12 Jenis Tepung Sehat yang Bisa Menjadi Alternatif Tepung Terigu

Kamu termasuk sosok yang gemar mengkonsumsi makanan berbahan dasar tepung? Mungkin jenis tepung sehat yang akan kita bahas kali ini perlu diketahui.

Tepung itu sendiri memang merupakan salah satu bahan pokok yang seringkali digunakan untuk membuat berbagai hidangan lezat, mulai dari mie, pasta, hingga kue dan roti.

Akan tetapi, mungkin sudah banyak pula yang mengetahui bahwa tepung memiliki kandungan karbohidrat yang sangat tinggi, sehingga tidak baik apabila dikonsumsi secara berlebihan, khususnya bagi penderita diabetes.

(Baca Juga: 3 Jenis Tepung Terigu)

Namun, nyatanya terdapat beberapa jenis tepung yang jauh lebih sehat dibandingkan tepung lainnya lho.

Misalkan saja, tepung putih yang paling umum digunakan oleh kebanyakan orang, ternyata dinilai kurang sehat karena telah melalui proses penyaringan untuk menghilangkan dedak yang menyimpan sebagian besar serat dan nutrisi dari gandum.

Nah, jika kamu termasuk orang yang gemar mengkonsumsi makanan berbahan dasar tepung, kamu bisa kok tetap menjaga kesehatan, yaitu dengan mengganti tepung putih dengan beberapa jenis tepung sehat yang akan kita bahas kali ini. Penasaran apa sajakah itu? Yuk kita simak bersama!

Jenis Tepung Sehat

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa jenis tepung sehat yang bisa menjadi pengganti tepung terigu, yaitu adalah:

1. Tepung Kelapa

Jenis tepung sehat yang pertama akan kita bahas adalah tepung kelapa, yang merupakan salah satu tepung bebas gandum dan gluten.

Dibuat dengan menggiling daging kelapa kering menjadi bubuk halus, tepung ini lebih padat kalori dan merupakan sumber protein, lemak, serat, serta mineral yang baik bagi tubuh, seperti zat besi dan kalium.

Tak hanya itu, jenis tepung sehat satu ini juga memiliki kandungan lemak yang tinggi, terutama lemak jenuh, yang mana sebagian besar terdiri dari trigliserida rantai menengah (MCT), yang dapat membantu mengurangi peradangan dan mendukung metabolisme tubuh.

Nah, lemak jenuh ini bahkan dinilai mampu memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap kesehatan tubuh lho, salah satunya seperti menurunkan kadar kolesterol jahat.

Selain itu, tepung kelapa juga kaya akan antioksidan dan memiliki sifat antimikroba. Rasanya yang sedikit manis akan cocok jika kamu gunakan untuk membuat roti, kue, hingga makanan panggang lainnya.

2. Tepung Almond

Jenis tepung sehat lainnya yang bisa kamu jadikan alternatif untuk mengganti tepung terigu adalah tepung almond.

Memang sepertinya sudah menjadi pengetahuan umum bahwa almond itu sendiri sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh, bukan hanya kacangnya saja melainkan juga tepungnya.

Tepung almond terbuat dari kacang almond yang dikupas dan digiling hingga menghasilkan serpihan tepung. Karena tidak mengandung biji-bijian, maka secara alami tepung ini dapat disebut bebas gluten.

Selain itu, tepung almond juga menawarkan sejumlah manfaat yang baik bagi tubuh lho, diantaranya seperti meningkatkan resistensi insulin, serta menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan tekanan darah.

Tak hanya itu, jenis tepung satu ini bahkan juga dinilai mampu menjaga kesehatan otak dan menurunkan risiko penyakit Alzheimer, yang disebabkan karena kandungan vitamin E yang terdapat di dalamnya.

Karena terbuat dari kacang almond, maka tentu saja kamu akan merasakan sensasi kacang ketika mengkonsumsi tepung ini.

Umumnya, tepung ini seringkali digunakan untuk membuat hidangan seperti kue, pancake, dan biskuit.

3. Tepung Soba

Jenis tepung sehat selanjutnya adalah tepung soba, yang terbuat dari bubuk soba, tanaman yang terkenal dengan bijinya yang menyerupai biji gandum.

Meski begitu, tepung soba nyatanya termasuk tepung bebas gluten lho, yang biasa digunakan untuk membuat mie soba, makanan tradisional khas Jepang.

Beberapa kandungan yang terdapat di dalam tepung ini diantaranya adalah serat, protein, mangan, magnesium, tembaga, besi, dan fosfor, sehingga sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh.

Bahkan, sebuah penelitian menunjukan bahwa jenis tepung sehat satu ini juga bisa membantu dalam menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes sekaligus meningkatkan kesehatan jantung.

Tak hanya itu, tepung soba juga berkemungkinan memiliki sifat antikanker, antiinflamasi, dan prebiotik.

4. Tepung Quinoa

Tepung Quinoa merupakan tepung yang terbuat dari bahan dasar gandum. Meski begitu, tepung ini juga merupakan salah satu tepung bebas gluten yang kaya akan protein, zat besi, serat, dan lemak tak jenuh.

Sebagian orang menganggap bahwa rasa dari jenis tepung sehat satu ini sedikit pahit. Akan tetapi, kamu bisa mengurangi rasa pahit tersebut dengan memanggangnya di atas wajan kering dengan api sedang selama kurang lebih 5 – 10 menit.

Kemudian, aduklah secara perlahan sebelum kamu campurkan ke resek hidangan yang ingin kamu buat.

Tepung quinoa sangat baik digunakan untuk membuat hidangan seperti pancake, muffin, pizza, serta kulit pie. Kamu juga bisa menggunakannya untuk mengentalkan sup dan saus lho.

5. Tepung Sorgum

Pernahkah kamu mendengar tentang tepung sorgum? Jenis tepung sehat ini memang terbilang masih belum terlalu populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Akan tetapi, tepung ini juga bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif pengganti tepung terigu yang lebih sehat lho.

Tepung sorgum itu sendiri terbuat dari biji-bijian sorgum. Memiliki warna dan tekstur yang ringan, tepung ini juga memiliki rasa yang manis, sehingga cocok untuk dicampurkan ke dalam hidangan seperti kue, roti, dan muffin.

Biji sorgum kaya akan serat dan protein yang dapat membantu memperlambat penyerapan gula di dalam tubuh.

Tak hanya itu, tepung ini bahkan juga mengandung zat besi dan antioksidan yang mampu mencegah peradangan serta sejumlah kandungan lainnya, seperti vitamin B, magnesium, dan fosfor.

6. Tepung Gandum Utuh (Whole-wheat Flour)

Perlu diketahui bahwa tepung gandum utuh dan tepung terigu merupakan dua bahan pokok yang berbeda lho.

Sebab, pada tepung gandum utuh, proses penggilingan biji gandum dilakukan tanpa mengurangi atau menghilangkan elemen-elemen nutrisi yang terdapat di dalamnya, tidak seperti yang terjadi pada tepung terigu.

Sejumlah kandungan yang terdapat di dalam tepung ini antara lain seperti kalori, protein, lemak, karbohidrat, serat, zat besi, dan potasium, yang sangat baik bagi tubuh.

Akan tetapi, tepung gandum utuh ternyata bukanlah termasuk ke dalam jajaran tepung bebas gluten, sehingga tidak baik dikonsumsi bagi kamu yang memiliki alergi pada gluten maupun penyakit celiac.

7. Tepung Amaranth

Jenis tepung sehat selanjutnya adalah tepung amaranth. Jenis tepung sehat ini dapat pula dikatakan sebagai tepung bayam, yang merupakan tepung dari spesies biji-bijian yang berbeda dan telah dibudidayakan selama kurang lebih 8.000 tahun oleh peradaban Inca, Maya, dan Aztec.

Tepung ini diketahui mampu menggantikan 25 persen tepung terigu, namun tetap dikombinasikan dengan tepung lainnya ketika akan dipanggang.

Dinilai menjadi salah satu jenis tepung sehat karena tepung amaranth kaya akan serat, protein, mikronutrien mangan, magnesium, fosfor, zat besi, dan selenium, yang baik bagi kesehatan tubuh.

8. Tepung Tapioka

Tepung tapioka terbuat dari ekstrak singkong yang seringkali digunakan sebagai campuran dalam mengentalkan sup dan saus.

Akan tetapi, jenis tepung ini juga banyak digunakan untuk membuat adonan roti. Hanya saja ketika menggunakan tepung tapioka, alangkah lebih baiknya apabila kamu turut mencampurkannya dengan jenis tepung lainnya, guna mencegah makanan menjadi padat atau lengket.

Tepung tapioka mengandung serat, karbohidrat, dan protein, yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

9. Tepung Garut

Tepung garut juga merupakan salah satu jenis tepung sehat yang terbuat dari umbi-umbian atau Maranta arundinacea.

Tepung ini dapat digunakan sebagai pengental atau dicampurkan bersamaan dengan tepung bebas gluten lainnya.

Selain mengandung kalium, vitamin B, dan zat besi, tepung ini juga mengandung pati yang tinggi, sehingga sangat baik dikonsumsi bagi kamu yang tengah melakukan diet bebas gluten, meningkatkan berat badan, membantu mengobati diare, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

10. Tepung Garbanzo

Mungkin jenis tepung sehat satu ini tergolong masih sedikit asing bagi telinga masyarakat Indonesia.

Bagi yang belum tahu, tepung garbanzo terbuat dari gilingan buncis kering dan mengandung protein dua kali lebih banyak dari tepung terigu serta serat lima kali lebih banyak dari jenis tepung lainnya.

Salah satu keunggulan dari tepung garbanzo ini adalah kemampuannya dalam mengikat adonan, sehingga bisa memberikan tekstur yang kokoh pada roti dan muffin.

Akan tetapi, satu hal yang perlu diketahui adalah, tepung ini memiliki cita rasa khas buncis, yang membuatnya kurang cocok jika digunakan untuk membuat makanan manis.

11. Tepung Jagung

Jenis tepung sehat selanjutnya adalah tepung jagung, yang seringkali digunakan sebagai campuran dalam mengentalkan cairan dan bisa digunakan untuk membuat tortilla dan roti.

Memiliki warna putih dan kuning layaknya seperti jagung, kamu bisa mengkombinasikannya dengan tepung bebas gluten lainnya dalam membuat berbagai jenis hidangan.

Tepung jagung kaya akan serat sekaligus merupakan sumber karoten lutein dan zeaxanthin, yang mana kedua senyawa ini berperan sebagai antioksidan dan bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata.

Tak hanya itu, tepung ini juga memiliki kandungan vitamin B6 yang tinggi, tiamin, mangan, magnesium, dan selenium.

12. Tepung Beras

Nah, jenis tepung sehat yang akan kita bahas terakhir adalah tepung beras, yang sesuai dengan namanya, terbuat dari beras yang digiling.

Tepung beras ini mengandung dedak dan endosperma, kaya akan asam amino esensial, serat makanan, protein, serta berbagai vitamin dan mineral lainnya yang sangat baik bagi tubuh.

Tepung beras merah juga dapat dijadikan sebagai alternatif tepung terigu dengan perbandingan 1 : 1, apabila digunakan sebagai campuran bahan pengental di dalam sup, saus atau kuah. Umumnya, tepung beras seringkali digunakan untuk membuat mie, roti, hingga kue kering.

Jadi, itulah beberapa jenis tepung sehat yang bisa kamu jadikan alternatif dalam mengganti tepung terigu.

Tahukah kamu? Menggunakan tepung-tepung ini, kamu bisa menjadikannya sebagai peluang usaha yang menjanjikan lho.

(Baca Juga: 9 Jenis Roti untuk Diet)

Sebab, saat ini sudah banyak masyarakat yang sadar dan waspada akan kesehatan mereka di masa depan kelak.

Selain itu, harga dari beberapa jenis tepung sehat juga tak kalah murahnya dibandingkan tepung terigu, sehingga kamu tak perlu mengeluarkan modal besar ketika ingin membangun bisnis kuliner sehat.

Meski begitu, kehadiran dari modal usaha tetap diperlukan, agar bisnis dapat berjalan dengan lancar.

Belum memiliki bisnis? Tak perlu khawatir! Sebab, kamu bisa mengajukannya di CekAja.com dengan proses yang sangat mudah dan cepat.

Tak hanya itu, di CekAja.com kamu bahkan bisa memilih jumlah cicilan dan tenor yang dapat disesuaikan dengan kemampuan lho.

Yuk, tunggu apa lagi? Segera bangun bisnis impianmu bersama pinjaman dana dari CekAja.com!