakan, bahwa para atlet yang mengonsumsi 100 mg ekstrak pasak bumi setiap hari selama lima minggu, dapat meningkatkan massa otot para atlet yang sedang menjalani masa training.

Dari hasil riset tersebut dapat disimpulkan, bahwa manfaat pasak bumi untuk kesehatan yang satu ini, tidak dapat terjadi hanya dengan rutin mengonsumsi ekstrak pasak bumi saja. Melainkan, kamu juga harus menerapkan pola makan yang sehat dan rajin berolahraga.

6. Menurunkan Kadar Stres

Manfaat pasak bumi untuk kesehatan yang keenam adalah menurunkan kadar stres. Journal of the International Society of Sports Nutrition menyebutkan, sebanyak 63 orang yang mengonsumsi suplemen pasak bumi, memiliki kadar stres yang lebih stabil dibandingkan orang yang tidak mengonsumsi sama sekali.

Hal tersebut dikarenakan, pasak bumi memiliki kandungan yang mampu menurunkan hormon penyebab timbulnya stres, serta meningkatkan hormon anti stres.

Oleh karena itu, ini menjadi solusi terbaik apabila kamu membutuhkan suplemen penurun stres. Namun pastikan, bahwa kamu mengonsumsi suplemen ini sesuai dengan aturan pakai, atau berdasarkan anjuran dokter.

7. Menambah Energi dan Vitalitas Pria

Untuk pria yang sudah menikah dan sedang menjalankan program kehamilan bersama pasangannya, rasanya wajib untuk mengonsumsi pasak bumi.

Bagaimana tidak, pasak bumi pasalnya terbukti mampu mengatasi disfungsi ereksi, meningkatkan aliran darah ke penis, serta membantu meningkatkan produksi sperma agar semakin berkualitas.

Dengan khasiat tersebut, pria dewasa yang mengonsumsi pasak bumi, akan mengalami peningkatan energi serta vitalitas, yang membuatnya lebih tahan lama ketika sedang melakukan program kehamilan di atas ranjang.

8. Menurunkan Panas dan Menawar Rasa Sakit

Selain mampu meningkatkan kesuburan pria, pasak bumi juga ternyata ampuh dalam menurunkan panas dan menawar rasa sakit.

Manfaat pasak bumi untuk kesehatan yang satu ini, didapat dari bagian akar tanaman yang mengandung senyawa quassinoid.

Senyawa tersebut memiliki khasiat sebagai antipiretik dan analgesik, yang berguna dalam meredakan panas dan menawar rasa sakit. Oleh sebab itu, pasak bumi juga sering digunakan sebagai obat demam.

9. Mengobati Diabetes

Seperti yang diketahui, penyakit diabetes disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah. Penyakit ini juga tergolong dalam penyakit yang berbahaya, karena dapat merusak organ tubuh lainnya.

Maka dari itu, para penderita diabetes biasanya akan menyuntikkan insulin ke bagian tubuh berlemak, seperti misalnya perut.

Namun, jika kamu tidak menyuntikkan insulin ke dalam tubuh, maka kamu bisa coba untuk mengonsumsi pasak bumi secara rutin.

Hal itu dikarenakan, manfaat pasak bumi untuk kesehatan yang satu ini, sudah terbukti mampu mengobati diabetes secara efektif.

Kamu hanya perlu mengonsumsinya, dengan cara mengolahnya menjadi sebuah minuman, ataupun membeli produk herbal yang mengandung ekstrak pasak bumi.

10. Mencegah Pertumbuhan Kanker

Manfaat pasak bumi untuk kesehatan yang terakhir adalah mencegah pertumbuhan sel kanker. Manfaat ini sudah teruji, melalui riset peneliti Malaysia yang terbit di Forest Research Institute of Malaysia.

Dalam riset tersebut, ditemukan hasil bahwa akar pasak bumi setidaknya memiliki 8 alkaloid, yang satu di antaranya berfungsi sebagai antikanker, khususnya untuk kanker payudara.

Oleh karena itu, mengonsumsi ekstrak pasak bumi secara rutin, dapat mencegahmu dari pertumbuhan sel kanker.

(Baca Juga: Manfaat Kunyit untuk Tubuh)

Berbagai macam manfaat pasak bumi untuk kesehatan kini sudah kamu ketahui, mulai dari menanggulangi masalah kesuburan, mencegah penurunan testosteron, hingga mencegah pertumbuhan kanker.

Semua manfaat tersebut tentu akan didapatkan, apabila kamu mengonsumsi pasak bumi secara rutin dan sesuai dengan aturannya.

Sebab, jika kamu mengonsumsinya tidak sesuai aturan atau terlalu lama, maka akan timbul beberapa macam efek samping, seperti insomnia, mudah marah dan gelisah, hingga di kondisi terparahnya kamu bisa keracunan merkuri.

Jika sudah begitu, kamu sudah pasti harus melakukan konsultasi dan pengobatan ke dokter. Dan tidak menutup kemungkinan biaya yang akan kamu habiskan cukup besar. Sehingga keberadaan asuransi kesehatan di sini sangat diperlukan.

Sebab, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama sakit. Dengan begitu, nantinya pasien dan anggota keluarganya, tidak perlu lagi pusing memikirkan besarnya biaya pengobatan.

Nah, maka dari itu buat kamu yang belum memiliki asuransi kesehatan, yuk segera ajukan melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia berbagai macam produk asuransi kesehatan dari perusahaan ternama dan terpercaya, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman karena sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang juga!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani