11 Kebiasaan yang Membuat Wajah Mudah Keriput

5 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Kebiasaan yang membuat wajah mudah keriput sepertinya memang perlu diketahui. Sebenarnya, keriput itu sendiri memang merupakan perubahan alami yang akan setiap orang alami seiring bertambahnya usia.

Akan tetapi, tentu kita tidak mau kalau keriput itu justru muncul di usia yang masih muda, bukan?

(Baca Juga: 6 Tanda Penuaan Kulit Kepala dan Rambut)

Maka dari itu, guna mencegah terjadinya hal tersebut, kita harus mulai menghindari kebiasaan yang membuat wajah mudah keriput. Apa sajakah itu? Yuk kita simak bersama!

Kebiasaan yang Membuat Wajah Mudah Keriput

Dilansir dari berbagai sumber yang telah dirangkum, berikut beberapa kebiasaan yang membuat wajah mudah keriput, yaitu adalah:

1. Mengunyah Permen Karet

Siapa disini yang hobi mengunyah permen karet? Ternyata, aktivitas yang kita akan sepele ini merupakan salah satu kebiasaan yang membuat wajah mudah keriput lho, terutama di bagian bawah mulut.

Selain itu, kebiasaan satu ini juga bisa memberikan masalah pada struktur mulut. Kandungan gula tinggi yang terdapat di dapat permen karet juga berpotensi untuk menyebabkan risiko diabetes.

Karenanya, alangkah lebih baik jika kamu mulai mengurangi kebiasaan satu ini, atau janganlah melakukannya terlalu sering.

2. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Makanan Manis

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, gemar mengkonsumsi makanan manis juga merupakan salah satu kebiasaan yang membuat wajah mudah keriput.

Karena, kandungan gula yang terdapat di dalamnya bisa membentuk senyawa berbahaya dalam aliran darah, yang bisa merusak kolagen serta mengakibatkan kulit menjadi cepat kendur dan munculnya keriput.

Sebaliknya, kamu perlu membiasakan diri untuk mulai mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan dan protein, serta memenuhi kebutuhan air putih setiap harinya, guna menjaga kulit menjadi tetap sehat dan terhindar dari keriput dini.

3. Membersihkan Riasan Wajah Terlalu Kasar

Bagi para wanita yang sehari-hari beraktivitas dengan menggunakan makeup, perhatikanlah poin berikut ini.

Walaupun terkadang rasa lelah tak dapat dibendung lagi, jangan sampai kamu justru menghapus riasan wajah dengan terlalu kasar dan asal-asalan.

Karena, cara satu ini membuat riasan tidak terhapus secara sempurna dan meninggalkan kotoran di wajah, namun juga bisa menyebabkan kerutan, terutama di bagian bawah mata.

Karena, kulit di area tersebut relatif lebih rapuh dan tipis, sehingga memang diperlukannya metode khusus dalam menghapus riasan.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah, dengan menuangkan cairan pembersih di kapas yang memang diperuntukan bagi wajah. Setelah itu, letakkanlah pada bagian mata yang ingin dibersihkan.

Diamkan selama kurang lebih 20 detik agar riasan bisa terserap secara sempurna di kapas, lalu barulah menghapusnya secara perlahan.

Perlu diingat bahwa jangan pernah menggosok secara kasar maskara waterproof yang sulit dibersihkan.

4. Sering Memencet Jerawat

Kebiasaan yang membuat wajah mudah keriput selanjutnya adalah terlalu sering mengorek maupun memencet jerawat.

Jika wajah kamu sedang berjerawat, usahakanlah untuk tidak memencetnya. Sebaliknya, kamu bisa mengoleskannya dengan obat jerawat, berkonsultasi ke dokter, atau mendiamkannya sampai jerawat mengempes dengan sendirinya.

Karena, kebiasaan memencet jerawat justru bisa menyebabkan kerusakan pada wajah, seperti timbulnya iritasi, luka, hingga kerutan. Tentunya kamu gak mau hal tersebut terjadi pada wajah cantikmu, bukan?

5. Jarang Menggunakan Sunscreen

Terdengar sepele, namun ternyata jarang menggunakan sunscreen juga merupakan salah satu kebiasaan yang membuat wajah mudah keriput, terutama jika kamu sering melakukan aktivitas outdoor atau di luar ruangan.

Paparan sinar matahari langsung bisa menyebabkan timbulnya keriput pada wajah. Dilansir dari situs orami.co.id yang mengutip dari American Academy of Dermatology, disarankan bahwa setiap orang menggunakan sunscreen waterproof dengan SPF 30 atau lebih besar, dan gunakanlah setiap hari.

Bahkan, sunscreen bukan hanya diperuntukan bagi kamu yang sering melakukan aktivitas di luar lho, melainkan juga untuk kamu yang hobi berkendara.

6. Terlalu Sering Minum Menggunakan Sedotan

Kebiasaan selanjutnya yang bisa membuat wajah mudah keriput adalah, terlalu sering minum menggunakan sedotan.

Dilansir dari situs klikdokter.com yang mengutip dari cosmetic dentist Dr. Lana Rozenberg, minum menggunakan sedotan bisa membuat kamu sering mengerucutkan bibir, sehingga berakibat pada meningkatnya risiko munculnya keriput pada wajah sejak dini.

Oleh karena itu, apabila kamu sedang minum menggunakan gelas, lebih baik mulailah mengurangi kebiasaan menggunakan sedotan.

7. Merokok

Memang sudah menjadi pengetahuan umum bahwa merokok sangatlah tidak baik untuk kesehatan, bukan hanya kesehatan dalam tubuh, melainkan juga kesehatan luar tubuh.

Kebiasaan merokok bisa mengurangi oksigen dan nutrisi, sekaligus meningkatkan jumlah radikal bebas dalam sel tubuh.

Nah, hal inilah yang menyebabkan munculnya keriput pada wajah. Selain itu, jumlah konsumsi rokok dan sudah berapa lama kamu merokok turut mempengaruhi peningkatan kerutan dini di wajah dan tubuh.

8. Kurang Tidur dan Posisi Tidur yang Tidak Tepat

Kebiasaan yang membuat wajah mudah keriput selanjutnya adalah kurangnya tidur dan posisi tidur yang salah.

Dilansir dari orami.co.id yang mengutip dari American Academy of Sleep Medicine, kurang tidur bisa mempengaruhi fitur wajah, seperti menimbulkan lingkaran gelap di bagian bawah mata dan menghambat pergantian sel di kulit wajah, yang pada akhirnya membuat wajah menjadi cepat keriput.

Disarankan bahwa setiap orang setidaknya tidur minimal 7 jam per hari. Tak hanya itu, posisi tidur juga perlu diperhatikan, agar bisa terbebas dari keriput dini.

Lebih baik jika kamu menghindari posisi tidur yang salah, seperti merapatkan wajah ke batal atau tidur hanya di satu sisi.

Sebaliknya, posisi tidur yang benar adalah dengan posisi telentang dan letakkan bantal di bawah lutut, untuk mencegah kamu berguling ke samping.

9. Kurang Mengkonsumsi Lemak Sehat

Kebiasaan yang membuat wajah mudah keriput selanjutnya adalah kurangnya mengkonsumsi lemak sehat atau lemak baik, seperti asam lemak omega-3 yang terdapat di dalam ikan.

Karena, lemak sehat tersebut bisa membantu dalam mencegah berbagai penyakit berbahaya, seperti jantung dan diabetes..

Tak hanya itu, lemak pada ikan juga bermanfaat dalam memperbaharui sel membran yang dapat membantu dalam mempertahankan kadar air pada kulit, sehingga kulit menjadi lebih lembab dan halus, karena mendapatkan asupan nutrisi yang cukup.

Selain ikan, kacang-kacangan seperti almond dan kenari juga bisa dijadikan sebagai alternatif untuk mendapatkan asupan lemak sehat yang cukup untuk tubuh.

10. Stress

Ketika kamu stress, maka tubuh secara otomatis akan mengeluarkan hormon penuaan yang kuat, yaitu bernama kortisol ke dalam alirah darah.

Maka dari itu, usahakanlah sebisa mungkin agar tidak terlalu stress. Nah, beberapa solusi yang bisa kamu lakukan untuk meredakan stress seperti melakukan yoga, menulis jurnal, bernyanyi, berjalan kaki, dan meditasi. Lakukanlah apapun yang sekiranya bisa membuat tubuhmu lebih rileks.

11. Tidak Menggunakan Kaca Mata Hitam

Kebiasaan yang membuat wajah mudah keriput yang terakhir adalah, tidak menggunakan kacamata hitam ketika matahari sedang terik.

Karena, kacamata hitam bisa mencegah paparan silau matahari langsung yang membuat mata kamu terhindar dari kerutan.

Tahukah kamu? Terlalu sering memicingkan mata karena menahan silau bisa membuat sudut mata menjadi lebih cepat keriput.

Jika memungkinkan, gunakanlah kacamata yang memiliki filter UV, untuk menjaga mata dari sinar matahari yang berbahaya pada kulit.

(Baca Juga: Cara Menghilangkan Stretch Mark)

Jadi, itulah beberapa kebiasaan yang membuat wajah mudah keriput. Nah, agar kamu bisa terhindar dari keriput dini, memang alangkah lebih baiknya jika mulai membeli barang-barang yang dibutuhkan, seperti kacamata hitam dan sunscreen.

Agar pengeluaran kamu dalam berbelanja menjadi lebih hemat, gunakan saja kartu kredit dari CekAja.com.

Selain kamu bisa melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis kartu kredit manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup, seluruh proses pengajuan di CekAja.com juga bisa dilakukan sepenuhnya melalui online lho.

Sehingga, kamu tak perlu repot lagi untuk meluangkan waktu ke luar rumah. Mudah dan cepat kan! Yuk mulai melengkapi barang-barang kamu untuk mencegah keriput dini bersama CekAja.com.

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha